17 Pahala Shalat Sunnah di Bulan Ramadhan

Bagi seorang Muslim, kesempatan emas untuk mendapatkan berkah dan hadiah yang tak terhitung jumlahnya datang di bulan suci Ramadhan.

Ini adalah bulan di mana umat Islam menikmati doa dan amal baik dengan intensitas dan frekuensi yang lebih besar dibandingkan dengan apa yang mereka lakukan di hari-hari biasa. Dengan demikian, umat Islam ingin memanfaatkan setiap momen Ramadhan.

Untuk memanfaatkan Ramadan, umat Islam mencoba melakukan perbuatan yang menawarkan hadiah paling banyak. Oleh karena itu, selain menjadi bajik, umat Islam menargetkan doa-doa khusus dan perbuatan selama Ramadhan untuk mendapatkan pahala maksimum yang mungkin. Hadis Nabi berikut:

“Siapa pun yang mendekat kepada Allah selama itu (Ramadan) dengan karakteristik tunggal dari karakteristik kebaikan (sukarela), ia seperti siapa saja yang melakukan tindakan wajib di lain waktu. Dan siapa pun yang melakukan tindakan wajib selama itu, dia seperti siapa pun yang melakukan tujuh puluh tindakan wajib di lain waktu. ” (Sahih Ibn Khuzaymah)

1. Meningkatkan Pahala Dzikir

Dzikir mengacu pada mengingat Allah SWT. Bertolak belakang dengan doa-doa biasa, Dzikir bukanlah waktu yang spesifik, tetapi orang dapat melakukannya kapan saja dan di mana saja seseorang menemukan waktu untuk melakukannya.

Beberapa Dzikir paling berharga yang harus dilakukan seorang Muslim selama puasa di bulan Ramadhan. Nabi saw berkata:

‘Laa ilaha illallah wahdahu la shareeka lah, lahul mulku wa lahul hamdu yuhyi wa yumeetu wa huwa hayyun laa yamoot, bi yadihil khair, wa huwa’ ala kulli shayin qadeer ‘

Terjemahan: (Tidak ada yang patut disembah selain Allah, sendirian tanpa pasangan, bagi-Nya termasuk kekuasaan dan pujian, Dia menyebabkan hidup dan mati dan Dia adalah hidup dan tidak mati. Di Tangan-Nya adalah semua kebaikan, dan Dia ada di atas semua hal kompeten)

2. Menghapus Perbuatan Buruk

… Allah akan menulis untuknya sejuta perbuatan baik dan menghapus sejuta perbuatan buruk dan membesarkannya satu juta tingkatan. ” (Tirmidzi)

Dari hadis ini jelas bahwa melafalkan sholat sunnah khusus ini membantu menulis sejuta perbuatan baik dan pada saat yang sama menghapus jutaan perbuatan buruk yang juga datang dengan peningkatan dalam jutaan tingkat spiritualitas.

3. Meningkatkan Pahala Doa Wajib

Ramadan atau tidak Ramadan, pentingnya dan pentingnya doa wajib terpisah dari semua perbuatan kebajikan tambahan yang dilakukan seorang Muslim. Oleh karena itu, selama Ramadhan, menjadi penting bahwa seorang Muslim menawarkan doa wajib dengan lebih teratur dan semangat dan semangat yang lebih baik. Mengenai sholat wajib, Nabi Muhammad (SAW) berkata dalam hadis-Nya:

“… .Dan siapa pun yang melakukan tindakan wajib selama itu (Ramadan), dia seperti orang yang melakukan tujuh puluh tindakan wajib di lain waktu.” (Sahih Ibn Khuzaymah)

4. Balasan Pahala Melimpah

Selain melakukan sholat wajib , Tahajjud adalah doa yang juga datang dengan pahala besar. Selain itu, manfaatnya juga disebutkan dalam hadits di mana Nabi SAW mengatakan:

“Puasa terbaik setelah puasa Ramadhan adalah puasa Muharram dan Sholat terbaik setelah sholat wajib adalah shalat yang dilakukan di malam hari.” (Muslim)

Oleh karena itu, setiap Muslim yang menawarkan shalat wajib secara teratur harus memilih untuk menawarkan doa Tahajjud secara teratur juga, terutama di bulan Ramadhan.

5. Menjadi Ladang Amal

Selain doa dan berbagai jenis Dzikir, menjadi amal dan memberi Zakat adalah perbuatan lain yang menawarkan pahala besar selama bulan Ramadhan. Mengenai amal di bulan Ramadhan, Nabi Muhammad SAW berkata:

“Amal terbaik adalah yang diberikan di bulan Ramadhan.” (Tirmidzi)

6. Pengampunan Dosa

Oleh karena itu, apakah seorang Muslim ingin agar dosa diampuni, mendapatkan pahala yang lebih besar dan memurnikan kekayaan yang dia miliki saat ini dan meningkatkannya dengan menerima Barakah dari Allah SWT, maka pilihan terbaik dalam hal ini adalah menjadi sedekatif mungkin dalam bulan Ramadan.

Oleh karena itu, jika ada amal yang Anda inginkan yang tertunda, maka cara terbaik dan waktu untuk menawarkannya adalah di bulan Ramadhan.

7. Tidak Berkurang Pahala Puasa

“Siapa pun yang menyediakan makanan untuk berbuka puasa bagi orang yang berpuasa akan menerima pahala dari orang yang berpuasa, tanpa pahala dari orang yang berpuasa yang berkurang dengan cara apa pun.” (Tirmidhi)

Oleh karena itu, untuk mendapatkan hadiah maksimal, Anda dapat mengundang banyak orang di pesta Ifta dan mendapatkan berkah dan hadiah di luar hitungan seperti amalan di jum’at terakhir Ramadhan.

8. Cerminan Perilaku Baik

Seorang muslim yang melakukan sholat sunnah ketika Ramadhan memberikan cerminan jiwa dan perilaku baik yang disukai Allah SWT seperti waktu doa yang mustajab di bulan Ramadhan.

9. Kelipatan Pahala

Tidak akan ada yang memungkiri bahwa Ramadhan merupakan bulan terbaik untuk mencari pahala yang berlipat hanya dengan sholat sunnah.

10. Mencari Waktu Tebaik Pengabulan Doa

Tidak ada waktu terbaik selain bulan ramadhan untuk mendapatkan pengabulan dari doa-doa kita seperti tazkirah sebelum ramadhan.

11. Bersilaturahmi

Menunaikan shalat sunnah di bulan ramadhan akan emningkatkan tali silutarahi apalagi jika dilakukan rutin di masjid secara berjamaah.

12. Kemudahan Dalam Mendapatkan Ridho-Nya

Tidak ada yang lebih disukai oleh Allah selain Umat yang patih dan mengerjakan semua anjuran NYA. Apalagi jika dilalukan ketika bulan Ramadhan seperti hukum puasa sebelum 1 Ramadhan.

13. Menambah Ketakwaan

Seperti yang kita ketahui bahwa shalat sunnah akan menambah ketakwaan kita dan mendekatkan diri kepada NYA

14. Menjadi Muslim Terbaik

Jika menenuaikan hal yang wajib sudah sangat menjadi rutinitas maka menunaikan shalat sunnah akan mencerminkan pribadi muslim terbaik yang bisa didapat selama bulan suci ini.

15. Panutan Yang Baik

Setidaknya menunaikan shalat sunnah selama bulan Ramadhan akan meberikan sebuah panutan yang baik bagi anggota keluarga.

16. Mamicu Kebaikan Lainnya

Ada banyak jenis kebaikan yang akan terpicu ketika anda melakukan dan menunaikan ibadah sholat sunnah di bulan ramadhan.

17. Persiapan Idul Fitri

Ini merupakan salah satu persiapanterbaik menyambut hari kemenangan dimana kita akan kembali suci seperti bayi yang baru dilahirkan.

Demikian penjelasan terkait apa saja pahala shalat sunnah di bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat.