17 Keutamaan Shalat Subuh di Masjid

Keutamaan shalat subuh atau pun keutamaan shalat ashar berjamaah di masjid bagi seorang laki – laki memang sangat dianjurkan. Sesungguhnya bagi kaum muslim yang ikut serta dalam mensejahterakan masjid, surgalah tempat paling cocok untuknya kembali.

ads

Sebagai umat muslim sudah selayaknya anda menjalankan ibadah shalat di masjid. Terlebih lagi jika rumah anda sangat dekat dengan masjid atau pun mushola, anda wajib mendatangi secara rutin untuk beribadah.

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai keutamaan shalat subuh di masjid yang akan diulas lebih dalam lagi, yuk kita simak bersama – sama penjelasan di bawah ini :

1. Mendapatkan Pahala Lebih Besar

Setiap umat muslim pasti sudah tau bahwa pahala yang dijanjikan oleh Allah apabila kita melaksanakan shalat jamaah di masjid, tentunya jauh lebih besar dibandingkan dengan melaksanakan  shalat subuh di rumah. Allah akan memberikan 27 kali lipat kepada hamba – hambanya.

2. Bisa Berjamaah

Melaksanakan ibadah shalat memang lebih afdol dan nyaman jika dilakukan dengan cara berjamaah. Selain itu Allah Swt juga lebih memuliakan hambanya yang berusaha untuk shalat berjamaah. Terlebih lagi jika menyambangi masjid dengan berjalan kaki dari rumah.

Setiap langkah yang anda hentakkan akan menjadi sumber kebaikan. Karena Allah akan memberikan keberkahan dari setiap langkah kaki tersebut. Begitu istimewanya melaksanakan shalat berjamaah tanpa terkecuali shalat subuh. Namun anda juga perlu memperhatikan hukum shalat berjamaah dengan wanita yang bukan muhrim agar bisa lebih sempurna lagi ibadah anda.

3. Mendapatkan Keberkahan Dari Allah SWT

Melaksanakan ibadah shalat subuh berjamaah mempunyai peluang besar untuk memperoleh berkah dari Allah Swt. Dikarenakan semua aktivitas yang dilakukan pada saat pagi hari, khususnya aktivitas wajib seperti halnya shalat subuh berjamaah, telah didoakan untuk semua umatnya yang beriman dan bertakwa agar memperoleh berkah. Yang memanjatkan doa ialah Rasulullah Saw:

“Ya Allah, berkahilah umatku pada waktu paginya.” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibn Majah)

4. Berada Pada Jaminan Allah SWT

Orang yang menjalankan shalat subuh secara sempurna, seperti yang dianjurkan yakni dengan menjalankannya secara berjamaah, maka ia akan mendapatkan jaminan dan juga perlindungan lebih dari Allah Swt.

Dengan begitu, siapa saja hamba yang berada di dalam perlindungan Allah Swt,  maka hamba tersebut tidak diperbolehkan sampai tersakiti. Siapa saja yang berniat dan akan mencoba mencelakakannya, sudah bisa dipastikan ia terancam dengan azab Allah yang sangat pedih.

Hal ini dikarenakan ia telah melanggar mengenai perlindungan yang sudah Allah berikan kepada hamba tersebut, dalam haditsnya, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Barang siapa yang melaksanakan shalat Subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan sampai Allah menuntut kalian sesuatu apa pun pada jaminan-Nya. Karena barangsiapa yang Dia tuntut pada jaminan-Nya, pasti Dia akan mendapatkannya. Kemudian dia akan ditelungkupkan pada wajahnya di dalam Neraka.” (HR. Muslim, dari Jundubibn Abdillah al-Bajali Radhiallahu ‘anhu)

Sponsors Link

5. Mendapatkan Cahaya Pada Saat Kiamat

Keadaan  pada waktu subuh pada umumnya memang masih terlihat gelap, meskipun sekarang ini sudah ada penerangan dengan memanfaatkan listrik.

Namun, dengan adanya keadaan semacam itulah justru banyak ganjaran yang diberikan dari Allah Swt bagi hamba – hamba yang menuju ke masjid untuk menjalankan shalat subuh berjamaah dengan didiringi cahaya sempurna pada saat datang hari kiamat kelak, dalam hadits sudah dijelaskan bahwasannya :

Dari Buraidah al-Aslami radhiyallahu anhu dari Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang berjalan pada saat gelap menuju masjid, dengan cahaya yang sempurna pada hari Kiamat.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

6. Mendapatkan Ganjaran Shalat Malam Sepenuh Waktunya

Apakah sebagai hamba yang taat kita bisa melaksanakan shalat malam (tahajud) semalam penuh? Tentu saja akan terasa sangat sulit karena banyaknya aktivitas pada saat siang hari yang harus kita kerjakan. Untuk itu keutamaan shalat tahajud wajib anda tau agar dalam hal pelaksanaan shalat subuh ke masjid bisa lebih bersemangat.

Meskipun demikian, dengan menjalankan shalat subuh berjamaah, maka kita akan mendapatkan pahala seperti menjalankan shalat malam sepenuh waktu malam. Dalam hadits Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dijelaskan :

“Barang siapa yang melakukan shalat Isya berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan shalat setengah malam. Barang siapa yang melakukan shalat Subuh berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan shalat malam sepanjang waktu malam itu.” (HR. Muslim, dari Utsman bin Affan Radhiallahu ‘anhu)

7. Dibebaskan Dari Sifat Orang Munafik

Di antara kita siapa yang berani dan bisa menjamin bahwa dirinya sendiri telah bebas dari sifat kemunafikan? Perlu anda ketahui ciri ciri orang munafik agar anda bisa terhindar dari sifat tersebut.

Dahulu kala para tokoh Salaf saja, yang sebenarnya mempunyai tingkat keimanan yang lebih baik daripada kita, mereka masih saja takut dan juga khawatir dengan sifat kemunafikan?

Nah melihat kejadian tersebut, seharusnya kita yang lebih khawatir terhadap keadaan kita sekarang ini? Terlebih lagi kehidupan di dalam dunia memang sudah pasti banyak godaan menerpa.

Shalat Subuh secara berjamaah ialah salah satu cara yang bisa kita lakukan agar bisa terhindar dari sifat kemunafikan tersebut, dijelaskan di dalam hadits :

“Tidak ada Shalat yang lebih berat (dilaksanakan) bagi orang munafik daripada shalat Subuh dan Isya. Seandainya mereka tahu (keutamaan) yang terdapat di dalamnya, niscaya mereka akan melakukannya kendati dengan merangkak. Sungguh aku telah hendak memerintahkan kepada petugas azan untuk iqamat (Shalat) kemudian aku mengambil bara api dan membakar (rumah) orang yang belum tidak keluar melaksanakan Shalat (di masjid).” (HR. Bukhari-Muslim, dari Abu Hurairah)

8. Shalat Subuh Berjamaah Dipersaksikan Oleh Malaikat

Dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“­Malaikat bergantian melihat kalian pada siang dan malam. Para malaikat itu bertemu di shalat Subuh dan shalat Ashar. Kemudian yang bermalam dengan kalian naik (ke langit) dan ditanya oleh Rabb mereka, dan Dia lebih tahu keadaan hamba-hambanya, Bagaimana kondisi hamba-hambaku ketika kalian tinggalkan?’ Para malaikat menjawab, ‘Kami meninggalkan mereka dalam keadaan shalat, dan kami mendatangi mereka dalam keadaan shalat.” (HR. Bukhari-Muslim)

9. Berpeluang Memperoleh Pahala Haji atau Umrah Jika Berzikir Hingga Terbitnya Matahari

Bisa kita bayangkan banyaknya dan besarnya pahala yang akan kita peroleh jika berusaha untuk memaksimalkan kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya. Maka dari itu anda perlu tahu keutamaan berdzikir agar lebih bisa menyerapi makna dan keuntungannya.

Dasar dari pernyataan ini ialah keterangan dari Anasibn Malik Radhiallahu ‘anhu, dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang bersabda:

“Barang siapa yang shalat Subuh berjamaah kemudian dia duduk berzikir kepada Allah hingga matahari terbit, lantas shalat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, yang sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. Tirmidzi)

10. Kesempatan Untuk Melaksanakan Shalat Sunah Subuh

Kesempatan lain yang mungkin saja bisa kita dapatkan selain dengan cara berusaha untuk melaksanakan shalat subuh secara berjamaah ialah dengan melaksanakan shalat sunah subuh dua rakaat. Shalat sunat Subuh dua rakaat memiliki kelebihan yang sudah jelas maknanya disebutkan dalam hadits.

“Dua rakaat (shalat sunah) Subuh lebih baik daripada dunia dan segala isinya.” (HR. Muslim dari Ummul MukmininAisyah Radhiallahu ‘anha)

ads

11. Keselamatan Dari Siksa Neraka

Terbebasnya dari siksa panasnya api neraka merupakan berita yang sangat gembira, pasti akan berhubungan dengan kemuliaan masuk surga. Pahala ini tentunya hanya berlaku bagi hamba – hamba yang menjalankan shalat subuh secara berjamaah. Bisa kita lihat di Hadits berikut:

Dari Umarah Radhiallahu ‘anhu berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, ‘Tidak akan masuk Neraka seorang yang shalat sebelum terbitnya matahari (Subuh) dan terbenamnya matahari (Ashar).”(HR. Muslim)

12. Kemenangan Dengan Melihat Allah Ta’ala Pada Hari Kiamat Nanti

Kemenangan dan kesempatan seperti ini tentu saja merupakan berkah terbesar yang telah dikaruniakan Allah kepada hamba – hamba – Nya.

Dari Jarir Bin Abdullah al-Bajali Radhiallahu ‘anhu berkata, “Kami pernah duduk bersama Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, kemudian beliau melihat ke bulan di malam purnama itu, Rasulullah bersabda, ‘Ketahuilah bahwa sesungguhnya kalian akan melihat kepada Rabb kalian sebagaimana kalian melihat kepada bulan ini. Kalian tidak terhalangi melihatnya. Bila kalian mampu untuk tidak meninggalkan shalat sebelum terbitnya matahari dan sebelum terbenamnya, maka lakukanlah!” (HR. Bukhari-Muslim)

13. Melatih Kita Untuk Tidak Menjadi Pribadi yang Malas

Bangun pagi – pagi dan keluar rumah untuk melaksanakan shalat subuh tentu saja akan melatih mendisiplinkan diri. Banyak orang yang merasa malas keluar rumah karena suhu yang masih terasa dingin atau pun karena masih gelap.

14. Menjemput Rejeki Lebih Awal

Bangun pagi untuk melaksanakan shalat subuh berjamaah di masjid sama halnya anda sedang menjemput rejeki di hari tersebut. Karena shalat lebih baik dari pada tidur. Bagi mereka yang malas dan selalu bangun siang, sama saja ia tidak ingin menjemput rejekinya sendiri.

15. Ikut Mensejahterakan Masjid

Dengan kita rajin mendatangi masjid untuk melaksanakan shalat, secara langsung kita ikut andil dalam hal kebaikan yakni ikut mensejahterakan masjid. Kita tentu saja tidak mau bukan, masjid kita sepi tak berpenghuni?

16. Memberikan Contoh Baik Bagi Generasi Penerus

Sebagai umat muslim yang sudah mempunyai kewajiban menjalankan perintah – Nya, tentu saja harus memberikan contoh baik bagi generasi penerus dengan cara melaksanakan shalat di masjid. Secara tidak langsung, anak – anak yang melihatnya jadi ingin meniru.

17. Berlomba – Lomba Dalam Hal Kebaikan

Sebagai umat muslim yang beriman dan bertakwa, sebaiknya melakukan hal – hal positif selagi masih diberikan kesempatan untuk hidup di dunia ini. Karena kehidupan di dunia tidaklah kekal. Jadi berlomba – lombalah dalam hal kebaikan.

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai keutamaan shalat subuh di masjid yang sudah diulas di atas secara detail dan dikemas dengan baik diharapkan bisa membantu memudahkan anda dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi sehingga layak dijadikan sebagai sumber referensi.

Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai keutamaan shalat subuh di masjid. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat sekalian dan terima kasih sudah meluangkan sedikit waktunya untuk membaca artikel saya ini. Sampai jumpa di artikel lainnya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,




Post Date: Friday 10th, November 2017 / 02:09 Oleh :
Kategori : Info Islami