13 Amalan Di Jumat Terakhir Di Bulan Ramadhan

Tidak terasa kita telah memasuki bulan yang penuh berkah yakni bulan ramadhan. Tentunya sebagai satu-satunya bulan yang paling dinantikan oleh seluruh umat muslim bulan ramadhan menjadi bulan yang paling spesial. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ.

Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena keimanan dan mengharapkan pahala (dari Allah Subhanahu wa Ta’ala), niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

Di bulan ramadhan anda akan bisa mendapat keberkahan berupa pahala kebaikan yang akan dikalilipatkan. Selain itu, puasa ramadhan merupakan rukun islam ketiga yang artinya wajib dilaksanakan bagi seluruh umat islam yang telah baligh sebagai syarat sah puasa . Waktu pelaksanaan puasa ini ialah selama 30 hari, setiap 10 hariny ibadah puasa yang dilakukan memiliki esensi dan makna. Misalnya 10 hari pertama adalah rahmat, 10 hari kedua adalah Maghfirah, 10 hari terakhir adalah pengampunan dari siksa api neraka.

Terdapat satu lagi keutamaan lain yakni Jum’at terakhir di bulan ramadhan sebagaimana amalan semasa haid di bulan ramadhan  . Dimana anda bisa melakukan beberapa amalan yang pastinya akan menambah kesempurnaan amalan di bulan ramadhan. Berikut 13 Amalan Di Jumat Terakhir Di Bulan Ramadhan.

Amalan Di Jumat Terakhir Di Bulan Ramadhan

Berikut 13 Amalan Di Jumat Terakhir Di Bulan Ramadhan yang bisa anda lakukan:

1. Melaksanakan Sholat Kafaroh

Rasulloh SAW bersabda:

“Barangsiapa selama hidupnya pernah meninggalkan sholat tetapi tidak dapat menghitung jumlahnya, maka sholatlah di hari Jumat terakhir bulan Ramadhan sebanyak 4 rokaat dengan 1x tasyahud / 1x salam (tasyahud akhir saja), tiap rokaat membaca 1x surat Al-Fatihah kemudian surat Al-Qodar 15x dan surat Al-Kautsar 15x. dengan membaca niat “Nawaitu Usholli arba’a roka’atin kafarotan limaa faatanii minasholati lillahita’alaa”.

Amalan yang pertama yang dapat dilakukan adalah melaksanakan sholat kafaroh. Sebagaimana yang telah tercantum dalam hadist di atas. Pelaksanaan sholat sesuai dengan apa yang terdapat dalam hadist tersebut.

2. Membaca Sholawat Nabi

Amalan selanjutnya yang bisa anda lakukan di jum’at terakhir pada bulan ramadhan adalah mengumandangkan shalawat nabi sebanyak-banyaknya sebagaimana hukum bersetubuh di bulan ramadhan . Disisi lain membaca sholawat nabi pada hari jum’at tentunya memiliki keutamaan tersendiri sebagaimana dalam hadist riwayat berikut :

Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro. Hadits ini hasan ligoirihi –yaitu hasan dilihat dari jalur lainnya-)

3. Berdoa

Tidak ada larangan untuk memanjatkan sebuah do’a, bahkan anda bisa mengucapkannya di manapun dan kapanpun. Berdoa sendiri merupakan sebuah bentuk permohonan dan permintaan yang di tujukan kepada Allah SWT. terdapat keutamaan berdo’a terutama jika dilakukan di hari Jum’at, serta dianggap sebagai waktu yang terbaik untuk memanjatkan do’a sebagaimana dalam hadist riwayat berikut :

“Di hari Jumat terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas dia memanjatkan suatu doa pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang dia minta.” (HR. Bukhari 935, Muslim 2006, Ahmad 10574 dan yang lainnya).

4. Beristiqfar

Beristiqfar merupakan salah satu cara untuk bisa mendapatkan keutamaan ibadah pada hari Jum’at terakhir di bulan ramadhan. Istiqfar merupakan bentuk dan cara memohon ampun kepada Allah. Istiqfar juga dapat membentengi diri dari perbuatan dosa. Oleh sebab itu, anjuran untuk selalu beristiqfar dapat anda lakukan sebagai bentuk amalan di jum’at terakhir bulan ramadhan.

5. Bersyahadat

Syahadat merupakan ucapan awal yang dilafadzkan saat seseorang hendak memeluk agama islam. Syahdat berarti sebuah pengakuan bahwa Tiada Tuhan Selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Tentunya selalu terdapat ucapan syahadat dalam setiap penggalan doa. Oleh sebab itu, bersyahadat merupakan sebuah bentuk bagaimana ada semakin menanamkan nilai islam yang mendalam.

6. Lebih Serius Menjalani Sisa Puasa

Jum’at terakhir di bulan ramdhan tentu menjadi bagian dari 10 hari terakhir di bulan ramadhan. Artinya bahwa salah satu amalan yang bisa anda lakukan tidak lain adalah lebih serius lagi dalam menjalankan ibadah puasa. Keseriusan ini ditunjukkan dengan fokus ibadah dengan serius dan sebenar-benarnya.

7. Tidak Melewatkan Shalat Tarawih

Shalat tarawih merupakan bentuk ibadah yang memiliki hukum pelaksanaan sunnah Muakkad yang sangat dianjurkan kebalikan dari hukum talak di bulan ramadhan . Sehingga pada jum’at terakhir di bulan ramadhan anda harusnya jangan sampai melewatkan shalat tarawih. Tentunya ini bisa menjadi salah satu amalan pada jum’at terakhir di bulan ramadhan.

8. Mengiatkan Tadarusan

Tadarusan merupakan bagian dari mencari tambahan pahala di bulan ramadhan. Sebagaimana kita tahu bahwa bulan ramadhan merupakan bulan yang bertepatan dengan turunnya alquran. Sehingga salah satu amalan  di Jum’at terakhir bulan ramadhan adalah dengan menggiatkan tadarusan.

9. Menghindari Jima’

Aisyah radhiyallahu ‘anha,

كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – إِذَا دَخَلَ الْعَشْرُ شَدَّ مِئْزَرَهُ ، وَأَحْيَا لَيْلَهُ ، وَأَيْقَظَ أَهْلَهُ

Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memasuki sepuluh hari terakhir (bulan Ramadhan), beliau mengencangkan sarungnya (untuk menjauhi para istri beliau dari berjima’), menghidupkan malam-malam tersebut dan membangunkan keluarganya.” (HR. Bukhari, no. 2024; Muslim, no. 1174).

10. Iktikaf Di Masjid

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa beri’tikaf di sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan hingga beliau diwafatkan oleh Allah. Lalu istri-istri beliau beri’tikaf setelah beliau wafat. (HR. Bukhari, no. 2026; Muslim, no. 1172).

11. Menghindari Perbuatan Maksiat

Ramadhan merupakan saat yang tepat untuk memperoleh ladang pahala yang berlimpah. Oleh sebab itu, jangan sampai mengotorinya dengan perbuatan maksiat termasuk zina dalam islam . Tentunya manfaatkan jum’at terakhir di bulan ramadhan dengan melakukan segala kebaikan, sehingga amalan yang bisa anda lakukan salah satunya adalah dengan menjauhkan diri dari perbuatan maksiat.

12. Melaksanakan Shalat Malam

dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari, no. 1901)

13. Memfokuskan Diri Meraih Malam Lailatu Qadar

Allah menyebut keutamaan lailatul qadar,

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (4) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (5)

Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al-Qadr: 3-5)

13 Amalan Di Jumat Terakhir Di Bulan Ramadhan. Pastinya sebagai sumber syariat islam akan semakin membuat kesempurnaan ibadah puasa anda dapat tercapai sebagai tujuan hidup dalam islam . Lakukan dengan ikhlas dan kesungguhan hati sehingga anda akan benar-benar mendapatkan keberkahan di bulan ramadhan ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.