Lā yu`minụna bihī ḥattā yarawul-‘ażābal-alīm
201. Mereka tidak akan beriman kepadanya, hingga mereka melihat azab yang pedih,
Fa ya`tiyahum bagtataw wa hum lā yasy’urụn
202. Maka datang azab kepada mereka secara mendadak, ketika mereka tidak menyadarinya,
Fa yaqụlụ hal naḥnu munẓarụn
203. Lalu mereka berkata, “Apakah kami diberi penangguhan waktu?”
A fa bi’ażābinā yasta’jilụn
204. Bukankah mereka yang meminta agar azab Kami dipercepat?
A fa ra`aita im matta’nāhum sinīn
205. Maka bagaimana pendapatmu jika kepada mereka Kami berikan kenikmatan hidup beberapa tahun,
Summa jā`ahum mā kānụ yụ’adụn
206. Kemudian datang kepada mereka azab yang diancamkan kepada mereka,
Mā agnā ‘an-hum mā kānụ yumatta’ụn
207. Niscaya tidak berguna bagi mereka kenikmatan yang mereka rasakan.
Wa mā ahlaknā ming qaryatin illā lahā munżirụn
208. Dan Kami tidak membinasakan sesuatu negeri, kecuali setelah ada orang-orang yang memberi peringatan kepadanya;
Zikrā, wa mā kunnā ẓālimīn
209. untuk (menjadi) peringatan. Dan Kami tidak berlaku zalim.
Wa mā tanazzalat bihisy-syayāṭīn
210. Dan (Al-Qur’an) itu tidaklah dibawa turun oleh setan-setan.
Wa mā yambagī lahum wa mā yastaṭī’ụn
211. Dan tidaklah pantas bagi mereka (Al-Qur’an itu), dan mereka pun tidak akan sanggup.
Innahum ‘anis-sam’i lama’zụlụn
212. Sesungguhnya untuk mendengarkannya pun mereka dijauhkan.
Fa lā tad’u ma’allāhi ilāhan ākhara fa takụna minal-mu’ażżabīn
213. Maka janganlah kamu menyeru (menyembah) tuhan selain Allah, nanti kamu termasuk orang-orang yang diazab.
Wa anżir ‘asyīratakal-aqrabīn
214. Dan berilah peringatan kepada kerabat-kerabatmu (Muhammad) yang terdekat,
Wakhfiḍ janāḥaka limanittaba’aka minal-mu`minīn
215. Dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang beriman yang mengikutimu.
Fa in ‘aṣauka fa qul innī barī`um mimmā ta’malụn
216. Kemudian jika mereka mendurhakaimu maka katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya aku tidak bertanggung jawab terhadap apa yang kamu kerjakan.”
Wa tawakkal ‘alal-‘azīzir-raḥīm
217. Dan bertawakallah kepada (Allah) Yang Mahaperkasa, Maha Penyayang.
Allażī yarāka ḥīna taqụm
218. Yang melihat engkau ketika engkau berdiri (untuk salat),
Wa taqallubaka fis-sājidīn
219. Dan (melihat) perubahan gerakan badanmu di antara orang-orang yang sujud.
Innahụ huwas-samī’ul-‘alīm
220. Sungguh, Dia Maha Mendengar, Maha Mengetahui.
Hal unabbi`ukum ‘alā man tanazzalusy-syayāṭīn
221. Maukah Aku beritakan kepadamu, kepada siapa setan-setan itu turun?
Tanazzalu ‘alā kulli affākin aṡīm
222. Mereka (setan) turun kepada setiap pendusta yang banyak berdosa,
Yulqụnas-sam’a wa akṡaruhum kāżibụn
223. Mereka menyampaikan hasil pendengaran mereka, sedangkan kebanyakan mereka orang-orang pendusta.
Wasy-syu’arā`u yattabi’uhumul-gāwụn
224. Dan penyair-penyair itu diikuti oleh orang-orang yang sesat.
A lam tara annahum fī kulli wādiy yahīmụn
225. Tidakkah engkau melihat bahwa mereka mengembara di setiap lembah,
Wa annahum yaqụlụna mā lā yaf’alụn
226. Dan bahwa mereka mengatakan apa yang mereka sendiri tidak mengerjakan(nya)?
Illallażīna āmanụ wa ‘amiluṣ-ṣāliḥāti wa żakarullāha kaṡīraw wantaṣarụ mim ba’di mā ẓulimụ, wa saya’lamullażīna ẓalamū ayya mungqalabiy yangqalibụn
227. Kecuali orang-orang (penyair-penyair) yang beriman dan berbuat kebajikan dan banyak mengingat Allah dan mendapat kemenangan setelah terzalimi (karena menjawab puisi-puisi orang-orang kafir). Dan orang-orang yang zalim kelak akan tahu ke tempat mana mereka akan kembali.
Aceh dikenal sebagai daerah yang mendapat julukan "Serambi Mekkah" karena penduduknya mayoritas beragama Islam dan…
Sejarah masuknya Islam ke Myanmar cukup kompleks dan menarik, dengan beberapa teori dan periode penting:…
Islam masuk ke Andalusia (Spanyol) pada abad ke-7 Masehi, menandai era baru yang gemilang di…
sejarah masuknya Islam di Afrika memiliki cerita yang menarik. Islam masuk ke Afrika dalam beberapa…
Masuknya Islam ke Nusantara merupakan proses yang berlangsung selama beberapa abad melalui berbagai saluran, termasuk…
Masuknya Islam ke Pulau Jawa adalah proses yang kompleks dan berlangsung selama beberapa abad. Islam…