10 Tempat Bersejarah Islam

Sebagai suatu agama yang telah ada sejak zaman dahulu kala terutama sejak masa kenabian Muhammad SAW atau Rasulullah SAW, islam memiliki beberapa tempat yang merupakan tempat bersejarah. Tempat-tempat  dalam sejarah agama islam sebagian besar adalah tempat yang memiliki kaitan dengan Rasulullah SAW. Tempat-tempat tersebut banyak terdapat di negara Arab (baca sejarah islam di Arab) dan sekitarnya. Berikut ini adalah tempat-tempat bersejarah dalam agama islam :

ads
  1. Ka’bah

Semua umat islam tentu tahu bahwa ka’bah adalah kiblat bagi seluruh umat islam di dunia. Ka’bah atau yang juga disebut baitullah adalah sebuah bangunan berbentuk kubus yang ada dalam kompleks masjidil haram. Ka’bah yang merupakan kiblat umat islam saat Shalat Wajib  maupun shalat sunnah adalah bangunan suci bagi umat islam dan setiap tahun umat muslim mengunjunginya untuk melaksanakan ibadah haji (baca syarat wajib haji). Banyak pendapat ulama yang berbeda menyangkut siapa yang pertama kali mendirikan ka’bah meskipun dalam sejarah agama islam disebutkan bahwa nabi Ibrahim dan Ismail As yang memugar Ka’bah dan ka’bah telah ada disana sebleum nabi Ibrahim As meninggalkan Siti hajar beserta Ismail As putranya. Sebagaimana yang disebutkan dalam Quran Surah Ibrahim ayat 37 yang berbunyi

رَبَّنَا إِنِّي أَسْكَنْتُ مِنْ ذُرِّيَّتِي بِوَادٍ غَيْرِ ذِي زَرْعٍ عِنْدَ بَيْتِكَ الْمُحَرَّمِ رَبَّنَا لِيُقِيمُوا الصَّلَاةَ فَاجْعَلْ أَفْئِدَةً مِنَ النَّاسِ تَهْوِي إِلَيْهِمْ وَارْزُقْهُمْ مِنَ الثَّمَرَاتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُونَ

“Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.” (QS Ibrahim : 37)

2. Masjidil Haram

Masjidil haram yang ada di kota Mekkah adalah masjid terbesar di dunia yang tentunya dikenal oleh seluruh umat muslim di dunia. Masjid ini berada di kota Mekkah dan dibangun mengelilingi bangunan ka.bah yang merupakan kiblah umat islam. Masjid ini mulai dibangun sejak kekhalifahan umar bin Khatab yakni sekitar tahun 638M dan selanjutnya masjid mengalami perluasan pada masa kepemimpinan khalifah dan dinasti-dinasti di Arab.

 3. Masjidil Nabawi

Masjid nabawi terletak di kota madinnah yang merupakan salah satu kota bersejarah bagi umat islam. Madinah dianggap penting dalam sejarah agama islam karena pada masa rasulullah, beliau beserta pengikutnya hijrah ke Madinah saat permusuhan dengan kaum Quraisy berlanjut. Masjid ini menjadi tempat suci bagi umat islam yang juga harus dikunjungi saat pelaksanaan ibadah haji. Masjid yang merupakan masjid terbesar kedua di dunia ini adalah tempat dimakamkannya Rasulullah SAW beserta para sahabatnya. Masjid ini pertama dibangun pada saat Rasulullah pertama kali datang ke madinnah dan tempat mendirikan masjid itu merupakan tempat berhentinya unta nabi Muhammad SAW di tanah Medianah.

  1. Masjidil Quba

Masjid Quba adalah masjid yang dibangun oleh Rasulullah Saw pada tahun 1 Hijriyah atau 622 Masehi. Masjid ini merupakan masjid pertama yang dibangun Rasulullah SAW yang terletak di Quba, yang berjarak 5 km dari kota Madinah. Masjid ini bahkan disebutkan dalam surat At taubat ayat 108 dan merupakan salah satu tempat suci bagi umat muslim sebagaimana yang disebutkan dalam firman allah berikut ini

  1. Masjidil Aqsa

Tempat suci selanjutnya bagi umat islam yang tidak kalah penting adalah Masjidil Aqsa yang terletak di kota Yerussalem yang merupakan kota suci umat islam sekaligus umat nasrani dan yahudi (baca sejarah yahudi dalam islam), Palestina. Masjid ini adalah tempat naiknya rasulullah SAW pada peristiwa isra mi’raj ke sidrathul muntaha. Masjid ini pernah menjadi kiblat bagi umat muslim saat Rasulullah SAW hijrah ke Medinah meskipun kemudian kiblat dipindahkan ke ka’bah. Masjid ini sebenarnya hanya bilik ata rumah kecil yang merupakan tempat ibadah yang dibangun oleh Khalifah Umar bin Khatab. Bangunan masjid ini kemudian di bangun kembali pada tahun 705M oleh Khalifah Ummayah Bin Malik dan putranya Al walid. (baca perkembangan islam abad pertengahan  dan perkembangan islam di Eropa)


  1. Padang Arafah

Padang arafah adalah sebuah padang pasir bersejarah yang dikenal umat muslim dan merupakan tempat yang harus dikunjungi dalam ibadah haji atau wukuf yang apabila tidak dilaksanakannya hajinya tidaklah sah. Padang pasir ini terletak sekitar 25 km dari kota Mekah negara Arab saudi. Tempat ini merupakan tempat bersejarah bagi umat islam karena di padang tersebut Rasulullah menyampaikan khutbah terakhirnya pada haji wada atau haji perpisahan. Padang ini juga merupakan tempat bertemunya nabi Adam AS dengan istrinya Hawa yang merupakan manusia pertama yang diciptakan Allah SWT, setelah diturunkan ke bumi dan dipisahkan Allah SWT selama bertahun-tahun. (baca hakikat penciptaan manusia dan tujuan penciptaan manusia)

  1. Gua Hira

Gua hira adalah salah satu gua yang teletak di di Gunung Hira atau Jabal Nur yang berarti gunung cahaya. Gunung ini terletak di sebelah timur kota mekah dan dikenal oleh umat islam sebagai tenpat turunnya wahyu atau ayat alqur’an dari Allah SWt kepada Muhammad SAW untuk pertama kalinya pada malam 17 ramadhan. Rasulullah SAW terbiasa beribadah dan menyendiri di gua ini sebelum masa kerasulannya. (baca manfaat membaca Alqur’an dalam kehidupan dan ciri-ciri ayat makiyah dan madaniyah dan perbedaannya)

  1. Safa dan marwah

Safa dan marwah adalah dua bukit yang ada di kota Mekah sebelah utara dan merupakan tempat melakukan salah satu ritual haji yakni berlari-lari kecil antara safa dan marwa. Ritual ini sebenarnya mengikuti sejarah pada masa nabi Ibrahim dimana siti hajar istri nabi Iberahim berlari lari kecil sebanyak tujuh kali dari safa dan Marwa sebaliknya untuk mencari mata air demi memberi minum Ismail putranya yang sedang kehausan dan akhirnya muncullah mata air zam-zam pada saat itu. Jika diukur jarak safa dan marwa adalah sekitar 3,15 Km dan umat muslim yang melaksanakan ibadah haji haruslah mengikuti perbuatan dari Siti hajar tersebut. (baca nama-nama nabi dan rasul dan mukjizat nabi dan rasul)

  1. Jabal Uhud

Jabal uhud atau gunung uhud adalah tempat dimana Rasulullah melakukan peperangan dengan kaum kafir Quraiys. Pada masa perang uhud atau sekitar tanggal 23 maret 625M, kaum muslim mengalami kekalahan karena umat muslim tidak mematuhi perintah rasulullah SAW dan tercerai berai. Gunung dengan ketinggian 1077 meter ini terletak lima kilometer dari pusat kota Madinah. Jabal uhud adalah salah satu tempat yang harus dikunjungi umat islam pada saat menjalankan ibadah haji dan umrah.


  1. Lembah badar

Tempat bersejarah lainnya yang perlu diketahui umat muslim adalah lembah badar. Lembah ini terletak tidak jauh dari kota madinah dan dikenal sebagai tempat berlangsungnya perang Badar atau perang besar pada masa Rasulullah SAW pada sekitar tahun 624M. Pada perang ini umat islam memperoleh kemenangan besar meskipun kaum Quraisy yang menjadi lawan mereka memiliki jumlah pasukan yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan kaum muslimin.(baca kisah teladan nabi Muhammad)

Sebenarnya masih banyak tempat-tempat bersejarah dalam agama islam namun ke sepuluh tempat tersebutlah yang wajib diketahui oleh umat islam di dunia. Semoga bermanfaat. (Baca juga sejarah islam dunia, Islam Di Amerika dan Perkembangan Islam di Inggris)

 

, ,




Post Date: Saturday 27th, August 2016 / 02:44 Oleh :
Kategori : Sejarah dan Sirah
Yuk Join & Subs Channel Saya Islam

Tukar Uang untuk THR Idul Fitri, Haram?

Kalau Sahur Jangan Buka Medsos, Mending Amalin Ini

Wajib Tonton ! Rekomendasi Film Religi Terbaik Pas Buat Nemenin Ramadhanmu