12 Cara Menjadi Pintar Dalam Islam yang Pasti Berhasil

Menjadi pintar tentu saja merupakan dambaan bagi banyak orang., sebab orang yang pintar pasti akan meraih banyak prestasi dan dapat membanggakan tidak hanya bagi orang tua, namun juga dapat berguna bagi nusa bangsa dan agama. Tentunya kepintaran atau kecerdasan bukanlah sesuatu yang didapat dengan instan. Selain hal itu merupakan sebuah buah manis dari proses pembelajaran yang panjang, kepintara juga merupakan karunia yang patut disyukuri. Namun ada kalanya banyak orang berlomba lomba untuk dapat menjadi yang terpintar, Hal ini tidak salah sebab dalam hidup kita selalu dituntut untuk berkompetisi sebagimana cara berdakwah yang baik menurut islam .

ads

Islam mengajarkan bahwa menjadi pintar haruslah diraih dengan jalan yang baik. Sebab kebaikan inilah yang nantinya kan menjadi sebuah sumber cahaya dan penerang dalam kehidupan seperti pada cara sukses belajar menurut imam syafi’i . Banyak sekali orang pintar yang justru memanfaatkan kepintarannya untuk hal hal yang buruk sepeti dalam hubungan akhlaq iman dan islam . Tentunya islam sebagai agama yang sempurna memiliki cara tersendiri bagaimana menjadikan pribadi seseorang menjadi pintar, sebagaimana 13 Cara Menjadi Pintar Dalam Islam yang pasti berhasil.

  1. Do’a

Ketika seorang hamba Allah menginginkan ingatan yang lebih baik maka, mintalah Al-Mujib (penjawab doa). Memohon kepada Allah SWT atas apa yang kamu butuhkan dari pengetahuan, pemahaman dan ingatan yang lebih baik.

Meminta kepada Allah dan meyakini bahwa tidak ada yang mustahil dari Allah SWT. Pada suatu kesempatan Dr. Zakir Naik, seorang orator internasional di tanya tentang cara meningkatkan daya ingat. Dia mengatakan bahwa “Saya mengucapkan doa ini untuk meningkatkan ingatan saya: Taha, ayat 25-28.”

Dari situ maka penting untuk berdoa karena berdoa kepada Allah SWT adalah sebenar-benarnya tempat meminta.

2. Cukup Istirahat dan Tidur 

Istirahat yang cukup, tidur yang cukup, kemudian memiliki aktifitas olahraga. dapat membantu kesehatan seseorang secara keselurihan. Saat seseorang tidur, otak bekerja untuk mengatur dan mengarsipkan data data yang terkunpul pada siang hari. Jadi alangkah baiknya untuk memberikan waktu yang cukup pada otak untuk mengatur arsip arsip pada saat kamu tidur. Sehingga penting untuk memberikan waktu tidur yang cukup.

Fungsi lain dari tidur yaitu meregenerasi sel-sel pada otak dan mengurangi stres yang dapat mengganggu fungsi otak. Saat kita tidur otak kita ibarat kantor yang sibuk, mengatur dan mengarsipkan data yang terkumpul di siang hari. Anda perlu memberi cukup waktu untuk menyelesaikan pekerjaan! Tidur juga penting untuk regenerasi sel otak dan mengurangi stres yang bisa mengganggu fungsi otak.

3. Makan Makanan Manis

Seperti yang diungkapkan oleh para ilmuan dan ahli yang mengatakan bahwa terdapat makanan tertentu yang dapat meningkatkan memori atau daya ingat seseorang. Makanan tersebut seperti madu dan buah kismis serta mengunyah jenis resin getah tertentu.

Seperti di ungkapkan oleh Imam Al-Zuhri berkata : “kamu harus makan madu karena itu baik untuk kenangan”.
Dia juga berkata bahwa :”barang siapa ingin menghafal, hadits harus makan kismis”. (dari Dari al-Jaami ‘oleh al-Khateeb, 2/394).

Ibraaheem ibn berkata, “Kamu harus mengunyah permen karet, karena memberi energi ke hati dan menghilangkan kelupaan.” (Dari al-Jaami ‘oleh al-Khateeb, 2/397).


4. Berserah Diri Kepada Allah

Orang yang berserah kepada Allah SWT adalah orang yang beriman dan bertaqwa. Ia adalah orang yang mencoba untuk menghindari dosa. Meninggalkan dosa dapat membuat seseorang memiliki pengetahuan yang lebih baik. Dosa memberikan efek buruk, membuat ingatan yang buruk dan tidak mampu untuk mempertahankan pengetahuannya sebagimana kisah teladan nabi muhammda saw .

Perlu diketahui bahwa dosa atau kegelapan tidak dapat berdampingan dengan cahaya pengetahuan. Hal tersebut karena Allah tidak memberikan pengetahuan kepada orang orang yang berbuat dosa. Seseorang yang melakukan dosa tidak dapat berfikir dengan jernih. Ia banyak memikirkan hal hal yang berkaitan dengan dosa yang telah ia perbuat sehingga tidak dapat membuat ia memlejari sesuatu.

5. Bekam

Hijamah atau di Indonesia sering di kenal dengan Bekam adalah praktik pengobatan yang sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW bersama dengan rekan-rekannya. Hijamah di Indonesia lebih di kenal sebagai praktik untuk mengobati berbagai macam penyakit dan menjaga kesehatan.

Abu Hurairah (R.A) melaporkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Jika ada sesuatu yang sangat baik untuk dijadikan obat, itu adalah bekam (hijama).”

6. Bersiwak

Miswak ini disebutkan sebagai salah satu praktik yang sering Nabu Muhammad SAW gunakan. Dikisahkan oleh Abu Hurairah, Nabi berkata, ‘Jika saya tidak menganggapnya sulit bagi pengikut saya atau orang-orang, saya akan memerintahkan mereka untuk membersihkan gigi mereka dengan siwak untuk setiap doa. “Kitaabus Salaatul Jumu’ah # 845.

Miswak diyakini dapat meningkatkan data ingat dan memberikan kesehatan pada gigi dan mulut.

7. Selalu Mengingat Allah

Cara untuk meningkatkan daya ingat otak adalah ferekuensi mengingat Sang Maha Pencipta Allah SWT sebagimana doa agar dimudahkan rezeki .  Para ilmuwan percaya bahwa mengingat terus-menerus akan Allah akan meningkatkan ingatan. Ini jelas dikatakan dalam Quran:

“… Dan ingatlah Tuhanmu saat kamu lupa …” (al-kahf 18:24)

Muliakanlah Allah dengan membacakan dzikr, tasbeeh (katakan ‘Subhan Allaah’), tahmeed (‘Al-hamdu Lillaah’), tahleel (‘Laa ilaaha ill-allah’) dan takbir (‘Allaahu akbar’), dll.

8. Tidak meninggalkan Sholat 

Salat bukan hanya sebuah kewajiban, Allah memerintahkan salat karena memiliki manfaat terutama bagi kecerdasan otak. Otak membutuhkan oksigen agar tetap bisa digunakan, oksigen didapat dari darah. Sedangkan darah sendiri sangat sedikit yang mengalir ke otak. Jantung kurang mampu memompa banyak darah untuk sampai ke otak, jadi hanya bisa mengalirkan sedikit darah ke otak.

Otak bisa mendapatkan cukup oksigen dari darah dengan cara bersujud. Sujud termasuk dalam gerakan salat, jadi salat mampu meningkatkan kecerdasan otak.


9. Menghafal Al-Quran

Metode menghafal akan menambah daya ingat seseorang, apalagi menghafal Al-Quran. Hal ini sudah terbukti orang yang menghafal Al-Quran daya serap ingatannya semakin tajam termasuk dalam pahala paling besar dalam islam . Tidak harus menghafal, cukup membaca Al-Quran pada saat Subuh dan Maghrib maka akan mampu menambah daya ingat seseorang.

Metode menghafal ataupun membaca Al-Quran ini bisa Anda terapkan pada anak-anak Anda. Sehingga daya serap dan ingatan anak bisa bertambah, jadi kecerdasan anak bisa bertambah.

10. Menjalankan Puasa Sunnah

Mengajarkan anak berpuasa sunah juga dapat meningkatkan kecerdasannya. Orang yang sedang lapar terkadang tidak bertenaga, tetapi kalau puasa sunah tersebut diniati untuk mendapat rida Allah maka InsyaAllah Allah akan memberi tenaga dibanding orang yang tidak berpuasa. Bahkan, laparnya orang berpuasa bisa membuat orang yang berpuasa berpikir lebih cerdas dibandingkan tidak berpuasa sebgaimana cara meningkatkan kesabaran dalam islam .

11. Befikir Positif

Stress dan kecemasan sangat ampuh menghacurkan neuoran otak Anda, sekaligus menghalangi proses produksi neuron tersebut. Kalau gitu terus, gimana cara bisa meningkat IQ-nya? Sebaliknya, dengan berpikir positif dan cendrung solutif, akan mempercepat proses produksi neuron.

12. Meningkatkan Aktivitas Olahraga

Otak Anda akan berterimakasih kepada Anda, sekiranya Anda hobi berolahraga. Karena ketika tubuh Anda bergerak, oksigen semakin terpompa, proses neurogenesis pun menjadi lebih optimal. Jadinya, terciptakan sel-sel otak yang baru. Sehingga jalan peningkatan IQ pun semakin terbuka lebar.

Itulah tadi, 13 Cara Menjadi Pintar Dalam Islam yang pasti berhasil. Semoga dapat bermanfaat.

, , , ,




Post Date: Monday 17th, September 2018 / 10:24 Oleh :
Kategori : Info Islami