17 Manfaat Air Putih Saat Berbuka Puasa

Air putih adalah air murni yang didapat karena rezeki dari Allah serta menjadi sesuatu yang sangat berharga, manusia dan semua makhluk tak akan bisa hidup tanpa adanya air putih, manusia mungkin bisa menghabiskan waktu tanpa makan namun jika menghabiskan  waktu tanpa minum, manusia tidak akan mampu bertahan hidup terlebih organ tubuh makhluk hidup 90% lebihnya membutuhkan air.

ads

Sebab itu air putih selalu dibahas menjadi sesuatu yang terbaik untuk pelepas dahaga dan mengembalikan energi ketika berbuka puasa di samping makan makanan yang manis seperti kurma, air putih memiliki kandungan yang luar biasa untuk apapun termasuk buka puasa, yaitu sebagai berikut, 17 manfaat air putih saat buka puasa.

1. Menghidupkan Energi Secara Total

Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?.” (QS. 21: 30). Tiap berbuka puasa, misalnya tidak ada makanan atau minuman lainnya, hanya dengan air putih akan mampu mengembalikan kembali eenrgi yang selama seharian berkurang, air putih menjadi pilihan yang terbaik dan menjadi zat yang paling bergizi serta paling bermanfaat untuk seluruh organ tubuh sebagaimana dijelaskan dalam ayat ayat Al Qur’an tentang air.

Air putih yang diminum ketika berbuka puasa dan diminum sebelum makan mampu masuk ke dalam organ tubuh dan mengisi sel sel di dalamnya sehingga seluruh organ terasa segar dan energy yang telah hilang kembali lagi, air putih jauh lebih baik daripada air lain yang memiliki kandungan tertentu seperti air yang dingin atau air yang mengandung soda dan bahan lain, sebaiknya selalu mendahulukan air putih sebagai bahan minuman yang utama ketika berbuka puasa.

2. Kesehatan Organ Tubuh

Rasulullah SAW bersabda, “Minumlah dengan 3 kali tegukan” (HR. Tirmidzi). Air putih akan menyehatkan organ tubuh manusia ketika diminum saat buka puasa dibandingkan dengan minuman lain yang mungkin ebrdampak lain terhadap tubuh seperti es atau soda, tentunya khasiat akan lebih baik lagi jika diminum sesuai dengan anjuran Rasulullah, yaitu dalam satu gelas tiga kali tegukan, tidak langsung diminum seketika sebab jika langsung diminum seketika akan mempengaruhi kerja ginjal dan lambung sebagaimana keutamaan minum sambil duduk.

3. Melancarkan Metabolisme

Metabolisme tubuh akan lancar ketika ebrbuka puasa diawali dengan air putih, terlebih ketika diminum dengan porsi cukup yaitu 8 gelas sehari dan diawali dengan memuji asma Allah sesuai tips sehat ala Rasulullah. “Sesungguhnya Allah ridha terhadap seorang hamba yang menikmati makanan, lalu memuji Allah sesudahnya atau meneguk minuman, lalu memuji Allah sesudahnya”. (HR Muslim)

4. Menghilangkan Lelah

Air putih mampu menghilangkan lelah dan dahaga dalam tubuh terlebih ketika seharian berpuasa karena air putih mampu dengan cepat masuk ke dalam organ tubuh manusia dan mengisi sel sel di dalamnya dengan energy dan sesuai dengan gaya hidup sehat Rasulullah SAW. “Dan kami turunkan dari langit air yang amat bersih, agar kami menghidupkan dengan air itu negeri (tanah) yang mati” (QS Al-Furqon: 48-50).

5. Menjernihkan Pikiran

Air putih baik diminum dalam kondisi normal, yakni tidak dalam kondisi dingin yang karena almari pendingin dan tidak terlalu panas, aiar putih yang normal mampu menyegarkan dan menjernihkan pikiran karena bersifat sebagai penetral racun di seluruh tubuh sehingga membuat jiwa tenang dalam islam. Zaadul Ma’aad, , “Air yang terlalu panas atau terlalu dingin kedua-duanya adalah merusak.”


6. Mengcegah Sakit

Air putih baik untuk diminum di buka puasa dan mampu mencegah berbagai penyakit sebab ait putih memiliki kandungan yang murni, tidak memiliki campuran atau sesuatu yang berbahaya bagi tubuh. Rasulullah saw. bersabda, “Zamzam lima syuriba lahu”, yang artinya “Air zamzam akan melaksanakan pesan dan niat yang meminumnya”.

7. Mencegah Obesitas

Air putih yang dikonsumsi sebelum makan di buka puasa akan membantu mencegah obesitas karena mampu menahan nafsu makan dan wajib baik minum menggunakan tangan kanan. “Dan apabila ingin minum, hendaklah minum dengan tangan kanan. Sesungguhnya setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya.” (HR. Muslim).

8. Anjuran Rasulullah

Janganlah kalian minum sambil berdiri. Barang siapa lupa sehingga minum sambil berdiri, maka hendaklah ia berusaha untuk memuntahkannya.” (HR. Ahmad no 8135). Dianjurkan untuk minum air putih sambil duduk ketika buka puasa sebab sesuai dengan kondisi organ tubuh dan dapat mencegah tersedak dan berbagai penyakit lain.

9. Memiliki Kandungan Murni

Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang untuk bernafas atau meniup wadah air minum.” (HR. Turmudzi no. 1888 dan Abu Dawud no. 3728, hadits ini dishahihkan oleh Al-Albani). Sebaiknya selalu minum air putih yang murni dan bersih yakni air yang berasal dari sumur bersih atau sumber bersih lainnya dan dalam kondisi matang.

10. Baik Untuk Tenggorokan

Hal itu lebih segar, lebih enak dan lebih nikmat.” Anas mengatakan, “Oleh karena itu ketika aku minum, aku bernafas tiga kali.” (HR. Bukhari no. 45631 dan Muslim no. 2028). Air putih akan menyegarkan tenggorokan dan menyejukkan karena berbahan murni dan tidak terkandung pengawet atau campuran buatan lainnya.

11. Menghilangkan Pusing

Pusing kadang terjadi karena kekurangan cairan atau kurang air ketika sahur, air putih akan menetralkan dan menghilangkan pusing. [Q.S  An-Nur : 43] “Tidaklah kamu melihat bahwa Allah mengarak awan, kemudian mengumpulkan antara (bagian-bagian) nya, kemudian menjadikannya bertindih-tindih, maka kelihatanlah olehmu hujan keluar dari celah-celahnya dan Allah (juga) menurunkan (butiran-butiran) es dari langit)”.

Selain itu pusing ketika bulan ramadhan dapat terjadi karena banyaknya bermalasan dan tidak melakukan aktifitas apapun sehingga organ tubuh dan peredaran darah justru tidak akan lancar ketika bangun dari tidur kepala akan pusing serta beresiko lainnya, yang terbaik adalah tetap beraktifitas sehat dan minum air putih.

12. Menguatkan Tubuh

Air putih akan menyehatkan dan menguatkan tubuh sebagaimana firman Allah sebab air putih adlaah murni dan Allah menciptakan sebagai bahan bahan terbaik untuk eksehatan tubuh manusia. [QS. Al-Anfal : 11]  “Ingatlah, Allah menurunkan kepadamu hujan dari langit untuk mensucikan kamu dengan hujan itu dan menghilangkan dari kamu gangguan-gangguan syaitan dan untuk menguatkan hatimu dan mesmperteguh dengannya telapak kakimu“.

13. Menghilangkan Penyakit

Air putih dapat menghilangkan penyakit ketika dikonsumsi dengan porsi dan cara yang benar yakni sesuai dengan porsi dan minum dengan menggunakan adab adab sesuai syariat islam. [QS. An-Nahl : 65] “Dan Allah menurunkan dari langit air (hujan) dan dengan air itu dihidupkan-Nya bumi sesudah matinya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kebesaran Tuhan bagi orang-orang yang mendengarkan pelajaran”.

14. Kesehatan Jantung

Jantung termasuk organ tubuh yang dapat sehat karena air putih, air putih dapat menetralkan racun dalam darah dan memperingan kerja jantung. [QS  Al-Mukminun : 18] ”Dan Kami turunkan air dari langit menurut suatu ukuran; lalu Kami jadikan air itu menetap di bumi, dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa menghilangkannya”.


15. Tidur Nyenyak

[QS. Al-Mursalat : 27] ”dan Kami jadikan padanya gunung-gunung yang tinggi, dan Kami beri minum kamu dengan air tawar”. Dengan minum air putih di saat berbuka puasa, tubuh akan fit dan memiliki dampak memberi waktu tidur yang nyenyak sehingga keesokan paginya dapat melakukan aktifitas dengan lancar dan sahur dengan segar.

16. Menetralkan Racun

Air putih mampu bersifat sebagai penetral racun dan mampu menghilangkan racun dengan cara membawa racun keluar dari tubuh melalui keringat atau urin, terlebih jika meminumnya ketika buka puasa sebelum makan, tubuh akan terasa sehat dan memiliki peredaran darah yang lancar serta memiliki tubuh yang bersih di sleuruh organ.

[QS. Fathir : 12] “Dan tiada sama (antara) dua laut; yang ini tawar, segar, sedap diminum dan yang lain asin lagi pahit. Dan dari masing-masing laut itu kamu dapat memakan daging yang segar dan kamu dapat mengeluarkan perhiasan yang dapat kamu memakainya, dan pada masing-masingnya kamu lihat kapal-kapal berlayar membelah laut supaya kamu dapat mencari karunia-Nya dan supaya kamu bersyukur”.

17. Menyeimbangkan Nutrisi Tubuh

[QS. Al-Mulk : 4]  “Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang”.

Air putih akan membuat tubuh seimbang sebab dengan air putih ketika berbuka puasa gizi yang masuk dapat terserap dengan baik dan gizi tersebut ditujukan di organ organ yang membutuhkan sehingga seluruh organ memiliki kualitas yang baik dan tercegah dari segala kerusakan atau segala penyakit yang berbahaya.

Baca juga mengenai manfaat olahraga saat puasa dan sunnah saat berbuka puasa. Demikian artikel kali ini, semoga mudah dipahami oleh anda dapat menjadi wacana islami yang bermanfaat untuk anda, jangan lupa selalu luangkan waktu untuk membaca artikel kami agar anda selalu mendapat wawasan yang bermanfaat. Terima kasih sudah membaca. Salam hangat dari penulis.

, , , , ,




Post Date: Wednesday 13th, June 2018 / 11:18 Oleh :
Kategori : Minuman sehat