Fiqih

5 Keutamaan Syahadat bagi Seorang Muslim

√ Islamic Base Pass quality & checked by redaction team, read our quality control guidelance for more info

Syahadat merupakan rukun Islam yang pertama yang wajib dilakukan oleh seluruh umat muslim yang ada di dunia, tanpa terkecuali. Terutama bagi mereka yang mungkin beragama diluar Islam, dan ingin mualaf atau memeluk agama Islam.

Maka syahadat adalah ucapan pertama yang disebutkan, disaksikan secara resmi oleh tokoh agama yang dianggap atau ditentukan oleh masyarakat, sebagai salah satu tokoh agama yang memiliki pengetahuan mengenai agama Islam cukup tinggi. Tidak lupa beberapa saksi lain yaitu umat muslim yang sehat dan berakal.

Dengan begitu syahadat yang diucapkan sah dan sesuai namun masih banyak yang belum paham. Ternyata ada keutamaan syahadat bagi seorang muslim terutama bagi teman-teman yang baru memeluk agama Islam. Dalam artikel berikut ini akan kita bahas secara lengkap. Ketahui juga hal-hal yang bisa membatalkan syahadat.

Syahadat sendiri memiliki makna dan juga ucapan yang sama di manapun berada. Berikut bacaan syahadat:

  • Ayshadu An-la ilaha illallah” yang artinya saya bersaksi tiada tuhan selain Allah,
  • Wa Ayshadu Anna Muhammada Rasulullah” yang artinya dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. (Hamid Ahmad At-Thahir, 2010).

Menurut informasi, Syahadat adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Arab dengan arti syahida yang bersaksi.

Dengan membaca kalimat laa ilaaha illallah dapat membawa kita menjadi penghuni surga. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW: “barang siapa yang akhir perkataannya sebelum menginggal dunia adalah laa ilaaha illallah, maka dia akan masuk surga” (HR. Abu daud).

Tidaklah Kami utus seorang rasul pun sebelum kamu (Muhammad) kecuali Kami wahyukan kepadanya bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Aku. Karena itu, sembahlah Aku.” (QS. Al-Anbiya’:25)

Pada QS al-Imran ayat 18, Allah SWT berfirman “Allah menyatakan tidak ada tuhan selain Dia; demikian pula para malaikat dan orang berilmu yang menegakkan keadilan, tidak ada tuhan selain Dia, Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.”

Di ayat yang lain, Allah SWT berfirman tentang status Rasulullah SAW sebagai utusan. “Hai Nabi, sesungguhnya Kami mengutusmu untuk jadi saksi dan pembawa kabar gembira serta pemberi peringatan.”(QS al-Ahzab ayat 45).

Keutamaan Syahadat bagi Seorang Muslim

Setelah membahas mengenai bacaan syahadat dan juga beberapa surat yang menjelaskan mengenai syahadat yang sangat penting yang harus disampaikan oleh umat muslim.

Selanjutnya apasih keutamaan syahadat bagi seorang muslim apa saja manfaat yang bisa didapatka. Jika kita percaya pada rukun Islam pertama ini:

  • Jauh dari Api Neraka

Pertama syahadat memiliki kebaikan yang paling utama selain membebaskan manusia dari api neraka kalimat La Illaha Il Allah ini juga membawa kebaikan. Terutama sebagai seorang muslim dengan kata-kata ini.

Maka diharapkan seorang muslim dapat membatasi dirinya untuk menghindari hal-hal yang bersifat haram atau berdosa, dan juga melakukan apa yg badan serta kegiatan yang berpahala untuk memberikan manfaat kepada diri sendiri maupun orang lain. Selain itu bisa juga melakukan amalan-amalan yang menghapus dosa.

  • Kunci Pintu Surga

Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan yaitu kunci dari 8 pintu surga mereka yang telah mengucapkan kalimat syahadat, merupakan seseorang yang berhak merasakan bagaimana wanginya surga ada delapan pintu surga yang dibuka oleh Allah SWT.

Salah satunya adalah hambanya yang bertakwa kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW, serta melakukan berbagai ibadah yang mendatangkan pahala. Termasuk salah satunya mengucapkan kalimat syahadat. Dengan begitu kita berhak merasakan bagaimana nikmatnya surga.

  • Batasan Muslim dan Kafir

Manfaat ketiga yaitu memutus antara muslim serta kafir. Dua kalimat syahadat merupakan tanda dari perpisahan seseorang yang memasuki agama Islam, sebagai landasan serta pedoman hidupnya.

Mereka meninggalkan mental jahiliyah atau berbagai sikap dan juga perilaku buruk lainnya sebelum mengucapkan kalimat syahadat. Ia harus benar-benar meninggalkan seluruh bentuk niat dan juga kegiatan yang mungkin bertentangan dengan agama Islam. Kenali juga hukum menghina orang kafir.

  • Tawakal

Syahadat dipercaya dapat menumbuhkan sikap tawakal yang dimiliki oleh umat muslim. Dengan adanya syahadat yaitu membantu kita meyakini bahwa yang dipercaya hanyalah Allah SWT sebagai Tuhan dan nabi Muhammad SAW sebagai Rasulnya. Hal ini menumbuhkan sikap dan juga rasa tawakal berserah diri serta ikhlas dalam menjalankan hidup sebagai seorang muslim.

  • Dzikir

Masih banyak yang tidak tahu bahwa sebenarnya keutamaan syahadat bagi seorang muslim yaitu salah satu dzikir yang mendekatkan diri kita dengan Tuhan Yang Maha Esa. Sebagai seorang muslim kita harus memahami hukum tawakal kepada Allah.

Dzikir ataupun pujian dan juga ucapan yang di diulang secara berkala selama mungkin berbulan-bulan atau bertahun-tahun, dapat membantu kita untuk merasa lebih tenang dan juga merasa lebih dekat dengan Allah.

Dengan adanya syahadat menjadikan pagar bagi seorang muslim untuk bisa membatasi diri menghindari hal-hal yang berbau dosa dan juga mendekatkan diri dengan pahala. Walaupun setelah syahadat sendiri, sebagai manusia masih tergoda dengan hawa nafsu dan juga godaan setan.

Namun, syahadat memiliki banyak sekali keutamaan dan juga manfaat bagi diri kita. Terutama jika sering disebutkan dalam ibadah utama misalnya saja salat ataupun berpuasa dan berzikir.

Recent Posts

4 Cara Menghadapi Masalah Rumah Tangga dalam Islam

Dalam kehidupan rumah tangga, pasti kerap terjadi perselisihan antara suami dan istri. Pertengkaran tersebut merupakan…

1 day ago

3 Cara Menghadapi Inflasi dalam Islam

Inflasi adalah kondisi kenaikan harga barang atau jasa secara terus menerus dalam kurun waktu tertentu.…

1 week ago

Ketahui Penyebab yang Menggugurkan Hak Waris

Kata waris berasal dari bahasa arab yaitu warasa, yarisu, dan irsan yang memiliki arti mewarisi. Warisan…

3 weeks ago

Tata Cara Shalat Ghaib Jenazah Laki-Laki dan Perempuan

Tata cara shalat ghaib tentu dibedakan antara laki-laki dan perempuan yang benar sesuai sunnah. Shalat…

3 weeks ago

Ketahui Tata Cara Shalat Ghaib dan Syarat-syaratnya

Shalat ghaib merupakan shalat jenazah yang dilakukan ketika jenazah tidak berada di tempat atau ketika…

4 weeks ago

Ketahui Tata Cara Shalat Tasbih dan Manfaatnya

Salah satu shalat sunnah yang amalannya berlimpah adalah Shalat Tasbih. Shalat Tasbih ini merupakan shalat sunnah…

1 month ago