13 Alasan Berpoligami Dalam Islam

Islam memungkinkan poligami dan mengizinkan laki-laki, dalam keadaan tertentu, memiliki paling banyak empat istri pada waktu tertentu. Poligami adalah kebiasaan sebelum Islam dan tidak dibatalkan dengan kedatangan Islam; sebaliknya, Islam telah mengoreksi dan mengatur berbagai kondisi untuk latihan.

ads

Prinsip itu diizinkan, tetapi poligami terbatas pada empat istri. Dalam mengabsahkan poligami, Islam tidak memiliki niat berpihak pada laki-laki dan mendorong mereka untuk membentuk harem atau berlebihan dalam hasrat seksual dan pesta pora atau untuk mengabaikan hak-hak perempuan dan menindas mereka seperti ayat al-qur’an tentang poligami.

Sebaliknya, tujuan Islam adalah untuk menegakkan berbagai hak-hak alami perempuan, hak untuk menikah, membentuk keluarga, dan memiliki dan membesarkan anak-anak yang sah. Tentu saja, hak-hak pria juga telah diingat. Perizinan poligami, sementara mengamati kondisi yang ditentukan, adalah kebutuhan sosial dan dalam kepentingan utama baik perempuan maupun laki-laki dan untuk menjelaskan hal ini, dua tempat berikut ini ditunjukkan. Seperti firman Allah :

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu. [Annisa : 1]

1. Menjauhi Zina

Kita tau bahwa menikah tidak menjamin umatnya untuk tidak menyukai dna mengangumi orang lain selain pasangan sahnya. Walaupun di dalam Al- Qur’an memang dijelaskan agar seseorang yang telah menikah untuk tetap menundukan pandangannya dan hanya fokus pada pasangan sah mereka.

Namun, manusia di anugerahi nafsu dan keinginan, jadi jika ini adalah solusi terbaik, mangapa tidak? Karena zina banyak macamnya, bahkan pandangan saja sudah temasuk zina jika menimbulkan keinginan yang tidak seharusnya ada dan ketahuilah siksa neraka bagi pezina.

2. Menciptakan Keadilan

Walupun bagi istri terutama istri pertama ini menjadi seperti kurang adil. Namun sesungguhnya dnegan mengadakan poligami, suami telah berlaku adil daripada terus terusan berusaha mencurangi sang sitri tanpa maupun sepengatahuan nya dengan menyukai orang lain seperti keutamaan poligami bagi istri. Firman Allah SWT :

وَإِنْ خِفْتُمْ أَلَّا تُقْسِطُوا فِي الْيَتَامَىٰ فَانْكِحُوا مَا طَابَ لَكُمْ مِنَ النِّسَاءِ مَثْنَىٰ وَثُلَاثَ وَرُبَاعَ ۖ فَإِنْ خِفْتُمْ أَلَّا تَعْدِلُوا فَوَاحِدَةً أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَلَّا تَعُولُوا

Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.[Annisa : 3]

3. Populasi Yang tidak Seimbang

Kita tau bahwa wanita lebih banyak dari jumlah pria. Dan inilah alasan tertentu dibalik adanya pernikahan poligami. Dimana ini juga akan merujuk pada poin sebelumnya yaitu penciptaan keadilan. Karena sesungguhnya suami maupun istri adalah milik Allah, jadi pasangan kita adalah milik Allah dan kita tidak berhak untuk merasa memiliki dan menhakimi yang lainnya atas pernikahan poligami.


4. Solusi Kecelakaan Pria

Pada umumnya pria memiliki tingkat pekerjaan berat dan beresiko jika dibandingkan dengan para wanita. Dan ini pula yang menjadi alasn mengapa rasio wanita dan pria menjadi tidak seimbang.

5. Pria Cukup dan Mampu Berbuat Adil

Jika sang pria memang benar-benar mapan dan mapu untuk menafkahi dan berbuat adil pada istri-istrinya kelak maka tidak ada alasan poligami di larang. Karena hal mendasar tentang poligami adalah keadilan.

6. Istri Memiliki Sebuah Kekurangan

Katakan saja ada beberapa hal yang mungkin tidak bisa dipenuhi oleh sang istri seperti masalah keturunan atau masalah hubungan suami istri. Maka poligami juga merupakan salah satu alternatif baik daripada terjerumus ke dalam hubungan yang tidak baik nantinya.

7. beberapa Pria Memiliki Hasrat Yang Lebih

Terkadang memang sudah dampak alamiahnya dimana beberapa pria terkadang memiliki hasrat yang lebih dan tidak cukup hanya dengan memiliki satu istri saja. Inilah salah satu dasar mengapa poligami diperbolehkan dalam islam seperti syarat poligami dalam islam.

8. Mengurangi Kejahatan

Dimana kita tau bahwa para gadis dan janda rentan akan korban kejahatan. Jadi dengan bersuami akan mengurangi tindak kejahatan yang dilakukan kebanyakan oleh para lelaki yang tidak bertanggung jawab. Dan ini merupakan salah satu solusi dimana para wanita memiliki tempat bergantung dan pelindung.


9. Memperbanyak Umat

Keturunan akan di dapat jika seseorang bekeluarga. Dan untuk menghasilkan keturunan umat islam yang baik maka harus ada pernikahan yang sah dan ini juga mereupakan landasan mengapa islam diperbolehkan oleh ajaran islam.

10. Membantu Mereka Yang Kekurangan

Para janda kebanyakan akan susah mendapatkan pekerjaan. Dan ini juga berdampak pada kehidupan mereka. Dimana nantinya mereka akan sangat sulit mencari nafkah, apalagi jika memiliki anak.

11. Mempererat Ikatan Keluarga

Pernah mendengar bahwa suami memiliki istri yang tidak jauh kekrabatannya dengan istri pertama maupun dengan dirinya? Ya, poligami juga bisa menjadi salah satu cara untuk tetap mendekatkan ikatan keluarga.

12. Alternatif Perceraian

Poligami adalah alternatif untuk perceraian dalam kasus beberapa masalah perkawinan. Alih-alih menceraikan istri yang sakit atau tidak subur, Islam mengizinkan seorang pria untuk menikahi wanita lain sambil mengurus yang pertama jika dia memilih untuk tinggal bersamanya.

13. Mengatasi Keinginan Dasar Manusia

Ajaran-ajaran Islam, termasuk poligami, sesuai dengan sifat manusia. Pria dan wanita berbeda dalam keinginan mereka untuk variasi seksual. Perbedaan-perbedaan ini bersifat universal. Menurut para ilmuwan evolusioner, pria “terprogram” untuk menyebarkan benih mereka.

Demikian beberapa alasan berpoligami dalam islam dan dalil – dalil yang menguatkannya.

, , , ,




Post Date: Wednesday 25th, April 2018 / 03:42 Oleh :
Kategori : Pernikahan
Yuk Join & Subs Channel Saya Islam

Tukar Uang untuk THR Idul Fitri, Haram?

Kalau Sahur Jangan Buka Medsos, Mending Amalin Ini

Wajib Tonton ! Rekomendasi Film Religi Terbaik Pas Buat Nemenin Ramadhanmu