7 Manfaat Makan Tiga Jari Menurut Islam

Sejak kecil orangtua telah mengajari anak-anaknya untuk memiliki adab dan sopan santun yang baik. Pada saat makan, anak-anak sering seringkali diajarkan makan menggunakan tangan kanan dan memegang sendok atau garpu. Beberapa juga ternyata terbiasa makan menggunakan dengan tangan tanpa menggunakan alat (sendok dan garpu). Namun hal inilah yang disarankan oleh Rasulullah SAW dan dikenal sebagai makan dengan tiga jari.

ads

Makan dengan tiga jari merupakan cara makan Rasulullah SAW yang sering dilakukan. Beliau juga menjilati tangan seperti hal yang dijelaskan dalam hadits berikut,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْكُلُ بِثَلَاثِ أَصَابِعٍ فَإِذَا فَرَغَ لَعِقَهَا

Artinya: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam biasa makan tiga jari jika beliau selesai makan, maka ia akan menjilatinya sebelum mencuci tangannya.” (HR. Muslim no. 2032).

Ada beberapa manfaat menurut pandangan Islam dan juga penelitian ilmiah menjelaskan manfaat makan dengan tiga jari yang ternyata baik untuk manusia, antara lain:

  1. Mencegah seseorang menderita Diabetes 2

Orang yang terbiasa makan dengan cepat memiliki risiko lebih besar terserang penyakit diabetes tipe 2. Salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah orang-orang menggunakan sendok dan garpu sehingga makan menjadi lebih cepat daripada menggunakan tangan.

  1. Meningkatkan kinerja sistem pencernaan

Apabila seseorang memakan menggunakan tangan, tentunya sebelum makan akan mencuci tangan hingga bersih. Inilah yang menyebabkan bakteri jahat telah dibersihkan walaupun ada beberapa bakteri yang tetap ada di tangan. Hal ini bisa berdampak positif bagi usus seseorang.

  1. Mencegah makan terlalu banyak

Seseorang yang menyantap makanan dengan tangan, relatif mempunyai berat badan yang lebih seimbang sebab makanan yang diambil saat menggunakan tangan tidak terlalu banyak. Hal seperti ini dirasa menjadi sebab cara paling aman untuk menjaga berat badan normal.

  1. Menghindarkan sifat sombong

Ketika seseorang makan menggunakan jari mereka, maka hal tersebut bisa dilihat dari empat sisi , yaitu makan dengan satu jari menghindarkan seseorang dari sifat marah, makan dengan dua jari akan menghindarkan dari sifat sombong, makan dengan tiga jari akan menghindarkan dari sifat pelupa dan makan menggunakan empat atau lima jari bisa menghindarkan dari sifat rakus.

  1. Mengandung berkah

Rasulullah selalu menyantap makanan menggunakan tiga jari sesuai hadits yang telah dijelaskan. Kemudian Rasulullah SAW akan menjilat jari-jari tersebut sebab menurutnya tidak ada yang mengetahui pada bagian mana dari makanan yang dimiliki seseorang memiliki  berkah. Dengan demikian makan menggunakan tiga jari dan menjilatnya adalah upaya mengikuti sunnah Rasul dan sebagai ibadah.

  1. Menumbuhkan sifat menghargai Nikmat Allah SWT

Makan menggunakan tiga jari akan mengajarkan seseorang untuk lebih menghargai pemberian, bahan makanan yang telah Allah SWT berikan. Sisa makanan yang terdapat pada piring-piring tidak boleh tersia-siakan.

  1. Menumbuhkan rasa rendah hati. 

Makan menggunakan tiga jari juga menumbuhkan rasa rendah hati pada sifat manusia. Ada sebuah kalangan yang kurang beruntung sehingga untuk membeli perlengkapan makan tak sanggup, sehingga ini akan menjadi pelajaran berharga bagi orang lain untuk selalu rendah hati terhadap sesama umat manusia.

Demikian penjelasan terkait apa saja manfaat makan tiga jari dalam Islam. Semoga bermanfaat.

, , , ,




Post Date: Friday 10th, August 2018 / 02:07 Oleh :
Kategori : Amalan Shaleh
Short Movies

Manusia memang jarang bersyukur, padahal nikmat dan rencana Tuhan yang sangat indah sudah diberikan pada dirinya. Saksikan film pendek berikut ini.