17 Cara Memuliakan Orang Tua Menurut Islam

Diantara kita semua tentu memiliki orang tua atau mungkin kini telah menjadi dan mengalami Keutamaan orang tua ya sobat, menjadi orang itu bukan hal yang mudah, perlu begitu banyak kesabaran dan pengorbanan baik ketika memiliki anak yang sudah kecil, anak yang dewasa, hingga anak yang sudah menikah, semuanya memiliki ujian tersendiri dan kebaikan di dalamnya.

ads

Itulah sebabnya wajib untuk melakukan cara menghormati orang tua sobat, dimana hal itu bisa menjadi jalan untuk ke surga, yakni memuliakan orang tua kandung dengan kasih sayang dan perbuatan sehingga memberikan kesenangan pada orang tua. Nah sobat, untuk cara melakukannya islam sudah menganjurkan dengan cara berikut, 17 Cara Memuliakan Orang Tua Menurut Islam.

1. Memberi Kehidupan yang Layak

Al-Baqarah ayat 215. “Mereka bertanya kepadamu tentang apa yang mereka infakkan. Jawablah, “Harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu bapakmu, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan. Dan apa saja kebajikan yang kamu perbuat sesungguhnya Allah maha mengetahui

Ketika kita semua kecil dulu, tentu segala keperluan ditanggung oleh orang tua ya sobat, tak sedikit harta yag dikeluarkan orang tua kita serta rasa lelah yang tiada tara, jasanya tak terukur dengan apapun, sebab itu jika kita telah memiliki rezeki yang lebih, wajib untuk berbagi pada orang tua dan memberi kehidupan yang layak serta menafkahi orang tua setelah menikah.

2. Bertutur Kata yang Baik

Hendaklah kamu berbuat baik kepada ibumu kemudian ibumu sekali lagi ibumu kemudian bapakmu kemudian orang yang terdekat dan yang terdekat” [Abu Dawud No. 5139]. Walaupun kita memiliki karakter mudah emosi dsb yang kurang baik, hal itu sama sekali tak boleh diterapkan pada orang tua ya sobat, untuk orang tua, wajib untuk bersikap baik sikap maupun perbuatan sebagai etika berbicara dalam islam.

3. Mendoakan

Robbirhamhuma kamaa rabbayaani shagiiro” (Wahai Rabb-ku kasihanilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku diwaktu kecil). [Al-Isra : 24]. Jelas bahwa doa anak akan menjadi kebahagiaan untuk orang tuanya ya sobat, sebab itu wajib untuk selalu mendoakan kebaikan untuk orang tua sesuai dalil berbakti kepada orang tua.

4. Membuat Orang Tua Bangga

Apakah ada suatu kebaikan yang harus aku perbuat kepada kedua orang tuaku sesudah wafat keduanya ?” Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Ya, kamu shalat atas keduanya, kamu istighfar kepada keduanya, kamu memenuhi janji keduanya, kamu silaturahmi kepada orang yang pernah dia pernah silaturahmi kepadanya dan memuliakan teman-temannya” [Bahajtun Nazhirin Syarah Riyadush Shalihin Juz I hal.413 hadits No. 343]

5. Melakukan Kebiasaan Baik Orang Tua

Sesungguhnya termasuk kebaikan seseorang adalah menyambung tali silaturrahmi kepada teman-teman bapaknya sesudah bapaknya meninggal” [Hadits Riwayat Muslim No. 12, 13, 2552]

6. Berbuat Baik pada Orang Terdekat Orang Tua

Sesungguhnya termasuk kebaikan seseorang adalah menyambung tali silaturrahmi kepada teman-teman ayahnya” [Hadits Riwayat Muslim 2552 (13)]

7. Merawat ketika Usia Orang Tua Renta

Dari Abu Hurairah, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda: “Celaka, sekali lagi celaka, dan sekali lagi celaka orang yang mendapatkan kedua orang tuanya berusia lanjut, salah satunya atau keduanya, tetapi (dengan itu) dia tidak masuk syurga.” [Hadits Riwayat Muslim 2551, Ahmad 2:254, 346]. Tentu merawat orang tua itu wajib ya sobat, sebab waktu kecil kita juga tak bisa apa apa jika tidak dirawat orang tua.


8. Tidak Boleh Mencela

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Termasuk dosa besar adalah seseorang mencela kedua orang tuanya dengan cara dia mencela bapaknya orang lain, maka orang tersebut balas mencela bapaknya. Dia mencela ibu seseorang, maka orang tersebut balas mencela ibunya.” (Muttafaqun ‘alaihi).

9. Melakukan Apa yang diRidhoi Orang Tua

Rasulullah saw bersabda : “Ridha Allah berada pada ridha orang tua, dan murka Allah berada pada murka orang tua.” (HR Tirmidzi dan Al Hakim). Tentu melakukan hal yang disukai orang tua selama itu baik adalah jalan pahala ya sobat, sebab bisa menjadi kebanggaan untuk orang tua. Tentu apa yang dilakukan tersebut yang masih dalam jalan islam ya sobat, atau masih berada dalam jalan islam yang benar.

10. Menjadikan Orang Tua Sebagai Prioritas

Muawiyah bin Jahimah mendatangi Rasulullah SAW,” Wahai Rasulullah, aku hendak berperang, aku minta pendapat engkau”. Rasulullah SAW menjawab. Apakah engkau mempunyai Ibu?” Jawabnya, “ Ya”. Lalu Rasulullah SAW bersabda. “Berbuat baiklah kepadanya. Sesungguhnya surga itu berada di bawah kedua kakinya”. (HR Ath- Thabrani).

11. Berbicara yang Menyenangkan Orang Tua

Dan Rabb-mu telah memerintahkan kepada manusia janganlah menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya telah berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah perkataan yang baik” (Al-Isra : 23).

12. Membantu Orang Tua dalam Pekerjaan dan Mengingat Jasa Orang Tua

“ Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada orang tuanya, ibu telah mengandung dalam keadaan lemah yang bertambah lemah dan menyapih dalam dua tahun, bersyukurlah kalian kapada-Ku dan kepada kedua orangtuamu. Hanya kepada-Ku lah kalian kembali” (QS. Luqman : 14)

13. Menghormati dan Menghargai Pilihan Orang Tua

“ Dan jika kedua memaksamu mempersekutukan sesuatu dengan Aku yang tidak ada pengetahuanmu tentang Aku maka janganlah kamu mengikuti kedua dan pergaulilah keduanya di dunia dengan cara yang baik dan ikuti jalan orang-orang yang kembali kepada-Ku kemudian hanya kepada-Ku tempat kembalimu maka Aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan” (QS.Luqman : 15).

14. Menjalankan Perintah Orang Tua

Abdullah (bin Mas’ud) RA berkata, “Saya bertanya kepada Nabi, ‘Apakah amal yang paling dicintai oleh Allah?’ (Dalam satu riwayat: yang lebih utama) Beliau bersabda, ‘Shalat pada waktunya’ Saya bertanya, ‘Kemudian apa lagi?’ Beliau bersabda, ‘Berbakti kepada kedua orangtua.’ Saya bertanya, ‘Kemudian apa lagi’? Beliau bersabda, ‘Jihad (berjuang) di jalan Allah.”‘ (HR. Bukhari, Muslim)

15. Membantu Orang Tua Mencapai Cita Cita atau Keinginannya

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW tentang berbakti kepada orangtua yang telah wafat,” Yakni dengan mengirim doa (mendoakan) dan memohon ampunan kepada Allah, menepati janji dan nazar yang pernah diikrarkan orantua, memelihara hubungan silaturahim serta memuliakan kawan dan kerabat orantuamu, “ (HR Imam Abu Dawud).

16. Rutin Memperhatikan dan Memberi Kabar bagi yang Bertempat Tinggal Jauh dari Orang Tua

Rasulullah SAW telah bersabda,” Wajib memenuhi panggilan ibu dari pada sholat sunah,” (HR. Ibnu Abi Syaibah)

17. Mengingatkan Orang Tua untuk Selalu Berbuat Kebaikan

Allah berfirman “Kami telah perintahkan kepada manusia untuk berbuat baik kepada ibu bapaknya. Ibunya telah mengandungnya dengan sudah payah lalu melahirkannya dengan sudah payah. Ibunya mengandung dan menyusuinya selama tiga belas bulan. Ketika anak itu dewasa dan mencapai umur empat puluh tahun, dia berdoa,

“Wahai Tuhanku berilah petunjuk untuk mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau karuniakan kepadaku dan kepada ibu bapakku. Jadikanlah aku orang yang beramal shalih yang Engkau ridhai. Berikanlah kebaikan kepadaku dan kepada anak keturunanku. Sungguh aku sekarang bertaubat kepada-Mu. Sungguh aku menjadi golongan orang-orang yang taat kepada syariat-Mu (QS Al-Ahqaf [46]15-16).


Nah sobat, itulah beragam anjuran cara memuliakan orang tua menurut Al Qur’an dan hadist, tentu dari semua dalil tersebut dapat diambil kesimpulan dan dapat diambil pelajaran intinya seorang anak harus membahagiakan orang tua semaksimal mungkin sesuai kemampuannya ya sobat, dan juga tetap berbuat adil.

Misalnya ialah seorang suami yang ingin memperhatikan dan membahagiakan kedua orang tuanya dan ia sudah memiliki istri dan keluarga, bukan berarti semua perhatian hanya untuk orang tuanya dan istri serta keluarganya ditelantarkan dan dikorbankan atau disusahkan, justru hal itu menjadi jalan dosa ya sobat, wajib untuk melakukan segala sesuatu dengan adil sesuai porsinya.

Nah sobat, penulis rasa sudah cukup ulasan kali ini, penulis percaya sobat bisa membedakan mana yang disebut sikap baik pada orang tua dan sebaliknya, tetap lakukan yang terbaik untuk orang tua selama kita masih diberi kesempatan dan kehidupan ya sobat, agar tak menyesal nantinya ketika sudah meninggal dan amal kebaikan yang kita lakukan bisa mendapat pahala mulia di sisiNya.

Sekian yang dapat penulis sampaikan, semoga menjadi wawasan berkualitas untuk sobat semua. Terima Kasih, Salam hangat.

, , , , ,




Post Date: Wednesday 22nd, August 2018 / 13:18 Oleh :
Kategori : Amalan Shaleh