Keutamaan Mengerjakan Shalat di Awal Waktu

Manusia merupakan mahluk paling sempurna yang Allah ciptakan dibandingkan mahluk lainnya.

Allah membekali manusia dengan potensi nafsu dan akal yang harus dikelola dengan baik selama manusia hidup. Bahkan, Allah telah mengatur hal yang diperintahkan kepada manusia dalam firman-Nya berikut ini :

Padahal mereka hanya diperintah menyembah Allah, dengan ikhlas menaati-Nya semata-mata karena (menjalankan) agama…”  (QS. Al-Bayyinah: 5)

Ayat ini menyebutkan dengan jelas bahwa manusia hanya diperintah beribadah kepada Allah. Salah satu bentuk ibadah yang dapat manusia lakukan ialah mengerjakan shalat.

Kedudukan shalat dalam Islam ialah menjadi amalan utama yang dikerjakan seorang muslim.

Islam memposisikan shalat sebagai tiang agama yang harus senantiasa ditegakkan.

Terkait prioritas pelaksanaan shalat, Islam pun telah mengatur macam-macam shalat yang terdiri atas shalat wajib dan macam-macam shalat sunnah berikut tata cara pelaksanaannya.

Tata cara pelaksanaan shalat meliputi syarat wajib shalat, syarat sah shalat, dan rukun shalat.

Adapun artikel kali ini akan membahas mengenai salah satu syarat sah shalat terkait waktu shalat, khususnya keutamaan mengerjakan shalat di awal waktu. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai waktu shalat, ada baiknya simak terlebih dahulu ulasan mengenai syarat sah shalat.

Syarat Sah Shalat

Syarat sah shalat adalah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai shalat. Syarat sah shalat meliputi lima hal di antaranya :

  1. Suci badan dari hadas dan najis;
  2. Menutup aurat dengan pakaian yang suci;
  3. Mengetahui masuknya waktu shalat;
  4. Menghadap kiblat;
  5. Berada di tempat yang suci.

Adapun terkait syarat sah shalat yang ketiga, seorang muslim tentu harus memerhatikan pentingnya menjaga waktu shalat, misalnya shalat Maghrib harus dikerjakan pada petang hari sekitar pukul 17.45 WIB sampai dengan 18.30 WIB.

Selain itu, Allah pun telah memerintahkan umat muslim untuk menyegarakan shalat ketika telah tiba waktunya sebagaimana firman Allah berikut :

Sesungguhnya shalat adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” (QS. An-Nisa: 103)

Keutamaan Shalat di Awal Waktu

Shalat di awal waktu merupakan bentuk upaya seorang muslim memelihara hubungannya dengan Allah.

Ia tidak hanya memerhatikan pelaksanaan shalat sesuai tata caranya, tetapi telah memprioritaskan Allah di atas segalanya.

Allah pun senantiasa mengasihi hamba-Nya yang berlaku seperti ini dengan menjanjikannya memperoleh keutamaan shalat di awal waktu yang meliputi :

  1. Masuk Surga

Abu Daud dari Abu Qatadah bin Rib’iy mengabarkan kepadanya, Rasulullah SAW bersabda,

Allah Ta’ala telah berfirman: sesungguhnya Aku mewajibkan umatmu shalat lima waktu, dan Aku berjanji bahwa barangsiapa yang menjaga waktu-waktunya pasti Aku akan memasukkannya kedalam surga, dan barangsiapa yang tidak menjaganya maka dia tidak akan mendapatkan apa yang aku janjikan.”

2. Mendapat Pengampunan Dosa

Sesungguhnya hamba yang muslim, jika menunaikan shalat dengan ikhlas karena Allah, maka dosa-dosanya akan berguguran seperti gugurnya daun-daun ini dari pohonnya.” (HR. Ahmad)

3. Memperoleh Pahala Besar

Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah SAW,

…Seandainya orang-orang mengetahui pahala azan dan barisan (shaf) pertama, lalu mereka tidak akan memperolehnya kecuali dengan ikut undian, niscaya mereka akan berundi.

Dan seandainya mereka mengetahui pahala menyegerakan shalat pada awal waktu, nisaya mereka akan berlomba-lomba melaksanakannya…

Merujuk hadits ini, Rasulullah SAW telah menerangkan seseorang yang mengerjakan shalat di awal waktu akan memperoleh pahala yang berbeda, yakni memperoleh salah satu pahala yang besar dalam Islam.

  1. Dicintai Allah

Amalan yang paling dicintai Allah adalah shalat pada waktunya, berbakti kepada orang tua, dan jihad di jalan Allah.”  (HR. Bukhari dan Muslim)

Selain empat keutamaan shalat di awal waktu menurut hadits di atas, Utsman bin Affan r.a menjelaskan sembilan keutamaan atau kemuliaan lain yang akan diperoleh seorang muslim yang shalat di awal waktu.

Barangsiapa selalu mengerjakan shalat lima waktu tepat pada waktu utamanya, maka Allah akan memuliakannya dengan sembilan macam kemulian, yaitu dicintai Allah, badannya sealu sehat, keberadaannya selalu dijaga malaikat, rumahnya diberkahi, wajahnya menampakkan jati diri orang shalih, hatinya dilunakkan Allah, dimudahkan saat menyebrang As-Shirath seperti kilat, akan diselamatkan Allah dari api neraka,

dan Allah menempatkannya di surga kelak bertetangga dengan orang-orang yang tidak ada rasa takut bagi mereka dan tidak pula bersedih hati.”

Demikianlah penjelasan mengenai keutamaan shalat di awal waktu. Semoga Allah meringankan langkah kita untuk senantiasa mengerjakan shalat di awal waktu.