Doa dan Dzikir

Pahami Doa Perlindungan dari Api Neraka

√ Islamic Base Pass quality & checked by redaction team, read our quality control guidelance for more info

Doa perlindungan dari Api Neraka merupakan doa yang harus dihapal dan dipahami oleh seluruh umat muslim. Dosa dan pahala adalah hal yang sudah dimiliki seorang muslim sejak manusia lahir dan memasuki masa baligh. Penting untuk mengetahui tingkatan neraka dan penghuninya.

Semua umat muslim tentu berharap agar bisa masuk surga. Adanya neraka dan surga menjadi bukti kekuasaan Allah SWT kepada seluru makhluk termasuk manusia yang tinggal di bumi. Selain melakukan kegiatan yang ada di bumi.

Manusia memiliki tugas utama yaitu beribadah dan bersikap sebaik-baiknya manusia. Hanya saja adanya akal, hawa nafsu dan lainnya menjadikan manusia memiliki perhitungan amal yang berbeda-beda, begitupun dosa. Ada banyak doa dan harapan yang bisa kita minta kepada Allah SWT, termasuk berikut, doa perlindungan dari Api Neraka dan bukan termasuk ciri-ciri orang masuk neraka.

Doa Dijauhkan Api Neraka

Lantas apakah ada doa yang dapat membantu kita berlindung dari siksa api neraka ? Sebagaimana kita tahu bahwa dosa yang dilakukan semasa hidup akan dihitung dan hukumannya berupa siksa api neraka.

Kita tahu bukan, bahwa Al-quran sebagai pedoman hidup telah banyak menggambarkan menakutkannya neraka dan harus dihadapi selama bertahun-tahun atau bahkan selamanya (Nauzubillah min zalik). Ketahui juga gambaran api neraka menutut Alquran dan hadis.

Berikut deretan doa-nya:

Robbanashrif annaa adzaaba jahannama, inna adzaa bahaa kaana ghoroomaa”.

Artinya: Ya Rabb kami, jauhkan azab jahannam dari kami. Sesungguhnya azabnya itu adalah kebinasaan yang kekal” (QS. Al-Furqan 65)

Rabbana atina fid-dun-ya ?asanataw wa fil-akhirati ?asanataw wa qina ‘azaban-nar”. (QS Al Baqarah: 201).  Artinya: Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka.

Selain doa yang berasal dari potongan ayat Al-quran. Hadits juga bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk menghindari api neraka. Doa yang dimaksud adalah :

وَعَنْ عَائِشَةَ رَضِىَ اللهُ عَنْهَا أَنَّ النَّبِىَّ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- كَانَ يَدْعُو بِهَؤُلاَءِ الْكَلِمَاتِ « اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ النَّارِ وَعَذَابِ النَّارِ

وَمِنْ شَرِّ الْغِنَى وَالْفَقْرِ».رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ وَالتِّرْمِذِي وَقَالَ حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ وَهَذَا لَفْظُ أَبِيْ دَاوُدَ

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berdoa dengan kalimat-kalimat ini, “ALLOOHUMMA INNII A’UUDZU BIKA MIN FITNATIN NAAR WA ‘ADZAABIN NAAR, WA MIN SYARRIL GHINAA WAL FAQR”(Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah (ujian di) neraka dan azab neraka, serta dari keburukan kekayaan dan kefakiran).”

(HR. Abu Daud, Tirmidzi. Ia berkata bahwa hadits ini hasan sahih. Lafaznya adalah lafaz Abu Daud) [HR. Abu Daud, no. 1543; Tirmidzi, no. 3495; Ibnu Majah, no. 3838. Syaikh Salim bin ‘Ied Al-Hilali mengatakan bahwa sanad hadits ini sahih, perawinya tsiqqah].

Boleh juga menggunakan doa versi pendek :

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ

Allaahumma innii as-alukal jannah, wa a’uudzu bika minan-naar

Artinya: “Ya Allah, aku mohon kepada-Mu surga, dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka.

Doa tersebut diriwayatkan dalam HR. Abu Daud, Ibnu Majah dan Ahmad. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih.

Kapan Doa Dipanjatkan?

Setelah memahami mengenai doa untuk perlindungan diri agar jauh dari api neraka, selanjutnya adalah kapan seharusnya kita memanjatkan doa ini? Sebenarnya tidak ada batasan waktu dan tempat untuk memanjatkan doa. Allah SWT senantiasa memberikan rahmat dan mendengarkan seluruh umatnya yang sungguh-sungguh berdoa dan juga meminta.

Tetapi ada beberapa waktu yang bisa digunakan, di antaranya:

  • Setelah Melakukan Solat Fardu atau Solat Lima Waktu

Rasanya pada waktu ini semua doa yang kita panjatkan akan lebih mudah didengar oleh Allah SWT. Solat wajib yang dilakukan oleh semua manusia di bumi dan menjadi rukun islam nomor 2 menjadi momen yang tepat untuk berdoa.

  • Solat Malam

Solat malam jelas menjadi salah satu alasan kenapa banyak umat muslim yang berusaha untuk beribadah di tengah malam atau dini hari. Selain solat berjalan dengan khusyuk, bukan rahasia lagi bahwa doa di-sepertiga malam merupakan doa yang cepat terkabul. Bahkan dapat membantu seorang muslim mendapatkan iman yang semakin baik.

  • Saat Hujan Deras

Saat hujan seringkali membawa dan memberikan keberkahan. Pada saat seperti ini, berdoalah untuk meminta perlindungan dan juga doa api neraka. Ketahui macam-macam siksa neraka agar bisa terhindar darinya.

  • Doa di Antara Adzan dan Iqamah

Sudah sering momen seperti ini menjadi salah satu momen tepat untuk meminta pengampunan dan memberikan keberkahan dalam hidup manusia. Sesaat setelah adzan juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk berdoa memohon perlindungan.

  • Setelah solat tobat

Solat tobat wajib dilakukan oleh umat muslim. Minimal 1 kali dalam seumur hidup untuk memastikan bahwa kita menyesal dan juga melakukan tobat atas kesalahan yang sudah dilakukan. Setelah solat tobat bisa menjadi momen yang tepat untuk memohon ampun atas yang dilakukan selama ini. Tidak lupa juga tentu memohon doa perlindungan kepada Allah SWT.

Recent Posts

4 Cara Menghadapi Masalah Rumah Tangga dalam Islam

Dalam kehidupan rumah tangga, pasti kerap terjadi perselisihan antara suami dan istri. Pertengkaran tersebut merupakan…

1 day ago

3 Cara Menghadapi Inflasi dalam Islam

Inflasi adalah kondisi kenaikan harga barang atau jasa secara terus menerus dalam kurun waktu tertentu.…

1 week ago

Ketahui Penyebab yang Menggugurkan Hak Waris

Kata waris berasal dari bahasa arab yaitu warasa, yarisu, dan irsan yang memiliki arti mewarisi. Warisan…

3 weeks ago

Tata Cara Shalat Ghaib Jenazah Laki-Laki dan Perempuan

Tata cara shalat ghaib tentu dibedakan antara laki-laki dan perempuan yang benar sesuai sunnah. Shalat…

3 weeks ago

Ketahui Tata Cara Shalat Ghaib dan Syarat-syaratnya

Shalat ghaib merupakan shalat jenazah yang dilakukan ketika jenazah tidak berada di tempat atau ketika…

4 weeks ago

Ketahui Tata Cara Shalat Tasbih dan Manfaatnya

Salah satu shalat sunnah yang amalannya berlimpah adalah Shalat Tasbih. Shalat Tasbih ini merupakan shalat sunnah…

1 month ago