7 Amalan di Hari Raya Idul Adha

Idul Adha merupakan hari rayanya umat Islam yang dikenal juga sebagai hari raya kurban atau lebaran haji. Hari raya Idul Adha ini jatuh setiap tahun pada bulan Zulhijjah di hari ke 10 Hijriyah. Seperti yang telah kita ketahui, hari raya Idul Adha ini akan datang beberapa bulan setelah hari raya Idul Fitri yang akan datang sebentar lagi.

ads

Namun apakah anda mengetahui 7 amalan di hari raya Idul Adha agar menjadi sempurna? Meskipun 7 amalan ini termasuk kepada amalan-amalan sunah namun sangat besar pahalanya jika dilakukan. Yuk simak ketujuh amalannya.

  1. Menggemakan takbir, tahmid dan tahlil selama menuju ke tempat sholat.

Di hari raya Idul Adha sudah lazim kita mendengar suara takbir yang dikumandangkan di masjid-masjid. Hal ini biasanya akan dilakukan hingga beberapa hari setelah hari raya kurban ini. Namun sebelum melakukan sholat Idul Adha kita bisa mengamalkan takbir ini selama menuju ke tempat sholat Idul Adha berjamaah.

  1. Menggunakan pakaian yang bersih, suci dan utamakan berwarna putih.

Berpakaianlah dengan pakaian yang baik yakni pakaian yang bersih, suci dan rapi. Namun bukan berarti pula harus menggunakan pakaian yang baru atau berlebihan. Keutamaan dalam menggunakan pakaian yang baik untuk laki-laki dengan pakaian putih dan perempuan dengan pakaian yang sederhana ini telah dijelaskan dalam ‘Kitab Raudlatut Thalibin’.

  1. Membersihkan diri sebelum melaksanakan sholat Idul Adha.

Sebelum melakukan sholat sehari-hari kita memang diwajibkan untuk membersihkan diri dan bersuci agar diri kita bersih dari najis dan kotoran. Namun dalam menyambut hari raya kurban ini kita mandi dan membersihkan diri serta berhias diri juga termasuk dalam 7 Amalan di hari raya Idul Adha yang dikerjakan dengan niat mandi untuk sholat Idul Adha.  Amalan ini juga telah tercantum dalam hadist HR. Baihaqi.

  1. Berpuasa hingga setelah sholat Idul Adha.

7 Amalan di hari raya Idul Adha berikutnya adalah tidak makan hingga selesai melakukan sholat Idul Adha seperti yang telah dilakukan oleh nabi Muhammad SAW. dalam riwayat HR. Tirmizi, Ibn Majah dan Ahmad. Oleh karena itu sebaiknya makanlah setelah selesai sholat agar mendapatkan pahalanya. Ketahui juga puasa sunah Idul Adha yang lainnnya.

  1. Pergi dan pulang sholat Idul Adha dengan jalan yang berbeda.

Amalan berikutnya yang bisa dilakukan pada hari raya kurban adalah melewati rute jalan yang berbeda saat pergi dan pulang sholat Idul Adha ini seperti yang telah dilakukan nabi SAW menurut hadist HR. Bukhari. Amalan ini tentu cukup mudah dilakukan untuk mendapatkan pahala sunahnya di hari raya.

  1. Pergi sholat Idul Adha dengan berjalan kaki.

Amalan sunah berikutnya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pahala di hari raya Idul Adha adalah dengan berjalan kaki menuju tempat sholat Idul Adha berjamaah seperti yang telah disampaikan dalam hadist HR. At-Tirmidzi. Selain itu perlu juga untuk memperhatikan tata cara sholat Idul Adha dengan benar.

  1. Sembelih hewan kurban.

Bagi yang ikut berkurban di hari raya ini sangat dianjurkan untuk menyembelih hewan kurbannya setelah melakukan sholat Idul Adha sehingga kurbannya menjadi sempurna. Perihal ini juga sudah dijelaskan dalam hadist HR. Bukhari. Untuk lebih jelasnya pelajari tata cara Qurban Idul Adha.

Itulah 7 Amalan di hari raya Idul Adha yang sangat mudah untuk diterapkan untuk mendapatkan banyak pahala dihari raya dan masih juga amalan di bulan dzulhijjah yang perlu diketahui agar bias mendapatkan pahala yang berlimpah.

, , , ,




Post Date: Sunday 10th, June 2018 / 09:13 Oleh :
Kategori : Amalan Shaleh
Short Movies

Manusia memang jarang bersyukur, padahal nikmat dan rencana Tuhan yang sangat indah sudah diberikan pada dirinya. Saksikan film pendek berikut ini.