Info Islami

5 Cara Menurunkan Berat Badan Menurut Islam

√ Islamic Base Pass quality & checked by redaction team, read our quality control guidelance for more info

Mempunyai berat badan yang ideal merupakan impian semua orang terutama bagi kaum hawa. Mereka berlomba-lomba menjaga penampilan dan bentuk tubuh agar tetap ideal.

Segala cara dilakukan untuk menjaga berat badan supaya tidak melonjak. Mulai dari diet hingga olahraga yang rutin. Perlu diketahui pula adab makan dan minum menurut islam yang benar.

Tapi, kadang usaha untuk menurunkan berat badan terlalu ekstrem hingga tak baik bagi kesehatan. Di dalam Islam memang tidak diperbolehkan melakukan diet yang sangat ketat karena hal itu dapat mengganggu kesehatan.

Rasulullah bersabda:

”Sumber dari penyakit itu perut. Perut adalah gudang penyakit dan berpuasa itu obatnya.”

Bagi kamu yang sedang menjalani program diet, yuk baca doa agar berat badan cepat turun yang ada di bawah ini. Sebagaimana diketahui, selain dengan usaha, seseorang yang ingin berat badannya turun juga harus diimbangi berdoa dan ibadah.

Ternyata dalam menjalani suatu program diet, Anda bisa membaca doa agar senantiasa dimudahkan segala urusannya semua untuk kesehatan.

Setelah membaca doa permohonan kelancaran tersebut, Anda juga bisa membaca doa agar berat badan Anda cepat turun yang bertujuan baik untuk kesehatan.

Ya Allah, lancarkanlah proses turun berat badanku. Supaya aku lebih muda beribadah kepadaMu. Tetapkanlah iman, supaya langsing tidak membuatku lupa padamu. Kabulkanlah Ya Allah, amin.”

Untuk menurunkan berat badan dalam Islam sebenarnya sudah diberikan solusinya yaitu dengan berpuasa. Puasa merupakan salah satu cara paling ampuh untuk menurunkan berat badan.

Minta pertolongan pada-Nya untuk menjaga dirimu dan memudahkan usahamu menjaga berat badan yang ideal:

Allahummar hamjil dahur rokiiko wa’azumahudda kiiko wa’ir kohu assogiiro, min tsaddati al hariiki yaa amma milda mi, in kunti billahi al’aziim, falaa tusadda’i arroas.

Artinya: “Ya Allah, kasihanilah kulitnya yang lembut, tulangnya yang halus dan uratnya yang sempit daripada terlalu panas. Jikalau engkau beriman dengan Allah Yang Maha Agung, maka janganlah engkau sakiti kepala dan janganlah engkau pahitkan mulut dan janganlah kau minum darah.”

1. Niatkan Hanya Karena Allah Subhanahu Ta’ala

Luruskanlah niat sebelum melakukan diet. Niatkan hanya kepada Allah subhnahu ta’ala karena dengan berdiet dan memiliki tubuh ideal akan membuat tubuh kita lebih sehat dan jauh dari berbagai macam penyakit.

Selain itu pola makan kita juga akan lebih terjaga baik waktunya maupun kuantitas makanan yang dikonsumsinya menjadi sesuai dengan kebutuhan tubuh dan tidak berlebihan. Atau mungkin bisa juga diniatkan berdiet untuk menyenangkan hati suami sehingga akan menjadi pahala tersendiri bagi kita para istri sholehah.

2. Melaksanakan Puasa Wajib dan Sunah

Puasa wajib adalah salah satu rukun islam yang dilakukan saat datangnya bulan ramadhan. Sedangkan puasa sunah adalah ibadah puasa yang dilakukan dihari-hari tertentu seperti puasa senin dan kamis maupun puasa daud.

Namun jangan pernah menitik beratkan niat ibadah puasa hanya untuk menurunkan berat badan. Niatkanlah murni karena Allah subhanahu ta’ala.

Puasa adalah cara terefektif untuk mengatur pola makan dan sebagai treatment untuk mengistirahatkan organ pencernaan kita sehingga setidaknya dengan berpuasa tumpukan lemak-lemak penyebab kelebihan berat badan dapat kita minimalisir. Tentunya menu untuk berbuka dan sahur juga harus diperhatikan nilai gizi dan takarannya.

Makan Secukupnya dan jangan makan dengan porsi yang terlalu banyak tentu akan membuat berat badan kita menjadi tidak terkontrol. Oleh karena itu, makanlah makanan secukupnya saja, jangan berlebihan karena islam sendiripun tidak menyukai hal-hal yang berlebihan.

Bahkan dalam Islam sendiri menganjurkan untuk makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Karena ketika lapar kita akan cenderung makan dalam jumlah yang banyak, begitupun jika makan harus menunggu sampai perut terasa kenyang terlebih dahulu sebelum berhenti.

Padahal bagian perut kita tidak hanya harus menampung makanan saja, tapi harus disisakan untuk menampung air beserta udara untuk mencerna makanan dan memfungsikan organ tubuh lainnya. Ketahui pula hukum makan berlebihan menurut islam.

Mengenai hal ini, Allah berfirman dalam Alquran surat Al-Araf ayat 31 yang artinya:

“Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebihan.” (Q.S. Al-A’raf: 31)

Kemudian Sebuah hadits mengisahkan tentang tauladan dari pola makan Rasullulah saw:

“Tidaklah anak cucu Adam mengisi wadah yang lebih buruk dari perutnya. Sebenarnya beberapa suap saja sudah cukup untuk menegakkan tulang rusuknya. Kalau dia harus mengisinya, sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiga lagi untuk bernapas.” (H.R. Turmudzi, Ibnu Majah, dan Muslim)

3. Melaksanakan Shalat Wajib dan Salat Sunnat

Shalat wajib dan shalat sunnat adalah cara beribadah umat muslim kepada sang Maha Pencipta, yakni Allah subhanahu ta’ala. Langkah-langkah atau tata cara dalam melakukan shalat dilakukan dengan gerakan-gerakan seperti berdiri, ruku’ dan sujud yang memiliki khasiat tersendiri bagi kesehatan tubuh.

Diantaranya adalah seperti melancarkan peredaran darah dan membuat seluruh tubuh ikut bergerak. Sehingga lemak-lemak yang bertumpuk dalam tubuh akan terkikis sedikit demi sedikit dari gerakan shalat yang kita lakukan

4. Tidak Tidur Setelah Makan Berat

Kebiasaan buruk yang sering kali dilakukan oleh manusia adalah tidur setelah melahap banyak makanan. Hal ini memang saling berkaitan saat kelaparan kita akan makan dengan jumlah yang lebih banyak karena perut menuntut diisi hingga penuh atau kenyang.

Namun kemudian akibatnya adalah perut menjadi terlalu kenyang dan mata berat atau mengantuk, lalu seterusnya adalah setan yang membujuk untuk istirahat dan tidur.

5. Memohon Doa Kepada Allah Subhanahu Ta’ala dan Ikhtiar

Doa dan ikhtiar adalah dua hal yang tidak boleh dipisahkan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Termasuk dalam hal berdiet doa adalah hal terpenting yang harus dipanjatkan kepada Allah.

Tidak ada doa khusus untuk diet atau menurunkan badan, namun kita bisa memohon langsung kepada Allah dengan bahasa kita sendiri. Karena Allah maha mendengar dan Allah maha memahami semua bahasa hamba-Nya jadi tidak perlu khawatir Allah tidak paham dengan doa kita walaupun doa yang kita panjatkan tidak menggunakan bahasa Arab.

Recent Posts

10 Cara Mengajarkan Anak Membaca Al-Quran

Sebagai umat Muslim, mengajarkan anak beribadah adalah salah satu yang diwajibkan. Tidak hanya dengan shalat…

2 hours ago

Apakah Mempercayai Ramalan Cuaca Termasuk Syirik?

Islam telah mengharamkan ramalan atas nasib, masalah jodoh, rejeki, hoki dan juga ramalan bindang. Para…

2 hours ago

10 Hal-hal yang Membatalkan Syahadat

Syahadat menurut bahasa berasal dari bahasa Arab yaitu syahida yang artinya telah bersaksi. Arti secara…

2 days ago

7 Amalan Kecil yang Bisa Menghapus Dosa

Tiap manusia tidak akan terbebas dari kesalahan dan dosa. Untuk menebusnya, ada beberapa amalan yang…

2 days ago

6 Amalan Kecil yang Mendatangkan Pahala Besar

Setiap umat Islam diwajibkan untuk beribadah kepada Allah SWT, sebagai bentuk rasa syukur atas segala…

2 days ago

9 Cara Beribadah Saat Haid dalam Islam

Dalam Islam, haid adalah masa di mana seorang perempuan sedang dalam keadaan tidak suci atau…

2 days ago