Info Islami

8 Arti Mimpi Gempa Bumi Dalam Islam

√ Islamic Base Pass quality & checked by redaction team, read our quality control guidelance for more info

Setiap manusia pasti pernah mengalami mimpi. Mimpi bisa menyenangkan, menakutkan, membuat frustrasi, menenangkan, membosankan atau benar-benar aneh.

seperti yang dijabarkan oleh Ibnu al-Jauzi:

وَأَصْدَقُ الرُّؤْيَا: رُؤْيَا الْأَسْحَارِ، فَإِنَّهُ وَقْتُ النُّزُولِ الْإِلَهِيِّ، وَاقْتِرَابِ الرَّحْمَةِ وَالْمَغْفِرَةِ، وَسُكُونِ الشَّيَاطِينِ، وَعَكْسُهُ رُؤْيَا الْعَتْمَةِ، عِنْدَ انْتِشَارِ الشَّيَاطِينِ وَالْأَرْوَاحِ الشَّيْطَانِيَّةِ

“Mimpi yang paling benar adalah di waktu sahur, sebab waktu tersebut adalah waktu turunnya (isyarat) ketuhanan, dekat dengan rahmat dan ampunan, serta waktu diamnya setan. Kebalikannya adalah mimpi di waktu petang (awal waktu malam).” (Ibnu Qayyim al-Jauziyah, Madarij as-Salikin, juz 1, hal. 76).

Mimpi yang dialami seseorang seseorang ketika sedang tertidur bisa bermacam-macam. Selain itu, juga masih banyak yang percaya bahwa setiap kejadian mimpi yang dialami seseorang bisa menjadi petunjuk dalam kehidupan di masa mendatang.

Nabi Muhammad mengelompokkan jenis mimpi menjadi tiga bagian. Hal ini berdasarkan dalam salah satu hadits, beliau bersabda:

وَالرُّؤْيَا ثَلَاثٌ، الحَسَنَةُ بُشْرَى مِنَ اللَّهِ، وَالرُّؤْيَا يُحَدِّثُ الرَّجُلُ بِهَا نَفْسَهُ، وَالرُّؤْيَا تَحْزِينٌ مِنَ الشَّيْطَانِ، فَإِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ رُؤْيَا يَكْرَهُهَا فَلَا يُحَدِّثْ بِهَا أَحَدًا وَلْيَقُمْ فَلْيُصَلِّ

Artinya: “Mimpi itu ada tiga. Mimpi baik yang merupakan kabar gembira dari Allah, mimpi karena bawaan pikiran seseorang (ketika terjaga), dan mimpi menyedihkan yang datang dari setan. Jika kalian mimpi sesuatu yang tak kalian senangi, maka jangan kalian ceritakan pada siapa pun, berdirilah dan shalatlah!.” (HR Muslim).

Tafsir mimpi dalam islam yang dapat dijadikan pijakan atau petunjuk ialah yang betul-betul berasal dari petunjuk Allah SWT. Dalam kitab suci al-quran disampaikan dalam ayat berikut:

لَهُمُ الْبُشْرَى فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي الْآخِرَةِ

“Bagi mereka berita gembira dalam kehidupan dunia dan di akhirat.” (QS. Yunus: 64).

Gempa bumi dalam islam yang masuk pada mimpi seseorang bukanlah kejadian biasa. Karena mimpi tentang gempa bumi memiliki arti yang besar dalam kehidupan si pemimpi.

Kemudian dijelaskan pula dalam hadits Nabi SAW:

هِيَ الرُّؤْيَا الصَّالِحَةُ، يَرَاهَا الْمُسْلِمُ، أَوْ تُرَى لَهُ

“Yang dimaksud kegembiraan dalam ayat diatas adalah mimpi yang baik yang terlihat oleh orang Muslim atau yang diperlihatkan padanya.” (HR Ibnu Majah).

Bahkan mimpi tentang gempa bumi pun dapat mengungkapkan banyak hal terlebih tentang diri sendiri. Serta situasi baik dan buruk dalam kehidupan saat ini.

Lantas bagaimana dengan mimpi gempa bumi? Apakah memiliki makna bagi kehidupan seseorang yang mengalami mimpi tersebut?

1. Arti Mimpi Gempa Bumi Berlangsung Lama

Mimpi gempa bumi berlangsung lama merupakan pertanda ada seseorang yang akan mengalami perubahan atau pergantian secara tidak terduga. Jika Anda mengalami mimpi seperti ini adalah kamu tetap waspada pada lingkungan sekitar.

2. Arti Mimpi Melihat atau Merasakan Gempa Bumi

Jika dalam mimpi melihat atau hanya merasakan gempa bumi, maka mimpi itu biasanya merupakan situasi buruk dalam kehidupan.

Mimpi melihat atau hanya merasakan gempa bumi, biasanya menunjukkan situasi kehidupan yang buruk akan terjadi. Entah itu, dalam berbisnis atau kehidupan romantis.

3. Arti Mimpi Gempa Bumi Berlangsung Pendek

Mimpi gempa bumi berlangsung pendek merupakan pertanda dalam waktu dekat kamu akan merasakan perubahan kondisi keuanganmu yang cenderung menurun. Makna lainya, kesempatan untuk mewujudkan keinginanmu.

Akan tetapi, kamu jangan gegabah maupun ceroboh dalam bertindak karena keinginamu itu bisa memicu pertengkaran.

4. Arti Mimpi Gempa Bumi dan Berlindung

Mimpi gempa bumi dan berlindung merupakan pertanda Abda dikatakan dapat mengatasi sebuah rintangan.    

5. Arti Mimpi Gempa Bumi dan Merusak Semuanya

Mimpi gempa bumi dan merusak semuanya merupakan pertanda Anda harus lebih berhati-hati. Sebab, suatu saat kamu akan menghadapi saat-saat yang berbahaya di dalam hidupmu.

Jika lebih spesifik lagi, kamu harus menghindari terjadinya konflik dan kesalahpaman dengan orang lain. Ketahui pula larangan menceritkan mimpi buruk dalam islam.

6. Arti Mimpi Gempa Bumi Disertai Banjir

Mimpi gempa bumi disertai banjir merupakan pertanda bahwa kamu akan mengalami sesuatu yang buruk di dalam kehidupan kamu. Oleh sebab itu, jika kamu mendapatkan mimpi seperti ini, sebaiknya kamu lebih banyak beribadah dan selalu hati-hati dalam melakukan sesuatu.Gempa bumi disertai banjir

7. Arti Mimpi Mengamati Gempa Bumi dari Tempat yang Aman

Jika dalam mimpi mengamati gempa bumi dari tempat yang aman, maka mimpi itu merupakan pertanda dari situasi yang baik. Biasanya mimpi mengamati gempa bumi juga menandakan bahwa kamu akan segera menerima kabar lama yang sudah dinanti-nanti.

8. Arti Mimpi Menemukan Tempat Aman dari Gempa Bumi

Jika dalam mimpi menemukan tempat yang aman dari gempa bumi. Maka mimpi itu dapat mengindikasikan bahwa kamu berada dalam situasi yang baik.

Sebab kamu sudah melakukan hal yang benar untuk menemukan solusi atas masalah yang sedang terjadi.

Kesimpulan Pembahasan

Jadi dapat kita simpulkan bahwa arti bermimpi tentang gempa dalam islam ada macam-macam. Mimpi yang baik dan menggembirakan inilah yang patut diceritakan dan dimintakan penafsirannya kepada orang shaleh.

Imam Malik memesankan, tidak seluruh mimpi patut diceritakan. Hanya mimpi-mimpi yang baik saja yang patut untuk diceritakan. Ketahui pula adab jika bermimpi buruk yang harus kita lakukan.

Dalam merespons mimpi yang buruk, setidaknya terdapat berbagai hal yang sunnah dilakukan bagi seorang Muslim. Anjuran ketika seseorang mengalami mimpi yang buruk terangkum dalam kumpulan hadits berikut:

الرُّؤْيَا الحَسَنَةُ مِنَ اللَّهِ، فَإِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ مَا يُحِبُّ فَلاَ يُحَدِّثْ بِهِ إِلَّا مَنْ يُحِبُّ، وَإِذَا رَأَى مَا يَكْرَهُ فَلْيَتَعَوَّذْ بِاللَّهِ مِنْ شَرِّهَا، وَمِنْ شَرِّ الشَّيْطَانِ، وَلْيَتْفِلْ ثَلاَثًا، وَلاَ يُحَدِّثْ بِهَا أَحَدًا، فَإِنَّهَا لَنْ تَضُرَّهُ

“Mimpi baik itu dari Allah. Jika kalian mimpi sesuatu yang kalian sukai, maka jangan kalian ceritakan kecuali pada orang yang juga ikut menyukai mimpi tersebut. Jika kalian mimpi sesuatu yang tak kalian suka, maka memohonlah perlindungan pada Allah atas keburukan mimpi tersebut dan dari keburukan setan, meludahlah tiga kali dan jangan kalian ceritakan pada siapa pun, maka mimpi buruk itu tidak akan membahayakan pada kalian” (HR al-Bukhari).

Recent Posts

Sejarah Masjid Lapan Kubah Terlengkap

Masjid Lapan Kubah terletak di Kampung Lapan Kotak, Jerteh, Terengganu adalah salah satu masjid yang…

36 mins ago

Sejarah Masjid Agung Semarang

Masjid Agung Semarang merupakan mesjid tertua di Semarang. Masjid ini menyimpan banyak sejarah karena dibangun…

37 mins ago

Sejarah masjid Laweyan, Masjid Pertama di Surakarta

Di Surakarta berdiri sebuah Masjid tertua dan merupakan Masjid pertama yang berada di Surakarta yakni…

37 mins ago

Sejarah Masjid Lawang Kidul, Simak Penjelasan Berikut

Siapa yang tidak menganal Masjid Lawang Kidul? Terlebih lagi warga kota Palempang. Masjid Lawang Kidul…

38 mins ago

Keistimewaan Shafiyah binti Huyay, Sosok Ummul Mukminin

Siapakah Shafiyah binti Huyay? Shafiyah binti Huyay adalah sosok istri Rasulullah. Nama lengkapnya adalah Shafiyah…

39 mins ago

Kisah 3 Nabi Yang Memiliki Istri banyak

Di antara 25 Nabi yang kita kenal, ada beberapa di antaranya memiliki istri banyak. Siapakah…

45 mins ago