Hukum Berdoa di Makam Wali Menurut Islam

Saat ini melakukan perjalanan ziarah kubur ke makan wali untuk berdoa tengah menjadi tren tersendiri di kalangan masyarakat. Hal seperti ini semakin marak dipromosikan ke desa-desa. Banyak dari kalangan ibu-ibu pengajian yang tertarik untuk melakukannya.

ads

Dengan biaya yang tentunya lumayan besar, ibu-ibu maupun bapak-bapak bahkan hingga para pemuda rela berziarah ke berbagai penjuru daerah. Ada anggapan bahwa dengan berziarah ke makam wali akan mendapatkan keberkahan.

Namun, sebelum mempercayai hal ini sebaiknya Anda pahami dulu dalil-dalil yang menjadi dasarnya.

Simaklah penjelasan mengenai hukum berdoa di makam wali berikut ini.

Ziarah kubur yang diperbolehkan ialah yang bertujuan untuk mengingatkan pada kematian. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

زُورُوا الْقُبُورَ فَإِنَّهَا تُذَكِّرُكُمُ الآخِرَةَ

Lakukanlah ziarah kubur karena hal itu lebih mengingatkan kalian pada akhirat (kematian).” (HR. Muslim no. 976)

Pahamilah adab ziarah kubur yang sesuai dengan sunah sebelum Anda memutuskan untuk pergi berziarah baik ke makam kerabat maupun makam wali.

Luruskan niat bahwa ziarah tersebut ditujukan untuk mengharapkan ridho Allah swt. serta agar lebih banyak mengingat kematian dan meraih kebaikan-Nya.

Do’a ketika ziarah kubur sesuai ajaran Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam,

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُسْلِمِيْنَ (وَيَرْحَمُ اللهُ الْمُسْتَقْدِمِيْنَ مِنَّا وَالْمُسْتَأْخِرِيْنَ) وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لاَحِقُوْنَ، أَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

Assalamu ‘alaikum ahlad diyaar minal mu’minin wal muslimin –wa yarhamullahul mustaqdimiin minna wal musta’khiriin- wa innaa insya Allah bikum laahiquun. As-alullaha lanaa wa lakumul ‘aafiyah

“Semoga keselamatan tercurah kepada kalian, wahai penghuni kubur, dari (golongan) orang-orang beriman dan orang-orang Islam, (semoga Allah merahmati orang-orang yang mendahului kami dan orang-orang yang datang belakangan). Kami insya Allah akan bergabung bersama kalian, saya meminta keselamatan untuk kami dan kalian.” (HR. Muslim no. 975)

Apabila berdoa ke makam wali dengan tujuan untuk meminta berkah darinya bahkan sampai rela mencium nisannya hingga mengambil tanahnya, maka hal tersebut sudah termasuk perbuatan syirik karena berharap dan menyembah kepada selain Allah SWT.

Sebagaimana yang diterangkan dalam hadits muttafaqun ‘alaih, dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ تُشَدُّ الرِّحَالُ إِلاَّ إِلَى ثَلاَثَةِ مَسَاجِدَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ، وَمَسْجِدِ الرَّسُولِ – صلى الله عليه وسلم – وَمَسْجِدِ الأَقْصَى

Tidaklah pelana itu diikat –yaitu tidak boleh bersengaja melakukan perjalanan (dalam rangka ibadah ke suatu tempat)- kecuali ke tiga masjid: masjidil haram, masjid Rasul – shallallahu ‘alaihi wa sallam- dan masjidil aqsho” (HR. Bukhari 1189 dan Muslim no. 1397).

Hadits tersebut menjelaskan bahwa bersengaja bepergian ke suatu tempat dalam rangka ibadah ke tempat itu merupakan suatu hal terlarang.

Kecuali ke tiga masjid yakni Masjidil Haram, Masjid Nabawi dan Masjidil Aqsho. Apabila Anda bepergian dengan tujuan yang baik, seperti bersilaturahmi, mencari nafkah, menuntut ilmu, rekreasi dan sebagainya maka itu diperbolehkan.

Jika memiliki suatu keinginan, maka mintalah kepada Allah swt dengan cara berdo’a kepada-Nya. Jangan meminta kepada selain-Nya! Apalagi pada orang-orang yang telah tiada. Sedangkan Allah lah yang berkuasa atasnya dan seluruh makhluk yang ada di dunia ini. Jauhilah syirik agar mendapat ridho Allah swt.! Sebagaimana firman-Nya di bawah ini.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

“Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”. (QS. Ghafir. 40: 60)

Itulah penjelasan mengenai hukum berdoa di makam wali yang semoga bermanfaat untuk kehidupan Anda. Aamiin.

, , , ,




Post Date: Monday 30th, July 2018 / 06:24 Oleh :
Kategori : Hukum Islam
Yuk Join & Subs Channel Saya Islam

Tukar Uang untuk THR Idul Fitri, Haram?

Kalau Sahur Jangan Buka Medsos, Mending Amalin Ini

Wajib Tonton ! Rekomendasi Film Religi Terbaik Pas Buat Nemenin Ramadhanmu