13 Keutamaan Istiqomah Sholat Tahajud yang Istimewa

Shalat tahajud menjadi salah satu bentuk ibadah yang amat dianjurkan. Bahkan anjuran melaksanakan shalat sunnah shalat Malam atau shalat tahajjud terdapat dengan jelas dalam Firman Allah SWT berikut :

ads

وذكر اسم ربك بكرة واصيلا ومن اليل فاسجد له وسبحه ليلا طويلا

Artinya: sebutlah nama Rab-mu pada waktu pagi dan petang, dan pada sebagian dari malam bersujudlah dan bertasbihlah, pada bagian yang panjang dimalam hari. ( Al-insaan : 76 ).

واصبر لحكم ربك فانك باعيننا وسبح بحمد ربك حين حين تقوم ومن اليل فسبحه وادبار النجوم

Artinya: Dan bersabarlah dalam menunggu ketatapan Rabmu, maka sesungguhnya kamu berada dalampenglihatan kami, dan bertasbihlah dengan memuji Rabmu ketika ketika kamu bangun berdiri, dan bertasbihlah kepadanya pada beberpa saat dimalam hari dan diwaktu terbenamnya bintang-bintang. ( At-thuur, 48-49 ).

Shalat tahajud sendiri merupakan amalan yang memberikan manfaat yang sangat banyak. Terlebih lagi jika dilakukan secara istiqomah. Maksud dari kata istiqomah sendiri adalah memiliki pendirian yang teguh terhadap pandangan yabg benar. Dalam definisi luas Istiqomah merujuk pada perbuatan yang konsisten atau tetap dilakukan secara terus menerus. Sebagaimana pengetiaannya dalam firman Allah SWT berikut :

فَاسْتَقِمْ كَمَا أُمِرْتَ وَمَنْ تَابَ مَعَكَ وَلا تَطْغَوْا إِنَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

artinya: “Maka tetaplah kamu pada jalan yang benar, sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang telah tobat beserta kamu dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan“.{ Q.S Hud 112 }

Keutamaan Istiqomah Shalat Tahajud 

Sebagimana telah dijelaskan pada paragraf awal mengerjakan shalat tahajud memiliki banyak kemuliaan dan manfaat shalat tahajjud terutama shalat tahajud di bulan ramadhan . Di dalam banyak ayat, Allah Subhanahu wa Ta’ala menganjurkan kepada Nabi-Nya yang mulia untuk melakukan shalat malam. Antara lain adalah:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ

Dan pada sebagian malam hari shalat Tahajjud-lah kamu….” [Al-Israa’/17: 79]

Banyak kajian yang telah menjelaskan mengenai keutamaan  shalat tahajud. Maka dalam artikel ini kami akan menambahkan beberapa poin mengenai 13 keutamaan istiqomah shalat tahajud dalam islam sebagai ibadah sunnah yang dianjurkan. Simak selengkapnya.

  1. Senantiasa Dicintai oleh Allah SWT 

Keutamaan umat yang istiomah dalam tahajudnya ialah bahwa ia akan selalu menjadi hamba yang dicintai oleh Allah SWT. Sebagaimana sabda Nabi SAW, yang artinya :

“Puasa yang paling Allah cintai adalah puasa Daud dan shalat yang paling Allah cintai adalah shalat Daud. Beliau (Nabi Daud AS) tidur setengah malam dan bangun untuk shalat sepertiga malamnya, lalu tidur lagi sereenam malamnya. Beliau juga biasa sehari puasa sehari berbuka (HR. Jama’ah)

  1. Dikabulkan Hajatnya

Sebagai manusia tentu saja dalam hidup ini kita memimpikan atau mengingginkan sesuatu. Maka ubtuk mencapai dan mendapatkannya kita harus berusaha. Selain itu, faktor X atau do’a juga menjadi sebuah kewajibab jika hajat atau keinginan kita cepat di kabulkan. Salah satu caranya dapat dilakukan dengan melakukan shalat rahajud secara istiqomah. Sebagaimana dalam hadist berikut ini:.

“Sesungguhnya pada malam hari ada dua saat ( waktu ) tidaklah seorang muslim memohon kepada allah, kebaikan dari urusan dunia dan akhirat, bertepatan dengan saat tersebut, melainkan dia memberikan permohonan dan hal tersebut pada setiap malam”. (HR. Bukhori dan muslim ).

  1. Pencegah Perbuatan Dosa

Istiqomah dalam melaksanakan sholat tahajud dapat semakin meningkatkan kadar keimanan seseorang. Dengan iman yang semakin tebal maka akan dapat meilindungu kita terhadap segala godaan yang mengarah pada perbuatan dosa. 


  1. Menjaga Ketampanan atau Kecantikan

Dalam sebuah hadist dikatakan bahwa istoqomah menjalankan shalat tahajud akan membuat kita memiliki penampilan yang semakin rupawan.

“Barang siapa yang banyak menunaikan shalat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang harinya.” (HR Ibnu Majah)

  1. Bentuk dan Cara Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Sebagaimana yang telah diterangkan dalam sabda Nabi. SAW yang artinya :

Allah paling dekat dengan hamba-Nya pada akhir pertengahan malam. Oleh karena itu, jika kamu sanggup untuk menjadi orang yang mengingat Allah pada saat itu, maka kerjakanlah”. (HR.Imam Tarmidzi)

  1. Termasuk Kedalam Orang-Orang yang Terpuji dan Dicintai Allah 

Jika ingin dicintai dan dimasukkan kedalam golongan orang terpuji maka lakukanlah shalat tahajud dengan istiqomah. Sebagaimana dalam firman Allah Berikut:

“Dan pada sebagian malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ketempat yang terpuji.”. (QS : Al-Isro’ : 79).

  1. Dijauhkan Dari Godaan Syetan

Shalat tahajud juga memiliki keutamaan lain, yakni dapat menjauhkan diri dari godaan syetab yang menjerumuskan diri pada berpuatab dosa dan maksiat. Sebagaimana Allah Subahanahu wa Ta’ala berfirman,

وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا

Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan Kepada mereka jalan-jalan Kami.” (QS. Al-Ankabut: 69)

  1. Diyakini Mampu Meningkatkan Produktivitas Kerja

Abu Hurairah Radhiyallahu anhu berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Syaitan mengikat di pangkal kepala seseorang darimu saat ia tidur dengan tiga ikatan yang pada masing-masingnya tertulis, ‘Malammu sangat panjang, maka tidurlah!’ Bila ia bangun lalu berdzikir kepada Allah, maka satu ikatan lepas, bila ia berwudhu’ satu ikatan lagi lepas dan bila ia shalat satu ikatan lagi lepas. Maka di pagi hari ia dalam keadaan semangat dengan jiwa yang baik. Namun jika ia tidak melakukan hal itu, maka di pagi hari jiwanya kotor dan ia menjadi malas.”

  1. Mempercepat Tercapainya Cita-Cita

Salah satu keutamaan ahalat tahajud berikutnya adalah mampu membuat cita-cita tercapai .

Allah berfirman kepada para malaikat-Nya, ‘Apa yang mendorong hamba-Ku melakukan ini?’ Mereka menjawab, ‘Wahai Rabb kami, ia melakukan ini karena mengharap apa yang ada di sisi-Mu.’” Allah berfirman, “Sesungguhnya Aku telah memberikan kepadanya apa yang ia harapkan (cita-citakan) dan memberikan rasa aman dari apa yang ia takutkan.” (HR Ahmad).

  1. Do’anya Mustajab

Do’a yang dipanjatkan ketika melaksanakan sholat tahajud insyaallah akan cepat di kabulkan. Ketimbang pada jenis amalan yang lain. Sebab pada 1/3 malah Allah SWT sangat dekat dengan hambanya. Tentu saha doa kita akan cepat didengar dan seera dikabulkan.

  1. Upaya Menolak Bala

Sholat tahajud dipercaya dapat menjadi tameng untuk menolak segala bentuk bencana atau balak. Dengan istiqomah melakukan shalat tahajud maka insyaallah kita akan dijauhkan dari segala macam valak dan kesusahan hidup.

  1. Amalan yang Menolong di Akhirat

Allah SWT berfirman sebagai berikut :

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan di mata air-mata air, sambil mengambil apa yang diberikan kepada mereka oleh Tuhan mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat baik, Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam; Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah). [QS. Adz Dzariyat 15-18]

  1. Pembersih Penyakit Hati dan Jasmani

Rasulullah SAW bersabda,

Lakukanlah shalat malam karena itu adalah tradisi orang-orang saleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, penghapus kesalahan, dan pencegah segala macam penyakit dari tubuh.” (HR Tirmidzi).

13 keutamaan istiqomah shalat tahajud dalam islam sebagai ibadah sunnah yang dianjurkan. Tentu menjadi upaya untuk semakin meningkatkan kadar keimanan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Serta upaya untuk mencapai hidup bahagia menurut islam , sukses dunia akhirat menurut islam  Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

, , , ,




Post Date: Monday 02nd, April 2018 / 03:21 Oleh :
Kategori : Amalan Shaleh