17 Cara Mengambil Hati Calon Mertua Menurut Islam

Saat pertama kali bertemu dengan calon mertua pasti Anda merasa gugup, bukan? Takut salah ngomong atau mungkin penampilan kurang keren. Ya, sebenarnya perasaan tersebut cukup wajar sih. Pasalnya calon mertua adalah kunci untuk mendapatkan restu. Jika sikap Anda dipandang kurang baik, wah maka bisa-bisa lamaran Anda ditolak. Lalu apa yang harus dilakukan? Anda wajib belajar tips dan trik untuk mengambil hati calon mertua. Dengan begitu peluang Anda diterima semakin besar dan Anda bisa memenuhi  kewajiban menikah sesuai syariat islam.

ads
  1. Gunakan Pakaian yang Sopan dan Bagus

Tips pertama untuk mengambil hati calon mertua yakni Anda harus menggunakan pakaian yang bagus dan sopan. Pakaian bagus bukan berarti harus mahal. Namun usahakan pakaian tersebut belum terlalu usang, kemudian disetrika dan gunakan secara rapi.

Misalnya untuk laki-laki, Anda bisa mengenakan setelan kemeja dan celana kain. Sementara bagi perempuan gunakan busana muslim dengan hijab yang bagus dan stylish tapi tetap syar’i ya. Penampilan menjadi penilaian utama yang cukup penting. Apabila tampilan Anda oke, maka calon mertua pasti juga akan yakin. Tapi jika penampilan saja amburadul, bagaimana mereka bisa menerima Anda? 

  1. Bersikap Ramah

Allah Ta’ala memerintahkan manusia untuk bersikap baik kepada sesama. Sementara Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga merupakan sosok yang paling lembut apabila berbicara dengan orang lain. Maka itu, Anda sebagai umat islam pun wajib bersikap ramah, termasuk saat bertemu calon mertua. Tidak peduli seberapa gugup Anda. Mungkin Anda melihat sikap calon mertua yang tampak judes, tetap berusahalah ramah. Dengan demikian kesan pertama terhadap diri Anda pun juga akan baik. Ingat, kesan pertama itu penting loh!

  1. Menjadi Diri Sendiri

Mengambil hati calon mertua bukan berarti Anda harus berpura-pura menjadi orang lain. Misalnya saja Anda menyewa mobil bagus agar dikira orang kaya. Ya, mungkin cara itu membuat Anda lebih diterima. Tapi bagaimana dengan selanjutnya? Satu kebohongan dapat menyebabkan munculnya kebohongan lainnya. Lebih baik Anda bersikap apa adanya.

Jadilah diri sendiri. Tak perlu pura-pura jadi orang kaya atau pejabat tinggi atau orang penting. Anda hanya perlu berbicara dan bersikap sebagaimana kebiasaan Anda. Namun cobalah untuk lebih sopan terhadap orang tua. Itu saja!

  1. Membawa Oleh-Oleh

Klasik tapi ampuh, cara ini bisa Anda terapkan untuk mengambil hati calon mertua. Yakni dengan membawa buah tangan atau oleh-oleh. Misalnya saja kue atau buah-buahan. Tindakan ini bukan berarti “nyogok” ya. Tapi sebagai bentuk perhatian dan niatan yang baik. Jika Anda datang dengan tangan kosong pasti rasanya tidak enak dan sungkan. Sebab itu, bawalah saja bingkisan walaupun bukan benda mahal. 

  1. Mendengarkan Calon Mertua Berbicara

Sebagai orang yang lebih muda, sebaiknya dengarkan saja jika calon mertua berbicara ngalor ngidul. Percaya deh, mereka bakal senang bila curahatannya didengarkan. Anda tidak perlu repot-repot mencari bahan pembicaraan. Cukup jadi pendengar setia. Itu sudah membuat Anda terlihat sebagai sosok yang perhatian dan sopan.

Sponsors Link

  1. Mengobrol Topik yang Disenangi Calon Mertua

Poin ini juga sangat penting. Apabila Anda ingin mengobrol dengan calon mertua maka carilah topik yang mereka sukai.  Anda bisa bertanya dulu kepada pasangan atau kerabat tentang hobi calon mertua pasangan Anda. Kira-kira hal apa yang mereka sukai dan tidak sukai, tentang pekerjaannya atau lainnya. Dengan begitu, nantinya saat bertemu Anda bisa ngobrol lebih santai dan nyambung.

  1. Berusaha Memahami Adat dan Tradisi Keluarga Pasangan

Hal ini memang tidak wajib. Tapi bila Anda bisa memahami tradisi dan adat istiadat keluarga pasangan maka itu bisa menjadi poin tambahan. Ini akan membuat calon mertua lebih tertarik dengan Anda. Anda bisa bersikap SKSD sambil bertanya tentang tradisi. Lalu katakan bahwa Anda tertarik dengan tradisi tersebut. Dan pastikan juga Anda mau mempelajarinya selama itu tidak bertentangan dengan syariat agama.

  1. Bersikap Sopan

Kesopanan juga perlu dijaga saat bertemu calon mertua. Dari gaya berbicara hingga sikap pastikan Anda melakukannya dengan benar. Gunakan bahasa formal atau bahasa daerah yang halus untuk menghormati mereka. Jangan berbicara seenaknya atau berbahasa santai kepada mereka. Itu justru membuat pandangan mereka rendah terhadap Anda.

  1. Menawarkan Bantuan

Tidak ada salahnya loh bila Anda menawarkan bantuan kepada calon mertua, baik itu sekedar basa-basi ataupun sungguhan. Tindakan tersebut membuat Anda terlihat keren dan bertanggung jawab. Untuk bantuan yang Anda tawarkan juga tidak perlu yang terlalu sulit. Anda bisa menawarkan bantuan dari hal paling sepele, misalnya membersihkan rumah, bersih-bersih gelas minum, dan sebagainya.

Allah Azza wa Jalla berfirman: “Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.” (Al-Maidah:2)

Dalam hadist juga disebutkan: “Barangsiapa melapangkan seorang mukmin dari satu kesusahan dunia, Allah akan melapangkannya dari salah satu  kesusahan di hari kiamat. Barang siapa meringankan penderitaan seseorang, Allah akan meringankan penderitaannya di dunia dan akhirat. Barang siapa menutupi (aib) seorang muslim, Allah akan menutupi (aib)nya di dunia dan akhirat. Allah akan menolong seorang hamba selama hamba itu mau menolong saudaranya.” (H.R. Muslim dari Abu Hurairah).

  1. Memberikan Pujian

Pujian adalah salah satu jurus handal untuk menaklukan hati orang lain, termasuk calon mertua. Maka itu tidak ada salahnya Anda melontarkan pujian untuk mereka. Misalnya saja memuji minuman yang dihidangkan, memuji masakannya, memuji dekorasi rumahnya, memuji anak-anaknya dan sebagainya.

ads
  1. Tidak Berikan Genit atau Centil

Dihadapan calon mertua hindari bersikap genit dan centil. Sebaiknya Anda berperilaku yang sopan, tegas dan ramah. Tidak perlu lirik-lirik calon pasangan Anda. Cukup memfokuskan perhatian pada orang tuanya saja. Saat memilih pasangan, Anda cukup melihat seperlunya saja. Yang terpenting utamakan akhlak dan agama. Dengan demikian Anda bisa merasakan indahnya menikah tanpa pacaran.

  1. Ceritakan Tentang Keunggulan Anda (Tapi Jangan Sombong)

Bukan berarti sombong ya. Tapi Anda juga perlu menceritakan keunggulan Anda untuk merebut kepercayaan calon mertua. Misalnya saja tentang pekerjaan, hafalan Al-Quran, kebiasan baik, atau mungkin Anda sudah menyediakan rumah untuk tempat tinggal dengan pasangan. Ceritakan semua itu agar calon mertua menganggap diri Anda sebagai sosok dewasa yang telah siap menikah. Bagaimanapun juga kewajiban laki laki setelah menikah adalah menafkahi istri dan anak. Jadi materi bisa jadi pertimbangan. Oiya, tapi saat bercerita sebaiknya hindari sikap sombong ya.

Dalam hadist dijelaskan: “Janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.” (Al Israa’ 37)

Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS. Luqman:18)

  1. Jangan Lupa Baca Doa

Sebelum bertemu calon mertua usahakan untuk memperbanyak berdoa. Kekuatan doa itu sangat dahsyat loh. Doa bisa membolak-balikkan perasaan orang. Bahkan yang awalnya berniat nolak, bisa saja berubah menyetujui berkat kekuatan doa. Jadi banyak-banyak doa ya dan jangan lupa mengucapkan bismillah. 

  1. Tunjukkan Raut Wajah yang Sumringah

Saat bertemu dengan calon mertua hindari bermuka cemberut. Walaupun Anda sedang banyak masalah atau tertekan tetap saja sebaiknya disembunyikan dulu. Apabila Anda memasang wajah cemberut maka aura keindahan akan memudar. Dan orang lain pun jadi malas berbicara dengan Anda. Sebaliknya jika Anda menunjukkan raut wajah sumringah maka calon mertua juga akan ikut senang. Wajah yang bahagia menyalurkan energi positif dan membuat penampilan jadi makin cantik.

Dari Abu Dzar RA, dia berkata bahwasahnya Rasulullah Saw bersabda, “Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Hibban).

  1. Bersikap Baik

Selain sopan, pastikan juga Anda bersikap baik terhadap calon mertua. Tujukkan sikap lembut dan menghargai. Jangan membantah. Dan jika Anda bisa anggaplah mereka sebagai orang tua Anda sendiri.

Dalam hadist dijelaskan: “Permisalan kaum mukminin dalam sikap saling mencintai, dan saling kasih sayang mereka sebagaimana satu badan. Apabila satu anggota badan sakit, seluruh anggota badan ikut merasakan, dengan tidak bisa tidur dan demam.” ( HR Muslim).

Sponsors Link

  1. Memuji Pasangan

Mengambil hati calon mertua juga bisa dilakukan dengan cara memuji calon pasangan. Misalnya Anda membahas tentang pasangan yang cantik atau pintar. Anda juga bisa berbasa-basi mengatakan bahwa calon pasangan Anda sudah masuk kriteria istri yang baik  dan  ciri wanita yang baik untuk dinikahi menurut Islam. Dengan demikian calon mertua akan merasa bangga.

  1. Hindari Perasaan Negatif yang Menghantui Anda

Jangan terburu takut dulu sebelum bertemu calon mertua. Tenang, mereka tidak segalak yang Anda bayangkan. Cobalah bersikap santai dan yakinlah bahwa mertua Anda adalah orang baik.

Dari Abu Hurairah RA. Dia berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Janganlah kalian saling mendengki, saling menipu, saling membenci, saling menjauhi dan janganlah membeli barang yang sedang ditawar orang lain. Dan jadilah kamu sekalian hamba-hamba Allah yang bersaudara. Seorang muslim itu saudara bagi muslim yang lain, maka tidak boleh menzhaliminya, menelantarkannya, mendustainya dan menghinakannya. Taqwa itu ada di sini (seraya menunjuk dada beliau tiga kali). Seseorang telah dikatakan berbuat jahat jika ia menghina saudaranya sesama muslim. Setiap muslim haram darahnya bagi muslim yang lain, demikian juga harta dan kehormatannya”. (HR. Muslim) 

Demikianlah cara-cara mengambil hati calon mertua menurut islam. Semoga info ini bisa bermafaat dan membuat Anda lebih siap untuk bertemu calon mertua kelak sekaligus membangun rumah tangga dalam islam sesuai dengan tata cara pernikahan dalam islam.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,




Post Date: Monday 13th, November 2017 / 04:40 Oleh :
Kategori : Info Islami