17 Pahala Sahur di Bulan Ramadhan yang Luar Biasa

Bulan Ramadhan ialah bulan mulia yang selalu ditunggu tunggu oleh umat mukmin dimana pada bulan tersebut seluruh amal baik yang dilakukan akan mendapat kebaikan berlipat ganda serta mudah sekali untuk mendapat pahala serta ridhoNya dengan cara melakukan kewajiban kewajiban dan sunnah pada bulan tersebut.

ads

Salah satu aktifitas yang menjadi rutinitas tentunya ialah aktifitas sahur di pagi hari yang memiliki banyak keutamaan di dalamnya. Sahur menjadi titik awal untuk menyimpan energi dan memiliki kekuatan untuk menjalani puasa selama seharian penuh. Setiap urusan yang diniatkan karena menjalankan perintah Allah tentu memiliki pahala di sisiNya, termasuk sahur. Nah, dalam kesempatan ini penulis akan menguraikan secara lengkap apa saja pahala kebaikan yang diberikan oleh Allah kepada hambaNya yang melakukan sahur, apa saja pahalanya? Yuk simak artikel berikut mengenai 17 pahala sahur di bulan Ramadhan.

1. Mendapat keberkahan

Sahur ialah rutinitas yang dilakukan setiap hari sepanjang bulan Ramadhan untuk mengawali hari puasa agar memiliki kekuatan untuk menghindari makan dan minum sepanjang hari hingga waktu buka serta dapat dilengkapi dengan menjalankan amalan dzikir di bulan Ramadhan setelah sahur sambil menunggu waktu subuh. . “Sahurlah kamu sekalian, karena sahur itu mengandung keberkahan.” (Hadits riwayat Imam Bukhari dan Muslim dari Anas).

Sahur yang dilakukan dalam rangka untuk berniat menjalankan puasa maka akan memberikan pahala berupa keberkahan pada orang yang menjalankan, yakni keberkahan yang luas mulai dari dalam menjalankan ibadah puasa itu sendiri, dalam menahan hawa nafsu karena telah mengisi perut dan terhindar dari lapar dahaga, serta keberkahan untuk tetap dapat melakukan aktifitas sehari hari.

2. Jalan Pahala untuk Dikabulkan Doa

“Para sahabat Muhammad SAW. adalah manusia yang paling bersegera dalam berbuka puasa, dan paling akhir dalam sahurnya.” (HR. Al-Baihaqi dalam As Sunan Al-Kubra No. 7916. Al-Faryabi dalam Ash Shiyam No. 52. Ibnu Abi Syaibah dalam Al-Mushannaf No. 9025). Setiap umat mukmin yang paling akhir sahurnya, akan mendapatkan pahala berupa jalan untuk dikabulkan doa doanya karena telah menjalankan perintah Allah. doa menyambut Ramadhan dapat dilakukan sebelumnya agar lebih mendalam dalam menjalani ibadah di bulan mulia ini.

3. Pahala Berupa Ampunan Dosa

Orang yang sahur dengan niat semata karena Allah juga akan mendapatkan ampunan dosa karena telah beristiqomah bangun lebih awal demi menjalankan perinta Allah, hal ini terdapat dalam QS Ali Imran 17: “(Orang yang akan mendapat nikmat surga) adalah orang orang yang sabar, orang yang benar/jujur, orang yang taat, orang yang menginfakkan hartanya, dan orang yang memohon ampunan pada waktu sahur“. doa pengampunan dosa dapat dibaca untuk melengkapi agar mendapat pahala yang lebih mulia.

4. Hidayah Keimanan

Orang Yahudi atau kafir juga memiliki kebiasaan berpuasa namun mereka tidak menjalankan sahur. Orang yang sahur akan mendapat pahala keimanan berupa hidayah sehingga menjalani ibadah puasa dengan lebih berkah. “Yang membedakan antara puasa kita dengan puasa Yahudi adalah makan sahur.” (HR Muslim no 2545). keutamaan iman dalam islam akan didapat jika menjalankan sahur dengan ikhlas semata karena Allah.


5. Mendapat Doa dari Malaikat

Orang yang sahur mendapat keistimewaan mendapat doa dari malaikat sehingga segala ibadah yang dilakukannya mendapat pahala yang lebih tinggi. “Sahur, makannya adalah berkah. Maka, janganlah kalian tinggalkan, walaupun hanya dengan seteguk air. Sesungguhnya, Allah dan Malaikat-Nya ber-shalawat kepada orang-orang yang sahur.” (HR. Ahmad). hukum beriman kepada malaikat juga tercantum bahwa malaikat mendoakan orang orang yang sholeh.

6. Diharamkan dari Api Neraka

Orang yang menjalankan ibadah puasa dan mengawalinya dengan sahur dengan niat semata karena menjalankan perintah Allah dan RasulNya maka akan mendapat pahala yang mulia dan terhindar dari api neraka. “Bahwa barang siapa merasa gembira dengan kedatangan bulan Ramadhan, Allah SWT mengharamkan jasadnya dari jilatan api neraka”. (HR. Bukhari).

7. Mendapat Pahala Berlipat Lipat

Setiap kebaikan dibalas 10 kali hingga 700 kali lipat, kecuali saum. Maka saum bagi-Ku. Oleh karena itu Akulah yang akan membalasnya.” (HR. Bukhari Muslim). jelas bahwa setiap amalan yang diakukan pada bulan Ramadhan termasuk sahur akan  mendapatkan pahala yang berlipat lipat dari Allah.

8. Amal Kebaikan Diterima

Sahur ialah termasuk ibadah karena diawali dan diakhiri dengan doa sehingga menjadi pelengkap berpuasa, ibadah puasa yang dilakukan tentu akan terasa kurang tanpa dilakukannya sahur. Sahur akan membuat amal kebaikan yang diakukan selama bulan puasa lebih diterima karena menjalankan ibadah dengan rangkaian yang sempurna.

9. Memaksimalkan Puasa

Puasa jelas akan lebih maksimal dengan melakukan sahur, sahur akan memberikan kita ibadah lebih dan menjadi seseorang yang lebih bersyukur karena memiliki kesempatan untuk bangun pagi dan makan makanang berkah. Dengan demikian, sahur akan mendapat pahala karena membuat ibadah yang dilakukan menjadi lengkap.

10. Memberi Kekuatan Selama Beribadah

Sahur jelas akan memberikan pahala berupa kekuatan selama beribadah dan selama menjalankan aktifitas sehari hari sehingga dapat menjalankan ibadah ibadah lain di bulan Ramadhan lebih banyak lagi serta dapat mendapatkan pahala yang lebih banyak lagi. Sebab itu sahur akan mendapat pahala berupa kekuatan dari Allah untuk menjalankan ibadah.

11. Menjadikan Hati Istiqomah

(HR. Turmudzi). Supaya Ramadhan kita diterima dengan baik maka kita mengusahakan amalan yang rutin di bulan Ramadhan untuk kemudian dilanjutkan di luar bulan Ramadhan. Puasa tentu tidak hanya pada bulan Ramadhan saja, dengan rutin sahur, akan membuat hati menjadi istiqomah dan terbiasa bangun pagi sehingga memiliki kebiasaan yang disiplin.

12. Mendapat Ridho Allah

Pahala berupa ridho Allah akan didapat oleh orang yang menjalankan sahur ialah mendapat ridho Allah dalam setiap urusan karena telah melakukan segala rangkaian ibadah Ramadhan dengan iman dan hati yang tulus.”Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan (karena) iman dan (tulus untuk) mengharap (ridha Allah, maka dosa-dosa yang telah lampau (pasti) diampuni Allah Ta`ala”(HR. Bukhari dan Muslim).

13. Lebih Berkah dengan Kurma

Bersabda Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Sebaik-baik sahurnya seorang mukmin adalah korma.” (HR Abu Dawud, Ibnu Hibban, Baihaqi). Jelas dari hadist tersebut bahwa makanan yang terbaik untuk sahur ialah kurma. Kurma memang dikenal sebagai makanan bergizi dan penghilang segala penyakit serta sangat baik untuk kesehatan tubuh. makan sahur dengan sunnah Rasul yakni dengan kurma akan memberi berkah pahala yang lebih besar.

14. Pahala Besar Bagi yang Istiqomah

Dari Salman radhiyallahu ‘anhu Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barokah ada pada tiga perkara: Jama’ah, Tsarid, dan makan sahur.” (HR Thabrani, Abu Nu’aim). Dari Abdullah bin Al Harits dari seorang shahabat Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: Aku masuk menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika dia makan sahur, beliau berkata, “Sesungguhnya makan sahur adalah berkah yang Allah berikan pada kalian maka janganlah kalian tinggalkan.” (HR An Nasaa`i dan Ahmad).

Pahala yang lebih tinggi akan didapat oleh umat muslim yang menjalanan sahur dengan istiqomah, yakni selalu bangun tepat pada waktu sahur dan menjalankan sahur dengan diawali dan diakhiri dengan doa, semuanya dilakukan di seluruh hari hari Ramadhan dan terus dijalankan dari tahun ke tahun sepanjang hidupnya tanpa henti.

15. Mengikuti Sunnah Rasul

Siapa yang ingin berpuasa hendak makan sahur dengan sesuatu.” (HR. Ahmad dan Dishahihkan Syaikh Al-Albani di Silsilah Shahihah, no. 2309). Jelas bahwa sesuatu amalan yang berasal dari sunnah Rasul akan mendapat pahala sebagaimana melaksanakan sahur yang merupakan sunnah Rasul, pahalanya tidak akan berubah selama dijalankan dengan ikhlas, yakni mendapat pahala seperti orang orang sholeh terdahulu.


16. Teladan Rasulullah

Hadits Zaid bin Thabit r.a katanya: “Kami pernah bersahur bersama Rasulullah shalallahu ‘alaihi Wassallam. Setelah itu kami pun mendirikan sembahyang Subuh. Kemudian aku bertanya: Berapakah selang waktu di antara keduanya? Baginda menjawab: Kira-kira bacaan lima puluh ayat.”. rasulullah selal mencontohkan secara langsung segala perintahnya termasuk yang berhubungan dengan sahur.

Jelas dari hadist tersebut bahwa Rasulullah sahur setelah itu melaksanakan ibadah shalat subuh bersama para sahabatnya, hal tersebut juga wajib dicontoh oleh umat muslim semuanya yakni sahur selama bulan Ramadhan dan dilanjutkan dengan ibadah shalat subuh, sebaiknya tidak tidur setelah sahur karena tidak baik untuk kesehatan dan membuat shalat subuh menjadi terlambat.

17. Hidangan Penuh Kebaikan

Hendaknya kalian makan sahur, karena sesunguhnya hal ini adalah hidangan yang penuh dengan keberkahan.” (Hadits riwayat Imam Nasai dari Miqdam bin Ma’di Kariba). Hidangan yang digunakan untuksahur ialah hidangan yang penuh berkah sehingga orang yang memakannya pun mendapat keberkahan.

Sahur memang menyimpan pahala yang luar biasa, sahur bukan hanya sekedar mengisi tenaga untuk makan dan minum agar kuat berpuasa selama seharian penuh, namun juga sebagai wujud menjalankan perintah Allah dan menjalankan sunnah Rasul sebab segala sesuatu yang menjadi syariat islam pastilah tersimpan kebaikan di dalamnya dan bermanfaat untuk kehidupan sehari hari.

Demikian artikel mengenai 17 pahala saur di bulan Ramadhan, tentunya menjadi penyemangat bbagi kita untuk rutin menjalankan segala ibadah dan segala kebaikan selama bulan Ramadhan. Terima kasih sudah membaca. Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan islami anda. salam hangat dari penulis.

, , , , ,




Post Date: Sunday 22nd, April 2018 / 05:46 Oleh :
Kategori : Amalan Shaleh
Short Movies

Manusia memang jarang bersyukur, padahal nikmat dan rencana Tuhan yang sangat indah sudah diberikan pada dirinya. Saksikan film pendek berikut ini.