17 Keutamaan Abu Bakar Assidiq

Abu Bakar Assidiq ialah salah satu sahabat Rasulullah yang namanya telah terdengar secara umum di telinga setiap umat muslim karena sering disebut dan diceritakan sebagai seorang yang baik akhlaknya dan besar perjuangannya dalam menyertai Rasulullah dalam menegakan islam dan berperang melawan kafir. Sebagaimana sahabat Rasul ialah termasuk termasuk orang orang yang utama kedudukannya di mata Allah.

Namun banyak diantara kita yang hanya mengetahui nama beliau dan sekilas tentang kisahnya sebagai sahabat Rasulullah. sebab itu pada kesempatan kali ini penulis akan menguraikan secara lengkap apa saja keutamaan Abu Bakar Assiqiq agar kita dapat mengambil pelajaran yang berharga dan ikut mengikuti teladan kebaikannya. Yuk simak secara lengkapnya berikut.

1. Orang Kepercayaan Rasulullah

Abu Bakar Assiqid ialah seorang sahabat yang dipercaya Rasulullah untuk menemani beliau ketika berhijrah ke Madinah. Dalam perjalanan tersebut, Abu Bakar selalu melayani, memuliakan, dan menjaga Rasulullah dengan cara membiarkan Rasulullah tidur sementara ia selalu menjaga keselamatan dengan berjaga seolah tidak memiliki rasa letih dan mengorbankan waktu istirahatnya. perjuangannya tersebut termasuk keutamaan sahabat Rasulullah yang memiliki kedudukan tinggi di mata Allah.

2. Saling Menguatkan dengan Rasulullah

Bagaimana pendapatmu wahai Abu Bakar  dengan dua orang manusia sementara yang ketiga ialah Allah?”. (Riwayat Anas bin Malik). Penjelasan tersebut ialah ketika dalam perjalanan hijrah dan mereka dikepung oleh kaum musrik yang ingin menangkap mereka dan Abu Bakar merasa khawatir akan keselamatan Rasulullah kemudian Rasulullah mengucap hadist tersebut kepadanya untuk saling menguatkan dan memberi kedamaian satu sama lain serta menguatkan bahwa iman dalam islam akan memudahkan segala urusan manusia dalam hal apapun.

3. Memiliki Ilmu Paling Dalam

Ketika Rasulullah berkhutbah dengan bercerita bahwa Allah menyuruh untuk memilih dunia atau memilih ganjaran pahala dan hamba tersebut memilih pahala. Mendengar hal itu Abu Bakar menangis dan sahabat lain heran dengan alasannya karena Rasulullah hanya menceritakan tentang seeorang yang memilih kebaikan. Akhirnya diketahui bahwa hamba tersebut ialah Rasulullah itu sendiri dan hanya Abu Bakar yang mengerti karena ilmunya lebih dalam diantara yang lain. Abu Bakar memahami bahwa keutamaan berilmu dalam islam akan membawa kebaikan di dunia dan di akherat.

4. Paling Besar Jasanya

Orang yang paling besar jasanya dalam persahabatan dan kerelaan mengeluarkan hartanya adalah Abu Bakar”. (Riwayat Abu Sai’id). Rasulullah bersabda demikian ketika khutbah yang menunjukkan bahwa beliau mengakui kebaikan dan jasa Abu Bakar sehingga tak diragukan lagi bahwa Abu Bakar ialah teladan yang sangat mulia. banyak kisah teladan Rasulullah yang terdapat cerita tentang Abu Bakar di dalamnya, tentang jasa dan keimanannya.

5. Sahabat Terbaik Rasulullah

Andai saja aku diperbolehkan memilih kekasih selain Rabb ku pastilah aku akan menjadikan Abu Bakar sebagai kekasih, namun cukuplah persaudaraan se islam dan kecintaan karenanya”. (Riwayat Abu Sa’id). Masih dari khutbah yang sama, jelas bahwa Rasul amat mencintai Abu Bakar sebagai sahabat dan mengakui ketulusan dan kesetiaannya dalam menyertai beliau demi agama Allah. istiqomah dalam islam selalu diterapkan Abu Bakar dalam kesehariannya dan dibuktikan dengan akhlak baiknya yang dilakukan secara terus menerus.

6. Dicintai Rasulullah

Seseorang menemui Rasulullah dan bertanya, “Siapakah orang yang anda cintai? Beliau menjawab, Aisyah. Kemudian orang tersebut bertanya lagi, dari kalangan laki laki? Rasulullah pun menjawab, Bapaknya (Abu Bakar)”. (Riwayat Amr bin Ash). Jelas dari hadist tersebut bahwa Abu Bakar ialah orang yang paling dicintai Rasulullah dari kalangan laki laki.

Rasulullah mencintai Abu Bakar karena akhlak baik dan perjuangan mulianya membantu penegakan islam. Abu Bakar memang terkenal berani dalam melawan orang orang kafir dan selalu siap emmbela dan menjaga keselamatan Rasullulah. Ia membuktikan bahwa ia mencintai Rasulullah dengan tulus karena memahami bahwa Rasulullah ialah utusan Allah yang memang wajib diikuti dan dimuliakan.

7. Dipastikan Masuk Surga

Ketika Rasulullah berada di suatu tempat dan datang Abu Bakar disambut oleh beliau dengan hadist berikut “Persilahkan dia masuk dan beritahukan padanya bahwa dia adalah penghuni surga”. (Riwayat Abu Musa Al Asy’ari). Sejak Abu Bakar hidup di dunia telah dijamin bahwa ia adalah salah seorang yang dipastikan masuk surga.

Jaminan tersebut disabdakan langsung oleh Rasulullah karena amal kebaikan yang telah dibuat sahabat tercintaya tersebut. Merupakan anugrah yang luar biasa karena dijamin masuk surga ialah anugrah dan kenikmatan luar biasa dari Allah dimana memang tidak ada nikmat yang lebih indah selain nikmat mendapat kehidupan surga di akherat yang kekal.

8. Khalifah Pertama

Ketika Rasulullah wafat, Abu Bakar menjadi khalifah islam yang pertama dan ia adalah salah satu diantara empat Khalifah yag diberi gelar Khulafaur Rasyidin atau Khalifah yang diberi petunjuk. Ia seorang yang amanah dan teladan sangat baik selama menjalani masa kepemimpinannya dan selalu menjalankan segala aspek kehidupan berdasarkan aturan dan syariat islam.

9. Cerdas dalam Berbagai Bidang

Sejarawan mencatat, Abu Bakar ialah seorang pedagang yang jujur, hakim yang amanah dan memiliki kedudukan yang tinggi, seorang yang cerdas dan terpelajar yang selalu mendalami agama islam tanpa lelah serta mengamalkannya, serta dipercaya sebagai orang yang mampu menafsirkan mimpi, ia seorang yang tekun dalam berbagai bidang.

10. Mengorbankan Harta demi Islam

Pada jaman Rasulullah, seorang yang memeluk islam disiksa oleh penduduk Mekkah yang sebagian besar masih percaya pada ajaran sesat nenek moyang mereka, penyiksaan paling berat dialami oleh orang orang yang memiliki status sebagai budak karena tidak ada yang melindungi dan membela sehingga dianiaya dengan semena mena oleh tuannya. Abu Bakar pun membebaskan para budak dengan membeli dari tuannya dengan mengorbankan hartanya agar para umat islam tidak disiksa.

11. Terikat Secara Kekeluargaan

Abu Bakar merupakan ayah dari istri Rasulullah yaitu Aisyah, sehingga Abu Bakar pun menjadi sahabat terbaik sekaligus memiliki ikatan keluarga dengan Rasulullah. hal tersebut membuat keduanya semakin dekat satu sama lain. Abu Bakar merasa sangat bahagia dan merasa mendapat anugrah terbaik ketika Rasulullah memilih anaknya sebagai istrinya.

12. Memiliki Hati Paling Tabah

Sepeninggal Rasulullah, kaum muslim menjadi kebingungan dan larut dalam kesedihan sehingga kepemimpinan menjadi tidak jelas dan banyak timbul isu yang disebar oleh kaum kafir. Abu Bakar pun segera mengambil inisiatif untuk musyawarah dan menentukan siapa yang akan memimpin menggantikan Rasulullah, dalam masa berduka pun ia masih tetap tabah dan mampu berfikir positif.

13. Menjadikan Keadaan Umat Islam Stabil

Karena kecerdasan dan ketenangannya, Abu Bakar mampu menghentkikan kekuasaan orang kafir dengan mengatur strategi untuk menakhlukkan musuh hingga umat islam berada dalam kemenangan dan musuh daat ditakhlukkan. Hal itu membuat keadaan umat islam yang awalnya hpenuh hiruk pikuk dan ketakutan menjadi tenang kembali.

14. Melestarikan Al Qur’an

Abu Bakar juga berperan dalam melestarikan Al Qur’an dengan menulisnya di jaman terdahulu pada media tulis seperti tulang dan kulit, setelah lengkap penulisannya, disimpanlah oleh Abu Bakar dan keturunan selanjutnya hingga menjadi Al Qur’an yang dikenal saat ini. Abu Bakar turut berjuang mempertahankan kemurnian Al Qur’an dan menyebarkan ilmunya kepada setiap umat islam, jasanya sungguh besar karena Al Qur’an ialah kitab yang tentu saja menjadi pedoman dan sangat dibutuhkan oleh semua umat.

15. Dekat dengan Rasulullah hingga Wafat

Ketika Abu Bakar wafat,  ia dimakamkan di dekat Masjid Nabawi di samping makam Rasulullah. ketika jenazahnya dibawa mendekati pintu makam Rasulullah pintu makam langsung terbuka tanpa dibka oleh siapapun dan terdengar suara dari dalam “Masuklah orang yang dicintai kepada orang yang mencintainya”.  Yakni Abu Bakar yag dicintai oleh Rasulullah. sungguh merupakan tanda bahwa Abu Bakar orang seorng shalil yang dekat dengan Rasulullah hingga wafat, yakni di dunia dan di akherat.

16. Memiliki Karakter Tangguh

Abu Bakar Assiqid  terkenal dengan kebaikan, keberanian, kuat pendiriannya, dan tetap mampu berfikir tenang dalam keadaan segenting apapun. Sikapnya yang sabar dan memiliki tead kuat tersebut membawanya menjadi seorang yang bertawakkal dengan janji Allah serta jauh dari pemikiran yang sesat. Beliau seorang yang terkenal selalu menjauhi perbuatan terkenal sejak masa Jahiliyah sehingga Allah pun meridhainya.

17. Termasuk Orang yang Pertama Memeluk Islam

Abu Bakar termasuk orang yang pertama memeluk islam, ia percaya kepada ajaran Allah ketika yang lain mencela dan menjauhi. Ia membela dan berjuang menyertai dakwah Rasul sejak pertama Rasulullah mendapat wahyu, sebab itu termasuk keutamaan Abu Bakar Assidiq ialah orang yang mendapat hidayah dari Allah sehingga mampu melakukan amal yang sempurna di sisa hidupnya.

Sungguh mulia bukan akhlak Abu Bakar Assidiq? Tentu tidak sembarang orang mendapat hidayah memiliki hati sebaik dan sekuat Abu Bakar, imannya yang kuat dan ketulusannya yang dalam selama menyertai Rasulullah bahkan setelah Rasulullah wafat ia tetap berjuang untuk menegakkan islam. Maka panaslah jika merupakan salah seorang yang memiliki banyak keistimewaan.

Demikian artikel mengenai keutamaan Abu Bakar AsSidiq, semoga bisa menjadi wawasan islam yang bermanfaat untuk kita semua dan menjadi teladan yang baik bagi kita sehingga dapat menajdi bahan untuk memperbaiki diri dan mencontoh sifat sifat mulia orang orang shalih terdahulu. Terima kasih sudah membaca. Salam hangat dari penulis.