10 Kewajiban Anak Laki Laki Terhadap Ibunya

Kewajiban anak laki laki dalam Islam tidak hanya sekedar bertanggung jawab pada dirinya sendiri, akan tetapi ada empat orang lagi yang juga menjadi tanggung jawab seorang laki laki yakni ibunya, istrinya apabila sudah menikah, anak perempuan dan juga saudara perempuannya. Ada banyak kewajiban anak laki laki baik saat ia belum menikah dan juga sesudah menikah seperti ulasan yang akan kami ulas pada kesempatan kali ini.

ads
  1. Berbakti

Keutamaan berbakti pada orang tua khususnya pada ibu merupakan perintah Allah dan harus dilakukan. Seorang anak laki laki harus dan wajib untuk selalu berbakti pada ibunya saat ia belum menikah atau sudah menikah dan ini berbeda dengan seorang anak perempuan. Seorang anak laki laki harus selalu memperhatikan keadaan ibu yang semakin hati akan semakin tua.

  1. Menyayangi

“Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: ‘Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.'” [Al Israa: 24]

Hal baik yang bisa dilakukan anak laki laki untuk membalas segala kebaikan pada ibu adalah dengan tidak hentinya untuk menyayangi ibu. Pada dasarnya, seorang ibu tidak akan meminta apapun sebagai balasan jasa atas apa yang sudah ia lakukan. Semua yang dilakukan ibu diperbuat dengan tulus dan kasih sayang yang tiada habisnya untuk anak sehingga sudah menjadi tanggung jawab seorang anak laki laki untuk selalu menyayangi ibu tanpa henti.

  1. Merawat

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” [QS Luqman: 14]

Seorang ibu juga harus dirawat dengan baik khususnya saat mulai tua dan menderita sakit tertentu. Seorang anak laki laki bertanggung jawab untuk selalu merawat ibu sebab keadaannya yang sudah tidak sebugar dan sesehat dulu.

  1. Memperhatikan Keadaan

Perhatian seorang anak laki laki pada ibu juga sudah menjadi tanggung jawab anak laki laki terhadap ibu yang harus dilakukan. Apabila anda sudah tidak tinggal di rumah, maka sempatkan sesering mungkin untuk menjenguk ibu sehingga bisa memperhatikan keadaan ibu lebih baik.

  1. Mendoakan Ibu

Memiliki seorang ibu bahkan sampai kita dewasa merupakan hal yang harus disyukuri sebab itu berarti kita masih diberikan kesempatan untuk berbakti pada orang tua khususnya ibu. Hal yang bisa anda lakukan sebagai anak laki laki adalah terus mendoakan ibu tanpa henti supaya tetap diberi kesehatan, diampuni segala dosanya dan segala sesuatu yang baik.


  1. Menjaga Perasaan

Perlu diketahui jika ridha Allah berada di tangan orang tua khususnya pada seorang ibu sehingga menjaga perasaan orang tua yakni ibu sangat diwajibkan. Gunakan selalu tutur kata yang baik saat berbicara pada ibu atau ingin memberi nasehat pada ibu. Perkataan yang diucapkan lidah akan sangat tajam sehingga jangan sampai hal ini sampai anda katakan pada ibu sampai kapanpun juga untuk menghindari balasan menyakiti hati orang lain.

  1. Menafkahi Ibu

Seorang anak laki laki juga harus menafkahi ibu, hal ini tidak hanya dilakukan saat masih tinggal di rumah bersama orang tua, namun juga harus dilakukan sesudah menikah selain menafkahi istri seperti yang ada dalam hukum menafkahi orang tua setelah menikah.

  1. Tawadhu atau Rendah Hati

Tawadhu dalam Islam, keutamaan, macam macam dan manfaat merupakan salah satu perintah baik dalam ajaran Islam. Seorang anak laki juga harus selalu bersikap tawadhu atau rendah diri khususnya saat sudah meraih kesuksesan duniawi. Sewaktu baru lahir dan masih dalam keadaan hina serta membuthkan pertolongan, maka hanya kedua orang tua khususnya ibu yang memberi pertolongan berupa makan, minum, pakaian dan segala sesuatu kebutuhan kita.


  1. Infak atau Shadaqah

Infak atau keutamaan bersedekah juga menjadi kewajiban anak laki laki terhadap ibu sebab semua harta yang kita miliki pada dasarnya merupakan milik orang tua kita juga.

Mereka bertanya tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: “Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan.” Dan apa saja kebaikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya” [surat Al-Baqarah ayat 215]

  1. Taat dan Patuh

Selama tidak ada unsur maksiat, maka anak laki laki sangat wajib untuk selalu taat pada orang tua khususnya ibu. Ketaatan atau kepatuhan yang dimaksud adalah dalam hal kebaikan dan bukan keburukan yang tidak masuk dalam dasar hukum Islam dan juga ajaran Islam.

Rasulullah bersabda,  “Tidak ada ketaatan dalam mendurhakai Allah. Sesungguhnya ketaatan itu ada hanya di dalam melakukan kebaikan.” [ H.R. Bukhari]

Demikian penjelasan beberapa kewajiban laki – laki terhadap ibunya saat dunia. Diharapkan untuk semua anak laki-laki yang menerapkan kewajiban kewajiban ini dapat diganjar pahala saat di akhirat nanti.

, , , ,




Post Date: Saturday 21st, October 2017 / 03:16 Oleh :
Kategori : Akhlaq, Amalan Shaleh
Yuk Join & Subs Channel Saya Islam

Tukar Uang untuk THR Idul Fitri, Haram?

Kalau Sahur Jangan Buka Medsos, Mending Amalin Ini

Wajib Tonton ! Rekomendasi Film Religi Terbaik Pas Buat Nemenin Ramadhanmu