Tazkirah Sebelum Ramadhan – Hukum – Dalil

Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang merupakan pemimpin dari segala bulan dalam islam jadi snagat dimuliakan dan diharapkan kita melakukan beragam persiapan untuk menyambutnya seperti yang di jelaskan dalam firman Alah SWT yang menyebut :

ads

“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan ke atas kamu untuk berpuasa sebagaimana telah ditetapkan kepada orang-orang sebelum kamu mudah-mudahan kamu menjadi bertaqwa” (Al-Baqarah : 183).

“Bulan Ramadhan yang pada bulan itu telah kami turunkan Al-Qur’an untuk memberi pertunjuk kepada manusia dan memberi penerangan dari hidayah serta pembeza hak dan kebathilan”

“Barangsiapa yang menghadapi bulan ramadhan maka hendaklah dirinya berpuasa” (Al-Baqarah : 185).

Inilah mengapa sangat di anjurkan melakukan Tazkirah sebelum Ramdhan yang mencangkup beberapa amalan terbaik dalam menghormati dan menunggu datangnya bulan penuh berkah ini seperti amalan semasa haid di bulan Ramadhan. Dan berikut akan kami jabarkan 10 amalan yang seharusnya dilakukan dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan:

1. Berdoalah

Ini bertujuan agar Allah SWT berkenan mempertemukan kita kembali dengan Ramadhan-nya yang akan datang. Karena umur manusia amatalah singkat jadi sangat dianjurkan untuk berdoa dan meminta kepada- NYa agar tetap dipertemukan dengan ramadhan berikutnya.

Dimana kita akan meminta nikmat kesehatan dan segala hal yang bisa mebuat kita secara maksimal beribadah semata hanya kepada NYA. Karena menurut riwayat, Nabi SAW juga melakukan rutinitas yang sama, diamana beliau selalu berdoa ketika telah memasuki awal bulan Ramadhan yaitu :

“Allahuma bariklana fii rajab wa sya’ban, wa balighna ramadan.” Ertinya, ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rejab dan Sya’ban dan sampaikan kami ke bulan Ramadhan. (HR. Ahmad dan Tabrani)

Para ulama dan orang-orang yang salih selalu menyiapkan waktunya untuk berdoa ketika akan menyambut bulan suci Ramdhan ini. Dimana mereka berdoa agar Allah SWT mengampuni dan menerima amalan-amalan mereka kelak dan doa’doa mereka tersebut adalah :

“Allahu akbar, allahuma ahillahu alaina bil amni wal iman was salamah wal islam wat taufik lima tuhibbuhu wa tardha.”  : Ya Allah, kurniakan kepada kami pada bulan ini keamanan, keimanan, keselamatan, dan keislaman dan berikan kepada kami taufik agar mampu melakukan amalan yang Engkau cintai dan redhoi.

2. Bersyukurlah

Bersyukurlah dan juga jangan lupa berikan segala bentuk pujian yang dianugerahkan kepada Allah atas karunianya yang snagat besar hingga kita kembali dipertemukan dengan nikmat bulan Ramadhan ini seperti hal yang tidak boleh dilakukan suami istri di bulan ramdhan. Dimana dalam salah satu kitab Iman Nawawi berkata :


“Dianjurkan bagi setiap orang yang mendapatkan kebaikan dan diangkat dari dirinya keburukan untuk bersujud kepada Allah sebagai tanda syukur dan memuji Allah dengan pujian yang sesuai dengan keagungannya.”

Dan salah satu nikmat paling besar yang dikaruniakan Allah untuk umatnya adalah adanya nikmat sehat. Oleh karena itu jangan lupa untuk selalu bersyukur dan memberikan yang terbaik agar kita senantiasa didalam lindungan Allah SWT dan diberikan kembali limpahan rahmat-NYA seperti hukum bermesraan di bulan Ramadhan.

3. Bergembiralah

Sperti kebiasaan Rasullulah saat menyambut bulan suci Ramadhan dimana ia selalu memberikan kabar gembira ini kepada para Sahabatnya dengan berkata :

“Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Allah telah mewajibkan kepada kalian untuk berpuasa. Pada bulan itu Allah membuka pintu-pintu syurga dan menutup pintu-pintu neraka.” (HR. Ahmad).

Inilah mengapa para alim ulama dan para orang-orang yang sholeh selalu bergembira akan datangnya bulan Ramadhan seolah-olah tidak ada hal yang lebih menggembirakan datang selain bulan suci ini.

4. Rancanglah agenda kegiatan

Agar anda bisa mendapatkan beragam manfaat dan faedah selama menunaikan ibadah puasa di bulan suci penuh berkah ini, maka sangat dianjurkan untuk mebuat sebuah rancangan agenda atau kegiatan yang bertujuan untuk memaksimalkan amalan ibadah. Dimana kita ketahui bulan Ramadhan adalah bulan terbaik untuk mengejar segala bentuk pahala dan Keridhoan-NYA seperti pahala sholat duha dibulan Ramadhan.


5. Bertekadlah

Tekad yang dimaksud disini adalah sebuah tekad dimana nantinya anda hanya akan melakukan amalan baik di bulann suci dan memiliki tekad kuat.

“Tetapi jikalau mereka benar terhadap Allah, nescaya yang demikian itu lebih baik bagi mereka.” [Q.S. Muhamad (47): 21]

6. Pelajarilah hukum-hukum

Hukum – hukum yang dimaksud disni adalah berupa amalan yang wajib diamalkan ketika memasuki bulan ramadhan. Dimana sangat wajib hukumnya bagi kita untuk mempersiapakn Ramadhan dengan segala hal yang baik termasuk mengetahui semua tentang Islam dan hukum Islam secara lebih dalam.

“Tanyakanlah kepada orang-orang yang berilmu, jika kamu tiada mengetahui,” begitu kata Allah di Al-Qur’an surah Al-Anbiyaa’ ayat 7.

7. Tinggalkan Semua Perbuatan Dosa

Setelah kita mempelajari semua hal tentang larangan dan hal yang dianjurkan di dalam bulan suci Ramadhan maka berteladlah untuk menjauhi segala larangan NYA yang kerap kita lakukan tempo dulu.

“Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman, supaya kamu beruntung.” [Q.S. An-Nur (24): 31]

8. Persiapan Jiwa

Adanya persiapan tidak hanya berupa fisik namun juga kesehatan mental atau jiwa dimana haruslah memiliki jiwa yang bersih untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan ini.

9. Lembaran Baru

Karena Ramadhan adalah bulan pengampunan dan pertobatan maka sangat disarankan bagi kita untuk menjadi seseorang yang lebih baik. Pribadi yang baru dan menjadi suri tauladan yang baik bagi orang disekitar.

Demikian hukum tazkirah sebelum Ramadhan. Semoga bermanfaat.

, , ,




Post Date: Saturday 19th, May 2018 / 01:26 Oleh :
Kategori : Fiqih
Short Movies

Manusia memang jarang bersyukur, padahal nikmat dan rencana Tuhan yang sangat indah sudah diberikan pada dirinya. Saksikan film pendek berikut ini.