Doa dan Dzikir

5 Manfaat Istighfar dan Sholawat

√ Islamic Base Pass quality & checked by redaction team, read our quality control guidelance for more info

Dilahirkan sebagai manusia kita dihadapkan dengan berbagai pilihan dan juga masalah dalam hidup tentu saja Allah SWT, pasti akan memberikan ujian sesuai dengan kemampuan dan juga kesanggupannya.

Namun sebagai manusia sendiri pasti memiliki rasa sulit dan juga putus asa ketika menghadapi masalah tersebut.

Namun, ada ibadah yang dapat dilakukan untuk memperkuat diri dalam menghadapi berbagai cobaan ketika kita diuji atau sedang menghadapi musibah yaitu dengan istighfar dan sholawat. Dalam artikel ini kita akan bahas secara lengkap manfaat istighfar dan sholawat yang rutin dilakukan oleh umat muslim.

  • Mengabulkan Doa

Ada banyak sekali cara yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan rahmat dan juga pengampunan dari Allah SWT  termasuk dengan cara berdoa terutama jika kita memanjatkan doa dengan khusyuk dan dilakukan pada ibadah wajib ataupun ibadah sunnah seperti salat tahajud tentu saja mengabulkan doa. Sebab itu penting mengetahui adab berdoa dan berdzikir yang benar.

Bisa dilakukan dengan cara lain yaitu istighfar dan juga sholawat yang rutin dilakukan setiap saat dan setiap kita melakukan kegiatan cara mengabulkan doa ini ternyata tertera dalam surah Hud ayat 61 mengenai sholawat dan istighfar.

وَإِلَىٰ ثَمُودَ أَخَاهُمْ صَالِحًا ۚ قَالَ يَا قَوْمِ اعْبُدُوا اللَّهَ مَا لَكُمْ مِنْ إِلَٰهٍ غَيْرُهُ ۖ هُوَ أَنْشَأَكُمْ مِنَ الْأَرْضِ وَاسْتَعْمَرَكُمْ فِيهَا فَاسْتَغْفِرُوهُ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ ۚ إِنَّ رَبِّي قَرِيبٌ مُجِيبٌ

Artinya: “Shaleh berkata : ‘Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. Dia telah menciptakan kamu dari tanah dan menjadikan kamu pemakmurnya. Karena itu mohonlah ampunan-Nya, kemudian bertaubatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku amat dekat rahmat-Nya, dan maha mengabulkan doa-doa hamba-Nya.” (Hud: 61).

  • Memudahkan Urusan

Saat kita melakukan kegiatan atau sedang dihadapi oleh masalah dan juga cobaan seringkali kita melakukan ibadah secara rutin untuk meminta bantuan dan juga memasrahkan diri terhadap apa yang terjadi ternyata istighfar dan juga sholawat bisa membantu kita untuk memudahkan urusan ataupun yang sedang dilakukan manusia di dunia bahkan Rasulullah SAW telah menyampaikan mengenai manfaat istighfar dan sholawat untuk memudahkan urusan manusia:

Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang artinya:

“Barangsiapa yang memperbanyak istighfar, Allah akan melapangkan kesusahannya, mengeluarkannya dari kesempitan dan memberinya rizki dari jalan yang tidak disangka-sangka.” (Hadis Riwayat Muslim).

  • Menghilangkan Rasa Malas

Rasa malas seringkali menyerang dan sifat malas adalah salah satu sifat setan bukan hanya malas dalam berkegiatan dan berusaha tetapi kita juga akan sering kali diserang rasa malas ketika ingin beribadah ternyata dengan istighfar dan juga macam-macam sholawat nabi secara rutin dapat membantu memicu diri kita untuk menghilangkan rasa malas atau godaan tersebut. Kenali juga amalan dzikir di bulan Ramadhan.

Dalam Hadist Riwayat Muslim nomor 2702, Nabi Muhammad SAW juga bersabda yang artinya:

  • Menghadapi Musibah

Ketika manusia menghadapi musibah Tentu saja tidak mudah untuk menghadapi atau menyelesaikannya bukan hanya manusia saja Bahkan nabi dan rasul mendapatkan musibah serta ujian untuk menguji keimanan mereka terhadap Allah SWT. 

Tetapi dengan istighfar dan juga shalawat sebagai manusia kita akan dibantu melapangkan hati dan juga dada untuk bisa menghadapi musibah tersebut dengan pikiran jernih dan tidak terlalu gagah apalagi ceroboh dalam Al Quran tertulis istighfar dan juga sholawat dapat membantu musibah pada beberapa surah.

Dan Allah tidak akan menyiksa mereka sedang mereka dalam keadaan beristighfar.” [Al-Anfal: 33]

Allah SWT juga pernah menjelaskan melalui firmannya, bahwa yang menyelamatkan nabi Yunus dari dalam perut ikan paus ialah kalimat istighfar salah satunya.

“Maka kalau sekiranya dia tidak termasuk sebagai orang-orang yang banyak bertasbih, niscaya ia akan tetap tinggal di dalam perut ikan itu sampai hari kebangkitan” [Ash-Shaffat: 143-144].

  • Menenangkan Hati

Terakhir istigfar dan juga sholawat membantu kita selalu mengingat Allah SWT dan juga meningkatkan keimanan kita dan menjadi salah satu keutamaan membaca sholawat. Umat muslim diharuskan berserah kepada Allah SWT terhadap apa yang terjadi.

Namun, kita juga tetap berusaha hasil ataupun kondisi di akhir kita kembalikan kepada Allah SWT. Dengan hal tersebut maka beban yang ada di pikiran dan juga diri kita akan mulai berkurang.

Manfaat istighfar dan sholawat yang paling sering dirasakan oleh umat muslim menenangkan hati dan juga jiwa, saat kita berusaha untuk mengingat Tuhan dan juga melakukan berbagai aktivitas dengan izin Allah SWT. Sholawat juga termasuk amalan kecil yang bisa menghapus dosa.

Maka hati dan juga pikiran kita akan lebih tenang dan juga lebih tertata kita tidak perlu merasa takut dan juga merasa sulit menghadapi berbagai ujian dan juga hari yang dilalui setiap saat. Apalagi ibadah seperti istighfar dan juga sholawat bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja bahkan ketika kita duduk ataupun sebelum tidur.

Nah itulah beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh umat muslim yang rajin untuk melakukan sholawat dan juga istighfar di berbagai kesempatan dengan adanya rahmat Allah SWT maka kita akan lebih tenang dalam melakukan kegiatan dan kita akan selalu ingat.  sehingga hal tersebut membantu kita juga untuk menghindari godaan setan.

Recent Posts

Sejarah Masuknya Islam Ke Aceh

Aceh dikenal sebagai daerah yang mendapat julukan "Serambi Mekkah" karena penduduknya mayoritas beragama Islam dan…

3 weeks ago

Sejarah Masuknya Islam ke Myanmar

Sejarah masuknya Islam ke Myanmar cukup kompleks dan menarik, dengan beberapa teori dan periode penting:…

3 weeks ago

Sejarah Masuknya Islam ke Andalusia

Islam masuk ke Andalusia (Spanyol) pada abad ke-7 Masehi, menandai era baru yang gemilang di…

3 weeks ago

Sejarah Masuknya Islam ke Afrika

sejarah masuknya Islam di Afrika memiliki cerita yang menarik. Islam masuk ke Afrika dalam beberapa…

3 weeks ago

Sejarah Masuknya Islam Ke Nusantara

Masuknya Islam ke Nusantara merupakan proses yang berlangsung selama beberapa abad melalui berbagai saluran, termasuk…

3 weeks ago

Sejarah Masuknya Islam ke Pulau Jawa

Masuknya Islam ke Pulau Jawa adalah proses yang kompleks dan berlangsung selama beberapa abad. Islam…

3 weeks ago