13 Keutamaan Mencari Ilmu Menurut Islam

Keutamaan Mencari Ilmu menjadi hal yng tak dapat diabaikan terutama oleh umat muslim. Ilmu akan selalu memberi manfaat kepada mereka yang mempelajarinya. Maka kemudian muncul istilah “Carilah Ilmu Samap Ke negri Sebrang”. Hal ini menegaskan bahwa urgensi dan nilai dari memcari dan mempelajari ilmu merupakan hal yang sangat penting. Sebab ilmu seringkali dianggap sebagai bekal hidup bagi manusia dalam kehidupan bermasyarakat.

ads

Islam sebagai agama yang sempurna, juga memandang hal yang sama, yakni mencari ilmu yang bermanfaat merupakan sebuah kewajiban yang melekat kepada manusia dari buaian hingga liang lahat. Maka menuntut ilmu tidak pernah ada batasannya baik mengenai gender, hingga usia. Melihat bagaimana hal ini selalu menjai topik yang menarik, selain merupakan sebuah bentuk kewajiban pastinya mencari ilmu memiliki keutamaan, sebagimana dalam  13 Keutamaan Mencari Ilmu menurut islam.

  1. Amalan yang Tidak Akan Terputus

Mencari ilmu merupakan bentuk amalan yang tidak akan terputus. Sebagaiman anjuran menuntut ilmu daei buaian hingga liang lahat, maka amalan ini merupakan amalan yang harus terus dilakukan. Mereka yang sudah tidak muda lagi saja masih memiliki  emangat yang luar biaa untuk terus belajar, maka bagi anda yang dalam kondisi sempurn dan normal justru bermalas malasan. Hal ini juga ditegaskan dalam hadits berikut ini :

jika manusia meninggal maka terputuslah amalnya, kecuali tiga perkara: shodaqoh jariahnya, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh yang mendoakan kedua orang tuanya,” (HR Bukhori dan Muslim)

2. Dapat Menjadi Saksi Atas Kebenaran

Keutaan mencari ilmu yang berikutnya dalahah ilmu mampu menjadi saksi atas kebenaran. Sebab didalamnya ilmu selalu mengandung nilai nilai akan kebenaran dan kebaikan. Sehingga ilmu yang benar benar diterapkan akan memberikan nilai kebenaran dan kebaikan sebgaimana keutamaan berilmu dalam isalam. Sebagaimana dalam firman Allah SWT:

“Allah menyatakan bahwasanya tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali dia. Yang menegakkan keadilan. para malaikat dan orang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu,)” (QS. Ali Imran 18)

3. Perintah Allah SWT

Perintha menuntut ilmu menrupakan perintah langsung dari Allah kepada nabinya Muhammad SAW untuk meminta ditambahkan ilmu seperti pada  tujuan penciptaan manusia menurut Islam. Maka sebagai umatnya kita juga wajib melaksanakan perintah ini.  Sebagaimana dalam firman Allah,

“Dan katakanlah: Ya Rabb ku, tambahkanlah kepadaku ilmu” (QS.Thahaa 114)

4. Orang Berilmu Akan Diangkat Derajadnya

Dengan mencari ilmu, maka kita akan menjadi seornag yang berilmu dan sebagai cara  sukses dunia akhirat menurut Islam. jangan lupa bahwa janji Allah yang kepada mereka yang berilmu ialah menganggat derajad mereka. Sebagaimana dalam artikel berikut ini :

Allah mengangkat orang beriman dan memiliki ilmu diantara kalian beberapa derajat dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan). (QS. Mujadilah 11)

5. Mereka yang Berilmu Akan Selaku Takut Kepada Allah

Ilmu mengandung nilai kebenaran, yakni bentuk apa yang boleh dilakukan dan tidak sebgaimana dalam Hukum menuntut ilmu dalam Islam. Tentu aja hal ini berisi pengetahuan yang bermanfaat. Tentunya hal ini akan membuat mereka yang belajar ilmu selalu merasa takut terutama untuk berbuat doa. Hal ini sebagimana dalam firman Allah SWT berikut ini :

Sesungguhnya yang takut kepada Allah diantara hambanya hanyalah orang-orang yang berilmu). (QS. Fathir 25).


6. Keberadaan Ilmu Merupakan Sebuah Anugerah

Ilmu merupakan sebuah anugerah dan juga  dasar hukum Islam yang di karuniakan Allah SWT .  Maka dari itu, mencari ilmu merupakan sebuah keutamaan yang luar biasa, sebagimana dalam firman Allah SWT berikut ini :

“Allah menganugerahkan al-hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al-Quran dan As-Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah”. ( QS. Al-Baqarah 269)

7. Tanda Kebaikan dari Allah SWT

Barang siapa yang Allah menghendaki kebaikan padanya, maka Allah akan membuat dia paham dalam agama,” (HR Bukhari dan Muslim).

8. Jalan Menuju Surga

Ilmu pengetahuan yang bermanfaat merupakan jalan untuk mencapai keridhoanNya sehingga menjadi jalan untuk mendapatkan surga. Nilai kebaikan yang terkandung akan menuntun manusia untuk dapat menanamkan nilai kebaikan dan kebenaran yang hakiki. Hal ini tertuang jelas dalah hadist berikut ini :

Barang siapa yang menempuh suatu jalan dalam rangka menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga,” (HR Muslim)

9. “Hasad” Kepada Mereka yang Ahli Ilmunya

Hasad merupakan sikap yang termasuk kedalam penyakit hati yang berbahaya dan dapat merusak agama dan dunia seseorang ebgaimana Islam dan ilmu pengetahuan. Namun sifat hasad ini diperbolehkan terutama terhadap mereka yang memiliki ilmu yang ahli. Sebagaimana dalam artikel berikut ini.

”Tidak hasad kecuali dalam dua hal, yaitu terhadap orang yang Allah beri harta dan ia menggunakannya dalam kebenaran dan orang yang Allah beri hikmah lalu ia mengamalkannya dan mengajarkannya,” (HR Bukhari ).


10. Penuntut Ilmu akan Dibentangkan Sayap Oleh Malaikat

Sesungguhnya para malaikat benar-benar membentangkan sayapnya karena ridho atas apa yang dicarinya,” (HR. Ahmad dan Ibnu majah).

11. Mendapatkan Pahala Jika Mengajarkannya

Hadis yang diriwayatkan oleh Muslim dari Abu Hurairah ra. Bahwa Rasulullah saw. bersabda:

Barangsiapa yang mengajak orang lain untuk mengikuti petunjuk, niscaya akan mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun.

12. Limpahan Pahala dari Allah SWT

Hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari-Muslim dari Sahl bin Sa’d ra. bahwa Nabi saw. pernah bersabda kepada ‘Ali:

Demi Allah, jika Allah memberi petunjuk kepada satu orang melalui perantaraan dirimu, hal itu jauh lebih baik bagimu daripada kekayaan yang sangat berharga.”

13. Menjalankan Kewajiban

Jika diingat kembali bahwa wahyu pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW merupakan surat Al-alaq 1-5 yang didalamnya berisi perintah untuk membaca. Dalam hal ini tentu sangat berkaitan dengan keutamaan mencari ilmu, dimana tentunya hal ini merupakan sebuah bentuk kewajiban yang harus dijalankan oleh semua umat muslim yang ada di dunia. Dimana untuk senantiasa mencari ilmu agar memperoleh nilai nilai dan pengetahuan yang bermnafaat. Hal tersebut sebagaimana dalam firman Allah SWT berikut ini.

“Bacalah dengan (menyebut) nama Rabb-mu yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Rabbmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran qolam (pena). Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” (QS. Al ‘Alaq: 1-5)

Itulah tadi, 13 Keutamaan Mencari Ilmu menurut islam. Semoga dapat bermanfaat.

, , ,




Post Date: Thursday 08th, November 2018 / 04:32 Oleh :
Kategori : Akhlaq
Yuk Join & Subs Channel Saya Islam

Manusia memang jarang bersyukur, padahal nikmat dan rencana Tuhan yang sangat indah sudah diberikan pada dirinya. Jangan lupa subscribe channel islami di https://bit.ly/2DmDqxw