15 Pahala Menjodohkan Orang Lain dalam Islam

Menemukan sosok jodoh yakni suami atau istri adalah hal yang paling membahagiakan ya sobat, dimana hal tersebut menjadi jalan untuk memiliki kehidupan yang lebih tentram dalam jalan berumah tangga serta mendapat pahala luar biasa darinya. Nah sobat, tentu sering kita temui ada orang orang yang mendapat jodoh atau menikah karena dijodohkan seperti hukum dijodohkan dalam islam , baik itu oleh orang tuanya atau oleh sahabatnya, ternyata bagi orang yang berhasil menjodohkan atau mempersatukan kedua insan untuk

ads

menjadi suami istri dan menggapai makna pernikahan dalam islam memiliki pahala yang luar biasa loh sobat , tentunya dalam hal ini ialah menjodohkan dalam jalan yang baik, misalnya dua orang laki laki dan wanita yang sama sama belum memiliki pasangan, bukan menjodohkan seseorang dengan orang lain untuk merusak rumah tangga orang lain, jika hal itu dilakukan tentu akan menjadi jalan dosa dunia akherat. Nah sobat, berikut 15 Pahala Menjodohkan Orang Lain dalam Islam jika dilakukan dengan cara yang baik san sesuai syariat islam.

1. Pahala Menjauhkan Seseorang dari Syahwat yang Buruk

“Wahai para pemuda, siapa diantara kalian yang sudah mampu menanggung nafkah, hendaknya dia menikah. Karena menikah akan lebih menundukkan pandangan dan menjaga kemaluan. Sementara siapa yang tidak mampu, hendaknya dia berpuasa. Karena itu bisa menjadi tameng syahwat baginya.” (HR. Bukhari 5065 dan Muslim 1400).

2. Membuka Jalan Rezeki untuk Orang Lain

“Nikahkahlah orang yang bujangan diantara kalian serta orang baik dari budak kalian yang laki-laki maupun perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberikan kecukupan kepada mereka dengan karunia-Nya. Allah Maha Luas dan Maha Mengetahui.” (QS. An-Nur: 32). Menikah tentu jalan untuk mendapatkan rezeki yang halal dan mendapat keluarga bahagia menurut islam ya sobat, dengan menjodohkan, maka sobat juga berperan dalam kedua pasangan tersebut bisa mendapatkan rezeki yang halal.

3. Memberi Kebahagiaan Pada Orang Lain

Janganlah kamu (para wali) menghalangi mereka kawin lagi dengan bakal suaminya, apabila telah terdapat kerelaan di antara mereka dengan cara yang ma’ruf. (QS. al-Baqarah: 232). Tentu orang yang menikah akan bahagia karena memiliki pasangan sepanjang hidupnya ya sobat, dengan menjodohkan, maka sobat juga menjadi sesorang yang berperan dalam kebahagiaan kedua pasangan tersebut sesuai ayat Al Qur’an tentang membahagiakan orang lain.

4. Mencegah Fitnah

“Apabila datang kepada kalian orang yang kalian ridhai akhlak dan agamnya, maka nikahkanlah ia, jika tidak kalian lakukan akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang luas.” (HR. Turmudzi 1107 dan dihasankan al-Albani). Hubungan yang dijalani tanpa kejelasan tentu menjadi fitnah dalam islam ya sobat, misalnya saja seseorang yang memiliki perasaan pada orang lain namun tak

berani mengungkapkan, maka jika diketahui orang lain bisa menjadi bahan pembicaraan yang dilebih lebihkan, dengan menjodohkan, maka akan diketahui bagaimana perasaan antara kedua orang tersebut yang sebenarnya sehingga jika ada kecocokan dapat bersatu dengan cara yang halal.

5. Pahala Menolong Orang Lain

Lakukanlah tolong menolong dalam kebaikan dan taqwa. (QS. al-Maidah: 2)

6. Mendapat Pahala Sepanjang Hari Hingga di Akherat

Diriwayatkan dari Abi Hurairah dari Nabi, beliau bersabda : barang siapa yang berjalan, mempertemukan seseorang pada wanita halal yang mana hendak mengumpulkan (menikahkan) keduanya, maka allah akan memberi rizqi padanya seribu bidadari. Dan setiap


bidadari berada di istana yang terbuat dari mutiara dan yaqut, untuk setiap langkah kakinya dan kalimat yang diucapkannya (ketika hendak menjodohkan, menikahkan) ditulis baginya pahala ibadah setahun yang malamnya digunakan untuk qiyamul lail sedangkan siangnya digunakan untuk berpuasa.

7. Pahala Melakukan Pertolongan Yang Sebaik Baiknya

Telah menceritakan kepada kami Hisyam bin Ammar, telah menceritakan kepada kami Mu’awiyah bin Yahya, telah menceritakan kepada kami Mu’awiyah bin Yazid dari Yazid bin Abu Habib dari Abul Khair dari Abu Ruhm ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:“Sebaik-baik pertolongan adalah menjodohkan dua orang (seorang laki-laki dan perempuan) dalam pernikahan.” (HR Ibnu Majah).

8. Pahala Memilihkan Pasangan Terbaik

Dari Jabir r.a., Nabi Saw. telah bersabda, “Sesungguhnya perempuan itu dinikahi karena agamanya, kedudukan, hartanya, dan kecantikannya, maka pilihlah yang beragama.” (HR. Muslim dan Tirmidz). Tentu ketika menjodohkan sobat akan memilihkan yang terbaik ya sobat, yakni yang kemungkinan besar memiliki akhlak dan kecocokan keduanya sehingga sobat juga memiliki pahala besar karena telah membantu seseorang mendapat pasangan yang terbaik.

9. Pahala Memberi Jalan Menjalankan Sunnah Rasul

Tentu sunnah Rasul salah satunya ialah menikah ya sobat, dimana jika dilakukan karena agamanya maka akan menjadi jalan kebahagiaan dunia akherat, bagi sobat yang menjodohkan dengan niat tersebut maka juga mendapat pahala karena memberikan jalan jodoh orang lain karena agamanya, Rasulullah Saw. bersabda, “Wanita dinikahi karena empat hal; hartanya, nasabnya, kecantikannya dan agamanya. Peganglah perkara agamanya maka engkau akan beruntung.” (HR Ibnu Majah)

10. Jalan Beramal Shaleh

Nah sobat, dalam memilihkan jodoh tentu diutamakan memang akhlaknya, sobat juga akan mendapatkan pahala jika menjodohkan pasangan dengan niat yang mulia yakni karena keduanya memiliki akhlak yang baik, “Janganlah kamu menikahi wanita karena kecantikannya,

mungkin saja kecantikan itu membuatmu hina. Jangan kamu menikahi wanita karena harta/tahtanya mungkin saja harta/tahtanya membuatmu melampaui batas. Akan tetapi nikahilah wanita karena agamanya. Seorang budak wanita yang shalehah, meskipun buruk wajahnya adalah lebih utama” (HR. Ibnu Majah)

11. Pahala Membuat Orang Lain Jauh Dari Kesepian

Al-Baqoroh : 112 (Tidak demikian) bahkan barangsiapa yang menyerahkan diri kepada Allah, sedang ia berbuat kebajikan, maka baginya pahala pada sisi Tuhannya dan tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. Tentunya ketika

memberi kebahagiaan pada orang lain dengan cara menjauhkan dari kesepian karena telah menemukan jodoh maka Allah juga akan memberi balasan ya sobat, yakni memberi kebahagiaan pada orang yang melakukan kebaikan tersebut sehingga orang tersebut jauh dari kesusahan dan kesedihan dunia dan akherat.

12. Pahala Memberi Jalan Pergaulan Yang Baik

Tentu pergaulan yang terbaik adalah dengan menikah ya sobat, sobat yang menjodohkan maka membuat dua orang manusia bisa bergaul sesuai dengan syariat islam – Al-Baqoroh : 220 Dan mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakalah: “Mengurus urusan

mereka secara patut adalah baik, dan jika kamu bergaul dengan mereka, maka mereka adalah saudaramu; dan Allah mengetahui siapa yang membuat kerusakan dari yang mengadakan perbaikan. Dan jikalau Allah menghendaki, niscaya Dia dapat mendatangkan kesulitan kepadamu. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

13. Pahala Kebajikan

Ali-‘Imran : 134 (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. Tentu orang yang menggunakan waktu sehari harinya untuk berbuat baik seperti menjodohkan orang lain jauh lebih baik ya sobat daripada sibuk berbuat kerusakan atau merusak hubungan orang lain, tentu menjodohkan adalah sebuah urusan kebajikan yang juga mendapatkan pahala kebajikan.

14. Menjauhkan Orang Lain dari Kerusakan

Al-Ma’idah : 13 (Tetapi) karena mereka melanggar janjinya, Kami kutuki mereka, dan Kami jadikan hati mereka keras membatu. Mereka suka merubah perkataan (Allah) dari tempat-tempatnya, dan mereka (sengaja) melupakan sebagian dari apa yang mereka telah diperingatkan dengannya, dan kamu (Muhammad) senantiasa akan melihat kekhianatan dari mereka kecuali sedikit


diantara mereka (yang tidak berkhianat), maka maafkanlah mereka dan biarkan mereka, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik. Nah sobat, salah satu kerusakan akhlak di dunia ini tentu perbuatan zina ya sobat, dengan menjodohkan kedua orang insan hingga menikah, maka sobat menjauhkannya dari zina dan kerusakan.

15. Dipandang Sebagai Orang yang Mulia

Surah Al-Zalzalah Ayat 7 dan 8 “Barang siapa berbuat kebaikan sekecil apa pun perbuatan baik itu, dia akan menyaksikan hasilnya. Begitu pula yang melakukan perbuatan buruk, sekecil apa pun perbuatan buruk itu, dia akan menyaksikan hasilnya.” walaupun

menjodohkan orang lain tidak selalu memberi hasil yang sempurna, misalnya benar benar sesuai dengan apa yang diharapkan sehubungan dengan tipe orang yang diinginkan untuk menjadi jodohnya, namun sobat yang menjodohkan orang lain tetap memiliki keutamaan sebagai orang yang mulia sebab memberi jalan pada kedua orang tersebut untuk bisa bersatu di jalan Allah.

Nah sobat, sekarang sobat tak perlu ragu lagi jika ingin menjodohkan seseorang atau orang di sekitar sobat, mungkin saja bisa menjadi pasangan suami istri karena jasa sobat. Oke sobat, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

, , , , ,




Post Date: Wednesday 17th, October 2018 / 05:35 Oleh :
Kategori : Amalan Shaleh