6 Adab Keluar Rumah Bagi Seorang Wanita Dalam Islam

Islam sudah mengajarkan adab dan aturan yang sangat detail dan jelas. Kita sebagai perempuan pun sudah diatur tentang segalanya. dari adab berbicara dengan lawan jenis, aturan berpakaian, keharusan menutup aurat dan berpakaian syar’i. Di dalam artikel ini kami sebagai penulis ingin menjelaskan tentang adab keluar rumah bagi seorang wanita. Dikarenakan masih banyak wanita yang belum mengetahui bahwa sebenarnya wanita pun memiliki adab untuk keluar rumah. Tidak bisa pergi seenaknya dan secara bebas. Oleh itu, ada beberapa adab untuk wanita jika ingin keluar rumah.

ads

1 . Izin dengan keluarga

Syarat dan adab keluar rumah bagi wanita pertama yaitu izin. Izin dengan keluarga seperti ayah, ibu dan lain sebagainya. Terlebih lagi jika wanita tersebut sudah memiliki keluarga. Sudah pasti wanita harus izin dengan suami nya jika ingin keluar rumah. Izin kepada suami pun bertujuan untuk menghindari fitnah, dan agar suami kita mengetahui apa tujuan yang akan kita lakukan sekaligus agar lebih mudah mencari tahu jika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Baca juga :

2. Menggunakan pakaian syar’i

Hal ini harus dilakukan oleh para wanita muslim. Wanita memakai pakaian syar’i agar tidak menimbulkan fitnah dan tidak mengundang kejahatan ataupun hal yang tidak diinginkan oleh wanita tersebut. Jika wanita menggunakan pakaian yang terbuka. Hal ini pun akan menimbulkan nafsu. Oleh karena itu, menggunakan pakaian syar’i pun harus dilakukan agar tetap bisa menjaga kehormatan nya.

3. Tidak menggunakan parfum

Banyak dari kita yang mungkin masih belum mengetahui tentang hal ini, sebenarnya boleh saja wanita menggunakan parfum tetapi tidak diluar rumah. Hal ini sudah dijelaskan di dalam Al-Quran. Tetapi perlu digarisbawahi bahwa wanita tidak boleh menggunakan parfum tetapi tidak boleh juga dengan berbau badan.

4. Menundukan pandangan dalam perjalanan

Adab keluar rumah bagi seorang wanita yang ke empat ini adalah dengan menundukan pandangan. Hal ini agar wanita tetap bisa menjaga kehormatannya dan dihindari dari segala hal yang tidak diinginkan. Karena dari menatap mata, akan membuat para pria terlena. Oleh sebab itu, jagalah tatapan antar lawan jenis yang bukan mahram nya dan tundukan pandangan ketika berjalan dihadapan pria.

Baca juga :

5. Suara wanita adalah aurat

Mungkin banyak yang berpikiran jika suara wanita adalah hal yang sangat sepele. Sebenarnya adab ini meskipun terlihat sepele. Tetapi sering terjadi. Jika wanita keluar rumah dengan teman nya atau lain nya janganlah membuat suara yang kencang dan menjadikan pusat perhatian. Karena dengan mendengar suara wanita saja, pria bisa menyukai wanita. Hal yang sebenarnya sering diremehkan tetapi mengakibatkan masalah yang cukup rumit.

6. Wanita keluar rumah dengan cara pelan-pelan agar tidak terdengar suara sandal nya

Perlu digaris bawahi disini bukan mengartikan wanita harus mengendap-ngendap ataupun bersembunyi. Tetapi maksud dari ini adalah jangan menghentak-hentakan sandal ataupun menyeret sendalnya dengan tujuan agar diperhatikan khalayak ramai ataupun menjadi pusat perhatian kaum Adam.

Jadi kesimpulan diatas adab wanita untuk keluar rumah yaitu harus izin dari keluarga, memakai pakaian syar’i yang hanya boleh terlihat dari bukan mahramnya adalah wajah dan telapak tangan, tidak menggunakan wangi-wangian untuk menarik perharian orang, menundukkan pandangan, menjaga suara dan berjalan dengan perlahan agar tidak mengundang perhatian. Demikanlah 6 adab keluar rumah bagi seorang wanita muslimah. Semoga bermanfaat.

, ,




Post Date: Monday 04th, March 2019 / 18:42 Oleh :
Kategori : Akhlaq
Yuk Join & Subs Channel Saya Islam

Tukar Uang untuk THR Idul Fitri, Haram?

Kalau Sahur Jangan Buka Medsos, Mending Amalin Ini

Wajib Tonton ! Rekomendasi Film Religi Terbaik Pas Buat Nemenin Ramadhanmu