15 Manfaat Berolahraga Saat Puasa

Bulan ramadhan tentunya bukan bulan yang dianjurkan atau bulan yang menjadi alasan untuk bermalas malasan, menjaga kebugaran tubuh dan melakukan aktifitas seperti biasanya adalah hal yang dianjurkan sebab tenaga yang dimiliki seharusnya sudah dipenuhi di waktu sahur dan jika kelelahan atau merasa lemas bisa menguranginya sesuai kemampuan.

ads

Olahraga adalah hal yang juga baik dan menjadi kebiasaan Rasulullah serta para sahabat sejak jaman dahulu kala sebagaimana diperintahkan bahwa seorang muslim hendaknya menjaga apa yang dimilikinya yakni sehat sebelum sakit, muda sebelum tua, dan sebagainya yang semua itu bisa diisi dengan kegiatan yang bermanfaat seperti olahraga.

Sedangkan olahraga di bulan puasa sendiri tentunya disesuaikan dengan kondisi tubuh dan dilakukan di waktu yang terbaik, olahraga di bulan puasa ternyata juga memiliki berbagai manfaat dari tubuh selain manfaat utamanya sebagai penjaga kesehatan, berikut 15 manfaat berolahraga saat puasa.

1. Tubuh Terasa Kuat

Dari Abu Hurairah r.a. katanya: “Rasulullah s.a.w. bersabda: “Orang mu’min yang kuat adalah lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada orang mu’min yang lemah. Salah satu tips sehat ala Rasulullah ialah tetap beraktifitas selama puasa, Puasa identik dengan tubuh yang lemah dan merasa malas melakukan apapun bagi orang yang tidak menjaga kesehatannya, namun olahraga akan membuat tubuh lebih kuat dan jauh dari lemah.

Tentunya hal itu dpaat dilakukan dengan olahraga yang ringan saja seperti jalan kaki di pagi hari setelah subuh sambil menghirup udara segar ciptaan Allah dan mensyukuri karunia serta melihat alamnya yang begitu indah, tubuh akan terasa lebih segar dan siap menjalankan rutinitas sehari hari seperti biasanya.

2. Teladan Rasulullah

Rasulullah bertanding dengan saya dan saya menang. Kemudian saya berhenti, sehingga ketika badan saya menjadi gemuk, Rasulullah bertanding lagi dengan saya dan ia menang, kemudian ia bersabda: Kemenangan ini untuk kemenangan itu.” (Riwayat Ahmad dan Abu Daud). Rasulullah juga rajin dalam berolahraga, bahkan beliau mengajak istrinya, Aisyah untuk bertanding agar bisa emmberi teladan yang baik dan menyehatkan tubuh sesuai dengan kebiasaan gaya hidup sehat Rasulullah SAW.

3. Menjaga Stamina

Rasulullah s.a.w. pernah gulat dengan seorang laki-laki yang terkenal kuatnya, namanya Rukanah. Permainan ini dilakukan beberapa kali. (Riwayat Abu Daud). cara hidup sehat menurut islam sudah dilakukan Rasulullah sejak jaman dahulu, Rasulullah melakukan olahraga gulat dengan seseorang untuk menjaga stamina dan menambah kekuatan, dengan demikian kekuatan tubuh akan selalu bertambah dan dapat menjadi penguat diri sendiri ketika melakukan berbagai aktifitas.

4. Baik Untuk Anak Anak

Ajarkan putera-puteramu berenang dan memanah.” (HR. Ath-Thahawi). keutamaan ramadhan untuk anak tentunya diajarkan sejak dini bahwa puasa bukan waktunya untuk bermalasan. Anak anak sebaiknya juga diajarkan untuk berolahraga sejak dini walaupun sedang berpuasa, orang tua bisa mengajak anak anaknya untuk berlatih olahraga apa saja yang baik dan hal itu jauh lebih bermanfaat daripada mengisi waktu dengan urusan yang tidak penting seperti bermain petasan atau menonton tv.


5. Memiliki Tenaga Maksimal

Uqbah Ibnu Amir ra berkata: Aku mendengar Rasulullah SAW di atas mimbar membaca (artinya = Dan siapkanlah kekuatan dan pasukan berkuda untuk menghadapi mereka sekuat tenagamu-ayat, ingatlah bahwa kekuatan itu adalah memanah, ingat bahwa kekuatan itu adalah memanah.” Riwayat Muslim. Ketika melakukan olahraga, kita akan tahu sejauh mana kekuatan yang dimiliki tubuh dan dapat menggunakan kekuatan tersebut untuk berbagai kegiatan sehingga jauh dari rasa malas dan menjadi cara menjaga kesehatan hati.

6. Mengisi Waktu

Kamu harus belajar memanah karena memanah itu termasuk sebaik-baik permainanmu.” (Riwayat Bazzar, dan Thabarani dengan sanad yang baik). Puasa tentu akan terasa lama jika dihabiskan dengan berdiam diri dan bersantai, waktu menjadi terbuang percuma dan tubuh terasa mudah pegal, olahraga akan melenyapkan semua itu karena waktu puasa diisi hal bermanfaat dan membuat tubuh terasa segar.

7. Melatih Pernafasan

Ibnu Abbas r.a. berkata, “Rasulullah dan para sahabat datang (pada tahun meminta keamanan 5/86), lalu orang-orang musyrik berkata, ‘Ia berani menghadapmu karena mereka telah dilemahkan oleh demam Yatsrib. Lalu, Nabi menyuruh mereka untuk berlari-lari kecil pada tiga tempat yang mulia, (dalam satu riwayat:

Beliau bersabda, “Berlari-lari kecillah kamu untuk menunjukkan kekuatan mereka kepada kaum musyrikin. Sedangkan, kaum musyrikin dari arah Qaiqa’an.), dan untuk berjalan di antara dua rukun. Tidak ada yang menghalangi beliau untuk menyuruh mereka berlari-lari kecil seluruhnya melainkan untuk mengekalkan atas mereka.” [HR Bukhari].

Olahraga seperti lari lari kecil yang tidak terlalu banyak mengeluarkan ekringat akan membuat tubuh rileks selama puasa dan melatih pernafasan menjadi lebih nyaman, lari lari kecil dapat dilakukan sembil mengambil nafas dalam dalam dan mengeluarkannya perlahan, hal itu baik untuk kesehatan tubuh dan pernafasan.

8. Tubuh Ideal

Ibnu Umar ra berkata: Nabi SAW pernah mengikuti lomba kuda yang dikempiskan dari Hafaya’ dan berakhir di Tsaniyyatul Wada’, dan mengikuti lomba kuda yang tidak dikempiskan perutnya dari Tsaniiyah hingga Banu Zuraiq, dan Ibnu Umar adalah termasuk orang yang ikut berlomba. Sering kita melihat orang yang berpuasa justru bertambah gemuk karena tidur setelah sahur dan berbuka serta bermalasan sepanjang hari. Olahraga selama puasa akan membuat tubuh tetap ideal dan sehat.

9. Menghilangkan Kejenuhan

Dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada perlombaan kecuali untuk unta, panah, atau kuda.” Riwayat Ahmad dan Imam Tiga. Hadits shahih menurut Ibnu Hibban. Puasa ramadhan yang hanya berdiam diri tentu akan jenuh dan membosankan, waktu terasa lama dan yang diingat hanya waktu berbuka puasa saja, olahraga akan menghilangkan hal tersebut karena tubuh rileks dan jauh dari jenuh.

10. Menyegarkan Pikiran

Ibnu Umar meriwayatkan. “Sesungguhnya Rasulullah s.a.w. pernah mengadakan pacuan kuda dan memberi hadiah kepada pemerangnya.” (Riwayat Ahmad). Sering kita lihat di televise altlet atlet olahraga yang tetap berlomba di bulan puasa, tentunya mereka sudah mengantisipasi dengan makan dan minum yang cukup ketika berbuka dan sahur.

Hal itu dilakukan karena mereka merasa senang dan segar pikirannya ketika menjalankan olahraga di bulan puasa, sebab itu begitu indah jika seorang muslim mampu melakukannya, olahraga ringan tidak akan membuat terbebani jika dilakukan di waktu yang tepat dan sebelumnya telah memiliki bekal  makan minum yang sesuai.

11. Pola Hidup Sehat

Ketika orang-orang Habasyah sedang bermain tombak/anggar dihadapan Nabi, tiba-tiba Umar masuk, kemudian mengambil kerikil dan melemparkannya kepada mereka. Kemudian Rasulullah s.a.w. berkata kepada Umar.–biarkanlah mereka itu, hai Umar.” (Riwayat Bukhari dan Muslim). Di bulan puasa tentunya tetap boleh dilakukan lomba olahraga dengan syarat tetap melakukan kewajiban ibadah pada waktunya.

Olahraga yang dilakukan bersama sama misalnya diilakukan bersama pasangan atau bersama teman akan memberikan persaingan dan pertandingan yang sehat, tentunya hal itu lebih baik daripada menghabiskan waktu dengan mengobrol atau membicarakan sesuatu yang tidak penting, akan terasa lebih menyenangkan jika diisi dengan hal hal yang menantang.

12. Meningkatkan Kualitas Tidur

Berolahraga ketika puasa akan meningkatkan kualitas tidur sebab tubuh melakukan pembakaran dengan cara yang baik dan tubuh merasa segar, di malam hari setelah shalat tarawih dan shalat witir, tubuh menjadi rileks untuk istirahat dan keesokan paginya bisa bangun kembali dengan semangat. Beda halnya dengan orang yang hanya menghabiskan waktu untuk tidur sepanjang puasa, kepalanya akan terasa pusing dan tubuhnya terasa pegal, tidur dan tidak tidur baginya terasa melelahkan.


13. Kesehatan Jantung

Semua orang tentu memahami bahwa jantung akan lebih sehat jika terbiasa melakukan gerakan yang bermanfaat, di bulan puasa yang biasanya orang cenderung ingin makan apa saja yang lebih enak membuat kerja jantung lebih berat karena makanan dan minuman berat yang masuk ke dalam tubuh, hal itu bisa dihilangkan dengan berolahraga ringan di bulan puasa, makan terasa nikmat dan tubuh serta jantung tetap sehat.

14. Melancarkan Metabolisme

Terkadang di bulan puasa terjadi perubahan pada pola tubuh karena memang terjadi perubahan pola makan, umumnya yang sering terjadi ialah susah buang air besar pada sebagian orang, namun hal itu bisa dihilangkan dengan olahraga misalnya dengan jalan kaki di pagi hari dan makan sayur serta cukup air, metabolism akan lancar dan jauh dari segala keluhan.

15. Mencegah Penyakit

Puasa yang dihabiskan dengan bermalasan ditambah menjelang lebaran yang menginginkan berbagai macam makanan membuat tubuh menjadi mudah sakit karena masuknya beragam makanan yang kurang sehat dan berlebihan, olahraga akan menghilangkan itu semua dan membuat tubuh tetap segar sehingga jauh dari penyakit dan jauh dari segala keluhan yang biasanya dialami oleh orang orang yang malas berolahraga. Sebab itu budayakan olahraga ringan di bulan puasa untuk tubuh tetap sehat dan segar.

Demikian artikel kali ini, semoga mudah dipahami oleh anda dapat menjadi wacana islami yang bermanfaat untuk anda, jangan lupa selalu luangkan waktu untuk membaca artikel kami agar anda selalu mendapat wawasan yang bermanfaat. Terima kasih sudah membaca. Salam hangat dari penulis.

, , , , ,




Post Date: Wednesday 13th, June 2018 / 10:24 Oleh :
Kategori : Info Islami
Short Movies

Manusia memang jarang bersyukur, padahal nikmat dan rencana Tuhan yang sangat indah sudah diberikan pada dirinya. Saksikan film pendek berikut ini.