8 Cara agar Tidak Terkena Penyakit Hati

Wahai saudara saudariku yang seiman, tentu saja kalian sudah sering mendengar tentang penyakit hati dan saya yakin kalian juga sudah memahami betul apa yang dimaksud dengan penyakit hati menurut pandangan kacamata islam.

ads

Yah, dalam islam, penyakit hati adalah gangguan yang mempengaruhi perasaan, pikiran serta kebiasaan hidup seorang insan sehingga mendorong ia bertindak jauh dan bertolak belakang dari fitrahnya. Penyakit hati ini amat berbahaya, bahkan Allah swt. berfirman sebagai berikut

وَأَمَّا الَّذِينَ فِي قُلُوبِهِمْ مَرَضٌ فَزَادَتْهُمْ رِجْسًا إِلَىٰ رِجْسِهِمْ وَمَاتُوا وَهُمْ كَافِرُونَ

Artinya: “Dan adapun orang-orang yang di dalam hati mereka ada penyakit, maka dengan surat itu bertambah kekafiran mereka, disamping kekafirannya (yang telah ada) dan mereka mati dalam keadaan kafir.” (Qs. At Taubah: 125).

Berdasarkan ayat di atas, penyakit hati merupakan hal yang akan sangat merugikan seorang muslim sehingga dikatakan bahwa siapapun yang meninggal dengan membawa penyakit dalam hatinya maka ia digolongkan sebagai orang kafir.

Maka dari itu, sebagai seorang muslim, maka sudah sepantasnya kita waspada terhadap penyakit hati agar keimanan serta ketakwaan kita kepada Allah swt. tetap terjaga. Adapun jenis-jenis penyakit hati yang harus dihindari adalah:

  • Sombong (takabbur)
  • Riya’ atau suka pamer.
  • Narsis (Ujub)
  • Sum’ah yang artinya memperdengarkan.
  • Hasad atau iri dengki.
  • Taqtir atau terlalu pelit.

Itulah ke 7 jenis-jenis penyakit hati yang perlu anda waspadai dan hindari. Jangan terlena dan membiarkan penyakit hati tersebut menjangkit anda. Lalu, berkenan dengan permasalahan tersebut, adakah cara yang bisa dilakukan agar dapat terhindar dari penyakit hati? Berikut ini akan diulas 8 cara agar tidak terkena penyakit hati:

1. Memahami Betul Penyebab Munculnya Penyakit Hati

Mengapa anda perlu memahami penyebab munculnya penyakit hati dalam islam? Karena dari situ anda diharapkan bahwa sekiranya anda lebih telaten dalam menghindari gejala-gejala dari penyakit hati itu sendiri.

2. Meningkatkan Kualitas Keimanan dan Ketakwaan

Berusaha untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah swt. dengan meningkatkan kualitas keimanan serta ketakwaan kepada-Nya akan membuat anda senantiasa terjaga dari penyakit hati.

3. Kurangi Sifat Mengeluh 

Anda perlu tahu bahwa sering mengeluh serta melakukan perbuatan-perbuatan tercela dapat membuat anda semakin terjerumus ke dalam penyakit hati. Oleh karena itu, berusahalah untuk menjaga hati dan diri anda dari perbuatan tercela. Terlebih lagi hukum mengeluh dalam islam adalah terlarang karena bisa mendorong anda untuk bersifat kufur.

4. Rajin Bersyukur

Selain mengurangi sifat mengeluh, anda juga disarankan untuk senantiasa bersyukur atas berkat dan nikmat yang dikaruniakan oleh Allah swt. Dengan begitu, hati anda akan tetap bersih dan terjaga dari penyakit hati.


5. Rajin Beribadah

Cara agar tidak terkena penyakit hati selanjutnya adalah rajin beribadah kepada Allah swt. Yah, dengan beribadah anda akan merasa lebih dekat dengan Allah swt. sehingga hati anda akan terasa lapang, damai dan tenteram.

6. Memperbanyak Dzikir

Selain melaksanakan shalat wajib sebagai salah satu bentuk ibadah, anda juga disarankan untuk memperbanyak dzikir atau mengingat kepada Allah swt. Keutamaan berdzikir inilah yang akan menjauhkan anda dari penyakit hati.

7. Hindari Perbuatan Syirik

Yah, salah satu perbuatan yang sangat dimurkai oleh Allah swt. adalah syririk. Bahkan syirik dalam islam ini termasuk sebagai salah satu perbuatan dosa besar dalam islam.

8. Rajin Bersedekah

Bersedekah merupakan salah satu perbuatan terpuji. Bahkan sedekah menurut islam ini memiliki sisi kemuliaan karena dianggap dapat menjauhkan seseorang dari perbuatan sombong sebagaimana hikmah sedekah dalam islam adalah menjaga harta dan hati agar tetap bersih dan berada pada fitrahnya.

Yah, demikianlah pembahasan mengenai 8 cara agar tidak terkena penyakit hati. Semoga bermanfaat 🙂

, , , ,




Post Date: Monday 30th, July 2018 / 06:21 Oleh :
Kategori : Info Islami
Yuk Join & Subs Channel Saya Islam

Dedy Corbuzier Mualaf, Sebenarnya Dimana Kedudukan Syahadat dalam Islam? #SharingBareng