Doa untuk Pemimpin dalam Islam

Sebagai orang yang berkecimpuh dalam kehidupan sosial maka sudah pasti kita tidak asing lagi mendengar kata pemimpin. Yah, pemimpin merupakan orang yang siap bertanggung jawab dalam mengemban tugas dan amanah serta memiliki sikap teladan bagi semua orang. Keutamaan menjadi pemimpin adalah ia mampu mengarahkan dan mengayomi orang-orang yang dipimpinnya.

ads

Dalam satu negara, dipimpin oleh presiden atau raja namun sebenarnya pemimpin tidak hanya merujuk pada hal itu saja melainkan kepada setiap orang yang mampu menunjukkan sikap serta sifat yang patut untuk dicontoh dan ia juga memiliki berani bertanggung jawab atas segala tindakan yang ia miliki. Seseorang dapat dikatakan pemimpin menurut islam apabila ia memiliki kriteria berikut ini:

  • Adil dengan ketentuan-ketentuannya. Ia juga mampu mengemban keutamaan jujur dalam islam.
  • Ilmu yang bisa mengantar kepada ijtihad dalam menetapkan permasalahan kontemporer dan hukum-hukum.
  •  Sehat jasmani, berupa pendengaran, penglihatan dan lisan, agar ia dapat langsung menangani tugas kepemimpinan.
  • Normal (tidak cacat), yang tidak menghalanginya untuk bergerak dan bereaksi.
  • Bijak, yang bisa digunakan untuk mengurus rakyat dan mengatur kepentingan negara.
  • Keberanian, yang bisa digunakan untuk melindungi wilayah dan memerangi musuh.

Adapun pentingnya kemimpinan ditegakkan di muka bumi ini adalah untuk menjaga bumi dari kerusakan sebagaimana Ath-Thurthusyi dalam Sirâjul-Mulûk mengatakan: “Allah Subhanahu wa Ta’ala telah berfirman:

وَلَوْلَا دَفْعُ اللَّهِ النَّاسَ بَعْضَهُمْ بِبَعْضٍ لَفَسَدَتِ الْأَرْضُ

“Seandainya Allah tidak menolak (keganasan) sebahagian manusia dengan sebagaian yang lain, pasti rusaklah bumi ini” [al-Baqarah/2:251].

Maksud ayat di atas adalah seandainya Allah tidak menegaskan menegakkan pemimpin di muka bumi untuk menolak kesemena-menaan yang kuat terhadap yang lemah dan membela orang yang dizhalimi atas yang menzhalimi, niscaya hancurlah orang-orang yang lemah. Manusia akan saling memangsa. Segala urusan menjadi tidak akan teratur, dan hiduppun tidak akan tenang. Rusaklah kehidupan di atas muka bumi.

Untuk itu sebagai umat islam yang beriman dan sebagai rakyat yang berbakti, marilah kita berdoa agar diberikan pemimpin yang adil dan bertanggung jawab. Selain itu, kita juga harus senantiasa memanjatkan doa untuk para pemimpin kita demi terciptanya kemaslahatan hidup, bukan hanyauntuk kemaslahatan pribadi namun juga kemaslahatan umum, tak hanya untuk dunia namun juga untuk akhirat.

Adapun doa untuk pemimpin dalam islam yang bisa kita panjatkan adalah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِنَا، اَللَّهُمَّ وَفِّقْهُمْ لِمَا فِيْهِ صَلَاحُهُمْ وَصَلَاحُ اْلإِسْلَامِ وَالْمُسْلِمِيْنَ، اَللَّهُمَّ أَعِنْهُمْ عَلَى الْقِيَامِ بِمَهَامِهِمْ كَمَا أَمَرْتَهُمْ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ. اَللَّهُمَّ أَبْعِدْ عَنْهُمْ بِطَانَةَ السُّوْءِ وَالْمُفْسِدِيْنَ وَقَرِّبْ إِلَيْهِمْ أَهْلَ الْخَيْرِ وَالنَّاصِحِيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِ الْمُسْلِمِيْنَ فِيْ كُلِّ مَكَانٍ

“Ya Allah, jadikanlah pemimpin kami orang yang baik. Berikanlah taufik kepada mereka untuk melaksanakan perkara terbaik bagi diri mereka, bagi Islam, dan kaum muslimin. Ya Allah, bantulah mereka untuk menunaikan tugasnya, sebagaimana yang Engkau perintahkan, wahai Rabb semesta alam. Ya Allah, jauhkanlah mereka dari teman dekat yang jelek dan teman yang merusak. Juga dekatkanlah orang-orang yang baik dan pemberi nasihat yang baik kepada mereka, wahai Rabb semesta alam. Ya Allah, jadikanlah pemimpin kaum muslimin sebagai orang yang baik, di mana pun mereka berada.”

 

, , , ,




Post Date: Wednesday 26th, September 2018 / 07:11 Oleh :
Kategori : Doa dan Dzikir
Short Movies

Manusia memang jarang bersyukur, padahal nikmat dan rencana Tuhan yang sangat indah sudah diberikan pada dirinya. Saksikan film pendek berikut ini.