13 Cara Menahan Rasa Cinta Dalam Islam

Cinta merupakan salah satu fitrah yang di karuniakan oleh Allah SWT kepada umat manusia. Cinta dapat meliputi apa saja, cinta kepada sesama manusia, cinta kepada makhluk ciptaan Allah lainnya dan bahkan juga cinta kepada lawan jenis. Sebagaimana cara menyikapi cinta dalam islam hal rsebut juga tertuang dalam FirmanNya berikut ini :

ads

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir” (QS: Ar Rum : 21)

Cinta antara sesama manusia, pastinya tidak akan kekal abadi kecuali bagi mereka yang merupakan orang-orang sholeh yang akan membawanya hingga ke akhirat. Banyak penafsiran mengenai hakikat cinta. Namun, dalam keutamaan cinta dalam islam sendiri memberikan batasan dimana cinta terutama kepada lawan jenis memiliki batasan ketika ikatan belum sah dan bagaimana cara menperjuangkan cinta dalam islam . Cinta merupakan senjata yang paling mudah dipakai syetan untuk menggoda manusia. Dan celakanya banyak manusia yang kemudian terlena dan terbuai hingg tak bisa menahan rasa cintanya.

Banyak sekali perbuatan melanggar tatanan agama dan etika dan bahka mendekati zina yang menggunaka alasan cinta sebagai dasarnya. Inilah yang akan terjadi jika kita tidak bisa memanajemen dengan benar rasa cinta tersebut. Oleh sebab itu, agar tidak terjerumus kedalam godaan syetan dan perbuatan tercela, maka dalam artikel ini akan dibahas mengenai cara menahan rasa cinta dalam islam.

Cara Menahan Rasa Cinta Dalam Islam

Cinta merupakan sebuah penyakit yang apabila tidak apabila tidak bisa dikendalikan maka akan dapat merusak segalanya, sebagaimana juga keimanan seseorang.  Jika tidak dapat mengikuti cara mencintai seseorang menurut islam, sebagaimana Allah mengisahkan bagaimana penyakit ini telah menyerang istri Al Aziz (gubernur Mesir) yang mencintai Nabi Yusuf, dan menimpa kaum Luth. Allah mengisahkan kedatangan para malaikat ke negeri Luth.

Dan datanglah penduduk kota itu (ke rumah Luth) dengan gembira (karena) kedatangan tamu-tamu itu. Luth berkata, “Sesungguhnya mereka adalah tamuku; maka janganlah kamu memberi malu (kepadaku), dan bertakwalah kepada Allah dan janganlah kamu membuat aku terhina.” Mereka berkata, “Dan bukankah kami telah melarangmu dari (melindungi) manusia?” Luth berkata, “Inilah puteri-puteri (negeri) ku (kawinlah dengan mereka), jika kamu hendak berbuat (secara yang halal).” (Allah berfirman), “Demi umurmu (Muhammad), sesungguhnya mereka terombang-ambing di dalam kemabukan (kesesatan).” [Al Hijr : 67-72].

Mengingat betapa berbahayanya apabila tidak bisa meredam rasa cinta ini. Maka simak 13 cara meredam rasa cinta dalam islam.

1. Selalu Mengingat Allah SWT

كَذَلِكَ لِنَصْرِفَ عَنْهُ السُّوءَ وَالْفَحْشَاءَ إِنَّهُ مِنْ عِبَادِنَا الْمُخْلَصِينَ

Sesungguhnya wanita itu telah bermaksud (melakukan perbuatan itu) dengan Yusuf, dan Yusuf-pun bermaksud (melakukan pula) dengan wanita itu andaikata dia tidak melihat tanda (dari) Tuhannya. Demikianlah, agar Kami memalingkan daripadanya kemungkaran dan kekejian. Sesungguhnya Yusuf itu termasuk hamba-hamba Kami yang terpilih.….[Yusuf : 24].

Cara menahan cinta yang pertama ialah dengan menguatkan hati dan selalu berupaya mengingat Allah sebagai bentuk cinta sejati dalam islam . Sebab dengan melakukan hal ini, maka kita akan merasa bahwa Allah selalu mengawasi dan melindungi kita di manapun kita berada. Sebab ketika kita mengingatNya maka kita akan merasa diingatkan dan segera di jauhkan dari perbuatan maksiat.

3. Sholat

Sholat merupakan salah satu cara meredam rasa cinta. Sebab selain menguatkan keimanan sholat juga akan membantu kita dalam upaya mencegah perbuatan keji dan mungkar. Sebagaimana dalam firman Allah SWT berikut ini :

Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar.” (QS. Al ‘Ankabut: 45).


4. Memelihara Pandangan 

Meredam cinta yang berlebihan juga dapat dilakukan dengan memelihara pandangan. Sebab dengan memelihara pandangan kita akan dapat terhindar dari godaan yang datang melalui pamdamgan mata. Syetan menggoda manusia dari sudut manapun juga. Pandangan merupakak salah satu cara syetan untuk memgoda dan membangkitkan hasrat cinta yang berlebih. Allah SWT juga memgingatkan hal ini dalam firmanNya berikut ini :

Katakanlah kepada orang-orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Mahamengetahui apa yang mereka perbuat”. [An-Nur/24: 30]

5. Jangan Mencintai Dengan Berlebihan

Sesungguhnya sesuatu yang berlebihan tidak disukai oleh Allah SWT dan Rasulnya. Apalagi memcintai sesama manusia atau lawan jenis secara berlebihan. Maka kita akan merasa hancur saat kehilangan orang tersebut. Begituoula dengan cinta sebaiknya cinta yang berlebihan hanya di berikan kepada Allah SWT dan bukan kepada manusia.

6. Redam Perasaan Ingin Memiliki

Perasaan cinta yang berlebih akan bermuara pada rasa ingin memiliki. Oleh sebab itu, rasa jangan biarkan rasa memiliki menguasai diri anda. Maka jika sampai hal ini terjadi berarti anda tidak bisa menahan rasa cinta yang berlebih tadi. Sebisa mungkin redam rasa ingin memiliki agar hasrat cinta yang berlebih juga akan ikut teredam.

7. Berpuasa

Wahai para pemuda, apabila siapa diantara kalian yang telah memiliki ba’ah (kemampuan) maka menikahlah, kerena menikah itu menjaga pandangan dan kemaluan. Bagi yang belum mampu maka puasalah, karena puasa itu sebagai pelindung.” (HR Muttafaqun ‘alaih).

Berpuasa juga merupakan cara untuk meredam rasa cinta yang berlebihan. Sebab Allah SWT memerintahlan bagi mereka yang ingin meredam hawa nafsunya untuk melakukan puasa. Puasa juga merupakan cara untuk membentengi diri hasrat dan hawa nafsu yang bisa membawa manusia kedalam kemaksiatan.

8. Selalu Beristigfar

Selalu beristiqfar merupakan upaya untuk memohon perlindungan Allah. Jika anda telah dikuasai oleh cinta buta maka tentunya anda akan memakai segala cara untuk mewujudkannya. Oleh sebab itu, untuk menghindari hal tersebut jangan sampai terjadi sebaiknya anda selalu banyak-banyak beristiqfar dan memohon ampun kepada Allah SWT.


9. Jangan Terbawa Hawa Nafsu

Cinta yang berlebih akan memunculkan hasrat dan hawa nafsu yang berlebih. Oleh karena itu, untuk menahan cinta yang berlebihan maka salah satu cara adalah jangan sampai anda menuruti hawa nafsu. Sesungguhnya nafsu itu, digerakkan oleh syetan. Sebagaimana dalam firmanNya berikut ini :

“Sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan.(Yusuf :53)

10. Menanamkan Kesadaran Bahwa Cinta Tertinggi Hanya Layak Untuk Allah SWT

Manusia harus menyadari bahwa segala sesuatu di alam merupakam milik Allah SWT. Begitupula dengan manusia yang lain. Oleh karena itu tidak pantas jika sampai anda mencintai manusia lain secara berlebihan. Cinta yang hakiki hanya layak diberikan kepada Allah SWT.

Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS Ali Imran : 31)

11. Cinta dan Kebahagian Dunia Bersifat Sementara

“Dan mereka berkata: “Kehidupan ini tidak lain hanyalah kehidupan di dunia saja, kita mati dan kita hidup dan tidak ada yang akan membinasakan kita selain masa”, dan mereka sekali-kali tidak mempunyai pengetahuan tentang itu, mereka tidak lain hanyalah menduga-duga saja. “ (QS Al Jatsiyah : 24).

Sadari juga bahwa cinta dan kebahagian dunia sifatnya hanyalah sementara. Sehingga tidak akan ada yang abadi kecuali bagi mereka yang sholeh. Oleh sebab itu, tentunya sia-sia jika anda sampai secara berlebihan mencintai seseorang.

12. Kesadaran Bahwa Manusia Merupakan Makhluk Ciptaan Allah yang Lemah

Manusia juga harus menyadari bahwa manusia merupakan makhluk.cipyaan tihan yang lemah. Artinya bahwa hanya Allah SWT yang pantas dicintai dengan sangat besar. Sebagaimana dalam FirmanNya berikut :

“Dialah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah keadaan lemah itu menjadi kuat, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah kuat itu lemah (kembali) dan beruban. Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya dan Dialah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa.” (QS Ar-Rum : 54)

13. Memfokuskan Perasaan Kepada Hal yang Positif dan  Bermanfaat

Cara menahan cinta berlebihan yang terakhir adalah dengan memfokuskan rasa cinta tersebit ke hal lain yang yang lebih positif. Misalnya dengan lebih fokus beribadah atau juga dengan menyalurkannya dan memberikann rasa cinta kepada anak Yatim piatu yang jelas lebih membituhkannya. Tentunya hal ini menjadi kegiatan yang bermanfaat dan sekaligus mendatangkan kebaikan yang berlimpah.

Itulah 13 cara menahan rasa cinta dalam islam, pastinya sesuatu yang berlebihan tidaklah disukai oleh Allah dan rasulnya. Sehingga manusia harus benar-benar bisa mengolah rasa cinta dengan baik sebagaimana pandangan cinta menurut islam . Jangan sampai kemudian menjerumuskan kedalam dosa besar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

 

 

, , , , , ,




Post Date: Saturday 14th, April 2018 / 10:13 Oleh :
Kategori : Amalan Shaleh
Short Movies

Manusia memang jarang bersyukur, padahal nikmat dan rencana Tuhan yang sangat indah sudah diberikan pada dirinya. Saksikan film pendek berikut ini.