15 Cara Mengajak Teman untuk Berhijab

Wanita adalah seorang yang mempunyai hati lembut, tutur katanya santun, serta tingkah laku yang anggun dan mendapat kasih sayang Allah kepada wanita. Ibaratnya seorang wanita adalah sebuah mahkota bagi sang raja. Yang artinya seorang wanita itu individu yang wajib dijaga dan dilindungi salah satunya yaitu dengan menutup aurat. Berhijab merupakan salah satunya.

ads

Salah satu akesoris dari pakaian wanita muslimah ini menjadi hal yang wajib dilakukan setiap hendak keluar dari rumah yakni termasuk adab wanita saat keluar rumah. Bagaimana sih tips ramah mengajak teman wanita mau berhijab? Apakah itu sulit? Dibawah ini adalah 15 Cara Mengajak Teman untuk Berhijab, yuk simak selengkapnya.

1. Menceritakan kisah menarik seputar hijab

Mendengarkan kisah inspirasi atau informasi  ciri wanita yang sulit masuk surga bisa menjadi pengobat gundah yang terus merajalela bagi teman wanita wanita sholihah yang masih belum terketuk pintu hidayahnya mengenakan hijab. Di balik gaya hidup yang terus kekinian dengan tren pakaian yang serba modis. Kisah menarik yang bisa Sobat ceritakan yaitu barokahnya mengenakan hijab,

hikmah dibalik hijab yang tak hanya digunakan sebagai tudung kepala saja, atau bahkan menceritakan kisah nyata perjuangan seorang wanita untuk mempertahankan dirinya tetap berhijab dan lain sebagainya. Ini adalah salah satu trik mengajak teman wanita untuk memiliki niat berhijab.

2. Membelikan kerudung dengan warna favorit teman wanita Sobat

Kado terindah yang diterima oleh seorang teman wanita adalah mendapat kasih sayang yang tulus dari sobat yang berhubungan dengan keutamaan menutup aurat bagi wanita. Berpadu dengan balutan hijab dengan warna kesukaannya. Ini mungkin bisa menjadi salah satu

langkah yang wajib sobat lakukan untuk bisa meyakinkan sang teman wanita wanita dengan segera mengenakan hijab atau kerudung. Mungkin pintu hati seorang teman wanita akan tergerak dengan mengenakan hijab sesuai dengan warna favoritnya. Selamat mencoba mempraktikkan pada teman wanita kesayangan sobat.

3. Memberi pujian positif ketika teman wanita memakai hijab

Memberi kata kata yang menyejukkan hati seorang teman wanita misalnya cara agar tetap istiqomah berhijab akan mempererat kasih sayangnya terhadap keluarga. Lewat ucapan manis yang terlontar akan membuat semangat baru bagi teman wanita a. Tak hanya itu sang teman wanita akan lebih percaya diri dengan

mengenakan hijab dan itu merupakan salah satu perbuatan untuk menutup auratnya dengan dilindunginya dari bahaya yang mengancam di luar sana. Ditambah lagi perasaan sensitif wanita yang membuatnya mempunyai hati lembut dan penuh perasaan. Seperti memberi dorongan kata kata mutiara yang menentramkan hati seorang teman wanita dengan tulus untuk mengenakan hijab.

4. Mengingatkan Tentang Kewajiban Seorang Wanita

“Katakanlah kepada wanita wanita beriman: ‘Hendaklah mereka menahan pandangan mereka, dan memelihara kemaluan mereka, dan janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka kecuali yang (biasa) nampak daripadanya.’” (Qs. An Nuur: 31)

5. Mengingatkan Azab tidak Mengenakan Hijab

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri istrimu, anak anak perempuanmu dan istri istri orang mukmin, ‘Hendaklah mereka menjulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenali, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Qs. Al Ahzaab: 59)

6. Mengingatkan Akan Tipu Daya Syetan

“Wanita itu adalah aurat, jika ia keluar rumah, maka syaithan akan menghiasinya.” (Hadits shahih. Riwayat Tirmidzi (no. 1173), Ibnu Khuzaimah (III/95) dan ath Thabrani dalam Mu’jamul Kabiir (no. 10115), dari Shahabat ‘Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhuma)


7. Mengingatkan Kematian Bisa Datang Kapan Saja

  • “Kamu tidak tinggal (di bumi) melainkan sebentar saja, jika kamu sesungguhnya mengetahui.” (Qs. Al Mu’minuun: 114)
  • “Pada hari mereka melihat adzab yang diancam kepada mereka, (mereka merasa) seolah olah tidak tinggal (di dunia) melainkan sesaat pada siang hari. (Inilah) waktu pelajaran yang cukup.” (Qs. Al Ahqaaf: 35)

8. Mengajak ke Acara Acara Dakwah Islam

  • “Katakanlah: ‘(Api) Neraka Jahannam itu lebih sangat panas. Jika mereka mengetahui.’” (Qs. At Taubah: 81)
  •  “Sesungguhnya api Neraka Jahannam itu dilebihkan panasnya (dari panas api di bumi sebesar) enam puluh sembilan kali lipat (bagian).” [Hadits shahih. Riwayat Muslim (no. 2843) dan Ahmad (no. 8132). Lihat juga Shahih Al Jaami‘ (no. 6742), dari Shahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu]

9. Jelaskan Hijab Tidak Mengganggu Aktifitas

Nah sobat bisa tunjukkan dan buktikan bahwa memakai hijab ga harus ribet. Caranya ?? Bisa sobat aplikasikan saat berwudhu. Biasanya saat berwudhu para hijabers pasti akan melepas hijabnya agar bisa mengusap bagian kepala. Setelah sobat lepas, sobat tunjukan kepada temanmu saat sobat mengenakan hijab lagi dengan cara yang simpel. Dengan begitu, mereka pun bisa menyadari bahwa hijab tidak harus ribet dan tidak mengganggu aktifitas ibadah yang lain seperti shalat.

10. Hijab Tidak Mengubah Kecantikan dan Tetap Bisa Berpakaian Fashionable yang Syari

Tampil fashionable dengan hijab juga salah satu menjadi daya tarik bagi temanmu yang belum berhijab. Mereka akan menyadari bahwa hijab itu tidak membuat wanita tampil tidak cantik, melainkan dengan hijab wanita mampu tampil jauh lebih cantik dibanding tidak mengenakannya. Tapi dalam menampilkan gaya yang fashionable, tetaplah menjaga aturan syar’I saat mengenakannya.

11. Hijab Mententramkan Hati

Jelaskan jijab membuat hati lebih tenang dan tentram karena dengan memakai hijab hati terasa semakin dekat dengan Tuhan, Perasaan ikhlas dan terjaga akan menyelimuti hati mereka. Wanita yang mencoba memakai hijab mungkin awalnya akan sering mengeluh panas, ribet namun seiringnya berjalan waktu itu menjadi hal biasa dan membuat hati lebih nyaman.

Memenuhi perintah Tuhan dengan memakai hijab pasti akan mampu membuka hati mereka sehingga hati terasa lebih damai dan selalu ingin berdekatan dengan Allah. Ingatlah jangan terus menunggu kesempurnaan hati baru memakai hijab namun buatlah hatimu menjadi lebih sempurna bagi hijab seiring sobat memakainya.

12. Hijab Menumbuhkan Rasa Malu

Jelaskan berhijab juga melatih menjadi sosok yang senantiasa memiliki rasa malu, karena hijab yang menutup aurotnya menjadikan hati seorang perempuan lebih terlatih untuk tidak memakai pakaian terbuka di hadapan laki laki. Malu tersebut bukan hanya terhadap manusia namun juga merasa malu kepada Tuhan.

Perasaan malu dalam berpakaian terbuka lamban laun akan tumbuh menjadi perasaan malu terhadap kelakuan sehari hari misalnya sholat 5 waktu yang dulunya sering bolong bolong, karena dia sadar akan hijabnya maka ia berusaha menunaikan semua kewajiban tersebut.

13. Hijab Melatih Menjauhi Perbuatan Tercela

Jelaskan hijab mampu memberi pengaruh terhadap pikiran dan pribadi kita. Misalkan yang dulunya mudah emosi, berperasangka buruk, lama-lama akan mengikis dan berubah menjadi pribadi yang sabar dan selalu positif. Karena hati yang merasa tenang nyaman dengan keadaan yang baru akan membuat seseorang berusaha meningkatkannya lagi. Itu semua akan berdampak pada pikiran, hati dan tingkah laku.

14. Hijab Menjauhkan Ayah Atau Suami dari Api Neraka

jelas ya sobat, bahwa menutup aurat adalah tanggung jawab ayah jika wanita belum menikah dan tanggung jawab suami jika wanita telah menikah, orang yang tidak berhijab maka sepanjang hari sepanjang waktu membuat dosa untuk ayah atau suaminya sedangkan jika mau menutup aurat maka akan membebaskan ayah atau suaminya dari dosa tersebut, jelaskan demikian ya sobat.

15. Jelaskan Wanita yang Tidak Berhijab Shalatnya Tidak Diterima

Rasulullah bersabda “Ada dua kelompok termasuk ahli neraka, aku belum pernah melihatnya: Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi, mereka memukul manusia dengan cambuknya, dan wanita yang kasiyat (berpakaian tapi telanjang baik karena tipis, atau pendek yang tidak menutup semua auratnya),


Mailat mumilat (bergaya ketika berjalan, ingin diperhatikan orang) kepala mereka seperti punuk onta yang berpunuk dua. Mereka tidak masuk surga dan tidak mendapatkan baunya padahal bau surga itu akan didapati dari sekian dan sekian (perjalanan 500 th). (HR. Muslim 3971, Ahmad 8311 dan Imam Malik 1421).

  • Rasulullah SAW bersabda, “Tidak diterima sholat wanita dewasa kecuali yang memakai khimar (jilbab).” (HR. Ahmad, Abu Daud, Tirmidzi, bn Majah)
  • Surat Al A’raaf ayat 36, “Adapun orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan menyombongkan diri terhadapnya, mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal didalamnya”.

Al Baidhawi (hal. 386/4) berkata jika Firman Nya supaya mereka mengulurkan atas diri mereka (ke seluruh tubuh mereka) jilbab mereka’ artinya mereka menutupi wajah mereka dengan pakaian yang menyerupai selimut, di saat mereka hendak pergi keluar rumah untuk suatu keperluan.”

“Rasulullah SAW memerintahkan untuk kaum wanita mukminah untuk mengenakan jilbab, pakaian longgar yang menutupi baju mereka, ke seluruh tubuh mereka, agar mereka tampil berbeda dengan ciri-ciri kaum wanita Jahiliah.

, , , , ,




Post Date: Friday 26th, October 2018 / 10:11 Oleh :
Kategori : Info Islami