17 Ciri Wanita Setia Menurut Islam

Ciri wanita setia menurut islam bisa anda lihat dari sifat dan perilakunya dalam merespon serta menghadapi setiap masalah yang menimpa di lingkungannya. Banyak ciri yang bisa anda lihat mengenai wanita yang setia pada pasangan.

ads

Jika dilihat dari sudut pandang sebagai seorang laki – laki maka wanita yang setia memang menjadi dambaan bagi setiap kaum adam. Untuk itu anda bisa mengenali ciri – ciri yang dimiliki oleh wanita sholehah dan setia serta mengerti sifat wanita yang tidak pantas dijadikan istri. Jangan sampai anda meninggalkan bahkan menyia – nyiakan wanita yang mempunyai kesetiaan dengan pasangannya.

Pandangan Islam tentang Wanita Setia

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai ciri wanita setia menurut islam sekaligus sifat wanita yang tidak boleh dinikahi yang nantinya diulas lebih dalam sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan referensi, yuk kita simak bersama – sama penjelasan berikut ini :

1. Sholehah

wanita shalehah idaman pria sholeh sudah bisa dipastikan akan mampu menjaga kehormatan dirinya dan juga kehormatan suaminya bahkan ketika sang suami tidak ada di rumah. Kemudian selalu menjaga aib keluarga tanpa mengumbarnya kemana – mana. Sebaik – baiknya perhiasan yang ditemukan di dunia ini ialah seorang wanita yang sholehah.

“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa – apa yang diingini, yaitu wanita – wanita, anak – anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang – binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan disisi Allah – lah tempat kembali yang baik (surga). Harta yang melimpah ruah berupa emas dan perak, binatang peliharaan yang gemuk, anak – anak yang banyak menjadi hal yang disukai manusia.” (QS. Ali Imran : 14)

2. Amanah

Mempunyai sifat amanah atau dalam kata lain berarti dapat dipercaya, merupakan salah satu ciri yang ada dalam diri wanita setia. Wanita yang mempunyai sifat ini pasti akan mampu menjaga apa yang sudah diperintahkan suaminya padanya, selama yang diperintahkan itu masih dijalan Allah Swt.

“Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanah kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (QS. An Nisa : 58)

3. Jujur

Kejujuran memang menjadi modal dasar dari setiap hubungan. Wanita yang selalu menjunjung tinggi kejujuran sangat layak anda jadikan pendamping. Wanita yang seperti inilah nantinya akan mendampingi anda sepanjang masa.

“Dan orang yang membawa kebenaran (Nabi Muhammad) dan membenarkannya, maka mereka itulah orang-orang yang bertakwa.”  (QS. Az – Zumar : 33)


4. Bersahaja (Menerima Apa Adanya)

Seorang wanita yang mampu dan mau menerima semua kekeurangan yang ada pada diri pasangannya bisa dikatakan sebagai salah satu ciri wanita setia. Contohnya saja jika pasangannya dari keluarga serba kekurangan, tapi ia tetap mau dan yakin bahwa rejeki sudah ada yang mengatur, inilah seorang wanita yang pantas anda jadikan sebagai istri.

“Wanita (istri) shalihah adalah yang taat lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada dikarenakan Allah telah memelihara mereka.” (QS. An – Nisa : 34)

5. Bertutur Kata Baik

Wanita yang selalu menjaga setiap tutur katanya dan sebisa mungkin tidak menyakiti hati orang lain, berarti ia mampu bersabar. Kesetiaan bisa diukur dan dinilai dari poin yang satu ini. Wanita yang membiasakan dirinya bertutur kata baik, nantinya bisa mendidik anak – anaknya dengan sangat baik.

Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu.” (QS. Ali Imron: 159)

6. Tidak Banyak Menuntut dan Tidak Mudah Mengeluh

Wanita yang menerima apa adanya keadaan pasangan termasuk dalam kategori sifat orang yang bertakwa , pasti tidak akan banyak melakukan tuntutan kepada suaminya. Dia akan menerima berapapun rezeki yang diberikan oleh Allah kepada rumah tangganya. Karena Allah menilainya berdasarkan kebutuhan kita bukan dari keinginan kita.

Selain itu ia tidak akan mudah mengeluh ketika menghadapi keadaan yang sulit. Ia akan menganggap bahwa kesulitan tersebut merupakan ujian dari Allah Swt. Bahwasannya di setiap kesulitan pasti akan ada kemudahan.

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: ’Kami telah beriman’, sedang mereka tidak diuji lagi ?Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta. (Qs. Al-Ankabut : 2-3)

7. Selalu Mendukung

Apapun pekerjaan yang dilakukan oleh seorang suami, pasti akan ia dukung tanpa adanya hinaan dan hal yang dapat menyinggung perasaan. Dukungan inilah nantinya yang akan membuat seorang suami menjadi percaya diri dan bersemangat untuk bias melakukan hal yang terbaik demi keluarga kecilnya.

8. Menunjukkan Perhatian Lebih

Seorang wanita wajar jika mempunyai kewajiban melayani sang suami. Namun hanya melayani saja tanpa adanya perhatian akan menimbulkan kecurigaan dari sang suami. Wanita yang setia, biasanya selalu memberikan perhatian lebih kepada suaminya, sehingga rasa nyaman akan menyelimuti hari – harinya.

9. Selalu Membuat Bahagia

Kebahagiaan adalah momen yang diidam – idamkan oleh setiap rumah tangga. Wanita yang selalu menjadi sumber kebahagiaan suami, bias dikatakan sebagai wanita yang setia pada pasangannya. Dia akan memupuk dan menjaga cintanya dengan cara memberikan kebahagiaan.

10. Selalu Memberikan Maaf

Rasa cinta yang dimiliki oleh seorang wanita akan mengalahkan berbagai kekurangan atau pun kesalahan yang dilakukan oleh suami. Kesalahan – kesalahan kecil yang dilakukan oleh suami akan selalu mudah untuk dimaafkan karena adanya cinta yang tulus dan juga suci.

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema’afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (QS. Al – Imran : 133 – 134)

11. Mudah Cemburu

Wajar saja jika istri anda akan cemburu jika suaminya akrab dan selalu bersama dengan wanita lain. Itu tandanya ia menyayangi anda. Yang terpenting sikap cemberu yang diperlihatkan tidak terlalu berlebihan, saya rasa tidak menjadi masalah.

12. Tidak Membuat Pasangan Cemburu

Seorang istri yang setia, tidak akan bisa dengan mudah melakukan hal – hal yang membuat suaminya merasa cemburu. Ia akan sangat berhati – hati dalam bergaul, karena sudah sepantasnya seorang wanita harus menjaga kehormatannya sebagai seorang istri.

13. Lebih Terbuka

Keterbukaan bisa dijadikan symbol kepercayaan antara pasangan. Jika anda tidak bisa terbuka dengan pasangan, tentu saja akan menyulitkan anda sendiri. Istri merupakan pakaian suami dan suami adalah pakaian istri. Wanita yang setia biasanya cenderung terbuka kepada suaminya, karena setiap permasalahan pasti bisa diselesaikan bersama – sama.

14. Penyabar

Wanita yang memiliki sifat penyabar dan mengerti  keutamaan sabar dalam islam, pasti bisa menahan amarahnya dengan baik merupakan salah satu ciri dari wanita yang setia kepada pasangan. Cobaan seberat apapun pasti akan mampu dihadapi dengan sikap lapang dada. Wanita yang seperti ini merupakan wanita idaman.

Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik).“ (QS. Ar-Ra’d : 22)

15. Hidup Di Lingkungan Yang Baik

Wanita yang hidup di lingkungan yang baik, kemungkinan besar akan menjadi pribadi yang baik. Sedangkan wanita yang hidup di lingkungan baik, mungkin saja akan terpengaruh menjadi tidak baik (namun tidak semuanya seperti itu). Karena pada dasarnya pribadi terbentuk dan menyesuaikan dengan kondisi yang ada pada lingkungan sekitarnya.

16. Mampu Menjaga Kehormatannya

Wanita yang mampu menjaga kehormatannya, layak dijadikan sebagai pilihan. Berarti ia bisa menahan berbagai godaan dan mempunyai niat untuk setia pada pasangannya kelak. Jangan sampai anda sebagai kaum adam meninggalkan wanita seperti ini, apalagi sampai menyia – nyiakannya. Nanti anda pasti akan merasa menyesal.

17. Wanita Yang Tidak Berhias Berlebihan Saat Keluar Rumah

Seorang istri sudah sewajarnya hanya berhias mempesona untuk diperlihatkan kepada suaminya agar suami makin sayang dengannya. Bukan berhias secara berlebihan pada saat bepergian keluar rumah dan menimbulkan daya tarik setiap lelaki bukan munghirnya yang memandang.

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai ciri wanita setia menurut islam yang sudah diulas di atas secara detail dan dikemas dengan baik diharapkan bisa membantu memudahkan anda dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi sehingga layak dijadikan sebagai sumber referensi.

Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai ciri wanita setia menurut islam. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat sekalian dan terima kasih sudah meluangkan sedikit waktunya untuk membaca artikel saya ini. Sampai jumpa di artikel lainnya.

, , , ,




Post Date: Friday 03rd, November 2017 / 01:40 Oleh :
Kategori : Hukum Islam, Wanita