Sponsors Link

4 Manfaat Shalawat Nariyah Bagi Umat Islam

ads

Shalawat adalah salah satu doa yang sering dibaca oleh umat islam dan merupakan doa yang dipanjatkan dengan menyebut nabi Muhammad SAW atau Rasulullah. Ada beberapa jenis shalwat yang dikenal oleh umat muslim diantaranya adalah shalawat badar, shalawat nariyah, shalawat munjiah dan lainnya.

Shalawat tersebut diucapkan untuk memuji nabi Muhammad SAW sekaligus berdoa kepada Allah SWT (baca manfaat beriman kepada Allah SWT dan fungsi iman kepada Allah SWT). Kali ini dalamislam.com akan membahas mengenai manfaat shalat nariyah sebagai salah satu jenis shalawat yang banyak dilantunkan oleh umat muslim. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut ini. (baca juga penyebab doa tidak dikabulkan Allah SWT dan doa ibu hamil untuk anak dalam kandungan )

Pengertian Shalawat Nariyah

Shalawat yang sering kita baca untuk memuji Nabi Muhammad SAW ternyata memiliki pengertian atau definisi tersendiri baik menurut bahasa atau menurut istilah.

  • Menurut Bahasa

Kata shalawat berasal dari kata salla atau shalat atau shalawat adalah bentuk jamak dari kedua kata tersebut yang berarti doa. Secara bahasa maka shalawat diartikan sebagai suatu doa (baca keutamaan doa nurbuat dan keutamaan doa kanzul arasyi) sebagaimana disebutkan dalam firman Allah SWT suratt At taubah ayat 103 berikut ini

 خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَاتَكَ سَكَنٌ لَهُمْ ۗ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (QS At taubah : 103)

  • Menurut Istilah

Sedangkan menurut istilah shalawat diartikan sebagai pujian kapada Rasulullah SAW seperti yang disebutkan dalam ayat berikut

نَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.(Qs Al Ahzab : 56)

Shalawat nariyah sendiri juga dikenal dengan sebutan shalawat Tafrijiyah. Disebut sebagai shalawat Nariyah karena ada kalangan yang menyebutkan bahwa shalawat ini disusun oleh Syekh Nariyah yang hidup dizaman Rasulullah SAW atau dikenal juga sebagai salah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW. (baca kisah teladan nabi Muhammad SAW dan istri-istri nabi Muhammad SAW)

Sejarah Dan Bacaan Shalawat Nariyah

Seperti yang disebutkan sebelumnya banhwa shalawat nariyah disusun oleh Syekh Nariyah sebagai salah satu bentuk pujian kepada Allah SWT dan meskipun beberapa pihak menyangsikannya, membaca shalawat nariyah tetaplah diperbolehkan. Shalawat ini ditujukan untuk memuji Rasulullah SAW atas segala upayanya menyebarkan ajaran agama islam serta menegakkan tauhid saat itu (baca fungsi agama dalam kehidupan dan sejarah islam di Arab Saudi). Adapun bacaan shalawat nariyah adalah sebagai berikut:

“Allohumma sholli shollatan kamilah wa sallim salaman. Taman ‘ala sayyidina Muhammadiladzi tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu. Wa tuqdhobihil hawa iju wa tunna lu bihiro ‘ibu wa husnul khowatim wa yustaqol ghomawu biwaj hihil kariim wa ‘ala aalihi washosbihi fii kulli lamhatin wa hafasim bi’adadi kulli ma’luu mi laka ya robbal ‘aalamiin”

Artinya : “Ya Allah Tuhan Kami, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan yang sempurna atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan dilepaskan dari segala kesusahan, ditunaikan segala macam hajat, tercapai segala keinginan dan khusnul khotimah, dicurahkan rahmat dengan berkah pribadinya yang mulia. Kesejahteraan dan keselamatan yang sempurnah itu semoga Engkau limpahkan juga kepada para keluarga dan sahabatnya setiap kedipan mata dan hembusan nafas, bahkan sebanyak pengetahuan Engkau, Ya Tuhan semesta alam”

Manfaat Shalawat Nariyah

Sebagai jenis shalawat yang paling banyak diamalkan olah umat muslim, shalawat nariyah diyakini memiliki banyak manfaat atau faedah bagi yang membacanya. Beberapa manfaat shalawat nariyah diantaranya adalah :

  1. Dimudahkan rizkinya

Shalawat nariyah atau yang juga dikenal sebagai shalawat tafrijiyah (shalawat pelepas kesukaran) diyakini bisa mempermudah rezeki apabila dibaca 11 kali. shalawat adalah doa sehingga bisa menjadi penghantar doa apabila seseorang meminta kemudahan mendapatkan rizki. Imam Dainuri juga menyebutkan bahwa membaca shalawta nariyah sebanyak 11 kali selepas melaksanakan shalat fardhu bisa membuat seseorang tidak terputus rezekinya dan memiliki tingkatan seperti orang kaya (baca harta dalam islam)

Sponsors Link

  1. Dimudahkan urusannya

Disebutkan apabila shalawat nariyah dibaca sebanyak 31 kali setelah melaksanakan shalat subuh maka Allah akan melancarkan segala urusan dan usaha yang dilakukannya keesokan harinya. Jadi ada baiknya jika setelah melaksanakan shalat subuh umat muslim menyempatkan diri untuk membaca shalawat ini.

Dalam suatu hadits juga disebutkan bahwa membaca shalawat memiliki  keutamaan yang sangat besar dan dapat mempermudah urusan serta mengabulkan hajat yang dimiliki. Sebagaimana sabda Rasul SAW berikut ini

قال رسول الله صلعممن صلى علي كل يوم مائة مرة  وفي رواية  من صلى علي في اليوم مائة مرة قضى الله له مائة حاجة سبعين منها في الاخرة وثلاثين في الدنيا .

Barang siapa bersholawat kepadaku setiap hari 100 x , dalam riwayat lain mengatakan  Barang siapa bersolawat kepadaku dalam sehari 100 x , maka Allah akan memenuhi baginya 100 hajat yang 70 di berikan di akhirat dan yang 30 di berikan waktu di dunia”

  1. Dijauhkan dari penyakit dan bahaya

Seseorang yang membaca shalawat nariyah sebanyak 90 kali dapat terhindar dari segala penyakit dan bentuk kesusahan lainnya dan juga diberikan kesenangan didunia serta dijauhkan dari kesukaran yang bisa menyulitkan hidupnya.

Sponsors Link

  1. Dikabulkan hajatnya

Shalawat nariyah yang dibaca secara bersama-sama dan dalam suatu majelis yang besar sebanyak 300 kali diyakini akan dikabulkan hajatnya oleh Allah SWt dan dihindarkan dari segala marabahaya yang dapat menimpanya. Hal ini juga disebutkan dalam kitab Khozinatul Asror yang menyatakan bahwa shalawat nariyah adalah alah satu shalawat atau doa yang mustajab untuk meminta sesuatu dan baiknya dibaca sebanyak 4444 kali.

Dalam hadits lainnya juga disebutkan bahwa shalawat mampu melepaskan seseorang dari kesempitan dan mengabulkan hajat mereka yang membacanya.

من عسرت عليه حاجته فليكثر بالصلاة  وفي رواية  فأكثر بالصلاة علي فانها تكشف الهموم والغموم والكروب ونكثر الارزاق وتقضى الحوائج

“Barang siapa sulit keperluannya, maka hendaklan memperbanyak dengan sholawat, dalam sati riwayat : lalu ia memperbanyak dengan sholawat kepadaku, maka sesungguhnya itu bias membuka kesedihan dan kesempitan dan bias memperbanyak rizki dan semua hajjat akan terpenuhi”.

Demikian pengertian dan manfaat shalawat nariyah yang bisa diketahui. Semoga bermanfaat. (baca juga doa menguburkan jenazah dalam islam dan doa mandi haid untuk wanita)

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 14th, November 2016 / 06:53 Oleh :
Kategori : Doa dan Dzikir