8 Cara agar Bisa Bangun Shalat Malam

Sebagai umat islam, maka sudah menjadi kewajiban baginya untuk beribadah kepada Allah swt. Salah satu bentuk ibadah kepada Allah swt adalah shalat. Shalat sendiri pada umumnya terbagi atas dua macam, yakni shalat fardhu dan shalat sunnah. Shalat fardhu merupakan shalat yang diwajibkan kepada setiap orang yang beragama islam, dengan catatan ia sudah berakal atau sudah baligh. Sementara shalat sunnah adalah shalat yang sangat dianjurkan karena terdapat keutamaan-keutamaan yang bisa didapatkan saat melaksanakannya.

ads

Salah satu dari macam-macam shalat sunnah yang memiliki keutamaan luar biasa jika dilaksanakan adalah shalat malam sebelum tidur atau juga dikenal dengan shalat tahajud. Shalat tahajud ini merupakan shalat yang dilaksanakan pada malam hari. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Al Qur’an mengenai sholat sunnah paling istimewa ini:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

“Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Israa’: 79)

Ayat di atas merupakan salah satu bukti betapa pentingnya shalat tahajud itu. Bahkan pada mulanya shalat tahajud dikategorikan sebagai shalat wajib, namun setelah turun perintah sholat lima waktu, sholat ini menjadi sunnah muakkadah (sunnah yang sangat dianjurkan) bagi kaum muslimin. Ada banyak manfaat tahajjjud, salah satunya adalah menghapus dosa yang telah lalu.

Berkaitan dengan waktu pelaksanaan shalat tahajud, ia dilaksanakan pada malam hari setelah tidur dan bangun kembali dari tempat tidur merupakan tanda mulainya atau mengerjakan sholat tahajud. Hal inilah yang memberatkan seseorang untuk melaksanakan shalat tahajud. Terkadang seseorang akan merasa kesulitan untuk bangun setelah ia tertidur lelap. Namun, perlu anda ketahui bahwa disitulah letak keistimewaan dari shalat tahajud.

Lalu adakah cara tertentu agar kita tidak kesulitan bangun dan melaksanakan shalat tahajud? Berikut ini akan dibahas 8 cara agar bisa bangun shalat malam.

1. Meneguhkan Niat

Sebelum tidur, teguhkan niat di dalam hati anda untuk bangun melaksanakan shalat malam atau shalat tahajud. Niat adalah modal utama untuk melakukan sebuah aktivitas. Ketika semua usaha sudah dilakukan tapi niat yang ada dalam hati belum lurus dan belum mantap maka sepertinya usaha yang akan dilakukan sulit untuk membuahkan hasil yang memuaskan. Oleh karena itu, mantapkan dan teguhkan niat anda untuk bangun shalat malam sebelum tidur.

2. Tidur Lebih Awal

Untuk bangun dari tidur, maka anda harusnya memiliki waktu yang cukup untuk tidur sehingga anda tidak akan kesulitan melawan rasa kantuk ketika waktu untuk shalat malam yang anda niatkan telah tiba. Oleh sebab itu, tidurlah lebih awal dan jangan sekali-kali begadang agar anda bisa tidur dengan waktu yang cukup.

3. Membuka Ventilasi yang Cukup

Cara agar bisa bangun shalat malam atau shalat tahajud adalah dengan membuka ventilasi yang cukup karena sirkulasi yang lancar adalah salah satu cara agar bisa tidur terlelap. Sirkulasi udara yang bagus akan membuat tidur menjadi berkualitas dengan begitu tubuh akan optimal untuk beristirahat.


4. Tidur di Tempat yang Nyaman

Usahakan untuk mencari tempat yang nyaman sebagai tempat tidur anda. Dengan begitu anda akan mendapatkan tidur yang berkualitas sehingga anda bisa merasa lebih segar saat terjaga untuk shalat malam.

5. Menyetel Alarm

Yah mungkin inilah cara yang paling sering diterapkan oleh orang-orang jika ia ingin terbangun dari tidur pada waktu tertentu, yakni dengan menyetel alarm. Tentu saja hal tersebut juga bisa anda manfaatkan jika anda ingin melaksanakan shalat malam. Cara yang baik untuk memasang alarm yaitu pilih nada alarm yang lembut lalu semakin lama semakin keras.

6. Memahami Pentingnya Shalat Tahajud

Untuk memantapkan niat, anda seharusnya memahami betul keutamaan yang dimiliki oleh shalat malam sehingga hal tersebut akan membuat anda semakin termotivasi untuk melaksanakannya.

7. Meningkatkan Keimanan Pada Allah swt.

Dengan meningkatkan keimanan kepada Allah swt. anda bisa menyadari bahwa shalat malam adalah salah satu medium bagi anda untuk menjadi lebih dekat dengan-Nya. Sehingga hal tersebut akan menciptakan dorongan yang kuat dari dalam hati anda untuk melaksanakan shalat malam.

8. Membiasakan Diri 

Cara agar bangun shalat malam yang bisa anda terapkan adalah dengan membiasakan diri untuk melaksanakannya. Jangan cuma sekali saja namun usahakan untuk melakukan hal tersebut secara rutin selama 1 minggu. Dengan begitu anda akan terbiasa untuk bangun tengah malam dan melaksanakan shalat malam.

Demikianlah 8 cara agar bangun shalat malam yang bisa anda lakukan. Semoga bermanfaat.

, , , ,




Post Date: Monday 06th, August 2018 / 11:23 Oleh :
Kategori : Info Islami