8 Keutamaan Cinta Dalam Islam

Dalam kehidupan ini Islam mengajarkan kita agar menyayangi dan mencintai setiap ciptaan-Nya. Namun apakah kita mengetahui apa itu cinta dan apa keutamaannya?

ads

Mayoritas dari kita hanya tahu cinta mencakup sebatas rasa kasih sayang dan cinta antar lawan jenis, padahal sebenarnya cinta tidak hanya untuk lawan jenis. Makna cinta dalam Islam juga dapat merujuk kepada Allah SWT, para Nabi dan Rasul, orangtua, saudara, sahabat, atau cinta kepada Al-Qur’an sebagi sumber syariat Islam dan cinta kepada yang lain-lainnya.

Cinta itu sendiri adalah sebuah fitrah berupa perasaan yang diberikan oleh Allah SWT. Cinta tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia karena cinta memiliki banyak manfaat bagi manusia, namun cinta juga memiliki keburukan untuk manusia. Hal tersebut tergantung bagaimana manusia memaknai arti cinta dan bagaimana manusia menyikapi tentang cinta. Cinta memiliki manfaat, lalu apa saja keutamaan cinta menurut Islam?

Keutamaan Cinta Menurut Islam

Cinta merupakan perasaan suka dan sayang yang tanpa kita sadari dapat memotivasi diri untuk mencapai tujuan hidup menurut Islam. dan cinta jugalah yang menyatukan seorang pria dan seorang wanita ke dalam sebuah pernikahan. Lalu apa keutamaan cinta menurut Islam?

  1. Agar merasa tentram

Allah telah menciptakan manusia berpasang-pasangan sebagaimana firmannya dalam (QS. Ar-Ruum ayat 21) :

“Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung merasa tentram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.”

Dalam ayat tersebut Allah SWT. telah menjelaskan bahwa manusia telah diciptakan saling berpasang-pasangan, dan diantara pasangan-pasangan tersebut tentulah ada cinta dan rasa kasih sayang yang akan membuat tentram bagi mereka.

  1. Agar mengingat kebesaran Allah

Cinta juga dapat menjadi pengingat akan kebesaran Allah, karena dengan mengagumi dan mencintai sesuatu maka kita akan tertarik untuk mencari tahu hakikat dari penciptaannya hal tersebut, asal mula sesuatu itu terjadi. Dan dengan begitu kita akan mengetahui dan senantiasa mengingat bahwa Allah SWT. adalah Maha Besar dan Maha Kuasa.

  1. Cinta membuat bahagia

Terkadang tanpa disadari, ternyata cinta adalah salah satu alasan orang bahagia. Seseorang pasti merasa bahagia ketika jatuh cinta, merasa bahagia ketika mendapatkan cinta, atau bahagia setiap merasakan cinta. Dan hal tersebut tidak dapat dipungkiri bahwa manusia merasakan bahagia karena cinta.


  1. Cinta dapat membuat jantung sehat

Cinta tidak hanya bermanfaat dan berpengaruh pada kesehatan psikis manusia, namun juga pada kesehatan fisik manusia. Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Pittsburg menemukan, bahwa wanita yang berbahagia dengan kehidupan pernikahannya memiliki risiko terkena pernyakit kardiovaskular(jantung dan pembuluh darah) lebih rendah, dibandingkan dengan yang merana dalam kehidupan pernikahannya. Mereka para ahli percaya, bahwa hal tersebut ada kaitannya dengan tingkat stress, karena stress dapat membuat tekanan darah naik dan meningkatkan risiko serangan jantung serta stroke.

  1. Cinta dapat memotivasi

Tidak dapat dipungkiri, bahwa cinta juga dapat memotivasi seseorang dalam meraih sesuatu. Misalnya, seorang anak yang mencintai orangtuanya, dia akan berusaha semaksimal mungkin untuk meraih apa yang diinginkan orangtuanya, dan akan berusaha sekuat tenaga untuk membahagiakan orangtua yang ia cintai.


  1. Mendorong untuk selalu berbuat baik

Cinta kepada Allah SWT. merupakan sebuah keharusan, dan cinta kepada Allah akan membuat seseorang selalu berbuat baik. Setiap melakukan perbuatan maksiat dia akan merasa takut, karena ia tahu bahwa Allah Maha Melihat dan Maha Mengetahui. Jadi orang yang mencintai Allah pasti akan senantiasa berbuat baik agar yang cintanya kepada Allah mendapat ridha-Nya.

  1. Cinta membuat bersemangat

Cinta juga dapat membuat kita lebih bersemangat, karena dengan cinta kita menjadi termotivasi untuk meraih apa yang kita inginkan,

  1. Cinta menyehatkan mental

Tanpa disadari, cinta juga berpengaruh bagi kesehatan mental seseorang. Orang yang merasakan cinta cenderung memiliki kesehatan mental yang baik karena ia mendapatkan energi postif dari cinta. Sedangkan orang yang kurang atau tidak merasakan cinta sama sekali, ia cenderung sering murung dan berpikiran negatif dan hal tersebut akan berpengaruh pada kesehatan mentalnya.

Cinta menurut Islam sebenarnya memberikan banyak manfaat, tergantung dari bagaimana cara kita menyikapinya. Dan sebagai muslim yang baik, tidak boleh berlebihan dalam mencintai sesuatu karena sesungguhnya Allah adalah pencemburu. Dan Allah SWT. tidak menyukai jika ada hambanya yang mencintai sesuatu melebihi cintanya kepada-Nya.

Sekian, semoga bermanfaat (:

, , , ,




Post Date: Monday 25th, December 2017 / 19:53 Oleh :
Kategori : Info Islami