10 Menu Berbuka Puasa yang Sehat

Puasa adalah salah satu rukun islam yang wajib dijalankan oleh seluruh muslim. Puasa Ramadhan adalah puasa yang diwajibkan sedangkan masih ada macam-macam puasa sunnah yang bisa dilakukan oleh umat muslim. Misalnya saja puasa senin kamis yang memiliki banyak keutamaan puasan senin kamis. Ada lagi puasa arafah dengan berbagai keutamaan puasa arafah. Ada juga puasa rajab di bulan rajab dengan berbagai keutamaan pusa rajab. Bisa juga dengan puasa daud yang dilakukan selang-seling 1 hari dengan berbagai keutamaan puasa daud.

ads

Selama tidak batal dalam puasa dan memperhatikan syarat sah puasa ramadhan maka puasa tersebut sah. Tidak lupa juga harus memperhatikan rukun puasa ramadhan yang telah disampaikan dalam ajaran islam. Puasa ramadhan dan cara pelaksanaannya sudah dijelaskan oleh ajaran islam melalui Al-Quran dan Sunnah Rasul.Bagi yang batal puasa ramadhannya maka harus niat puasa ganti ramadhan. Tips agar lancar berpuasa salah satunya adalah menjaga asupan gizi yang dikonsumsi tubuh.

Salah satu hal yang ditunggu saat ibadah puasa adalah waktu berbuka puasa. Waktu berbuka puasa yang dilakukan saat masuk adzan magrib pastinya salah satu hal yang spesial bagi yang melaksanakannya. Saat menunggu berbuka puasa bisa anda lakukan dengan ngabuburit sambil menyiapkan menu berbuka puasa yang anda siapkan untuk keluarga.

Saat berbuka puasa sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis. Hal ini bertujuan agar energi yang mungkin berkurang atau hilang saat berpuasa bisa kembali lagi dengan konsumsi gula yang cukup.

Apa saja menu berbuka puasa yang baik, enak, dan sehat untuk konsumsi tubuh kita? Tentunya perlu anda siapkan dan sajikan untuk bersama keluarga menemani buka puasa anda. Berikut menu yang bisa anda sajikan.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam Sajian Menu Berbuka Puasa

Untuk mempersiapkan menu sajian berbuka puasa ada baiknya jika Anda tidak hanya memperhatikan rasa tau kelezatannya saja, namun juga memperhatikan bagaimana sajian menu berbuka puasa yang baik untuk dikonsumsi. Tidak jarang, orang-orang yang berpuasa karena telah menahan rasa lapar tidak begitu memperdulikan makanan apa yang akan dikonsumsinya. Ketika mereka lapar, makanan apapun bisa masuk padahal dalam pertimbangan kesehatan kurang baik. Berikut adalah hal-hal yang harus dipertimbangkan ketika akan membuat sajian menu berbuka puasa.

  1. Energi atau Kalori

Energi atau kalori ini juga harus diperhatikan karena sangat berhubungan erat dengan kembalinya energi dalam tubuh. Makanan yang manis sangat diutamakan karena mengandung gula yang bisa memulihkan kembali energi. Hal ini penting, karena setelah bebruka puasa harus melaksanakan ibadah lainnya seperti shalat magrib, isya, dan tarawih (saat puasa di bulan Ramadhan). Jumlah energi tidak perlu terlalu banyak, disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

  1. Menu yang ringan terlebih dahulu

Sebaiknya tidak langsung memakan yang berat-berat terlebih dahulu seperti nasi, gorengan, lauk pauk yang sulit dicerna tubuh. Tubuh selama berpuasa kosong dari makanan sehingga butuh waktu metabolisme tubuh dan proses mencerna dengan baik kembali. Jika langsung memakan-makanan yang berat maka akan malah sulit dicerna dan tubuh kelelahan yang mengakibatkan mudah mengantuk dan lemas.

  1. Tidak langsung banyak melainkan dicicil

Alangkah baiknya pula jika memakan makanan yang dicicil tidak langsung banyak. Hal ini membuah tubuh kita kembali energi perlahan tidak langsung naik dan kaget. Untuk itu bisa anda siasati dengan memakan sajian yang ringan terlebih dahulu baru makan-makanan yang berat setelah selesai shalat magrib atau isya.

Berikut adalah beberapa menu berbuka puasa :

Sajian Buah-Buahan

Untuk mengembalikan kesegaran tubuh dan juga energi yang ilang saat puasa, maka sebaiknya konsumsi buah-buahan menjadi alternatif yang baik. Buah-buahan sangat baik untuk tubuh dan merupakan makanan yang konsumsinya sangat alami. Terkadang buah-buahan mejadi alternati sampingan karena merasa rasanya kurang menggiurkan. Untuk bisa menyelesaikannya kita tinggal mengkreaikan saja sajian buah-buahan ini menjadi lebih kreatif namun tetap terjaga kesegaran alaminya.

  1. Kurma

Buah yang berasal bangam dari wilayah Arab dan Timur Tengah ini sangat disarankan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Bahkan, Rasulullah SAW mencontohkan buka puasa dengan kurma. Kandungan kurma sangat baik untuk mengembalikan energi dalam tubuh. Sunnah Rasul menganjurkan untuk memakan kurma sebanyak 3 buah.

  1. Buah-Buahan yang Banyak Mengandung Air

Buah-buahan yang mengandung air banyak sangat baik untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat berpuasa. Selain itu juga bisa mengembalikan kesegaran tubuh.


Buah-buahan yang mengandung air banyak seperti misalnya semangka, melon, kiwi, buah naga, dsb. Hanya saja perlu diperhatikan untuk tidak mengkonsumsi buah-buahan yang terlalu asam karena bisa menyebabkan sakit perut atau maag kambuh bagi yang memilikinya.

  1. Es Buah

Buah-buahan yang segar bisa saja menjadi sajian yang lebih segar dan menarik dengan menjadikannya es buah. Es buah bisa anda buat sebagai es krim yang menarik untuk anak-anak. Buah-buahan anda jadikan dan jus kemudian di cetak dengan stick. Atau bisa juga anda jus dan langsung diminum dengan tambahan es batu. Jika ingin sajian yang lebih menarik anda pun bisa mencampurkannya dengan berbagai buah-buahan yang lain dan dicampur susu dan sirup. Jadilah es buah yang menarik.

  1. Puding

Sajian yang menarik lainnya dan menyegarkan adalah puding. Puding yang  anda sajikan bisa dengan campuran buah-buahan atau topping krim dan biskuit.

Sajian Minuman Lainnya

Selain buah-buahan ada juga sajian minuman lainnya yang bisa Anda buat untuk keluarga. Tentunya cukup segar, cukup kalori, dan menyehatkan tubuh. Apa saja minuman tersebut, berikut daftar sajiannya :

  1. Sirup Dingin

Anda bisa menjadikan sirup dingin untuk menu berbuka puasa anda. Namun perlu diperhatikan agar tidak terlalu banyak mengkonsumsinya, karena terkadang kandungan gula yang ada dalam sirup terlalu berlebih dan mengandung pemanis buatan.

  1. Es jelly

Buat saja jelly warna warni yang unik dan campurkan dengan susu atau sirup. Anda bisa menikmatinya bersama keluarga sambil merasakan kesegaran es jelly warna warni.

  1. Kolak

Sajian kolak bisa juga untuk menu berbuka puasa. Kolak biasanya disajikan hangat hangat dengan jenis kolak pisang, kolak candil, atau kolak terbuat dari singkong atau ubi-ubi an.

  1. Bandrek/Bajigur

Bandrek atau bajigur ini minuman yang disajikan hangat bersama pisang bakar atau pisang rebus dan gorengan. Bandrek atau bajigur terbuat dari jahe yang dikombinasikan dengan kencur dan gula merah. Minuman ini bisa menghangatkan tubuh juga membuat tubuh lebih berenergi.


  1. Kacang Hijau

Kacang hijau juga bisa menjadi sajian buka puasa. Kacang hijau bisa disajikan dingin atau hangat. Tergantung selera Anda. Kacang hijau mengandung banyak protein nabati dan juga memiliki tigkat kalsium yang cukup sehingga baik untuk kesehatan tubuh sekaligus pemeliharaan sel-sel dan tulang dalam tubuh.

  1. Bubur Sum Sum

Bubur sum sum terbuat dari tepung yang dikombinasikan dengan santan dan gula merah. Bisa dimakan dengan hangat atau dingin.

Itulah menu berbuka puasa yang bisa anda sajikan untuk keluarga. Carilah makanan yang halal sesuai tuntunan agama, agar bukan hanya lezat di lidah namun juga halalan wa thoyibah. Hal ini menjadi fungsi agama, dimana selalu mengajak pada kesehatan dan kebaikan seseorang bukan malah sebaliknya. Untuk itu perhatikan pula jangan sampai memasukkan makanan dan minuman haram dalam islam, karena tentunya merusak ibadah puasa kita. Tips berpuasa sambil bekerja juga bisa Anda memperhatikan dengan sajian menu untuk sahur Anda sebagaimana makan berbuka puasa.

, , , ,




Post Date: Sunday 24th, July 2016 / 00:49 Oleh :