5 Adab Keluar Rumah Bagi Istri yang Baik Dalam Islam

Islam adalah agama yang paling benar dan menjadi satu-satunya agama yang paling benar dari dulu, sekarang hingga masa depan. Islam pun sudah mengatur segala sesuatu yang menjadi larangannya maupun menjadi keharusannya.

Kita sebagai umat muslim pun harus mematuhi nya. Adab-adab wanita, kewajiban wanita dan larangan-larangan yang ada pun sudah diatur dengan sedemikian detail. Dalam pernikahan pun sudah diatur di dalam Al-quran dengan sangat baik dan adil. Jadi untuk para istri pun sudah ada aturan dan adab-adab nya tersendiri.

Di dalam artikel yang kami buat ini, kami ingin sekali membahas tentang adab keluar rumah bagi istri. Seorang istri atau wanita adalah mahluk yang berbeda dengan pria. Otomatis ada tersendiri dan ada perbedaan adab ketika seorang istri ingin pergi keluar rumah. Dan adab keluar rumah bagi istri yaitu :

ads

1. Jika seorang isri ingin pergi keluar rumah sebaiknya ditemani oleh muhrimnya atau suami nya.

Suami adalah seseorang yang akan menjaga istri nya sedemikian baik. Kita sebagai seorang istri pun akan merasa sangat nyaman dan aman jika ditemani oleh suami. Oleh sebab itu, sebaik-baiknya istri jika ingin pergi yaitu dengan suami nya. Dan jika suami tidak dapat menemani istri, kita sebagai seorang istri bisa ditemani oleh saudaranya. Dengan begitu, seorang istri akan tetap bisa merasakan rasa aman.

Baca juga :

2. Izin kepada suami

Berbeda jika kita sebagai wanita yang belum menikah. Mungkin jika kita sebagai wanita yang belum menikah kita akan izin kepada keluarga. Tetapi jika kita sudah menikah. Kita diwajibkan untuk izin kepada suami untuk pergi keluar rumah. Tujuannya agar suami mnengetahui kemana istri nya akan pergi, dan agar para istri terhindar dari fitnah. Selain itu agar suami mudah mencari istri jika hal-hal yang tidak diinginkan pun terjadi.

3. Menggunakan pakaian yang menutup aurat dan juga syar’i

Untuk para istri, kita sebagai seorang istri sekaligus seorang wanita harus menutup aurat. Di dalam Islam mengajarkan jika semua wanita harus menutup aurat dan memakai pakaian yang syar’i, karena jika wanita tidak menutup aurat nya ini akan mengundang bahaya, dan akan menimbulkan hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi. Oleh sebab itu, jagalah kehormatan wanita dengan menutup aurat dan juga berpakaian yang syar’i.

4. Tidak berlebihan

Jika para istri ingin pergi keluar rumah sebaiknya tidak memakai pakaian atau berhias diri yang sangat berlebihan yang tujuannya membuat semua orang atau kaum Adam melihatnya dan kita bisa menjadi pusat perhatian. Ini sangat salah, dalam Islam, kita sebagai istri boleh mempercantik diri dengan memakai pakaian yang baik atau terlihat cantik hanya di depan suami kita. Jadi jangan berlebihan jika para istri pergi keluar rumah dengan tujuan menjadi pusat perhatian. Biarlah suami kita sendiri yang bisa mengetahui betapa cantik nya diri kita sebagai seorang istri.

Baca juga :

5. Menundukan pandangan dari kaum Adam

Kita sebagai istri sudah sepantasnya hanya memandang suami kita. Jangan lah para wanita atau khususnya para istri memandang langsung dengan tatapan mata yang bukan mahramnya. dikarenakan kontak mata sangat berpengaruh besar terhadap lawan jenis.

Demikianlah 5 adab keluar rumah bagi istri. Untuk para istri, kita hendaknya menjaga kehormatan diri kita sendiri agar terhindar dari fitnah. Dan faktanya ada beberapa adab-adab tertentu untuk istri jika ingin pergi keluar rumah. Dan dalam islam juga sudah dijabarkan secara detail agar para istri mengetahuinya.

, ,




Post Date: Monday 04th, March 2019 / 18:55 Oleh :
Kategori : Akhlaq