17 Keutamaan Istri yang Sabar – Mulia di Mata Allah

Istri adalah seorang wanita yang menjadi pendamping bagi suami yang sebelumnya telah di sahkan dalam sebuah ikatan pernikahan. Seorang istri erat dengan kewajibannya sebagai seseorang yang mengabdi, yakni yang melayani suami dalam segala keperluannya, menyediakan makanan untuk suami, serta menuruti perintah suami selama suami memerintah suatu urusan yang sesuai dengan syariat islam. Istri selalu berada pada peringkat kedua atau di bawah suami karena memang sudah menjadi kodratnya.

ads

Dalam perjalanan rumah tangga terkadang ada suatu hal yang menguji keimanan dan kesabaran istri, misalnya tentang karakter atau perangai suami yang terkadang membuat dirinya merasa sakit hati atau merasa tidak mendapat hak sepenuhnya sebagai seseorang yang dihidupi dan dilindungi. Lantas apakah yang harus dilakukan istri dalam kondisi demikian?

Tentu saja istri harus bersabar dan menerima suaminya apa adanya sebab itulah yang menjadi niat awalnya ketika menikah yakni menjadi seseorang yang taat sehingga dapat menjadikan pernikahannya sebagai jalan menuju surga. Hal tersebut memiliki keistimewaan yang luar biasa yang penulis bahas pada artikel kali ini mengenai keutamaan istri yang sabar, yuk simak uraiannya.

1. Mendapat Pahala Seperti Asiyah (Istri Fir’aun)

Pada jaman dahulu Asiyah yang merupakan istri Fir’aun pernah dipaksa oleh suaminya untuk menyembahnya karena ia mengaku bahwa ia adalah Tuhan, Asiyah yang tidak mau melakukannya karena meyakini Tuhan semesta alam hanyalah Allah semata lalu mendapatkan perlakuan dan siksa bertubi tubi hingga kepalanya pernah dijatuhi sebuah batu yang sangat besar. Hingga akhirnya Asiyah meninggal dunia dan oleh Allah disebut sebagai salah satu wanita mulia yang dijamin surga baginya.

Dan jika seorang istri bersabar menghadapi keburukan akhlak suaminya, maka Allah akan memberikan kepadanya pahala seperti yang diberikan kepada Aisyah istri Fir’aun”. (HR Muslim). seorang istri yang sabar dalam menghadapinya suaminya akan mendapatkan pahala seperti Asiyah yakni memiliki derajat yang mulia di mata Allah. Keutamaan Asiyah istri Fir’aun wajib dipelajari.

2. Jalan Masuk Surga

Dan seorang istri yang taat pada suami nya, niscaya ia akan masuk surga dari pintu mana saja yang dikehendakinya”. (Hadist Hasan Shahih no.1296). istri yang sabar tentu selalu mentaati perintah suaminya dan tidak pernah menyakiti atau melawan suaminya. Hal tersebut akan menimbulkan keberkahan dan menjadikan sepanjang kehidupannya menjadi jalan ibadah hingga di akherat nanti ia diperbolehkan masuk surga dari pintu manapun yang ia sukai. keutamaan Khadijah istri Rasulullah juga menjadikan jalan masuk surga karena kesabarannya.

3. Merupakan Amalan yang Utama

Seorang wanita tidak akan bisa menunaikan hak Allah sebelum ia menunaikan hak suaminya”. (Al  Mawaarid no. 1290). Sebgai seorang istri yang menjadi pahala terbesarnya ialah cinta dan pengabdiannya pada suami. Hal itu adalah amalan yang utama bahkan lebih tinggi dari amalan sunnah atau amalan yang berhubungan dengan hak Allah. Sehingga istri yang sabar benar benar memilki amalan terbaik di seluruh jagad raya. keutamaan istri melayani suami ialah bagian dari kesabaran tersebut.

4. Ciri Istri yang Bertanggung Jawab

Dan wanita adalah pelayan untuk suaminya, ia akan dimintai pertanggungjawaban”. (HR Bukhari Muslim). istri memang sudah kodratnya menjadi pelayan dan menurut pada suami, istri yang sabar ialah ciri istri yang bertanggung jawab sebagaimana ia berjanji pada dirinya dengan saksi agaa ketika pernikahan bahwa ia akan mengabdi pada suaminya. cara menyikapi cinta dalam islam akan menjadikan istri seorang yang bertanggung jawab.


5. Mendapat Ridho Allah

Istri yang sabar jelas akan mendapat ridho Allah, setiap detik kesabaran yang dilaluinya menjadi sebuah pahala besar yang membawanya kepada surga, ia akan mendapatkan kebahagiaan dan ketenangan hidup di akherat nanti pada kehidupan yang kekal. “Istri yang meninggal dunia dan suaminya ridho terhadapnya maka ia masuk surga”. (HR Tirmidzi). tips menjadi orang sabar dalam islam wajib dipelajari dalam kehidupan rumah tangga agar dapat bersikap sabar pada suami.

6. Pahalanya Lebih Tingi dari Amalan Sunnah

Hak suami merupakan kewajiban bagi istri. Melaksanakan kewajiban harus didahulukan daripada melaksanakan amalan sunnah”. (Fathul Baari). Sabar yang dilakukan istri dalam menghadapi suami memiliki pahala tinggi yang jauh lebih besar dari amalam sunnah sebab merupakan ciri wanita yang berhati sangat mulia.

7. Membahagiakan Suami

Suami memiliki hak untuk bersenang senang dengan istrinya setiap hari sekaligus merupakan kewajiban seorang istri untuk melayani suaminya setiap saat”. (Syarah Shahih Muslim). suami tentu bahagia jika memiliki istri yang sabar dan penurut, suami yang bahagia akan memberikan ridho dan ketenangan hati pada istrinya karena suaminya merasa bahagia dan bersyukur memiliki istri sebaik dirinya.

8. Jauh dari Laknat Allah

Istri yang sabar tidak akan mendapat laknat Allah, contohnya ialah istri yang bersedia melayani suami kapan saja suaminya menghendaki maka ia akan jauh dari laknat Allah. “Apabila seorang suami mengajak istrinya untuk bersetubuh dan istri menolaknya hingga suaminya murka, maka si istri akan dilaknat oleh malaikat hingga waktu subuh”. (HR Muslim no.1436)

9. Mendapat kebahagiaan di Akherat

Perhatikan bagaimana hubunganmu dengannya karena suami merupakan surgamu dan nerakamu”. (HR Ahmad). Istri yang baik pada suami kelak akan bahagia di akherat dan juga sebaliknya sebab itu dapat dilihat bagaimana gambaran kehidupan seorang istri di akherat adalah sesuai dengan gambaran perbuatan yang dilakukan pada suaminya.

10. Ciri Wanita Penyayang

Wanita yang menjadi penghuni surga ialah yang penuh kasih sayang, banyak kembali kepada suaminya yang apabila suaminya marah ia mendatanginya dan meletakkan tangannya di atas tangan suaminya dan berkata : aku tidak dapat tidur nyenyak hingga engkau ridha”. (Mu’jamul Ausath no.5644). jelas dari hadist tersebut bahwa istri yang sabar ialah seorang wanita yang mulia karena memiliki sifat penyayang.

11. Ciri Wanita Mulia

Seandainya aku boleh menyuruh seorang sujud kepada seseorang, maka aku akan perintahkan seorang wanita sujud kepada suaminya”. (HR Timidzi no. 1159). Wanita yang mulia dapat dilihat dari sikapnya terhadap suami, jika ia bersabar maka jelas bahwa ia memiliki hati yang mulia karena istri memang sudah kodratnya tunduk pada suami.

12. Menyempurnakan Hak Suami

Suami itu pelindung bagi wanita (istri) karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki laki) di atas sebagian yang lain (wanita)”. (QS An Nisa : 34). Hak suami yang sempurna akan tercapai jika memiliki istri yang baik yang mau menuruti perintahnya, istri yang sabar merupakan cermin dari hal tersebut sehingga suami memiliki hak yang sempurna.

13. Menjadi Wanita Terbaik di Mata Allah

Wanita terbaik yaitu yang paling menyenangkan jika dilihat suaminya, mentaati suami jika diperintah, dan tidak menyelesihi sesuai pada diri dan hartanya. Serta melayani suami sebaik mungkin dan menjauhkan suami dari benci”. (HR Ahmad). Alalh sangat memuliakan istri yang sabar pada suaminya sehingga Allah memberi imbalan berupa surga.

14. Dikabulkan Doanya

Wahai Tuhan bangunkanlah untukku sebuah rumah di surga di sisiMu dalam surga dan selamatkan daku dari Fir’aun dan perbuatannya dan selamatkan daku dari kaum yang zalim”. (QS At Tahrim : 11). Doa tersebut ialah doa yang diucapkan Aisyah ketika menghadapi kemarahan dan siksa dari suaminya, Allah pun mengabulkan doanya untuk mendapat rumah di surga di sisi Allah dan Allah menjadikannya sebagai salah satu wanita paling mulia di dunia.

15. Teladan Istri Rasulullah

Istri yang sabar adalah teladan istri Rasulullah yaitu Khadijah yang sabar dan setia mendapingi Rasulullah dalam masa sulitnya hingga Khadijah rela memberikan semua hartanya untuk dipergunakan di jalan dakwah islam, perbuatan Khadijah tersebut pun menjadikannya sebagai sosok wanita teladan yang memiliki derajat yang mulia di sisi Allah.


16. Kehidupan yang berkah

Istri yang sabar tentu akan memiliki kehidupan yang berkah sebab apapun yang dilakukannya mendapat ridho dari suaminya sehingga ia tenang dalam menjalani kehidupan dan jauh dari segala keburukan di akherat, nantinya ia akan mendapat kebahagiaan di akherat dan mendapat ampunan dari Allah atas dosa dosa yang dilakukannya.

17. Istri yang Sempurna

Seorang istri yang sempurna bukanlah dilihat dari fisiknya semata tetapi dari apa yang ia lakukan pada suaminya yakni bagaimana ia bersikap taat dan bersabar terhadap sikap suami. Istri yang sempurna akan menerima suaminya apa adanya dalam berbagai keadaan karena ia menyadari hidup di dunia hanyalah sementara dan ia mencari hidup bahagia di akherat dengan cara menjadi sosok yang terbaik untuk suaminya serta selalu mendampingi suaminya dalam keadaan apapun dalam suka dan duka.

Istri yang sempurna dalam hal ini ialah bersedia sabar dan mengikuti suaminya walaupun harus terpisah jauh dari keluarganya, bersabar menerima keadaan suami susah ataupun senang, membantu suami sesuai kemampuannya dalam hal materi ataupun dalam hal pekerjaan demi meringakan beban suami, serta senantiasa menjaga nama baik suaminya di hadapan semua orang dengan cara menutupi aib suaminya.

Demikian artikel mengenai keutamaan istri yang sabar, semoga dapat menjadi teladan dan dapat diambil kebaikannya. Terima kasih sudah membaca. Salam hangat dari penulis.

, , , , ,




Post Date: Friday 06th, April 2018 / 10:26 Oleh :
Kategori : Pernikahan