Info Islami

12 Negara dengan Penduduk Islam Terbanyak di Dunia

√ Islamic Base Pass quality & checked by redaction team, read our quality control guidelance for more info

Islam merupakan salah satu agama dengan jumlah pengikut paling banyak di dunia. Meski memiliki banyak pengikutnya agama islam tidak tersebar secara merata diseluruh dunia.

Namun islam berkonsentrasi pada beberapa negara-negara tertentu. Oleh karena itu, ada beberapa negara yang dapat kita kategorikan sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak.

Secara berurutan saat ini negara dengan populasi muslim terbanyak adalah:

1. Indonesia

Sejarah masuknya islam di kawasan Asia Tenggara dilatar belakangi karena jalur:

  • Perdagangan
  • Perkawinan
  • Dakwah

Negara di Asia Tenggara merupakan salah satu negara yang penduduknya mayoritas beragama islam terbesar di Dunia. Menurut data statistik populasi Muslim di Indonesia mencapai 87% dari total populasi. Berdasarkan Data Sensus Penduduk 2010 Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia.

Pemeluk agama Islam di Indonesia mencapai 87,18% yakni 207.176.162 jiwa. Meskipun merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia, bukan berarti Indonesia merupakan dengan persentase muslim terbanyak di negaranya. 

2. Brunei Darussalam

Brunei Darussalam menjadi negara dengan pemeluk Islam terbesar kedua di Asia Tenggara. Penduduk muslim di Brunei Darussalam ini mencapai 75% dari populasi, berdasarkan perkiraan statistik.

Sementara itu, International Religious Freedom Report for 2020, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat melaporkan, berdasarkan sensus terbaru, tahun 2011, sebanyak 78,8% penduduk Brunei Darussalam adalah Muslim, 8,7% Kristen, dan 7,8% Buddha, sedangkan sisanya 4,7% terdiri dari agama lain, termasuk kepercayaan asli.

3. Malaysia

Negara Malaysia merupakan Negara yang penduduknya beragama islam. Menurut statistik memperkirakan pemeluk islam di Malaysia mencapai 66% dari populasi yang ada di Malaysia.

4. Maladewa

Negara dengan persentase populasi muslim terbesar di dunia adalah Maladewa. Pasalnya, 100% dari 374,77 ribu penduduk di negara tersebut beragama islam.

5. Pakistan

Pakistan yang punya jumlah populasi muslim terbesar kedua di dunia hanya memiliki proporsi sebesar 96,5%. Persentase tersebut menempatkan Pakistan di posisi ke-22 dunia.

6. India

India yang memiliki jumlah populasi muslim terbesar ketiga berada di posisi ke-73. Sebab, proporsi populasi muslim di Negeri Bollywood hanya 14,6%.

7. Mauritania

Mauritania berada di urutan kedua dengan 99,9% dari total 3,84 juta penduduk beragama Islam. Kemudian, ada 99,8% dari total 10,98 juta penduduk Somalia yang memeluk agama Islam.

8. Afganistan

Afganistan adalah emirat islam. Dimana sebagian besar penduduk negara Afganistan memeluk agama Islam. Sebanyak 90% penduduknya menganut Islam sunni. Menurut The World Factbook, persentase pengikut Muslim Sunni adalah antara 84,7–89,7% dari populasi, dan Muslim Syiah antara 10–15%. 0,3% populasi mengikuti agama minoritas lainnya.

9. Albania

Islam di Albania tentunya dikenal selama periode Ottoman. Pada waktu Ottoman mayoritas warga Albania memeluk agama islam. Penekanan terhadap agama selama abad ke-20 di mulai setelah kebangkitan nasional Albania. Kemudian pemerintahan Komunis secara sistematis menghapus agama dari bangsa Albania dan kebudayaan Albania.

Karena kebijakan ini islam memiliki perubahan yang radikal. Dekade ateisme negara yang berakhir pada tahun 1991 membawa penurunan dalam praktik keagamaan. Setelah periode komunis, pemerintah melepaskan pembatasan agama dan mempersilahkan Islam di Albania dengan pembangunan infrastruktur lembaga-lembaga baru, sastra, fasilitas pendidikan, hubungan internasional dan kegiatan sosial lainnya.

Berdasarkan hasil sensus tahun 2011, 58,79% dari populasi penduduk Albania yang menganut Islam, sehingga menjadikan Islam sebagai agama yang terbanyak dianut di negara ini. Hal ini dikarenakan warisan komunis yang melakukan eksploitasi keagamaan terkait praktik-praktik keagamaan yang hanya dilakukan oleh minoritas muslim di Albania.

10. Turki

Islam adalah agama yang paling dominan di Turki. Sebagian besar penduduk Turki menganut agama Islam. Mayoritas muslim di Turki adalah penganut paham ahlusunnah waljamaah. Dengan presentase 78,2% dari keseluruhan jumlah muslim di Turki.

Diantara penganut paham ahlusunnah waljamaah tersebut 72% diantaranya mengikuti mazhab hanafi dan sisanya 6,2% mengikuti Mazhab Syafi’i. Penganut ajararan Islam syiah 19,8% dari total populasi muslim di Turki. Umat muslim Syi’ah di Turki terbagi menjadi beberapa denominasi, diantaranya adalah kaum Alevi, jafari dan alawi.

11. Yaman

Yaman merupakan negara yang menganut sistem pemerintahan Republik dan juga merupakan satu-satunya negara Republik di Jazirah Arab. Kepala Negara Yaman adalah Presiden yang dipilih secara langsung oleh rakyatnya dengan masa jabatan 7 tahun dan dapat dipilih untuk kedua kalinya. Sedangkan kepala pemerintahanya adalah seorang Perdana Menteri yang ditunjuk oleh Presiden.

Nama lengkap negara Yaman ini adalah Republik Yaman atau Republik of Yemen. Ibukota Yaman adalah Sanaa. Luas wilayah yang ada di Yaman adalah sebesar 527,968 km2 dengan populasi penduduk sebanyak 28.036.829 jiwa. Mayoritas penduduk Yaman adalah etnis Arab yang beragama Islam yaitu sekitar 99,1%. Agama Islam adalah agama yang diresmikan di Yaman. Sedangkan bahasa yang diresmikan adalah bahasa Arab.

12. Iran

Islam adalah agama resmi di iran. Sudah 98% dari total jumlah penduduk orang memeluk agama islam. Dan 89% dari penduduk islam menganut ajaran Syi’ah. 9% lainnya menganut ajaran sunni. Kebanyakan dari mereka yang menganut ajaran suni berasal dari suku turkmen.

Islam merupakan agama yang pemeluknya dominan sangat banyak. Namun tidak semua negara yang kebanyakan mayoritas memeluk agama islam. Negara yang pemeluk agama islam terbanyak antara lain yaitu Indonesia, Malaysia, Turki, Albania, Afganistan dan masih banyak lagi.

Recent Posts

3 Cara Menghadapi Inflasi dalam Islam

Inflasi adalah kondisi kenaikan harga barang atau jasa secara terus menerus dalam kurun waktu tertentu.…

1 week ago

Ketahui Penyebab yang Menggugurkan Hak Waris

Kata waris berasal dari bahasa arab yaitu warasa, yarisu, dan irsan yang memiliki arti mewarisi. Warisan…

2 weeks ago

Tata Cara Shalat Ghaib Jenazah Laki-Laki dan Perempuan

Tata cara shalat ghaib tentu dibedakan antara laki-laki dan perempuan yang benar sesuai sunnah. Shalat…

3 weeks ago

Ketahui Tata Cara Shalat Ghaib dan Syarat-syaratnya

Shalat ghaib merupakan shalat jenazah yang dilakukan ketika jenazah tidak berada di tempat atau ketika…

3 weeks ago

Ketahui Tata Cara Shalat Tasbih dan Manfaatnya

Salah satu shalat sunnah yang amalannya berlimpah adalah Shalat Tasbih. Shalat Tasbih ini merupakan shalat sunnah…

4 weeks ago

4 Amalan Sunnah di Hari Tasyrik yang Penting untuk Diketahui

Hari Tasyrik jatuh pada tiga hari setelah Hari Raya Idul Adha. Dinamakan hari tasyrik karena…

1 month ago