8 Keutamaan Belajar Dalam Islam

Ilmu pengetahuan adalah hal yang penting bagi kehidupan agar manusia dapat mencapai salah satu tujuan penciptaan manusia, yaitu menjadi khalifah dibumi. Oleh sebab itu seorang muslim diwajibkan untuk menuntut ilmu agar dapat memahami hakikat kehidupan dan isinya serta mengetahui bagaimana proses penciptaan manusia menurut Islam dan makhluk lainnya, agar kita mengerti akan hakikat penciptaan manusia, sehingga bertambah keimanan mereka terhadap Allah SWT.

Hukum menuntut ilmu dalam Islam adalah wajib karena ilmu berguna untuk manusia mencapai sukses dunia akhirat menurut Islam, seperti yang dikatakan dalam sebuah hadits Rasulullah SAW. berikut :

“Barang siapa yang ingin mendapatkan kesuksesan hidup di dunia dituntut untuk menguasai ilmu pengetahuan, dan barang siapa yang ingin mendapatkan kebahagiaan akhiratnya dituntut untuk menguasai ilmu pengetahuan, dan barang siapa yang ingin mendapatkan kesuksesan dan kebahagiaan keduanya juga dituntut untuk menguasai ilmu pengetahuan.”

Keutamaan Belajar menurut Islam

Dalam mendapatkan ilmu pengetahuan, manusia diharuskan untuk menuntut ilmu atau yang biasa disebut belajar. Dalam Islam belajar juga memiliki keutamaan, sebagai berikut :

  1. Allah akan memudahkan jalannya menuju surga

Dari Abu Hurairah, di riwayatkan sebagai berikut :

“Siapa saja yang mengadakan perjalanan untuk usaha menuntut ilmu, maka Allah akan menganugerhkannya jalan ke surga.” (HR. Muslim)

Dalam hadits tersebut yang dimaksud dengan mengadakan perjalanan untuk usaha menuntut ilmu adalah belajar.

  1. Para malaikat akan membentangkan sayap untuk orang yang menuntut ilmu

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW. bersabda :

“Sesungguhnya para malaikat membentangkan sayap mereka kepada para pencari ilmu, sebagai pertanda ridha dengan usaha orang-orang itu.” (HR. Ahmad, Ibnu Hibban dan Al-Hakim)

  1. Orang yang belajar adalah orang yang lebih baik dari dunia dan isinya

Rasulullah SAW. bersabda :

“Seseorang yang mempelajari satu bab dari suatu ilmu masih jauh lebih baik nilainya daripada dunia dan isinya.” (HR. Ibnu Hibban)

  1. Orang yang belajar akan mendapat pahala

Rasulullah SAW. bersabda :

“Ilmu itu laksana sebuah gudang, sedangkan kunci pembukanya adalah bertanya. Sesungguhnya, ada pahala bagi empat golongan manusia, yaitu orang yang bertanya, orang yang menjawab, orang yang mendengar dan orang yang suka dengan kondisi mereka bertiga.”(HR. Abu Nu’aim)

Dalam hadits tersebut bertanya sama dengan belajar. Dalam proses belajar seseorang akan bertanya untuk hal-hal yang tidak dimengerti.

  1. Orang yang menuntut ilmu lebih baik dari shalat sunnah seratus rakaat

Dari Ibnu Abdul Birri, Rasulullah SAW. pernah bersabda dengan mengatakan bahwa sesungguhnya orang yang pergi mempelajari satu bab dari ilmu, ia lebih baik dari orang yang melakukan sholat sebanyak seratus rakaat.

  1. Menuntut ilmu adalah sebuah kewajiban dalam Islam

Bagi umat muslim menuntut ilmu adalah sebuah kewajiban, untuk membedakan mereka dengan orang-orang yang jahiliyah dan agar mereka dapat menyempurnakan ibadahnya kepada Allah SWT. Rasulullahpernah bersabda :

“Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim.”

  1. Orang yang belajar akan mendapatkan pengetahuan lebih

Ilmu pengetahuan hanya akan didapat dan bertambah apabila seseorang terus belajar dan belajar. Tanpa belajar mereka tidak akan mendapatkan pengetahuan, dan pengetahuannya hanyalah sebatas apa yang mereka kehendaki.

  1. Orang yang menuntut ilmu sama dengan berjihad

Menuntut ilmu atau belajar merupakan suatu upaya untuk memberantas ketidaktahuan dan kebodohan, itulah mengapa dikatakan orang yang berilmu sama seperti orang yang berjihad dijalan Allah SWT. karena mereka yang belajar diibaratkan sepertii sedang memerangi kebodohan atau kejahiliyahan.

Dari beberapa keutamaan belajar diatas, kita dapat menyimpulkan, bahwa belajar adalah suatu upaya yang di ridhai oleh Allah SWT. jika hal tersebut menngandung kebaikan, terutama jika hal tersebut berkaitan dengan agama.

Sekian, semoga bermanfaat (: