Manfaat Media Dalam Pendidikan Islam

Pendidikan merupakan salah sau cara untuk dapat memperoleh ilmu dan pngetahuan yang akan digunakan sebagai bekal hidup dimasa depan. Apalagi saat ini pendidikan menjadi modal utama untuk dapat bersaing di dunia kerja.

ads

Terlepas dari itu, selain pendidikan umum, manusia juga membutuhkan pendidikan agama. Pendidikan agama merupakan sebuah pondasi dalam pembentukam karakter seorang manusia juga merupakan tujuan pendidikan islam  itu sendiri .

Oleh karena itu, dalam prakteknya pendidikan agama harus ditempuh sejak dini sampai pada masa waktu yang tidak dibatasi sebagaimana fungsi agama yang merupakan pondasi dalam kehidupan manusia sebagaimana manfaat beriman kepada allah swt dan juga rukun islam serta rukun iman . Sebagaimana hadist Rasulullah :

“Carilah ilmu mulai dari buaian hingga ke liang lahat”.

Dalam islam sendiri perihal menuntut ilmu atau pendidikan juga tertuang jelas dalam Al-Qur’an surat An Nahl ayat 64:

وَمَا أَنْزَلْنَا عَلَيْكَ الْكِتَابَ إِلَّا لِتُبَيِّنَ لَهُمُ الَّذِي اخْتَلَفُوا فِيهِ وَهُدًى وَرَحْمَةً لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

Dan kami tidak menurunkan kepadamu Al-Kitab (Al-Qur’an) ini, melainkan agar kamu dapat menjelaskan kepada mereka apa yang mereka perselisihkan itu dan menjadi petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman.”

Allah sendiri me jelaskan bahwa telah menempatkan derajat orang yang berilmu dan orang beriman beberapa derajat. Sebagaimana firman Allah SWT berikut :

“Wahai orang-orang yang beriman!Apabila dikatakan kepadamu,”Berilah kelapangan didalam majelis, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan  memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan berdirilah  kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman diantara kamu dan orang-orang yang berilmu beberapa derajat”. [QS. Mujadalah:11]

Manfaat Media Dalam Pendidikan Islam 

Firman Allah SWT yang turu pertama kali ialah surah Al-alaq 1-5, yang berbunyi :

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ (1) خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ (2) اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ (3) الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ (4) عَلَّمَ الْإِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ (5)

Artinya ”

  1. Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan,
  2. Dia telah menciptakan manusia dari ‘Alaq,
  3. Bacalah, dan Tuhanmulah yang paling Pemurah,
  4. Yang mengajar manusia dengan pena,
  5. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang belum diketahuinya,

Makna dari surat tersebut menjelaskan bahwa perintah Allah SWT yang pertama ialah “Bacalah”. Jika dijabarkan lebih luas maka hal ini berarti sebagai perintah untuk membaca semua isi kandungan Al’Quran dan menggunakannya sebagai pedoman hidup. Sebagaimana firman Allah SWT berikut :

Kami turunkan kepadamu Al Quran, agar kamu menerangkan pada umat manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka dan supaya mereka memikirkan”. [QS. An-Nahl:44]

Dalam proses pendidikan tentunya manusia selalu terkait dengan proses belajar yang akan dilakukan selama sepanjang hidupnya sebagai bentuk cara agar hati tenang dalam islam dan sebagai cara menghilangkan stres dalam islam.


Dalam proses pendidikan ini tentu melibatkan lingkungan, pengajar serta sarana dan prasarana pendukungnya. Dalam proses belajar mengajar, kehadiran alat/media mempunyai arti yang cukup penting.

Karena dalam kegiatan tersebut, ketidakjelasan bahan yang disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara.

Tentunya penggunaan media dalam pendidikan memiliki manfaat dalam berlangsungnya proses pendidikan itu sendiri. Dalam artikel ini akan dijelaskan secara singkat mengenai manfaat media dalam pendidikan agama  islam. Simak selengkapnya.

1.  Menurut Nana Sujana dan Ahmad Rifai

Manfaat media dalam pendidikan islam adalah sebagai berikut

  • Menumbuhkan Motivasi dalam Belajar

Penggunaan media dalam proses pembelajaran, dipercaya dapat menumbuhkan motivasi belajar pada siswa. Hal ini disebabkan karena, penggunaan media baik audio ataupun visual dapat berpengaruh langsung kepada minat dan keinginan untuk belajar.

Media dalam pendidikan islam merangsang pola pikir anak serta dapat menumbuhkan semangat belajar yang meningkat. Tentunya hal inilah yang akan berpengaruh pada prestasi si anak.

  • Bahan Pengajaran akan Lebih Jelas dan Menarik

Tidak dapat dipungkiri bahwa menfaat media dalam pendidikan islam juga menjadi bahan ajar yang lebih jelas dan menarik. Dibanding hanya mendengarkan penjelasan guru, seorang siswa biasanya akan lebih bisa memahami pelajaran yang diberikan ketika bahan ajar diberikan dengan lebih menarik.

Misalnya disertai dengan audio atau gambar-gambar bergerak atau visual. Tentunya hal ini akan dapat membantu pengajar dan siswa untuk dapat lebih menikmati pendidikan agama yang disampaikan

  • Metode Pengajaran akan Lebih Bervariasi

Di sekolah umum biasanya menggunakan metode pengajaran yang bisa dikatakan lebih monoton, atau itu-itu saja. Tentunya hal inilah yang kemudian membuat para siswanya akan merasa bosan dan boring. Sebab cara penyampaian pelajaran yang diberikan ya begitu saja dan hampir sama untuk setiap mata pelajarannya.

Nah, dalam hal ini penggunaan media dalam pendidikan agama akan sangat membatu untuk dapat menghapus rasa kebosanan para siswa. Penggunaan metode pengajaran yang lebih bervariasi juga akan membuat siswa tertarik untuk dapat belajar ilmu agama lebih dalam.

  • Siswa Lebih Banyak Melakukan Aktifitas Belajar

Manfaat media dalam pendidikan islam yang terakhir menurut Nana Sujana dan Ahmad Rifai adalah bahwa dengan adanya motivasi, ketertarikan, dan menariknya proses dalam belajar ilmu agama. Maka para siswa akan lebih bersemangat dan lebih banyak melakukan kegiatan belajar.

Sebab kegiatan yang mereka lakukan terasa lebih menyenangkan. Tentunya hal ini lah yang dapat memberikan dampak efektif dalam pendidikan agama bagi anak.

2.  Menurut Hamalik

Lebih lanjut dijelaskan juga bahwa, Hamalik mendeskripsikan manfaat dari penggunaan media dalam pendidikan agama adalah sebagai berikut :

  • Mengurangi Verbalisme

Verbalisme merupakan istilah yang digunakan untuk mengambarkan pembelajaran yang lebih banyak menggunakan kata-kata atau bahasa. Verbalisme banya digunakan dalam metode sekolah pada umumnya, yakni dimana ketika seorang guru kemudian memberi penjelasan kepada muridnya mengenai satu pokok bahasan dalam satu mata pelajaran.

Verbalisme tergolong cara kuno dan tidak dapat menimbulkan minat belajar yang meningkat. Siswa malah cenderung akan bosan karena hanya disuguhi kata-kata dan penjelasan yang tidak akan bisa mereka cerna.

Namun, beda dulu beda sekarang, memanfaatkan zaman yang semakin canggih maka media berperan penting dalam mengurangi verbalisme ini. Secara nyata penggunaan lebih menarik dan membuat tidak banyak kata yang digunakan.

Namun, lebih kepada penjelasan sederhana yang akan sangay mudah diterima dan dimengerti. Alhasil maka minat belajar anak terhadap pendidikan agama akan semakin meningkat.

  • Memperbesar Perhatian Siswa

Sudah menjadi tugas bagi para pengajar untuk dapat menarik perhatian siswa terhadap mata pelajaran yang diberikannya. Pada faktanya hanya 2 dari 10 siswa yang tertarik dengan penjelasan yang biasa dilakukan. Sedangkan 8 siswa lainnya tidak tertarik atau bahkan tidak tertarik sama sekali.

Untuk mengakomodir hal ini, media merupakan kunci untuk dapat menarik perhatian siswa. Penggunaan media audio atau visual akan membuat proses belajar lebih asik. Sehingga perhatian siswa akan terfokus pada materi pelajaran yang diberikan.

  • Membuat Pelajaran Lebih Mudah Dipahami

Media juga memiliki manfaat yang tak dapat dikesampingkan, yakni dapat membuat para siswa lebih mudah memahami pendidikan agama yang diberikan. Penggunaan media dapat membuat penyampaian materi lebih efektif. Tentunya hal inilah yang kemudian membuat para siswa dapat menerima dan memahami materi yang diberikan.


  • Menumbuhkan Pemikiran yang Teratur dan Kontinyu

Peran media dalam pendidikan agama juga dapat menumbuhkan pemikiran yang teratur dan kontinyu. Dalam hal ini meruapakan pengaruh penggunaan media pada psikologis para murid.

Sehingga akan mempengaruhi pemikiran mereka untuk lebih teratur dan kontinyu dalam belajar. Mengingat proses belajar yang menyenangkan dan mudah dipahami.

Itulah tadi, manfaat media dalam pendidikan agama islam. Tentunya untuk dapat memaksimalkan manfaat dari penggunaan media yang dipakai dalam pendidikan agama, dibutuhkan kerjasama dan eran yang konkrit dari elemen baik para siswa ataupun para pengajar.

Dengan kerjasama inilah yang kemudian akan membuat manfaat dari penggunaan media dapat dirasakan oleh semua elemen. Semoga dengan pendidikan agama islam yang diterima kita semua dapat menhindarkan sifat sombong dalam islam ,  dijauhkan dari ciri-ciri orang yang tidak ikhlas beribadah kepada allah swt dan juga bahaya putus asa dalam islam . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

, , , ,




Post Date: Tuesday 13th, March 2018 / 05:10 Oleh :
Kategori : Info Islami