15 Cara Allah Memberi Rezeki Menurut Islam

“Alhamdulillah, baru saja dapat rezeki”. Ketika mendengar kalimat ini, mungkin kebanyakan sobat berpikir bahwa hal yang sedang dibicarakan dalam kalimat tersebut adalah rezeki duniawi, lebih khusus lagi adalah rezeki berupa harta atau uang. Kalau sobat mau mencermati, sebenarnya rezeki berupa harta adalah sebagian saja dari rezeki yang Allah berikan kepada makhluk-Nya.

ads

Namun, sifat kebanyakan manusia yang jauh dari rasa keutamaan bersyukur dalam islam dan lebih berorientasi dengan gemerlap dunia yang fana, terkadang hanya membatasi rezeki dengan harta duniawi semata. Padahal sesungguhnya Allah Ta’ala telah banyak memberi rezeki kepada manusia dengan cara yang beragam.

Keluarga, kesehatan, suami atau istri, orang tua, teman teman, anak anak, nafas, perlindungan, kesenangan dengan hal hal tertentu seperti hewan, cuaca yang menyenangkan, dan masih banyak lagi juga merupakan rezeki loh sobat, Allah maha baik memberi segalanya sesuai yang dibutuhkan hambaNya, nah sobat, agar lebih meningkatkan rasa syukur kita semua, berikut penulis uraikan 15 Cara Allah Memberi Rezeki Menurut Islam, yuk simak selengkapnya.

1. Cara Allah memberi rezeki yang Telah Dijamin

Allah Swt. berfirman, “Dan tidak satu pun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin oleh Allah Cara Allah memberi rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab nyata (Lauh Mahfuz)” (QS Hud : 6). Misalnya dalam kehidupan nyata : Meskipun seorang anak atau kedudukan anak dalam hukum islam yatim piatu tidak memiliki orang tua, namun ia akan tetap hidup sampai besar dirawat panti asuhan atau diadopsi oleh keluarga lain

2. Cara Allah memberi rezeki Karena Usaha

Allah Swt. berfirman, “Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya.” (QS An Najm : 39). Misalnya dalam kehidupan nyata : Karena keuletan dalam usaha sebagai cara menjadi orang sukses, kini bangsa Turki bisa makmur, padahal alamnya tidak begitu kaya

3. Cara Allah memberi rezeki Karena Bersyukur

Allah Swt. berfirman, “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (Nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat’” (QS Ibrahim : 7).  Misalnya dalam kehidupan nyata : Brunei Darusalam baru-baru ini menerapkan syariat islam sebagai cara mensyukuri nikmat Allah SWT , maka mereka kini menemukan ladang gas baru kapasitas miliaran kubik

4. Cara Allah memberi rezeki Tak Terduga

Allah Swt. berfirman, “Dan Dia memberinya Cara Allah memberi rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barang siapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesunguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.” (QS At Thalaq :3). Misalnya dalam kehidupan nyata : Karena cara meningkatkan iman dan taqwa penduduk Mekkah dan Madinah, siapa sangka minyak da gas berada di bawah tanah Hijaz (Arab Saudi)

5. Cara Allah memberi rezeki Karena Istigfar

Allah Swt. berfirman, “Maka aku berkata (kepada mereka), ‘Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, sungguh, Dia Maha Pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu.” (QS Nuh : 10-11). Misalnya dalam kehidupan nyata : Kaum Nabi Yunus, setelah mereka bertobat maka Allah karuniakan kemakmuran bagi mereka sampai 40 tahun, riwayat lain mengatakan 80 tahun lamanya.

6. Cara Allah memberi rezeki Karena Menikah

Allah Swt. berfirman, “Dan nikahilah orang-orang yang masih membujang diantara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya.

Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui).” (QS An Nur : 32). Misalnya dalam kehidupan nyata : Ketika masih bujangan, Abdurrahman bin Auf ra. hanya seorang penjual tali, namun setelah menikah ia menjadi pengusaha besar owner pasar Madinah

7. Cara Allah memberi rezeki Karena Anak


Allah Swt. berfirman, “Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang memberi Cara Allah memberi rezeki kepada mereka dan kepadamu. Membunuh mereka itu sungguh dosa yang besar.” (QS Al Isra :31). Misalnya dalam kehidupan nyata : Yakub waktu mudanya hijrah dari rumahnya dan menjadi pengembala kambing, setelah menikah dan memiliki 12 anak, justru kambing-kambingnya juga makin bertambah banyak

8. Cara Allah memberi rezeki Karena Sedekah

Allah Swt. berfirman, “Barang siapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan (Cara Allah memberi rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan.” (QS Al Baqarah : 245). Misalnya dalam kehidupan nyata : Kedermawanan Utsman bin Affan ra. hingga kini masih ada warisannya dan tabungannya masih tersimpan di no.rekening Bank Syariah Arab Saudi

9. Segala yang Dimiliki (Badan, Rumah, Kesehatan, Kendaraan, dsb

Yakni segala sesuatu yang memberikan manfaat bagi badan,  berupa harta, rumah, kendaraan,  kesehatan, dan selainnya, baik berasal dari yang halal maupun haram. Cara Allah memberi rezeki jenis ini Allah berikan kepada seluruh makhluk-Nya, baik orang muslim maupun orang kafir.

10. Menutup Aib Manusia

Banyaknya pemberian jenis cara Allah memberi rezeki ini tidak menunjukkan kemuliaan seseorang di sisi Allah. Begitu pula sedikitnya cara Allah memberi rezeki dunia yang Allah berikan kepada seseorang tidak menunjukkan kehinaan orang tersebut. Allah Ta’ala berfirman,

Adapun manusia apabila Tuhannya mengujinya lalu dia dimuliakan-Nya dan diberi-Nya kesenangan, maka dia akan berkata: “Tuhanku telah memuliakanku”. Adapun bila Tuhannya mengujinya lalu membatasi rizkinya maka dia berkata: “Tuhanku menghinakanku” . (QS. Al Fajr :15-16).

11. Ujian yang Selalu Berujung Hikmah dan Kebahagiaan

Imam Ibnu Katsir rahimahullah menjelaskan, “Allah Ta’ala berfirman mengingkari keyakinan (sebagian) manusia. (Maksud ayat ini) bahwasanya jika Allah meluaskan cara Allah memberi rezeki mereka tujuannya adalah untuk menguji mereka dengan cara Allah memberi rezeki tersebut. Sebagian orang meyakini bahwa cara Allah memberi rezeki dari Allah merupakan bentuk pemuliaan terhadap mereka.

Namun yang benar bukanlah demikian, bahkan cara Allah memberi rezeki tersebut merupakan ujian dan cobaan untuk mereka sebagaimana firman Allah : “Apakah mereka mengira bahwa harta dan anak-anak yang Kami berikan kepada mereka itu (berarti bahwa),Kami bersegera memberikan kebaikan-kebaikan kepada mereka? Tidak, sebenarnya mereka tidak sadar” (QS. Al Mu’minun:55-56).

12. Ilmu yang Bermanfaat (Kecerdasan)

Yakni segala sesuatu yang membuat tegak agama seseorang. Rezeki jenis ini berupa ilmu yang bermanfaat dan amal shalih serta semua cara Allah memberi cara Allah memberi rezeki halal yang membantu seseorang untuk taat kepada Allah. Inilah cara Allah memberi cara Allah memberi rezeki yang Allah berikan khusus kepada orang-orang yang dicintai-Nya. Allah Ta’ala berfirman,

Dan barangsiapa beriman kepada Allah dan mengerjakan amal yang saleh niscaya Allah akan memasukkannya ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Sesungguhnya Allah memberikan rezki yang baik kepadanya “ (QS. Ath Thalaq:11).

13. Petunjuk Cara Menggapai Surga

Ini adalah kehormatan (bagi mereka). Dan sesungguhnya bagi orang-orang yang bertakwa benar-benar (disediakan) tempat kembali yang baik, (yaitu) syurga ‘Adn yang pintu-pintunya terbuka bagi mereka, di dalamnya mereka bertelekan (diatas dipan-dipan)

sambil meminta buah-buahan yang banyak dan minuman di surga itu. Dan pada sisi mereka (ada bidadari-bidadari) yang tidak liar pandangannya dan sebaya umurnya Inilah apa yang dijanjikan kepadamu pada hari berhisab. Sesungguhnya ini adalah benar-benar rezeki dari Kami yang tiada habis-habisnya. “ (QS. Shaad: 49-54)

14. Jalan Mendapat Pekerjaan

“Sesungguhnya Allah Dialah Maha Pemberi rezki Yang mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh” (QS. Adz Dzariyat:58). Sedangkan nama “ Ar Rooziq”terdapat dalam firman-Nya, “Dan apabila mereka melihat perniagaan atau permainan, mereka bubar untuk menuju kepadanya dan mereka tinggalkan kamu sedang berdiri (berkhotbah). Katakanlah: “Apa yang di sisi Allah lebih baik daripada permainan dan perniagaan”, dan Allah Sebaik-baik Pemberi rezki” (QS. Al Jumu’ah:11)

15. Rasa Syukur dan Nikmat Beribadah

Maksudnya cara Allah memberi rezeki yang Allah berikan kepada setiap makhluknya sangat banyak. Masing-masing makhluk Allah mendapat jatah cara Allah memberi rezeki yang banyak.  Sobat sebagai manusia mendapat cara Allah memberi rezeki berupa nikmat yang sangat banyak.


Nikmat sehat, anggota tubuh yang sempurna,  tempat tinggal, keluarga, harta, dan masih banyak nikmat-nikmat yang lainnya. Itu semua merupakan cara Allah memberi rezeki dari Allah  yang sangat banyak dan tak terhingga. Allah Ta’ala berfirman : “Dan Dia telah

memberikan kepadamu (keperluanmu) dan segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).” (QS. Ibrahim:34)

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga menjadi wawasan berkualitas. Sampai jumpa di artikel berikutnya, Terima kasih.

, , , , ,




Post Date: Monday 03rd, September 2018 / 01:22 Oleh :
Kategori : Info Islami