5 Adab Menjaga Lisan Bagi Wanita Dalam Islam

Lisan adalah hal yang sangat penting dan dapat mencerminkan tingkah laku seseorang. Dengan lisan kita sudah mengetahui sifat seseorang tersebut. Terlebih lagi untuk seorang wanita. Dengan lisan yang keluar dari wanita, itu akan membuat para kaum adam bisa mengetahui sifat wanita tersebut. Dan di zaman sekarang saat ini semakin banyak wanita yang masih belum mengetahui secara mendalam tentang adab untuk menjaga lisan bagi wanita. Intinya untuk kaum hawa menjaga lisan ini di dalam islam pun sudah di jelaskan secara detail tentang adab-adab tersebut. Oleh karena itu lah, untuk kita bisa lebih mengerti dan lebih memahaminya, artikel ini akan menjelaskan adab-adab menjaga lisan bagi wanita :

1 . Jangan menjelekkan atau menggunjing orang lain

Dengan lisan seseorang mudah sekali untuk bisa menjelekkan atau menggunjing seseorang dengan sangat apik. Terlebih lagi, wanita memang senang sekali untuk berbicara, oleh sebab itu lah, untuk wanita muslim jangan dan hindari untuk menggunjing seseorang karena dengan kita menggunjing seseorang, kita bisa bercermin bahwa kita pun sama hal nya dengan orang yang kita bicarakan. Ingatlah bahwa lisan yang kita ucapkan ini sudah mencerminkan sifat diri kita.

Baca juga :

2. Hindari omongan atau mengucapkan kata-kata kasar

Wanita di kenal dengan sifat dan tutur kata yang lembut. Untuk itu para wanita pun harus bisa menjaga adab untuk bisa menjaga lisan agar tidak mengucapkan kata-kata yang kasar. Meskipun kita sebagai perempuan sedang sedih, terluka, kesal ataupun marah kita tidak perlu mengucapkan kata-kata kasar. Karena dengan mengucapkan kata-kata yang kasar pun tidak bisa membuat kita lebih tenang. Lebih baik kita banyak mengucapkan istighfar. Lalu mengadu lah kepada sang pencipta agar kita lebih tenang dan jauh lebih baik.

3. Mengendalikan lisan dengan hati nya

Adab menjaga lisan bagi wanita yang ketiga adalah wanita harus bisa mengendalikan lisan nya sebelum wanita tersebut berbicara kepada orang lain. Gunakanlah lisan sebaik mungkin. Jika lisan keluar dari mulut kita, sebaiknya lisan yang keluar dari mulut kita bisa bermanfaat bagi orang lain. dan jika itu tidak penting, lebih baik kita sebagai wanita diam. Tanpa perlu banyak bicara.

4. Hindari perkataan yang belum tentu benar

Banyak dari kita yang belum mendasar kebenarannya sudah di ucapkan oleh banyak orang. Sebaik nya kita sebagai wanita muslim harus mengecheck dan mengklarifikasi apakah ucapan yang diucapkan oleh orang lain benar atau salah. Jika sudah terbukti kebenarannya kita bisa memberitahukan ke orang lain dengan benar tanpa perlu bicara hoax.

Baca juga :

5. Mengucapkan dengan tutur kata yang lembut tanpa harus kencang dan berteriak.

Terkadang kita mendengar wanita yang berbicara dengan suara yang kencang dan bisa dibilang teriak. Hal ini sebenarnya sangat disayangkan. Karena kaum adam pun jika mendengar wanita dengan suara kencang bukan merasa senang ataupun rasa suka. Melainkan rasa sedih dan kecewa. Karena dengan wanita berbicara secara kencang tanpa mengetahui adab seorang wanita berbicara. Hal ini membuat para pria sudah mengetahui dengan jelas sifat dan karakter wanita tersebut.

Oleh karena itu untuk para wanita, kita sebagai wanita muslim yang mengetahui adab-adab bagaimana lisan ini kita gunakan. Sebaiknya gunakan dengan cara yang baik, benar dan juga bisa bermanfaat untuk orang lain. Berusahalah agar kita selalu bisa menjaga lisan ini untuk tidak mengucapkan kata-kata yang kasar, kata-kata yang buruk, dan lain sebagainya karena lisan wanita adalah cerminan diri kita. Demikianlah 5 adab menjaga lisan bagi wanita. Semoga bermanfaat.