10 Manfaat Tasawuf Dalam Dunia Islam

Tasawuf adalah ilmu jalan menuju Allah. Tasawwuf adalah ilmu yang sesuai dengan jalur Islam melalui pengalaman langsung sang Nyata dan bukan melalui lidah atau belajar dari buku. Ini menyiratkan ditinggalkannya teologi apapun. Tauhid tidak logis. Dalam hal ini Tasawwuf adalah pelindung Tauhid: La ilaha illallah.

ads

Muslim menegaskan: La halwa wa la quwwata illa billah. Ini menyiratkan bahwa tidak ada dua kekuatan di alam semesta sepeti ilmu tasawuf modern.

Hanya ada Allah. Ini adalah tipikal teologi esoteris untuk mengatakan bahwa dunia terbagi menjadi dua kekuatan yang saling berkelahi; Ayat-ayat yang baik adalah kejahatan atau kegelapan versus terang atau kebenaran versus yang salah. “Haqq sedang melawan Batil” ini adalah pernyataan dualis yang khas. Tapi ini mustahil. Batil, “kepalsuan”, tidak tahan melawan Haqq, karena tidak ada dua kekuatan kecuali dalam imajinasi mushrikun.

Namun, berapa banyak buku modernis yang hadir dengan kosmologi menyimpang ini yang sesuai dengan mushrikun. La halwa wa la quwwata illa billah juga berarti ada satu sumber kekuatan. Allah memberi kita kuasa-Nya dan menjilati dari kita dengan keterbatasan kita.

Oleh karena itu kita adalah sumber kesengsaraan kita sendiri. Kami hanya menghambat terbentuknya Islam. Semua sarana tersedia bagi kita. Dari sinilah datang tawakkul: hasbunullahu wa niamal wakil, “Allah sudah cukup bagi kita dan Dia adalah wali terbaik” sperti hakikat tasawuf falsafi.

Tawakkul adalah kepercayaan pada Allah. Ini adalah makanan faqir. Ini memperkuat faqir seperti zuhud yang melemahkan “saya”, dan ini adalah salah satu kualitas terpuji yang harus dimiliki semua orang. Allah berfirman, “Barangsiapa mengandalkan Allah, Ia cukup untuk Dia.” Kenyataannya adalah kepercayaan diri dan ketenangan hati dan kesadaran bahwa rezeki tubuh fisik Anda hanya oleh Allah saja. Ini bukan oleh siapapun selain Allah layaknya tasawuf amali.

Tasawwuf tidak menjadi konsumen pasif dan jinak dalam masyarakat ini dengan malam yang tercerahkan dan akhir pekan. Tasawwuf adalah transformasi hati Anda sehingga Anda menyadari bahwa Anda bertanggung jawab atas Dunya, dan dunya tidak bertanggung jawab atas Anda.

Hal ini memungkinkan kita untuk memahami bahwa apa yang Allah perintahkan adalah mungkin, dan ini menunjukkan jalan kita untuk mencapai tujuan tertinggi kita fisabilillah. Tasawwuf memungkinkan kita untuk memahami bahwa perbuatan hati lebih kuat daripada perbuatan anggota badan.

Manfaat Tasawuf Dalam Dunia Islam

Tasawuf memiliki banyak manfaat dalam kehidupan dan dunia islam, di bawah ini adalah 10 manfaat tasawuf yaitu:

1. Dalam bidang kecerdasan emosional

Apabila dapat mengamalkan tasawuf dengan baik maka dapat mengendalikan emosionalnya dengan baik pula.

2. Dalam bidang kecerdasan spiritual

Tasawuf mengingatkan manusia tentang kemaitian, agar umat manusia selalu beribadah, beramal shaleh, serta menjauhi perbuatan maksiat dan kejahatan.


3. Dalam bidang Agama

Tasawuf ini sangat diperlukan agar umat islam bisa mengamalkan teori Islam secara kaffah dan juga untuk mengembangkan integrasi sosial dan kerukunan hidup dalam beragama serta bebangsa.

4. Dalam bidang etos kerja

Tasawuf dapat memperkuat etos kerja karena dalam ajaran Islam bekerja itu wajib untuk memenuhi keperluan diri sendiri, keluarga dan umat.

5. Dalam bidang Pendidikan

Tasawuf merupakan salah satu mata pelajaran yang perlu diajarkan di Madrasah dan mata kuliah di Perguruan Islam untuk mengembangkan kehidupan agama yang komprehensif dan utuh serta untuk mengembangkan masyarakat dan bangsa yang bersih, sehat dan maju.

6. Dalam bidang Ilmu Pengetahuan

Tasawuf mendidik anggota masyarakat untuk mengambil keputusan yang bijaksana dan rasional serta mendidik untuk memiliki tanggung jawab sosial.

7. Sumber Pengingat

Apa yang akan membantu kita terhadap hal ini adalah mengingat Allah bahwa Allah menjamin kita akan penyediaan, dan pengetahuan dan kekuatan-Nya sempurna, dan bahwa Dia terlepas dari penciptaan dan jauh dari kelupaan dan dari ketidakmampuan. Syaikh Ibn Ataillah menulis dalam bukunya The Abandonment of the Management of Affairs: “Percayakan urusan kita kepada Allah juga merupakan kualitas yang sangat penting untuk diperoleh.

8. Landasan Hidup

Tanpa pemahaman ini muslim akhirnya lumpuh. Tapi dengan itu kaum Muslim bebas menjadi budak, yaitu mematuhi dengan cara tanpa hambatan. Masalah mencoba taat tanpa pengertian adalah bahwa Anda hanya bisa melakukan apa yang Anda bisa.

Tapi untuk menaati Allah sambil mempercayai Dia adalah untuk meninggalkan semua keterbatasan praktis, dan untuk memulai pencapaian apa yang telah Allah perintahkan agar kita lakukan.

9. Pembatas Ilmu Islam

Tasawwuf membuat semua pengetahuan lain tunduk pada pengetahuan tertinggi yaitu La ilaha illallah. Dengan Tasawwuf kita menyadari bahwa pengetahuan tentang Allah berada di atas setiap pengetahuan lainnya. Tasawwuf memungkinkan kita untuk mencicipi La halwa wa la quwwata illa billah seperti tasawuf amali.

10. Lebih Mencintai Allah

Dalam Qur’an, Allah menghubungkan bahwa orang beriman di antara orang-orang Firaun berkata:” Saya telah mempercayakan perselingkuhan saya kepada Allah. “Kenyataannya adalah keinginan kita kepada Allah untuk melestarikan kita dari semua yang memiliki bahaya di dalamnya dan yang dengannya kita tidak memiliki keamanan.

Demikianlah pembahasan tentang tasawuf dan manfaatnya di dalam dunia Islam. Semoga kita bisa memetik hikmah dan mempelajai dengan baik tentang hal yang terkandung dalam manfaat tasawuf tersebut.

, , , ,




Post Date: Tuesday 27th, February 2018 / 08:16 Oleh :
Short Movies

Manusia memang jarang bersyukur, padahal nikmat dan rencana Tuhan yang sangat indah sudah diberikan pada dirinya. Saksikan film pendek berikut ini.