Info Islami

Asy-Syu’ara’ (Penyair) Ayat 151-200

√ Islamic Base Pass quality & checked by redaction team, read our quality control guidelance for more info

ۙ وَلَا تُطِيْعُوْٓا اَمْرَ الْمُسْرِفِيْنَ

Wa lā tuṭī’ū amral-musrifīn

151. Dan janganlah kamu menaati perintah orang-orang yang melampaui batas,

الَّذِيْنَ يُفْسِدُوْنَ فِى الْاَرْضِ وَلَا يُصْلِحُوْنَ

Allażīna yufsidụna fil-arḍi wa lā yuṣliḥụn

152. Yang berbuat kerusakan di bumi dan tidak mengadakan perbaikan.”

ۙ قَالُوْٓا اِنَّمَآ اَنْتَ مِنَ الْمُسَحَّرِيْنَ

Qālū innamā anta minal-musaḥḥarīn

153. Mereka berkata, “Sungguh, engkau hanyalah termasuk orang yang kena sihir;

مَآ اَنْتَ اِلَّا بَشَرٌ مِّثْلُنَاۙ فَأْتِ بِاٰيَةٍ اِنْ كُنْتَ مِنَ الصّٰدِقِيْنَ

Mā anta illā basyarum miṡlunā fa`ti bi`āyatin ing kunta minaṣ-ṣādiqīn

154. Engkau hanyalah manusia seperti kami; maka datangkanlah sesuatu mukjizat jika engkau termasuk orang yang benar.”

قَالَ هٰذِهٖ نَاقَةٌ لَّهَا شِرْبٌ وَّلَكُمْ شِرْبُ يَوْمٍ مَّعْلُوْمٍ

ۚQāla hāżihī nāqatul lahā syirbuw wa lakum syirbu yaumim ma’lụm

155. Dia (Saleh) menjawab, “Ini seekor unta betina, yang berhak mendapatkan (giliran) minum, dan kamu juga berhak mendapatkan minum pada hari yang ditentukan.

وَلَا تَمَسُّوْهَا بِسُوْۤءٍ فَيَأْخُذَكُمْ عَذَابُ يَوْمٍ عَظِيْمٍ

Wa lā tamassụhā bisū`in fa ya`khużakum ‘ażābu yaumin ‘aẓīm

156. Dan jangan kamu menyentuhnya (unta itu) dengan sesuatu kejahatan, nanti kamu akan ditimpa azab pada hari yang dahsyat.”

ۙ فَعَقَرُوْهَا فَاَصْبَحُوْا نٰدِمِيْنَ

Fa ‘aqarụhā fa aṣbaḥụ nādimīn

157. Kemudian mereka membunuhnya, lalu mereka merasa menyesal,

فَاَخَذَهُمُ الْعَذَابُۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيَةً ۗوَمَا كَانَ اَكْثَرُهُمْ مُّؤْمِنِيْنَ

Fa akhażahumul-‘ażāb, inna fī żālika la`āyah, wa mā kāna akṡaruhum mu`minīn

158. Maka mereka ditimpa azab. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda (kekuasaan Allah), tetapi kebanyakan mereka tidak beriman.

وَاِنَّ رَبَّكَ لَهُوَ الْعَزِيْزُ الرَّحِيْمُ

Wa inna rabbaka lahuwal-‘azīzur-raḥīm

159. Dan sungguh, Tuhanmu, Dialah Yang Mahaperkasa, Maha Penyayang.

ۖ كَذَّبَتْ قَوْمُ لُوْطِ ِۨالْمُرْسَلِيْنَ

Każżabat qaumu lụṭinil-mursalīn

160. Kaum Lut telah mendustakan para rasul,

ۚ اِذْ قَالَ لَهُمْ اَخُوْهُمْ لُوْطٌ اَلَا تَتَّقُوْنَ

Iż qāla lahum akhụhum lụṭun alā tattaqụn

161. Ketika saudara mereka Lut berkata kepada mereka, “Mengapa kamu tidak bertakwa?”

ۙ اِنِّيْ لَكُمْ رَسُوْلٌ اَمِيْنٌ

Innī lakum rasụlun amīn

162. Sungguh, aku ini seorang rasul kepercayaan (yang diutus) kepadamu,

ۚ فَاتَّقُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوْنِ

Fattaqullāha wa aṭī’ụn

163. Maka bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaku.

ۗ وَمَآ اَسْـَٔلُكُمْ عَلَيْهِ مِنْ اَجْرٍ اِنْ اَجْرِيَ اِلَّا عَلٰى رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ

Wa mā as`alukum ‘alaihi min ajrin in ajriya illā ‘alā rabbil-‘ālamīn

164. Dan aku tidak meminta imbalan kepadamu atas ajakan itu; imbalanku hanyalah dari Tuhan seluruh alam.

ۙ اَتَأْتُوْنَ الذُّكْرَانَ مِنَ الْعٰلَمِيْنَ

A ta`tụnaż-żukrāna minal-‘ālamīn

165. Mengapa kamu mendatangi jenis laki-laki di antara manusia (berbuat homoseks),

وَتَذَرُوْنَ مَا خَلَقَ لَكُمْ رَبُّكُمْ مِّنْ اَزْوَاجِكُمْۗ بَلْ اَنْتُمْ قَوْمٌ عٰدُوْنَ

Wa tażarụna mā khalaqa lakum rabbukum min azwājikum, bal antum qaumun ‘ādụn

166. Dan kamu tinggalkan (perempuan) yang diciptakan Tuhan untuk menjadi istri-istri kamu? Kamu (memang) orang-orang yang melampaui batas.”

قَالُوْا لَىِٕنْ لَّمْ تَنْتَهِ يٰلُوْطُ لَتَكُوْنَنَّ مِنَ الْمُخْرَجِيْنَ

Qālụ la`il lam tantahi yā lụṭu latakụnanna minal-mukhrajīn

167. Mereka menjawab, “Wahai Lut! Jika engkau tidak berhenti, engkau termasuk orang-orang yang terusir.”

ۗ قَالَ ِانِّيْ لِعَمَلِكُمْ مِّنَ الْقَالِيْنَ

Qāla innī li’amalikum minal-qālīn

168. Dia (Lut) berkata, “Aku sungguh benci kepada perbuatanmu.”

رَبِّ نَجِّنِيْ وَاَهْلِيْ مِمَّا يَعْمَلُوْنَ

Rabbi najjinī wa ahlī mimmā ya’malụn

169. (Lut berdoa), “Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dan keluargaku dari (akibat) perbuatan yang mereka kerjakan.”

ۙ فَنَجَّيْنٰهُ وَاَهْلَهٗٓ اَجْمَعِيْنَ

Fa najjaināhu wa ahlahū ajma’īn

170. Lalu Kami selamatkan dia bersama keluarganya semua,

ۚ اِلَّا عَجُوْزًا فِى الْغٰبِرِيْنَ

Illā ‘ajụzan fil-gābirīn

171. Kecuali seorang perempuan tua (istrinya), yang termasuk dalam golongan yang tinggal.

ۚ ثُمَّ دَمَّرْنَا الْاٰخَرِيْنَ

Summa dammarnal-ākharīn

172. Kemudian Kami binasakan yang lain.

وَاَمْطَرْنَا عَلَيْهِمْ مَّطَرًاۚ فَسَاۤءَ مَطَرُ الْمُنْذَرِيْنَ

Wa amṭarnā ‘alaihim maṭarā, fa sā`a maṭarul-munżarīn

173. Dan Kami hujani mereka (dengan hujan batu), maka betapa buruk hujan yang menimpa orang-orang yang telah diberi peringatan itu.

اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيَةً ۗوَمَا كَانَ اَكْثَرُهُمْ مُّؤْمِنِيْنَ

Inna fī żālika la`āyah, wa mā kāna akṡaruhum mu`minīn

174. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda (kekuasaan Allah), tetapi kebanyakan mereka tidak beriman.

وَاِنَّ رَبَّكَ لَهُوَ الْعَزِيْزُ الرَّحِيْمُ

Wa inna rabbaka lahuwal-‘azīzur-raḥīm

175. Dan sungguh, Tuhanmu, Dialah Yang Mahaperkasa, Maha Penyayang.

ۖ كَذَّبَ اَصْحٰبُ لْـَٔيْكَةِ الْمُرْسَلِيْنَ

Każżaba aṣ-ḥābul-aikatil-mursalīn

176. Penduduk Aikah telah mendustakan para rasul;

ۚ اِذْ قَالَ لَهُمْ شُعَيْبٌ اَلَا تَتَّقُوْنَ

Iż qāla lahum syu’aibun alā tattaqụn

177. Ketika Syuaib berkata kepada mereka, “Mengapa kamu tidak bertakwa?

ۙ اِنِّيْ لَكُمْ رَسُوْلٌ اَمِيْنٌ

Innī lakum rasụlun amīn

178. Sungguh, aku adalah rasul kepercayaan (yang diutus) kepadamu,

ۚ فَاتَّقُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوْنِ

Fattaqullāha wa aṭī’ụn

179. Maka bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaku;

ۗ وَمَآ اَسْـَٔلُكُمْ عَلَيْهِ مِنْ اَجْرٍ اِنْ اَجْرِيَ اِلَّا عَلٰى رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ

Wa mā as`alukum ‘alaihi min ajrin in ajriya illā ‘alā rabbil-‘ālamīn

180. Dan aku tidak meminta imbalan kepadamu atas ajakan itu; imbalanku hanyalah dari Tuhan seluruh alam.

ۚ اَوْفُوا الْكَيْلَ وَلَا تَكُوْنُوْا مِنَ الْمُخْسِرِيْنَ ۞

Auful-kaila wa lā takụnụ minal-mukhsirīn

181. Sempurnakanlah takaran dan janganlah kamu merugikan orang lain.

ۚ وَزِنُوْا بِالْقِسْطَاسِ الْمُسْتَقِيْمِ

Wa zinụ bil-qisṭāsil-mustaqīm

182. Dan timbanglah dengan timbangan yang benar.

وَلَا تَبْخَسُوا النَّاسَ اَشْيَاۤءَهُمْ وَلَا تَعْثَوْا فِى الْاَرْضِ مُفْسِدِيْنَ

Wa lā tabkhasun-nāsa asy-yā`ahum wa lā ta’ṡau fil-arḍi mufsidīn

183. Dan janganlah kamu merugikan manusia dengan mengurangi hak-haknya dan janganlah membuat kerusakan di bumi;

ۗ وَاتَّقُوا الَّذِيْ خَلَقَكُمْ وَالْجِبِلَّةَ الْاَوَّلِيْنَ

Wattaqullażī khalaqakum wal-jibillatal-awwalīn

184. Dan bertakwalah kepada Allah yang telah menciptakan kamu dan umat-umat yang terdahulu.”

ۙ قَالُوْٓا اِنَّمَآ اَنْتَ مِنَ الْمُسَحَّرِيْنَ

Qālū innamā anta minal-musaḥḥarīn

185. Mereka berkata, “Engkau tidak lain hanyalah orang-orang yang kena sihir.

ۚ وَمَآ اَنْتَ اِلَّا بَشَرٌ مِّثْلُنَا وَاِنْ نَّظُنُّكَ لَمِنَ الْكٰذِبِيْنَ

Wa mā anta illā basyarum miṡlunā wa in naẓunnuka laminal-kāżibīn

186. Dan engkau hanyalah manusia seperti kami, dan sesungguhnya kami yakin engkau termasuk orang-orang yang berdusta.

ۗ فَاَسْقِطْ عَلَيْنَا كِسَفًا مِّنَ السَّمَاۤءِ اِنْ كُنْتَ مِنَ الصّٰدِقِيْنَ

Fa asqiṭ ‘alainā kisafam minas-samā`i ing kunta minaṣ-ṣādiqīn

187. Maka jatuhkanlah kepada kami gumpalan dari langit, jika engkau termasuk orang-orang yang benar.”

قَالَ رَبِّيْٓ اَعْلَمُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ

Qāla rabbī a’lamu bimā ta’malụn

188. Dia (Syuaib) berkata, “Tuhanku lebih mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

فَكَذَّبُوْهُ فَاَخَذَهُمْ عَذَابُ يَوْمِ الظُّلَّةِ ۗاِنَّهٗ كَانَ عَذَابَ يَوْمٍ عَظِيْمٍ

Fa każżabụhu fa akhażahum ‘ażābu yaumiẓ-ẓullah, innahụ kāna ‘ażāba yaumin ‘aẓīm

189. Kemudian mereka mendustakannya (Syuaib), lalu mereka ditimpa azab pada hari yang gelap. Sungguh, itulah azab pada hari yang dahsyat.

اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيَةً ۗوَمَا كَانَ اَكْثَرُهُمْ مُّؤْمِنِيْنَ

Inna fī żālika la`āyah, wa mā kāna akṡaruhum mu`minīn

190. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kekuasaan Allah), tetapi kebanyakan mereka tidak beriman.

وَاِنَّ رَبَّكَ لَهُوَ الْعَزِيْزُ الرَّحِيْمُ

Wa inna rabbaka lahuwal-‘azīzur-raḥīm

191. Dan sungguh, Tuhanmu, Dialah yang Mahaperkasa, Maha Penyayang.

ۗ وَاِنَّهٗ لَتَنْزِيْلُ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ

Wa innahụ latanzīlu rabbil-‘ālamīn

192. Dan sungguh, (Al-Qur’an) ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan seluruh alam,

ۙ نَزَلَ بِهِ الرُّوْحُ الْاَمِيْنُ

Nazala bihir-rụḥul-amīn

193. Yang dibawa turun oleh ar-Ruh al-Amin (Jibril),

ۙ عَلٰى قَلْبِكَ لِتَكُوْنَ مِنَ الْمُنْذِرِيْنَ

Alā qalbika litakụna minal-munżirīn

194. Ke dalam hatimu (Muhammad) agar engkau termasuk orang yang memberi peringatan,

ۗ بِلِسَانٍ عَرَبِيٍّ مُّبِيْنٍ

Bilisānin ‘arabiyyim mubīn

195. Dengan bahasa Arab yang jelas.

وَاِنَّهٗ لَفِيْ زُبُرِ الْاَوَّلِيْنَ

Wa innahụ lafī zuburil-awwalīn

196. Dan sungguh, (Al-Qur’an) itu (disebut) dalam kitab-kitab orang yang terdahulu

وَلَمْ يَكُنْ لَّهُمْ اٰيَةً اَنْ يَّعْلَمَهٗ عُلَمٰۤؤُا بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ

A wa lam yakul lahum āyatan ay ya’lamahụ ‘ulamā`u banī isrā`īl

197. Apakah tidak (cukup) menjadi bukti bagi mereka, bahwa para ulama Bani Israil mengetahuinya?

ۙ وَلَوْ نَزَّلْنٰهُ عَلٰى بَعْضِ الْاَعْجَمِيْنَ

Walau nazzalnāhu ‘alā ba’ḍil-a’jamīn

198. Dan seandainya (Al-Qur’an) itu Kami turunkan kepada sebagian dari golongan bukan Arab,

ۗ فَقَرَاَهٗ عَلَيْهِمْ مَّا كَانُوْا بِهٖ مُؤْمِنِيْنَ

Faqara`ahụ ‘alaihim mā kānụ bihī mu`minīn

199. Lalu dia membacakannya kepada mereka (orang-orang kafir); niscaya mereka tidak juga akan beriman kepadanya.

ۗ كَذٰلِكَ سَلَكْنٰهُ فِيْ قُلُوْبِ الْمُجْرِمِيْنَ

Każālika salaknāhu fī qulụbil-mujrimīn

200. Demikianlah, Kami masukkan (sifat dusta dan ingkar) ke dalam hati orang-orang yang berdosa,

Recent Posts

Sejarah Masuknya Islam Ke Aceh

Aceh dikenal sebagai daerah yang mendapat julukan "Serambi Mekkah" karena penduduknya mayoritas beragama Islam dan…

6 months ago

Sejarah Masuknya Islam ke Myanmar

Sejarah masuknya Islam ke Myanmar cukup kompleks dan menarik, dengan beberapa teori dan periode penting:…

6 months ago

Sejarah Masuknya Islam ke Andalusia

Islam masuk ke Andalusia (Spanyol) pada abad ke-7 Masehi, menandai era baru yang gemilang di…

6 months ago

Sejarah Masuknya Islam ke Afrika

sejarah masuknya Islam di Afrika memiliki cerita yang menarik. Islam masuk ke Afrika dalam beberapa…

6 months ago

Sejarah Masuknya Islam Ke Nusantara

Masuknya Islam ke Nusantara merupakan proses yang berlangsung selama beberapa abad melalui berbagai saluran, termasuk…

6 months ago

Sejarah Masuknya Islam ke Pulau Jawa

Masuknya Islam ke Pulau Jawa adalah proses yang kompleks dan berlangsung selama beberapa abad. Islam…

6 months ago