Doa dan Dzikir

Doa Agar Anak Tidak Suka Mencuri

√ Islamic Base Pass quality & checked by redaction team, read our quality control guidelance for more info

Pencurian merupakan tindakan buruk yang dilakukan oleh manusia. Sayangnya beberapa anak mungkin mengenal tindak pencurian, entah karena menginginkan sesuatu namun tidak dapat dicapai, ataupun kebiasaan buruk dari lingkungan sekitar.

Ada doa agar anak tidak suka mencuri yang bisa dipanjatkan dan diamalkan oleh orang tua. Selain mendidik anak waktu yang tepat untuk menasehati anak untuk mengurangi sikap mencuri hingga benar-benar hilang dalam diri mereka.

Bacalah QS Ibrahim:40:

رَبِّ اجْعَلْنِيْ مُقِيْمَ الصَّلٰوةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِيْۖ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاۤءِ 40

“Wahai Tuhanku, jadikanlah aku orang yang mendirikan solat, dan zuriat keturunanku. Wahai Tuhanku perkenankanlah doaku.”

Bacaan ini diucapkan setiap selepas salat lima waktu. Amalkan juga doa dari QS Al Furqan: 74 yang artinya: “Dan juga mereka yang berdoa dengan berkata: Wahai Tuhan kami, berilah kami beroleh daripada isteri-isteri dan zuriat keturunan kami perkara-perkara yang menyukakan hati kami, dan jadikanlah kami imam ikutan bagi orang-orang yang bertakwa.”

Selain itu, ada juga doa yang bisa dipanjatkan agar anak-anak taat dan menghindari keburukan. Termasuk sikap sering mencuri yang dilakukan sejak dini. Doa yang dapat diamalkan yaitu;

رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَآ اُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَۖ وَاَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا ۚ اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

 Artinya:

“Ya Allah Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) di antara anak cucu kami orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat ibadah haji kami dan terimalah taubat kami ini. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.”

Cara Menangani Anak Agar Tidak Suka Mencuri

Alasan lain yang menyebabkan anak mencuri ada banyak sekali. Begitupun anak-anak yang melakukan pencurian sejak jaman Rasulullah SAW. Namun ada sebuah hadist hukum mencuri dalam islam yang menjelaskan terkait anak yang mencuri.

Imam at-Tirmizi memberikan suatu bab dalam kitabnya bolehnya makan buah bagi yang lewat di bawahnya. Lalu membawakan hadits dari Umar bin al-Khaththab radhiallahu ‘anhu, Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ دَخَلَ حَائِطَا فَلْيَأْكُل وَلاَ يَتَّخِذْ خُبْنَةً

“Barangsiapa yang masuk pagar milik seseorang, maka ia boleh makan di dalanya namun tidak boleh membawa pulang.” (HR. at-Tirmizi no. 1289)

Selain itu orang tua juga bisa memanjatkan doa untuk anaknya. Cara mendidik anak yang keras kepala dalam islam agar sikap dan perilakunya berubah menjadi anak yang soleh/solehah dan menjadi anak yang pintar. Doa yang digunakan yaitu:

Allaahummam-la’ quluuba aulaadinaa nuuron wa hik-matan wa ahlihim liqobuuli ni’matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah

Artinya: “Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka.”

Allahummaj’alhu shohiihan kaamilan, wa ‘aqilan haadziqon, wa ‘aaliman ‘amilan

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah ia anak yang sehat sempurna, berakal cerdas, dan berilmu lagi beramal.”

Alasan Mencuri bagi Anak

Selain mendoakan, cara mendidik anak dalam islam, ibu dan ayah juga harus tahu bahwa alasan seorang anak mencuri dan juga motivasi mengapa mereka melakukan hal buruk tersebut. Ada beberapa alasan diantaranya yaitu:

  • Meniru lingkungan

Pertama tentu meniru lingkungan tempat mereka berkembang dan juga tumbuh. Meniru lingkungan dan melihat bahwa mencuri adalah cara untuk bertahan bisa menyebabkan alasan anak mencuri dan tentu saja hal ini tidak dibenarkan.

  • Mencari Perhatian

Tahukah ibu dan ayah, bahwa beberapa anak memanfaatkan kesalahan dan hal buruk ini bertujuan untuk menarik perhatian orang tua dan keluarga. Mereka ingin mendapatkan atensi dari keluarga walaupun harus bersikap buruk hingga mencuri.

  • Mengingkan hal yang Dilarang

Orang tua sering melarang anak untuk memiliki barang tertentu ataupun melarang anak untuk tidak memiliki barang tertentu. Faktanya, saat anak-anak tidak dijelaskan alasan kenapa hal itu dilarang dan hanya perintah yang diterima semakin mereka merasa penasaran.

Efeknya mereka menggunakan cara yang lebih dianggap aman untuk memenuhi hasrat dan keinginan mereka. Salah satunya yaitu dosa mencuri dalam islam dan berbohong. Jelaskan kepada anak apa alasan seorang anak dilarang memiliki barang yang mereka inginkan atau yang mereka harapkan.

Recent Posts

Perbedaan Kafir Harbi dan Dzimmi

‎أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ قُلْ  لِّلَّذِيْنَ  كَفَرُوْا  سَتُغْلَبُوْنَ  وَتُحْشَرُوْنَ  اِلٰى  جَهَنَّمَ   ۗ وَبِئْسَ  الْمِهَا دُ “Katakanlah (Muhammad) kepada orang-orang yang kafir, Kamu…

22 hours ago

4 Contoh Syariat Islam yang di Terapkan dalam Kehidupan Sehari-Hari

Syariat Islam adalah hukum yang terdapat dalam ajaran islam untuk mengatur kehidupan manusia. Hal ini…

22 hours ago

Tata Cara Aqiqah Anak Laki-Laki : Hukum, dan Dalilnya

Agama Islam memuliakan umatnya, termasuk anak-anak. Dalam aturan agama islam terdapat beberapa arahan yang membahas…

23 hours ago

4 Sumber Hukum Islam Yang Disepakati

Berbicara mengenai hukum islam, maka kita dapat berbicara mengenai sumber hukum islam yang disepakati. Tujuannya…

23 hours ago

Hukum Aqiqah Sudah Dewasa dan Dalilnya

Aqiqah dalam islam merupakan prosesi yang masuk kedalam sunah muakkad atau sunnah yang wajib untuk…

3 weeks ago

4 Sumber Hukum yang Tidak Disepakati

Dalam agama islam, hukum merupakan aturan baku yang mengatur dan memandu umat muslim dalam beribadah.…

3 weeks ago