13 Keutamaan Minum Air Zam Zam Bagi Tubuh

Air zam zam merupakan air yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat muslim di seluruh penjuru dunia termasuk kedalam minuman halal dalam islam . Air zam zam dikenal memiliki keutamaan, khasiat dan manfaat yang sangat banyak. Sebutan Zam Zam berasal dari bahasa arab yang berarti banyak atau melimpah.  Air Zam Zam yang dimaksud disini adalah air yang berasal dari sumur Zam Zam yang berjarak 38 Hasta dari kakbah.

ads

وَعَنْ أَبِيْ الطُّفَيْلِ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ سَمِعْتُهُ يَقُوْلُ كُنَّا نُسَمِّيْهَا شَبَّاعَةً يَعْنِيْ زَمْزَمَ وَكُنَّا نَجِدُهَا نِعْمَ الْعَوْنُ عَلَى الْعيَالِ  : رواه الطبراني في الكبير

“Dari Abi Thufail, dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata : Saya mendengar Rasulullah bersabda,”Kami menyebut air Zam-Zam dengan syuba’ah (yang mengenyangkan). Dan kami juga mendapatkan, air Zam-Zam adalah sebaik-baik pertolongan (kebutuhan atas kemiskinanan)”. [HR Tabrani]

Air Zam Zam memiliki keistimewaan yakni jumlahnya yang banyak dan tidak pernah habis meskipun telah diambil oleh jutaan orang dari seluruh dunia setiap harinya. Untuk mendapatkan manfaatnya, jita dianjurkan untuk mengkonsumsinya atau meminumnya sebagai cara menjaga kesehatan hati . Sebagaimana Ibnu Taimiyyah berkata,

Seseorang disunnahkan untuk meminum air Zam-Zam sampai benar-benar kenyang, dan berdoa ketika meminumnya dengan doa-doa yang dikehendakinya. Tidak disunnahkan mandi dengannya (menggunakan air Zam-Zam).

Keutamaan Minum Air Zam Zam

اللهِ صَلَّى الله ُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَعَا بِسِجِلٍّ مِنْ مَاءِ زَمْزَمَ فَشَرِبَ مِنْهُ وَتَوَضَّأَ) رواه أحمد)

“Dari Usamah, bahwasanya Rasulullah meminta untuk didatangkan segantang air Zam-Zam, kemudian beliau meminumnya dan berwudhu dengannya” [HR Ahmad]

Sebagaimana yang dilakukan Rasulullah, meminum air Zam Zam dipercaya dapat mendatangkan berbagai manfaat. Air Zam Zam sendiri memgandung 30 unsur dan air ini todak berbau, berwarna dan bebas dari kuman dan bakteri. Senyawa bermanfaat yang terkandung dalam air Zam Zam antara lain adalah Sodium, kalsium , potasium dan magnesium yang masing-masing memiliki manfaat bagi tubuh.

Untuk mengetahui seberapa besar manfaat ait Zam Zam yang terkenal ini tentukan berkebalikan dengan minuman keras dalam islam . Berikut 13 keutamaan minum air Zam Zam bagi tubuh. Simak selengkapnya.

1. Mengobati Berbagai Penyakit

Dari Ibnu ‘Abbas, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Sebaik-baik air yang terdapat di muka bumi adalah Zam-Zam. Di dalamnya terdapat makanan yang mengenyangkan dan penawar penyakit.”

Sebagaimana hadist diatas, telah dinyatakan secara jelas bahwa mengkonsumsi air Zam Zam dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Inilah yang kemudian menyebabkan mereka yang nelaksanakan ibadan haji atau umrah selalu membawa oleh-oleh air Zam Zam.

2. Mempermudah Mendapatkan Keturunan

Ada beberapa kepercayaan yang menyatakan bahwa meminum air Zam Zam dipercaya dapat mempermudah mendapatkan keturunan. Tentunya meskipun belum terdapat penelitian yang lebih lanjut. Namun, pada faktanya banyak mereka yang kemudian berhasil memiliki kerurunan usau mengkonsumsi air Zam Zam tentunya atas izin Allah.


3. Baik Bagi Metabolisme Tubuh

Air merupakan kebutuhan pokok bagi tubuh. Fungsi air dalam tubuh yang utama ialah membantu memperlancar metabolisme tubuh. Air Zam Zam yang tidak mengandung bahan kimia sehingga tentunya lebih baik ketimbang air biasa atau air mineral yang kita konsumsi setiap harinya.

4. Mampu Meregenerasi Sel Kulit Mati

Air Zam Zam juga dipercaya dapat membantu meregenari kulit dengan optimal. Konsumsi secara rutin akan bermanfaat baik kesehatan kulit. Tentunya akan membuat anda tampil lebih baik dengan kulit sehat dan segar.

5. Membuat Pintar

Dari Imam Syafi’i bahwa beliau minum air zamzam dengan niat untuk pandai memanah sehingga dalam sepuluh kali memanah beliau tepat sebanyak sembilan kali mengenai sasaran. Dalam riwayat lain, beliau berkata, “Saya minum air zamzam untuk tiga hal: (1) pintar memanah maka dalam sepuluh kali saya tepat semua mengenai sasaran, (2) pandai dalam agama maka sebagaimana kalian lihat sendiri sekarang, (3) untuk masuk surga maka saya berharap untuk mendapatkannya kelak”.

6. Memberi Energi Pada Ibu Hamil

Banyak ibu hamil yang mengalami kekurangan energi terutama pada masa awal kehamilan. Morning sickness yang cukup parah menyebabkan si ibu mengalami kehilangan energi yang cukup banyak. Untuk mengantikan energi yang hilang tersebut dapat dilakukan dengan mengkonsumsi air Zam Zam. Mengingat air ini tidak berbau maka si ibu tidak akan mengalami mual-mual.

7. Mampu Menutrisi Janin

Selain memberi energi pada ibu hamil air Zam Zam juga dapat memberikan nutrisi pada janin. Sebab semua makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu tentu juga akan di konsumsi juga oleh sang janin. Oleh karenan itu selalu makan makanan dan minum minuman yang baik seperti Air Zam Zam agar janis dapat tumbuh lebih optimal.

8. Membantu Melancarkan Peredaran Darah

Air memiliki fungsi utama dapat membantu sistem peredaran darah. Konsumsi air Zam Zam dipercaya dapat membantu melancarkan sistem peredara  darah di dalam tubuh. Tentunya akan semakin membuat tubuh anda lebih sehat.

9. Memperoleh Kebaikan Dunia

Al-Allamah Zhafar Ahmad at-Tahanuwi, salah seorang ulama India (1394 H) bercerita bahwa beliau minum air zamzam pada saat haji untuk kebaik-kebaikan dunianya yang kebanyakannya telah terwujudkan, salah satunya adalah agar beliau bisa fasih dalam mengajar dan berkhotbah karena lidahnya agak pelat, lalu beberapa saat setelah itu Allah memberikan kefasihan kepada beliau dalam khotbah dan mengajar. Segala puji bagi Allah

10. Baik Untuk Tulang dan Gigi

Kandungan Potasium dan Kalsium yang cukup tinggi dalam air Zam Zam akan sangat baik terhadap tulang dan gigi. Terlebih lagi bagi anda yang memiliki masalah tulang dan gigi tentu sangat baik mengkonsumsi air Zam Zam secaa rutin.

11. Menguatkan Rahim Saat Hamil

Air Zam Zam juga dipercaya mampu menguatkan rahim saat proses kehamilan. Solusi yang tepat terutaman bagi anda yang memiliki masalah kandungan lemah. Konsumsi secara rutin dan minum  air Zam Zam agar kandungan anda tetap sehat dan kuat.

12. Mampu Membersihkan Hati

Air Zam Zam tidak hanyan mampu sebagai detiksifikasi dalam tubuh. Namun, juga mampu secara psikologis membersihkan hati dari berbagai macam penyakit hati. Yang tentunya dapat menjerumuskan kita kepada perbuatan maksiat dan tercela. Sebagaimana penyakit hati menurut islam , akibat makan makanan haram , dan cara menjaga kesehatan hati  .

13. Sesuai Keinginan yang Meminum 

Al-Humaidi berkata, “Saya pernah berada di sisi Sufyan bin Uyainah, lalu beliau menceritakan kepada kami hadits:

مَاءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ لَهُ

Air zamzam tergantung keinginan seorang yang meminumnya’.

Tiba-tiba ada seorang lelaki bangkit dari majelis, kemudian kembali lagi seraya mengatakan, ‘Wahai Abu Muhammad, bukankah hadits yang engkau ceritakan kepada kami tadi tentang zamzam adalah hadits yang shahih?’ Jawab beliau, ‘Benar.’ Lelaki itu lalu berkata, ‘Baru saja aku meminum seember air zamzam dengan harapan engkau akan menceritakan kepadaku seratus hadits.’ Akhirnya, Sufyan berkata kepadanya, ‘Duduklah.’ Lelaki itu pun duduk dan Sufyan menceritakan seratus hadits kepadanya.”

Itulah 13 keutamaan minum air Zam Zam bagi tubuh. Tentunya manfaat ini akan kita peroleh jika rutin mengkonsumsinya. Paling penting adalah apapun yang anda inginkan dan niatkan dengan meminum air Zam Zam maka pastikan niatan itu merupakan kebaikan dan cara meningkatkan akhlaq dalam islam sebagai obat hati dalam islam untuk anda dan orang lain sebagai bentuk tingkatan iman dalam islam . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

, , , ,




Post Date: Tuesday 03rd, April 2018 / 09:32 Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman
Short Movies

Manusia memang jarang bersyukur, padahal nikmat dan rencana Tuhan yang sangat indah sudah diberikan pada dirinya. Saksikan film pendek berikut ini.