15 Keutamaan Ramadhan untuk Anak

Anak anak ialah amanah dan karunia dari Allah yang juga merupakan ujian , yakni bagaimana bisa mengarahkan anak anak menjadi orang yang sholeh dan sholehah, mengikuti jalan dan syariat Allah. Anak anak yang belum baligh secara syariat memang belum diwajibkan untuk berpuasa ramadhan, sebab secara fisik dan pemahaman agama belum mampu untuk menjalankan hal tersebut.

ads

Namun bukan berarti bulan ramadhan tidak ada manfaatnya bagi anak anak, justru akan menjadi salah satu jalan untuk banyak memberikan pelajaran mengenai agama islam pada ia. Allah berfirman dalam Q.S. Al Kahfi 18 : 46“Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan.”

Jelas bahwa anak anak hanyalah sebagai perhiasan dunia dan ujian, namun jika bisa mengarahkan ujian tersebut menjadi kebaikan, menjadi amalan yang shaleh tentu akan mendapatkan kebaikan yang kekal seperti dijelaskan dalam hadist berikut, “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh”(HR. Muslim ).

Sebab itu, terdapat 15 keutamaan ramadhan untuk anak anak dimana di hari hari tersebut dapat diajarkan kepada ia mengenai kebaikan islam, mengenai kewajiban dan sunnah, mengenai pahala, kasih sayang Allah kepada hambaNya dan sebagainya sehingga diharapkan akan menjadi bekal akhlaknya ketika ia dewasa nanti. Yuk simak lengkapnya dalam artikel berikut.

1. Belajar Berpuasa

Keutamaan ramadhan untuk anak ialah sebagai jalan awal untuk berltih berpuasa sejak dini, orang tua bisa mengajarkan secara bertahap, misalnya dengan cara puasa setengah hari terlebih dahulu dan meningkatkan sesuai kemampuan dan kondisi fisiknya, ajarkan juga mengenai aturan puasa sesuai sumber syariat islam yang benar menurut islam yakni sejak sahur hingga buka. Diharapkan anak akan mampu menjalankan dan menjadi bekal ketika dewasa nanti.

2. Membiasakan Mengaji

Ajarkan pada anak untuk mengisi ramadhan dengan memperbanyak belajar atau membaca Al Qur’an serta ceritakan pahala mengaji di bulan Ramadhan sehingga ia akan terbiasa dan akan menjadi kebiasaan hingga di bulan bulan berikutnya setelah ramadhan. Dapat juga dijelaskan mengenai apa saja kebaikan yang didapat dengan rutin mengaji di bulan ramadhan. Dengan demikian kecerdasan anak akan timbul sejak dini.

3. Melatih Kedisiplinan

Melatih kedisiplinan anak sebagai keutamaan Ramadhan untuk anak sebagai cara menjadi orang sukses menurut Al Qur’an di dunia dan akherat yaitu dalam disiplin waktu untuk bangun di malam hari, melakukan sahur, dan akan melakukan buka puasa tepat waktu di saat yang ditentukan tiba. Hal itu akan membuat ia terbiasa dan lebih memahami akan waktu. ia akan paham dengan sendirinya kapan waktunya sahur, buka puasa, shalat, dan sebagainya.

4. Melatih Kejujuran

Melatih kejujuran dan menceritakan apa saja manfaat jujur dalam islam sebagai keutamaan ramadhan untuk anak ialah mengajarkan bahwa puasa atau tidaknya hanya ia yang tahu, tidak akan ada yang tahu selain ia dan Allah, maka anak-anak akan terbiasa mendengarkan nurani ia dan mneyadari apa yang ia lakukan, jujur atau tidak. Apakah ia akan berbohong telah berpuasa padahal sembunyi-sembunyi mengambil makanan atau membeli jajanan di luar.

Ataukah ia akan berbicara jujur bahwa ia telah membatalkan puasa-nya. Disitu kejujuran ia dilatih sejak dini. Anak kecil tentunya akan memiliki kebiasaan di masa dewasa sesuai apa yang dibiasakan orang tua sejak kecil, jelaskan untuk selalu jujur, misal tidak kuat berpuasa karena cuaca terlalu panas tak apa mengatakan kepada orang tua daripada harus berbohong.


5. Mengajarkan Tentang Pahala dan Dosa

Tentunya orangtua juga harus bisa menjadi teladan dan pemerhati, misalnya anak memang ketahuan berbohong yakni sengaja tidak melakukan puasa padahal ia berada dalam kondisi dan lingungan yang memungkinkan, maka orang tua dapat memberi tahu bahwa itu adalah dosa yang bukan merupakan perbuatan baik dan tidak mendapat  pahala dari Allah.

6. Melatih Rasa Iman

Rasa iman akan timbul jika dibiasakan, jika sejak kecil telah ditanamkan mengenai keindahan mendekat kepada Allah, maka sejak kecil ia akan menyadari bahwa ketenangan hati bisa ia dapatkan dengan melakukan perintah Allah. Ke depannya ketika dewasa ia akan terus mengingat dan memiliki dasar yang kuat tentang rasa keimananan.

7. Mengenalkan pada Allah dan Rasul

Keutamaan ramadhan untuk anak ialah dapat digunakan sebagai jalan untuk mengenalkan kepada Allah sebagai penciptanya dan Rasul sebagai utusan Allah yang sejak dahulu kala juga telah menjalankan ibadah bulan puasa agar disayang oleh Allah. Dengan demikian ia menjadi sadar bahwa perbuatan baik yang dilakukannya selama bulan ramadhan akan membuatnya disayang juga oleh Allah.

8. Menceritakan Surga dan Neraka

Ceritakan mengenai surga dan neraka dengan kalimat yang memberi motivasi atau gambaran yang tidak menakutkan, sebab tidak mungkin menjelaskan akan siksa berat neraka pada anak yang akan membuatnya ketakutan dan menganggap Allah membuat neraka untuk menyakiti manusia. ceritakan bahwa orang yang disayang Allah akan masuk surga yang penuh keindahan yang abadi dan orang yang tidak menjalankan perintah Allah akan masuk neraka bersama syetan dan di dalam selalu bersedih serta merasa sakit.

9. Melatih Kesabaran

Kesabaran jelas akan tertanam pada hati anak yang sudah dibiasakan untuk mengenal ramadhan sejak dini sebab ia menjadi paham bahwa ketika ia lapar tidak bisa langsung makan, harus sabar menunggu hingga waktu buka puasa tiba, sehingga dalam hal hal lain, tidak hanya berpuasa saja, ia akan terbiasa sabar dalam melakukan dan menerima segala sesuatu.

10. Belajar Toleransi

dengan belajar puasa ramadhan, ia akan memilikki toleransi dan rasa kasih sayang pada sesama, bisa dicontohkan misalnya anak anak jalanan yang setiap hari lapar tidak seperti dirinya yang memiliki kecukupan makanan, sebab itu ia menjadi anak yang penyayang dan memiliki rasa kasih terhadap sesama sehingga terhindar dari sifat egois hingga ia dewasa.

11. Melatih Sedekah

Dengan belajar mengenai toleransi, secara langsung juga mengajarkannya untuk berbagi, yakni dengan sedekah, ia harus disadarkan bahwa ia beruntung karena memiliki banyak rezeki dari Allah dan ia akan dengan ikhlas membagika sedikit rezekiya tersebut pada anak anak lain yang membutuhkan. Hingga dewasa ia pun demikian dan jauh dari sifat pelit.

12. Membiasakan Shalat tarawih

jangan lupa ajak anak untuk menjalankan shalat tarawih semampunya sehingga ia akan terbiasa melakukan hal tersebut di bulan ramadhan dan tidak merasa keberatan ketika ia telah dewasa. Jelaskan bahwa shalat tarawih adalah shalat yang istimewa yang hanya ada di bulan ramadhan saja sehingga ia harus mencobanya melakukannya karena tidak ada kesempatan lain selain di bulan ramadhan.

13. Memberi Hadiah

Beri ia hadiah jika ia mau menjalankan perintah dengan baik serta memiliki pengetahuan dan amalan yang meningkat, misalnya dengan cara membelikan baju lebaran atau makanan dan mainan yang ia sukai, ia akan merasa dihargai dan menjadi lebih bersemangat untuk melakukan kebaikan lebih banyak lagi dan ibaratkan seperti itu pula pahala dari Allah, semakin banyak ia berbuat kebaikan semakin banyak mendapat hadiah dari Allah berupa pahala.


14. Menanamkan Rasa Cinta pada Bulan Ramadhan

Ketika ia mengetahui bahwa amalan amalan khusus di bulan ramadhan sangatlah banyak dan tidak ada bulan lain yang kemuliaannya sama maka ia menjadi cinta akan bulan ramadhan dan akan terus menantikan bulan ramadhan itu datang lagi ketika bulan ramadhan telah usai. Ia menjadi sosok yang beriman karena sejak dini telah dibiasakan untuk mencintai bulan ramadhan dan segala amal kebaikan di dalamnya.

15. Motivasi Beribadah

Salah satu cara mengenalkan Ramadhan untuk anak untuk mencapai keutamaan ramadhan, orangtua dapat memilihkan cerita-cerita menarik seputar Ramadhan yang berhubungan dengan amal kebaikan. Di jaman modern ini sudah didukung pula dengan banyaknya program TV Ramadhan untuk anak yang akan menceritakan nuansa Ramadhan, misalnya kartun atau lainnya.

Atau orangtua juga bisa menceritakan pengalaman pribadi masa kecil seputar Ramadhan, bagaimana bahagianya mendapatkan baju baru sebagai persiapan lebaran, atau menyambut saat buka bersama dengan jalan-jalan ke taman bersama keluarga, dan kisah-kisah menarik lainnya yang bisa memotivasi anak untuk melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan.

Sehingga anak akan merasa bahwa ia adalah beruntung dapat menjalani ibadah di bulan ramadhan dan dapat bertemu serta menjalankan ibadah di bulan ramadhan. Tentunya orang tua juga harus memberikan teladan yang baik dengan rajin melakukan amal baik di bulan ramadhan pula sehingga anak bisa mengikuti kebaikan yang anda contohkan.

Demikian artikel kali ini, semoga bisa menjadi wawasan islami yang bermanfaat untuk anda dan menjadi motivasi untuk selalu menjadi mukmin yang lebih baik lagi. Jangan lupa selalu membaca artikel di website kami agar selalu memiliki ilmu pengetahuan yang bermanfaat dalam kehidupan agama sehari hari. terima kasih. Salam hangat dari penulis.

, , , , ,




Post Date: Friday 04th, May 2018 / 04:43 Oleh :
Yuk Join & Subs Channel Saya Islam

Manusia memang jarang bersyukur, padahal nikmat dan rencana Tuhan yang sangat indah sudah diberikan pada dirinya. Jangan lupa subscribe channel islami di https://bit.ly/2DmDqxw