Sejarah Peradaban Islam di Dunia

Setelah hampir 14 abad lamanya umat Islam membangun peradaban tentunya ada beberapa catatan penting yang menjadi sejarah dalam pembangunan peradaban tersebut. Islam sebenarnya bukanlah agama yang baru saja hadir 14 abad yang lalu akan tetapi ajaran Nya telah disempurnakan pada saat itu oleh Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam. Sam sendiri adalah agama yang mengajarkan ketauhidan dan perintah untuk menyembah Allah Hal ini telah berlaku sejak zaman Nabi Adam alaihissalam hingga saat ini. Adapun Catatan sejarah yang termasuk dalam peradaban Islam dapat diketahui dalam penjelasan berikut ini mengenai sejarah peradaban islam . (baca juga sejarah islam dunia dan sejarah agama islam).

Islam Sebelum Kerasulan Muhammad SAW

Masyarakat dunia menganggap bahwa Islam dibawa oleh Nabi Muhammad SAW akan tetapi sebenarnya Islam sudah ada sejak zaman Nabi Adam As meskipun ajarannya belum disempurnakan (baca fungsi agama dalam kehidupan manusia dan hakikat penciptaan manusia).

  • Masa kenabian sebelum rasulullah

Sebelum diutusnya Rasulullah SAW para nabi dan rasul sebelumnya hanya menyampaikan wahyu ataupun ajarannya kepada umatnya masing-masing dan hal ini berbeda dengan Islam yang dibawa oleh Muhammad SAW yang bersifat universal. Seperti halnya para nabi dan rasul yang diutus kepada beberapa kaum contohnya Nabi Musa Alaihissalam yang diutus pada kaum Bani Israil maupun Nabi Luth yang diutus kepada kaum Negeri Sodom (baca nama-nama nabi dan rasul dan macam-macam mukjizat nabi ).

  • Kondisi Manusia pada masa sebelum kenabian Muhammad

Pada masa itu Islam belum banyak dianut oleh masyarakat dan para nabi serta Rasul mendapat pertentangan yang sangat keras dari kaumnya dan bahkan tidak jarang di antara mereka yang mendapatkan siksaan dan perlakuan yang kejam dari para kaum kafir.

Meskipun demikian ada beberapa kejadian penting yang terjadi dalam sejarah peradaban Islam sebelum kenabian Muhammad SAW seperti dibangunnya atau dipugarnya Baitullah yang saat ini dikenal sebagai Ka’bah oleh Nabi Ibrahim As beserta putranya Ismail As. Sejarah Islam pun berlanjut dari Nabi ke nabi dan rasul ke Rasul pada setiap zaman dan akhirnya peradaban Islam yang baru dimulai setelah diutusnya Nabi Muhammad SAW ke dunia. (baca Keutamaan cinta kepada Rasulullah bagi umat islam dan kisah teladan nabi Muhammad)

Islam Pada Masa Kerasulan Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW lahir pada tanggal 12 rabi’ul Awwal tahun gajah dan kelahirannya merupakan suatu awal penyempurnaan agama Islam yang dianut oleh umat muslim dunia saat ini. Muhammad SAW adalah rasul terakhir yang menerima wahyu dari Allah subhanahu wa ta’ala melalui Malaikat Jibril dan kemudian Wahyu tersebut dikenal sebagai kitab Alquran yang menjadi pedoman hidup bagi kaum muslimin. Tidak hanya Alquran saja yang menjadi pedoman bagi umat muslim akan tetapi segala perkataan dan perbuatan Muhammad shallallahu alaihi wasallam yang dikenal dengan Hadits Rasulullah juga menjadi pedoman lain dalam menentukan segala aspek kehidupan manusia terutama umat Islam. (baca manfaat membaca Alqur’an dalam kehidupan)

Pada masa kepemimpinan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam banyak kejadian yang terjadi dan tercatat dalam sejarah umat Islam diantaranya

  • Peperangan Umat islam

Umat islam pada masa Rasulullah melakukan peperangan dalam Perang Uhud, Perang Badar, dan beberapa perang lainnya selain itu rasulullah juga berhasil merebut kota Mekah dengan terjadinya peristiwa Fathul Mekah. Setelah terjadinya peristiwa Fathul Mekah banyak Masyarakat khususnya kaum Arab yang masuk Islam cara berbondong-bondong dan selanjutnya dimulailah pembangunan dan segala sesuatu yang mendukung perkembangan Islam dan dakwah di Jazirah Arab (baca jazirah islam).

  • Pengembalian fungsi ka’bah dan Pembangunan Mekah

Saat itu Ka’bah kembali disucikan dan berhala-berhala yang ada di sekitarnya yang merupakan sembahan kaum Quraisy dihancurkan. Rasulullah SAW dan umatnya pun membangun beberapa masjid besar seperti Masjid Nabawi, masjid-masjid lainnya yang digunakan sebagai tempat beribadah umat muslim pada saat itu.

Islam juga Mulai disebarkan ke negara atau daerah lain di luar Arab seperti halnya saat Rasulullah mengirim utusan kerajaan Persia dan beberapa kerajaan lain yang ada di sekitar Jazirah Arab meskipun Rasulullah mengalami banyak penolakan dari negeri tersebut. Setelah Rasul wafat maka kepemimpinan umat Islam dan peradabannya dilanjutkan oleh para khalifah yang dikenal dengan sebutan Khulafaur Rasyidin.(baca 10 tempat bersejarah dalam islam)

Islam Pada Masa Khulafaur Rasyidin

Khulafaur Rasyidin atau empat khalifah besar yang memimpin umat Islam setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW,  memberi pengaruh yang berperan penting dalam perkembangan dan pertumbuhan peradaban Islam di dunia. Empat hal tersebut adalah Abu Bakar As Siddiq, Umar Bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali Bin Abi Thalib. Beberapa peristiwa penting yang terjadi pada masa kekhalifahan tersebut diantaranya adalah

  1. Masa Khalifah Abu Bakar As Siddiq

Abu Bakar As Siddiq adalah khalifah pertama yang diangkat setelah meninggalnya Rasulullah SAW. Pada masa kepemimpinan Khalifah Abu Bakar As Siddiq banyak hal yang terjadi diantaranya terjadinya perang riddah di mana peran tersebut adalah untuk memerangi kaum yang murtad. Salah satunya adalah kaum Musailamah Al Kadzab yang mengaku sebagai nabi palsu. Selain itu Khalifah Abu Bakar as-siddiq mulai melakukan pembinaan administrasi kepemerintahan dan memberlakukan musyawarah kepemimpinan untuk menentukan Segala keputusan yang menyangkut umat. Ekspansi dan penyebaran Islam Bung mulai dilakukan hingga ke negeri Syria.

  1. Masa Khalifah Umar Bin Khattab.

Pada masa kepemimpinan Umar Bin Khattab terdapat beberapa pembenahan dalam sistem kepemerintahan salah satunya adalah integrasi pembangunan administrasi, dan pemisahan kekuasaan legislatif,yudikatif dan eksekutif. Selain itu Khalifah Umar Bin Khattab juga memberlakukan sistem gaji bagi para pegawai pemerintahan,pajak, kepolisian,baitul mal, dan pembukuan mushaf Alquran.

  1. Masa Khalifah Usman Bin Affan

Pada masa kepemimpinan khalifah Utsman bin Affan Islam mulai disebarkan dan ekspansi telah mencapai Turki,  Armenia dan sekitarnya. Kekuasaan Islam di daerah-daerah tersebut dipegang oleh Marwan bin Hakam. Selain itu pada masa Khalifah Usman juga terjadi pembangunan Daerah Arab khususnya perluasan Masjid Nabawi di Madinah.

  1. Masa khalifah Ali bin Abi Tholib

Masa kekhalifahan Ali Bin Abi Thalib tidak berlangsung lama dan banyak hal yang terjadi membuat pecahan diantara umat muslim pemberontakan para kaum murtad. Banyak pejabat yang dipecat pada masa ini dan khalifah Ali juga menarik tanah wakaf serta memberlakukan diskriminasi pajak. Setelah kepemimpinan Ali berakhir maka berakhir pula lah masa pemerintahan Khulafaur Rasyidin. Selanjutnya pemerintahan Islam Diteruskan oleh kekuasaan Bani Umayyah dan Bani Abbasiyah.

 Islam Pada Masa Bani Umayyah dan Bani Abbasiyah

Setelah masa kepemimpinan Khulafaur Rasyidin berakhir makalah kepemimpinan umat Islam di Jazirah Arab pada umumnya dipegang oleh kekuasaan Bani Umayyah dan Bani Abbasiyah. Pada masa kepemimpinan dua dinasti ini Islam mengalami kemajuan pesawat dan mulai disebarkan ajarannya hingga ke Eropa. (baca perkembangan islam di Eropa)

  •  Masa Daulat Bani Umayyah

Dinasti Bani Umayyah berlangsung selama 90 tahun lamanya dan kepemimpinan baiklah berbentuk monarki hereditas sistem kerajaan yang pemimpinnya diturunkan atas nasab (baca arti nasab)atau keturunan para raja.  Pusat pemerintahan dan ibukota Bani Umayyah ada di damaskus dan mereka menganut Islam aliran sunni. Pada masa Bani Umayyah Islam mulai masuk ke Eropa melalui Spanyol atau daerah Andalusia.

Terjadi peperangan antara tentara Islam yang dipimpin oleh Thariq Bin Ziyad dengan pasukan raja Visigoth dari Spanyol yang dikenal dengan perang Guadalitte. Setelah Setelah mengalami perluasan wilayah dan beberapa kemunduran yang disebabkan oleh banyaknya tokoh yang berkhianat dan pemerintahan tipu muslihat akhirnya kekuasaan Bani Umayyah berakhir dan selanjutnya Diteruskan oleh daulat Bani Abbasiyah.

  •  Masa daulat Bani Abbasiyah

Daulat Bani Abbasiyah mulai berkuasa sejak berakhirnya kepemimpinan Bani Umayyah dan pemerintahan Bani Abbasiyah berlangsung sekitar 508 Tahun Lamanya. Pemerintahan Bani Abbasiyah dipengaruhi oleh kerajaan Persia dan Turki serta mencapai puncak keemasannya pada masa pemerintahan Khalifah Harun Al Rasyid pada tahun 786 hingga 809 Masehi dan putranya Al Ma’mun yang berkuasa dari tahun 813 hingga 833 Masehi.

Pemerintahan Dinasti Bani Abbasiyah berubah-ubah sesuai dengan raja yang berkuasa pada saat itu dan pusat pemerintahannya berada di Kota . Dinasti Bani Abbasiyah menganut Islam aliran Syiah dan pada masa kepemimpinan Bani Abbasiyah, Islam mengalami kemajuan yang sangat pesat di bidang ilmu pengetahuan dan bahkan melebihi dunia barat saat itu. Pada akhirnya kekuasaan bani Abbasiyah mengalami kehancuran akibat persaingan antar bangsa konflik keagamaan dan ancaman kerajaan di Eropa serta gaya hidup mewah dari para raja mereka itu sendiri.

 Islam Di Dunia Barat Abad Pertengahan

Setelah islam mengalami perluasan hingga ke Eropa maka terjadilah banyak perubahan dan perkembangan kehidupan umat Islam pada saat itu terutama di abad pertengahan. Pada saat itu terdapat perbedaan yang sangat mencolok antara kondisi kehidupan umat Islam di Eropa dengan bangsa barat yang tinggal di benua tersebut.

  •  Kondisi bangsa barat pada abad pertengahan

Abad pertengahan yang berlangsung sekitar tahun ke-7 hingga tahun ke-11 Masehi dapat dikatakan sebagai abad kegelapan bagi bangsa barat terutama di Eropa. Ilmu pengetahuan belum banyak berkembang dan masyarakat barat saat itu tinggal dalam lingkungan yang kumuh, liar, dan kota terbesar nya hanya berpenduduk tidak lebih dari 25000 jiwa. Rumah-rumah dan bangunan yang ada di sana hanya terbuat dari batu dan mereka tinggal di dalamnya bersama dengan binatang peliharaan.

Jalan jalan yang ada di kota Eropa pada abad pertengahan belum mendapatkan penerangan mereka tidak memiliki  sistem drainase atau saluran air. Banyak wabah penyakit yang terjadi saat itu karena masyarakat Barat belum mengetahui cara menjaga kebersihan dengan baik. Artinya kehidupan mereka pada saat itu sangatlah jauh dari kemakmuran sebagaimana yang diceritakan oleh sejarawan mereka sendiri terutama mengenai kehidupan bangsa anglo-saxon yang mendiami kawasan Inggris. (baca perkembangan islam di Inggris dan Islam di Amerika)

  •   Kondisi Masyarakat Islam pada abad pertengahan

Bisa dibilang kondisi umat Islam pada abad pertengahan terutama yang mendiami wilayah Spanyol dan Andalusia di Eropa sangat berbeda dengan kondisi bangsa barat pada umumnya. Kota-kota yang didiami oleh umat Islam seperti Cordoba Granada dan kota lainnya telah memiliki lebih dari satu juta jiwa penduduk. Ilmu pengetahuan dan arsitektur berkembang dengan pesat kota-kota yang ada di sana dilengkapi dengan penerangan jalan yang sangat baik atau sistem saluran air yang digunakan untuk menjaga kebersihan Kota dan lingkungan. Bangunan indah dan taman-taman yang dibangun pada masa itu seperti istana Az Zahra Cordoba dan benteng Alhambra atau istana Alhambra Granada.

Pada masa ini juga lahir ilmuwan-ilmuwan Islam yang membawa perubahan bagi sistem pendidikan umat Islam khususnya di bidang kedokteran, matematika, filsafat, dan lain sebagainya. Beberapa ilmuwan muslim dari abad pertengahan yang terpopuler pada saat itu antara lain Ibnu Sina atau Avicenna yang lahir pada abad pertengahan atau sekitar tahun ke-11 Masehi penulis buku dasar ilmu kedokteran yang saat ini digunakan oleh para ilmuwan ataupun dokter di dunia barat buku itu dikenal dengan nama Al Qanun Fi thib atau Canon of medicine.

Selain Ibnu Sina ilmuwan lain yang terkenal pada masa itu adalah Khawarizmi yang menemukan dasar-dasar ilmu matematika dan sistem numerik yang digunakan dalam ilmu tersebut hingga saat ini atau yang dikenal dengan ilmu aljabar. (baca islam dan ilmu pengetahuan)

Kemunduran Peradaban Islam

Tidak hanya ilmu-ilmu tersebut banyak hal-hal lain dan perkembangan yang dialami oleh masyarakat yang membangun peradaban Islam namun akhirnya peradaban tersebut hancur akibat beberapa hal diantaranya

  • Adanya peperangan yang mengalahkan tentara muslim sehingga mereka harus Terusir dari benua Eropa. Kerajaan-kerajaan barat bersatu dan mengusir umat Islam dari Eropa dengan sangat kejam
  • Peradaban Islam di timur juga dihancurkan oleh bangsa Mongol yang terkenal kejam dan tidak berperikemanusiaan.

Sejak saat itu peradaban Islam mengalami kemunduran dan bangsa barat mulai mengalami kemajuan dikarenakan ilmu pengetahuan yang mereka peroleh dari bangsa muslim sebelumnya. Mereka menghancurkan semua ilmu pengetahuan dan menyalin kitab-kitab dan ilmu yang telah dikembangkan oleh para ilmuwan muslim pada saat itu.

Kerajaan-kerajaan tersebut akhirnya melakukan ekspansi dan perluasan wilayah ke Asia dan Amerika serta benua lainnya untuk menyebarkan agama mereka dan mencari kekayaan. Meskipun peradaban Islam setelah abad pertengahan mengalami kemunduran akan tetapi Islam tetap dapat tersebar ke seluruh penjuru dunia dan saat ini Islam adalah salah satu agama yang banyak berkembang di berbagai belahan dunia. (baca sejarah islam di Arab Saudi)